Tuesday, 11 February 2020

Ingin Road Trip dengan Mobil? Jangan Lupa Persiapkan 6 Hal Penting Ini!

Di kala waktu liburan, banyak sekali orang yang menghabiskan waktu liburnya untuk melakukan road trip bersama keluarga atau teman-temannya. Selain menyenangkan karena dapat melihat panorama alam di jalan yang ditempuh, ini juga bisa membantu menghemat pengeluaran sebab biayanya yang jauh lebih hemat. Keluarga saya juga pernah merasakan serunya melakukan road trip ke Jogjakarta untuk menikmati Lava Tour Merapi. Memang lebih hemat, kok!

persiapan penting untuk road trip dengan mobil

Tapi, ketika melakukan perjalanan darat ada baiknya persiapkan diri dengan membawa barang-barang penting untuk kebutuhan kita selama di perjalanan. Bagi siapa saja yang berniat road trip bersama keluarga atau dengan teman. Sekiranya wajib mempersiapkan beberapa hal penting ini agar perjalanan road trip jadi lebih menyenangkan dan aman!

1. Tool Kit
Ketika melakukan perjalanan menggunakan mobil pribadi, hal wajib yang tak boleh kamu lewatkan adalah dongkrak dan tool kit. Sekarang sudah ada tool kit yang dijual dengan bentuk set dan mempunyai kotak sehingga bisa dibawa kemana-mana. Selain itu, bawa juga kabel jumper dan dongkar yang dapat digunakan untuk menangani berbagai masalah seperti ban bocor dan mobil mogok di perjalanan.

2. Tempat Sampah
Hal ini kadang sering terlupakan oleh sebagian orang. Padahal membawa tempat sampah di dalam mobil bermanfaat sekali ketika melakukan road trip. Kadang kita asyik menikmati snack dan berbagai perbekalan lainnya tapi kita lupa membawa tempat untuk menampung sampahnya supaya mobil tetap bersih dan tidak bau. Kamu bisa membawa tempat sampah mini dan beberapa kantong plastik untuk menyimpan sampah makanan dan membuangnya ketika sudah sampai di tempat tujuan. Jangan sampai kamu membuang sampah sembarangan, yak!

persiapan penting untuk road trip dengan mobil
sumber :pinterest .com

3. Obat-Obatan dan P3K
Walau tidak ada yang sakit ketika melakukan road trip, tapi membawa P3K tetaplah penting. Ini adalah salah satu langkah preventif untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan. Misalnya, anggota yang ikut perjalanan darat ini ada yang terluka atau sakit mendadak dan tidak ada klinik yang dapat ditemui di sepanjang jalan. Nah, kita bisa mengandalkan P3K dan obat-obatan itu untuk mengobatinya. Perlengkapan P3K dan beberapa obat yang perlu dibawa adalah plester luka, kasa, minyak angin, obat pereda nyeri, obat flu, obat demam, obat diare, cairan antiseptik dan beberapa obat khusus kalau ada salah satu anggota yang mempunyai riwayat penyakit tertentu.
persiapan penting untuk road trip dengan mobil
sumber :pinterest .com

4. Power Bank dan Charger Gadget
Dewasa ini, smartphone sudah menjadi kebutuhan yang tak bisa dipisahkan oleh banyak orang. Selain berguna untuk alat komunikasi, smartphone juga bisa digunakan untuk sarana hiburan dan peta perjalanan. Oleh karena itu, diwajibkan membawa power bank dan charger untuk mengisi ulang baterai smartphone. Kalau melakukan road trip dengan mobil, kita juga bisa membawa car charger adaptor. Sehingga tidak perlu khawatir jika kehabisan baterai di tengah-tengah perjalanan.

5. Siapkan Kamera
Rasanya kurang lengkap jika tidak mengabadikan setiap momen di perjalanan ketika melakukan road trip. Bawalah kamera andalan kita untuk memotret berbagai momen seru selama di perjalanan. Kalau kita punya tripod, bawalah untuk memudahkan saat mengambil foto bersama teman-teman atau keluarga. Abadikan momen seru sebanyak-banyaknya agar bisa menjadi kenangan yang tak terlupakan.

