Wednesday, 15 April 2020

Masjid Terapung Al Jabbar Gedebage Bandung

Proses pembangunan masjid terapung yang berada di Gedebage tidak sengaja saya ikuti tahap demi tahap sekitar dua tahun belakangan ini. Posisi tempat jemuran yang ada di rumah terletak di lantai dua dan menghadap ke arah Kota Bandung. Setiap hendak menjemur pakaian atau setelah selesai menjemur, saya terbiasa menikmati hamparan bangunan yang ada di Kota Bandung. Senang rasanya melihat bangunan yang tampak kecil di kejauhan.

https://www.nurulfitri.com/2020/04/masjid-terapung-al-jabbar-gedebage.html

Salah satu bangunan yang mencolok terlihat yaitu sebuah bangunan besar berbentuk kubah berwarna putih. Awalnya saya penasaran dengan bangunan tersebut ketika masih berupa tiang-tiang penyangga. Bangunan apa yang akan didirikan dengan bentuk yang tidak terlihat seperti biasanya?

Seiring waktu, bentuk bangunan sudah mulai terlihat jelas. Berbentuk kubah besar dengan ornamen putih yang menutupinya. Setelah ngobrol dengan beberapa tetangga, baru saya tahu jika bangunan itu merupakan cikal bakal masjid terapung. Dari kejauhan saya tidak melihat perairan pendukung penyebutan masjid terapurng. Wajar saja, saya tidak melihatnya. Karena jarak pandang saya sekitar 4 km. 

Hingga suatu waktu, saya diajak oleh suami untuk menyusul adik ipar yang sedang memancing di sekitar masjid terapung. Barulah saya melihat dengan jelas bangunan yang dulu hanya berupa rangka baja ringan. Kini terlihat dengan jelas ornamen putih yang menyelimuti kubah. 

Seperti ini penampakan Masjid Al Jabbar saat dalam proses pembangunan yang terlihat dari rumah (sumber: pikiran-rakyat. com

Pembangunan Masjid Terapung Gedebage

Meski pembangunan sudah berjalan sekitar 2 tahun, ternyata proses pendirian masjid besar itu belum selesai. Saya lihat jalan masuknya pun masih ditutup dengan pagar seng. Kubah besarnya terlihat tinggi menjulang, sedangkan bagian dalamnya masih dalam tahap finishing. Namun sayangnya, beberapa bagian sudah mulai terlihat kusam. Malah terlihat seperti bangunan lama.
Apakah catnya sudah mulai luntur oleh cuaca?
Atau memang belum selesai tahapan pemberian warnanya?
Saya harap kemungkinan terakhir yang benar-benar terjadi. 

Masjid yang dinamakan Al Jabbar ini dikenal sebagai masjid terapung karena didirikan di tengah sebuah danau yang besar. Danau buatan yang di dalamnya terdapat ikan-ikan dengan berbagai macam jenis. Selama masa pembangunan, saya lihat banyak masyarakat yang memanfaatkan danau buatan tersebut untuk dijadikan sebagai tempat memancing. Menurut saya jika pembangunan masjid sudah selesai, belum tentu kawasan ini diperbolehkan untuk digunakan untuk tempat memancing. Etapi, gak tau juga ya ...

ahttps://www.nurulfitri.com/2020/04/masjid-terapung-al-jabbar-gedebage.html

Fasilitas Masjid Al Jabbar Gedebage

Masjid yang nantinya akan menjadi salah satu ikon baru di Jawa Barat ini peletakan batu pertamanya dilakukan pada tanggal 29 Desember 2017 oleh Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat pada waktu itu yaitu Ahmad Heryawan dan Deddy Mizwar. Sedangkan nama Al Jabbar dipilih dari salah satu nama di antara 99 Asmaul Husna yang berarti Maha Kuasa, Maha Gagah.

Kelak masjid ini akan dilengkapi oleh berbagai fasilitas yang bisa digunakan untuk beribadah.
Fasilitas apa saja yang akan ada di Masjid Al Jabbar? Masjid dengan kapasitas sekitar 60 ribu jamaah tersebut akan dilengkapi fasilitas perpustakaan, tempat untuk manasik haji, pelatihan, penginapan, tempat pertemuan dan seminar dan juga museum. Nantinya masjid agung ini akan dilengkapi oleh Museum Asmaul Husna, Museum Nabi Muhammad SAW, sejarah Islam Indonesia dan sejarah Islam di Jawa Barat.

https://www.nurulfitri.com/2020/04/masjid-terapung-al-jabbar-gedebage.html

Biaya pembangunan masjid yang terlihat megah ini menggunakan APBD Jawa Barat tahun 2017 dan diperkirakan menelan biaya sekitar Rp. 600 milliar hingga Rp. 1 triliun.
Danau buatan yang ada di sekitar Masjid Al Jabbar selain untuk mendukung pembangunan masjid juga berfungsi sebagai sumber air untuk memenuhi kebutuhan masyarakat di Kota Bandung setara 15 meter kubik perdetik. Selain sebagai sumber air, keberadaan danau buatan tersebut memiliki fungsi sebagai pengendali banjir dan konservasi habitat.