6. Bekal Makanan dan Minuman
Ketika melakukan road trip, ada baiknya membawa perbekalan makanan untuk mengisi perut selama di perjalanan. Selain hemat, ini juga bermanfaat sekali kalau kita terjebak macet di jalan dan tidak ada tempat makanan terdekat untuk mengisi perut. Kita bisa membawa buah-buahan yang sudah dipotong dari rumah. Menu bekal yang bernutrisi dan air mineral juga jangan lupa dibawa. Selain itu, kita juga bisa membawa rice cooker untuk menemani road trip kita jadi lebih praktis. Sekarang sudah banyak kok yang menjual rice cooker untuk traveling dengan bentuk yang mini dan beberapa fitur lainnya untuk memasak. Jadi, kita tidak perlu khawatir jika membawa rice cooker akan merepotkan.

Itulah beberapa perlengkapan yang wajib kita bawa ketika ingin melakukan road trip. So .. teman-teman mau melakukan road trip kemana? Yang mau liburan untuk menikmati keindahan hutan pinus, bolehlah pergi ke Bandung. Kalau keluarga saya sendiri inginnya pergi ke arah timur. Penasaran dengan Kota Batu Malang. Kebayang serunya bisa road trip dari Bandung ke Malang. Dengan adanya jalan tol, perjalanan ke sana pastinya akan lebih cepat, bukan?
Sharing dong, pengalaman teman-teman saat melakukan road trip!

                Salam takzim

64 comments:

  1. Alhamdulillah kalo road trip , perbekalan diatas disiapin semua. 4 darinya selalu standby di mobil. yang P3K dan makanan aja yang baru dibawa begitu mau pergi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah iya sama. Yang lainnya biasanya emang selalu stand by ada di mobil. Makanan aja biasanya yang baru ditambahkan.

      Delete
  2. Road trip akan terasa lebih nyaman dan menyenangkan dengan keenam point persiapan di atas, ya Mbak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oiya tentang rice cooker, saya baru ingat pernah punya rice cooker mini banget. Betul, bisa dibawa traveling .... tapi lupa di mana simpan rice cooker itu, sudah lam agak lihat.

      Delete
  3. Akupun demen road trip mbaaa
    Sayangnya daku ga bisa (dan agak takut buat belajar) setir mobil.
    kadang kasian kalo lihat suami nyetir dewean.
    misalnya aku bisa nyetir kan ada yg gantiin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Huhuhu, sama nih. Aku pun gak bisa nyetir. Jangankan nyetir mobil, bawa motor aja gak bisa kalo ke kota. Bisanya di sekitaran rumah aja. :(

      Delete
  4. semua tips nya ok eh tapi kemarin ada teman yang sulap mobilnya jadi ada tempat tidur gitu keknya asyik juga ya

    ReplyDelete
  5. Tempat sampah emang wajib ya mba rasanya gatal kalau bekas makanan atau minuman di mobil buangnya ga pada tempatnya hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setujuuu! Suka ngeselin deh kalau lihat pengendara yang buang sampah sembarangan. Udah menganggap jalanan itu tempat sampah

      Delete
  6. aku paling seneng road trip mbaaa...sepanjang punya cuti yang cukup dan juga sehaaat. seruu banyak cerita ya mbaa, yang penting persiapannya

    ReplyDelete
  7. Yupz, setuju. Power bank dan kamera nggak boleh ketinggalan. Kalau ngetrip pakai motor, ditambah siapin jaket hihihi.

    ReplyDelete
  8. Wah aku juga kepengen menikmati keindahan hutan pinus dari dalam mobil, asik banget kayaknya ya. Jadi aku terbayang suasana hutan, adem-adem gimana gituh...

    ReplyDelete
  9. Tips yang seperti ini mesti di bookmark nih seru banget ya road tripnya dengan segala persiapan yang memudahkan.

    ReplyDelete
  10. Kalau sama keluarga, saya bisa menikmati banget perjalanan darat. Gak usah terburu-buru. Nikmati aja perjalanannya. Tetapi, memang harus dengan persiapan matang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semua barang yang ditulis di sini, suka saya bawa, kecuali rice cooker. Ini rice cookernya buat dipakai setelah sampai penginapan, kan?

      Delete
  11. Seru juga road trip gitu yah teh, apalagi kalo anak2 udah gede mah jadi bisa disuruh2 dan dikasih tanggung jawab hehe.

    Itu penting pisan tah, charger dan kamera hahaha biar bisa narsis kan

    ReplyDelete
  12. alhamdulialh semua list diatas aman sentosa hihih terutama cemilan dan stock makanan juga minuman selama di perjalanan.

    ReplyDelete
  13. Tempat sampah di dalam mobil ini perlu tapi sering dilalaikan. Sebel banget kalau lihat mobil bagus lagi jalan, terus ada yang buka kaca jendela dan melempar sampah (botol minum, bungkus makanan) keluar.

    ReplyDelete
  14. Kakakku banget ini, teh...bawa rice cooker kalau kami sekeluarga besar travelling bareng.
    Tapi uniknya, beliau suka kuliner. Jadi kan...lebih banyak makan beli juga daripada masak sendiri yaa...
    Hihi~

    Hanya memang kepeduliannya terhadap kami sekeluarga yang aku kagumi.
    Takut kelaperan ceunah...meskipun nasi doaank kan yaa....ada yang dimakan, terutama untuk anak-anak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lava Tour Merapi ini kaya apa yaa, teh?
      Aku jadi penasaran...

      Delete
  15. Wah mba iyap bener banget. Aku kadang jarang menyediakan tempat sampah, mba. Jadinya pakai kresek biasa. Hiks

    ReplyDelete
  16. Sekarang perjalanan jauh makin lancar karena banyaknya jalan tol mbak....tapi keselamatan di jalan harus diutamakan ya...kalau ngantuk jangan dipaksakan sebaikna istirahat sebentar atau ngopi-ngopi cantik sambil menghilangkan rasa kantuk. Sama dg sama setidaknya 6 hal diatas juga saya persiapkan saat menempuh perjalanan darat dari Bali ke Blitar demikian sebaliknya.

    ReplyDelete
  17. MashaAllah nice to share mbak, rencanaya memang aku dah keluarga besar mau road trip ke jogya, dan banyak ya yang harus dipersiapkan agar perjalanan road trip nanti berjalan lancar, salah satunya harus memperhatikan kesehatan kendaran kita, penting untuk cek cek sebelum road trip

    ReplyDelete
  18. Kemarin aku roadtrip ke Bali mbak dari Jawa
    alhamdulillah semua persiapan yang kamu tulis aku sudah praktikkan hahahaha

    ReplyDelete
  19. Selama ini, yang paling sering dilakukan bareng keluarga memang road trip. Belom pernah nauk pesawat atau kereta, atau pun bus kalo dengan keluarga lengkap. Pastinya ya, banyak hal yang disebutkan di atas yang harus dipersiapkan. Aku biasanya banyak camilan dan permen. Mainan bener tuh kudu bawa. Punya anak sih biar gak pada bosan di jalan.

    ReplyDelete
  20. Tambahan lagi obat anti mabuk sih kalau saya. Soalnya makin hari usia makin bertambah jadi mudah pusing dan masuk angin yang ujung-ujungnya bikin mual. Walaupun jarang mabuk tapi kalau minum obat anti mabuk jadi lumayan enakan badannya.

    ReplyDelete
  21. Saya pernah road trip ke Malang Mbak Nurul. Mampir lihat pondok dulu di Ponorogo baru ke Malang. Memang benar apa yang di tulis di atas. Semua peralatan itu wajib di bawa. Kalau saya tambah 1 Mbak, yaitu bantal kecil buat rebahan si kecil, karena kasihan kalau harus tidur nyender. Tapi road trip memang menyenangkan Mbak, seru dan asyik ya.

    ReplyDelete
  22. 6 persiapannya noted, nanti kalo ada kesempatan buat road trip bareng keluarga aku terapin ya mba.. makasi tipsnya

    ReplyDelete
  23. Obat-obatan itu ga boleh lupa. Termasuk bawa tisu atau handuk kecil plus sabun mandi.

    Mana tahu ada yang muntah di perjalanan.