Konon kedalaman danau buatan ini sekitar 3 meter dan mampu menampung curah air hujan yang tinggi. Dan pengadaan danau buatannya sendiri dibangun secara paralel dengan masjid terapung.

https://www.nurulfitri.com/2020/04/masjid-terapung-al-jabbar-gedebage.html

Saat ini pembangunan Masjid Al Jabbar memasuki tahap ketiga, dan ditargetkan akan selesai pada Bulan Desember 2020 nanti. Menurut Gubernur Jawa Barat saat ini yaitu Ridwan Kamil, setiap sudut mesjid diusahakan memiliki manfaat penting. Pembangunannya harus memperhatikan aspek fungsionalitas dan ketersediaan fasilitas.

Dan tahap pengerjaan masjid masih berada di sekitar eksterior maupun interior, seperti pembuatan taman, air mancur dan fasilitas untuk kaum difabel.

Saya berharap pembangunan Masjid Terapung Al Jabbar Gedebage ini bisa segera rampung dan bisa digunakan sebagai media dakwah Islam dan kemajuan peradaban masyarakat. Aamiin Ya Rabbalalaamiin.

                Salam takzim



43 comments:

  1. Masjidnya mewah sekali ya. Arsitekturnya tidak biasa. Lokasinya juga bagus banget di tepi air begini.

    ReplyDelete
  2. Wah keren mesjidnxa dari kejauhan seperti terapung di air. Jadi pengen kesana. Ini dekat pasar Gedebage ya ?

    ReplyDelete
  3. Ini deket rumah lho Teh, kalau sepedaan suka ke sini. Semoga saja cepat selesai jadi bisa jamaah di sana. Penasaran banget euy

    ReplyDelete
  4. Bangunan masjidnya mirip dengan masjid kubah terapung yang ada di Kota Makassar. Kapan-kapan, saya akan coba menulis ulasan tentang masjid tersebut juga.

    ReplyDelete
  5. Masya Allah, indah sekali. Kapasitas tampungannya banyak. Beribadah sekaligus berwisata. Dulu ke Makasar ada juga mesjid terapung begini.

    ReplyDelete
  6. Rasanya pasti betah berdiam diri di sana. Terbayang akan terasa nyaman ketika mampir ke sana untuk sholat dhuhur atau waktu sholat lain saat dalam perjalanan di Bandung.

    Semoga pembangunannya cepat selesai dan sesuai dengan harapan kita.

    ReplyDelete
  7. Semoga penyelesaian pembangunan MAsjid Terapung Al Jabbar Gedebage sesuai dengan rencana ya, agar segera bisa dimanfaatkan untuk masyarakat sekitarnya. Keren ada masjid unik begini di Bandung!

    ReplyDelete
  8. Aku pernah mengunjungi salah satu Ustadzah, guru kami dan anak-anak tahfidz yang rumahnya di Gedebage.
    Karena norak, belum pernah ke Gedebage, aku happy banget lihat masjid sebesar ini, mashaAllah~

    Apakah sudah mulai difungsikan, teh?
    Aku waktu itu ngliat dari jauh, asa masih sepi...

    ReplyDelete
  9. Ini mesjid apakah pak ridwan kamil juga arsiteknya? Soalnya kan beliau ahlinya bikin design yg tidak biasa, unik. Pengen banget bisa mampir kesana suatu hari nanti

    ReplyDelete
  10. ah kebayang nanti pasti bagus banget. aku kok ga sabar pengen cepet-cepet selesai dan diresmiin. nanti kasih tau seperti apa dalammnya ya, Teh. Sebenernya menarik ya kalau nanti tetap boleh dipakai mancing.

    ReplyDelete
  11. Aahh lagi-lagi Gedebage ya.. hehehe jadi kangen mudik Bandung ni Teh. Ini deket banget dari rumahku Teh. Dulu belum dibangun sih. Cuman aku udah sempet tau planning nya kalo mau ada pembangunan kawasan terpadu di Gedebage. Keren ya....