    Minyak kayu putih, wajib.

    ReplyDelete
  24. beneeerrr, aku nyiapin itu semua. Penting bagiku adalah tempat sampah, anakku soalnya pada makan mulu di jalan, dan abinya udah marah2 kalo mobil kotor banget wkwkwk

    ReplyDelete
  25. benerm penting siapin tempat sampah tertutup di mobil. kadang klo pergi ramean org2 di mobil pada jorok2 buang2 sembarangan kayak tisu, bekas bungkus jajan dll. wkwkw

    ReplyDelete
  26. Pernah road trip dari jawa tengah ke palembang bawa balita, obat2an dan tempat sampah memang sangat berguna mbak.

    ReplyDelete
  27. Roadtrip gak terlalu ribet klo bareng org dewasa. Akan ribet jika bw anak. Klo sy, bekal makanan dan minuman udh yg paling utama. Scra kmn2 bawa anak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yup betul Mbak. Kalau sesama orang dewasa mah bebas mau jungkir balik juga bisa mengatasi tanpa rewel haha.

      Delete
  28. Kurang lebih sama mbak, kalau saya karena anak-anak masih kecil jadi bawa mainan juga, supaya enggak bosen...

    ReplyDelete
  29. Ditambahi mainan kalau saya teh, soalnya masiha da bocil. Hehehe ... rasanya kalau mau bepergian tuh mainan jadi daftar nomor satu untuk dibawa. Dan kakaknya akhirnya ikutan membawa.

    ReplyDelete
  30. asikkk jalan2 naik mobil emang seru. aku dulu bekel banyak banget cemilan haha. tapi ga sampe bawa rice cooker sih. kalo pas makan ada nasi ga abis, aku bungkus buat nambahin porsi makan berikutnya wkwwk

    ReplyDelete
  31. Aku biasanya bawa kantong plastik teh untuk tempat sampah semnentara. Nanti kalo di rest area atau di resto, lgs dibuang. Soalnya kalo taro tempat sampah di mobil tuh suka males bersihinnya jadi bau hehe. Eniwe, tipsnya ok banget teh .. nuhun

    ReplyDelete
  32. Semua tipsnya mandatory banget. Kalau untuk ibu yg punya baby, harus bawa selimut dan alas tempat tidur supaya anak bisa ditidurkan di dalam mobil ya

    ReplyDelete
  33. Makanan dan tempat sampah adalah pasangan yang harusnya selalu bersama, sayangnya yang paling sering ada hanya makanan, tempat sumpahnya dilupakan.

    ReplyDelete
  34. Kayaknya menyenangkan banget ya road trip itu. Belum pernah coba lagi saat sudah ada anak. Jadi ingin mencoba kembali.

    ReplyDelete
  35. Karena kita adalah tim gak makan kalau bukan nasi, keberadaan rice cooker emang penting. Yang lain juga wajib ya apalagi bahan bakar

    ReplyDelete
  36. Seru banget bisa road trip bersama keluarga, teh. Pengen cobain road trip tapi belum berani, hihihi.
    Kalau aku harus mempersiapkan bantal dan selimut, teh. SUpaya anak2 bisa tidur selama perjalanan panjang. :)

    ReplyDelete
  37. Iyess, 6 tool kit di atas penting banget dibawa saat road trip. Saya utamanya cemilan buat nyogok bocah kalau mulai ribut, hehe. Road trip Bandung Malang pasti seru ya, Teh Nurul. Hayuuk. Jadi kangen road trip jauh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mbak Sri sediakan cemilan buat nyogok bocah,kalau saya sediakan cemilan buat nyogok diri sendiri huahahaha...

      Delete
  38. Setuju banget dengan keenam persiapan di atas, aku juga melakukan hal yang sama. Kami sering road trip, yang terjauh dari Bogor ke Pekanbaru, seru banget dan bikin nagih. Tapi seringnya sih road trip dari SEmarang ke Malang, atau Bogor. PErnah juga ke Bali, seminggu lebih deh karena menikmati perjalanannya dan singgah di rumah mbakku sepupu di Surabaya juga

    ReplyDelete
  39. Sepakat, membawa obat-obat pribadi sangat penting. Agar selama perjalanan kalau ada gangguan kesehatan bisa langsung diatasi.

    ReplyDelete
  40. Zaman anak² kecil sih makanan dan dan camilan deh. Mrk suka berisik sih di belakang. Dikasih camilan kenyang, tidur deh...
    Oh ya...mobil juga hrs siap sih, cek dulu ke bengkel sebelum perjalanan jauh.

    ReplyDelete
  41. Setuju sama semua persiapan diatas, terlebih saya masih punya anak kicik dibawah 6 th, terlebih untuk urusan cemilan, harus bawa double. Obat-obatan apalagi.

    ReplyDelete
  42. Pengen banget deh roadtrip naik mobil, aku selama ini belum pernah nyoba untuk roadtrip. Biasanya kalau pergi naik pesawat atau kereta. Boleh juga nih dicoba, bikin agenda untuk roadtrip nanti pas liburan sekolah.

    ReplyDelete
  43. Hampir semua traveling saya dan keluarga road trip tipenya..memang lebih nyaman, apalagi sarana jalan dan penunjang sudah lengkap sekarang. Dan setuju dengan keenam persiapan tersebut, bikin makin hepi roadtrip yang kita jalani

    ReplyDelete
  44. Wouw, road trip dari Bandung ke Malang, bakal jd perjalanan Yang seru parah itu.

    Dan soal tempat sampah, iya bener kerap lupa nyiapin tempat sampah Di Mobil.

    ReplyDelete
  45. Kapan hari itu.. Jalan2 n lupa bawa power bank.. Haduh, berasa mati gaya. Gak bisa bikin konten gegara HP mati. Haha. Jadi pelajaran banget kemana2 musti dibawa

    ReplyDelete
  46. Sewaktu roadtrip saat itu bulan puasa dan ya, aku mual badan nggak enak gitu. Untung saja menjelang magrib dan nuggu bentar buka puasa minum teh manis hangat langsung sembuh. Mungkin roadtrip begitu diusahakan jangan bulan puasa ya jadi badan bisa tetap bugar.

    ReplyDelete
  47. Iya, makanan dan obat-obatan penting banget ya apalagi untuk perjalanan jauh bersama anak-anak ya

    ReplyDelete
  48. Aku sering nih mbak road trip. Maklum anaknya banyak agak repot kalo naik kenderaan umum. Apalgi kalo susah dilalui dg kereta api

    ReplyDelete
  49. Tiap lebaran atau liburan akhir tahun kami roadtrip mbak. Emang perlengkapannya harus lengkap. Kalau kami malah bawa pemanas air yg bisa dicolok ke mobil. Soalnya sering bikin popmie pagi pagi saat warung belum pada buka

    ReplyDelete
  50. Sering ga sadar kalau lupa bawa obat-obatan.
    Padahal ini yang paling penting, apalagi ajakin anak-anak.

    ReplyDelete
  51. Aku libiran kemarin bawa ricecooker kerasa banget manfaatnya jd bs makan enak lebi irit hehe...

    ReplyDelete
  52. kalo aku tambah juga jaket dan selimut yang sekaligus bisa dijadiin bantal juga alias balmut...

    ReplyDelete
  53. Yes apalagi perjalanan panjang, kalau nggak nyetir ya kita biasanya tidur dan ngemil wkwkw kayaka kau mudik ke Bali 24 jam kemarin gitu doang kerjaannya

    ReplyDelete
  54. Wah bener banget tempat sampah sama tool kit. Yang sering lupa power bank karena suami ngelarang. Jadi stand by hp harus cash terus. Makasih infonya teh. Happy road trip. 🙂

    ReplyDelete
  55. Kalau liat pengendara yang buang sampah di jalan tuh rasanya ingin ngejar dan lemparin sampahnya balik deh, huhuh kesel.

    ReplyDelete
  56. selain dongkrak jangan lupa bawa ban serep sih, kemarin mudik ke blitar sempat ada drama ban bocor dan ban serepnya kondisi 11-12 deh hehe. akhirnya beli baru biar perjalanan aman.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar. Mohon maaf, untuk menghindari SPAM, komentarnya dimoderasi dulu, yaa ^~^