    ReplyDelete
  12. masjidnya bagus banget ya kak, beneran keren arsitekturnya, namanya juga gede bage hehehe. Saya membayangkan melihatnya dari seberang danau pasti terasa adem banget. Semoga menambah semangat untuk memanjatkan doa pada yang Maha Kuasa saat pandemi ini berakhir

    ReplyDelete
  13. Wah, bagus banget, Masjid Al Jabbar ini Mbak. Bentuknya unik dan futuristik. Tak heran jika jadi ikon juga kelak.
    Tadinya saya kira sudah selesai lho karena sudah semegah itu. Ternyata targetnya masih desember 2020.
    Semoga bisa ke sana. Aamiiin

    ReplyDelete
  14. Bagus ya mesjid nya terapung. Ngomongin gedebage Bandung aku juga teringat tempat jualan baju bekas yang keren itu.

    ReplyDelete
  15. Baru tahu ternyata Bandung punya masjid terapung juga mbak.Oh danaunya sengaja dibikin ya? Tadinya kupikir danau alami. Sehingga selain bikin masjid juga utk memenuhi kebutuhan air warga Bandung gtu ya mbak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Karena daerah ini terkenal langganan banjir kalau curah hujan sedang tinggi.
      Sejak ada danau, jadi berkurang.

      Delete
  16. wuaw keren juga ya
    belum selesai aja udah instagramable, difoto dari pinggir danau
    semoga orang2 datang ke sana beneran untuk sholat ya, bukan hanya untuk foto2 doang tapi lupa sholat

    ReplyDelete
  17. Bagus banget desain masjid terapungnya. Fasilitasnya juga lengkap sekali ya sampai ada perpustakaan dan museum segala. Mantap nih, keren!

    ReplyDelete
  18. Wah perkiraan bulan Desember ini yaa, dan apakah skrg masih dibangun itu kak krn ada corona? Sudah pasti kalau sudah jadi aku mau mampir ke sini

    ReplyDelete
  19. wah penasaran gimana kalau udah jadi masjid ini apa bakal boleh mancing lagi disini atau nggak? dan mudah2 orang berkunjung kesana bukan hanya untuk sekedar foto2

    ReplyDelete
  20. MasyaAllah bagus banget, aku kira beneran terapung loh teh. Tapi ternyata memang seperti terapung ya kalo liat dari jauh. Selesai corona kayanya harus nengokin ke sana deh ^^

    ReplyDelete
  21. Aamin ya teh.

    Aku selalu lihat mesjid ini kalo pas ke rumah mama lewat gedebage, tahu juga perkembangannya. Nah bulan lalu sebelom social distancing ke mekdi summarecon yang akhirnya iseng jalan2 main ke mesjid itu, deket soale.
    Megaah banget emang, beneran ikon ini maah.

    ReplyDelete
  22. Berarti pondasinya dipancang ke air ya? Desainnya unik ya nggak kaya masjid umumnya

    ReplyDelete
  23. wah saya kira sudah selesai pembangunannya, tahun depan semoga sudah selesai ya teh biar bisa di kunjungi teman2 beragama muslim saya

    ReplyDelete
  24. Unik ya desain arsitekturnya, berasa bukan di Indonesia. Masjidnya megah semoga pandemi segera berakhir & masjid ini bisa dikunjungi jamaah yang banyak. Aku langsung googling arsiteknya nih :)

    ReplyDelete
  25. bagus banget mesjidnya, nanti kalau aku mudik mampir ah kesana. sekalian wisata reliji

    ReplyDelete
  26. Duh nggak sabar lihat masjid ini bila sudah jadi. Pastinya akan cantik ya? Semoga aku bisa melihat langsung nanti

    ReplyDelete
  27. Masyaallah mesjidnya indah sekali, bangunan arsitekturnya itu lho seperti bangunan museum modern, semoga pembangunannya segera selesai ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku tu kalau sholat di masjid yang desain dan interiornya bagus serasa sholatku makin khusyuk gtu, apaagi kalau tempatnya bersih., Ah kangen sholat di masjid Ya Allah...

      Delete
  28. Berasa adem banget duduk di tepi danau itu ya mak. AK jadi pengen deh sholat di masjid itu. kelar pandemi harus bikin agenda jalan jalan nih

    ReplyDelete
  29. Unik sekali masjidnya ya. Semoga habis ini makin banyak yang ibadah di masjid. Dari jauh cakep juga buat foto-foto

    ReplyDelete
  30. Penasaran banget dengan interior bagian dalamnya mba. Semoga aja pembangunan masjid ini segera bisa diselesaikan, mengingat kondisi pandemi Corona ini apakah mungkin jadi terkendala ya. Sayang banget kan bila macet di tengah proses pembangunannya.

    ReplyDelete
  31. Mudah-mudahan proses pembangunan masjid terapung al jabbar yang ketiga ini akan ber jalan lancar tanpa ada kendala. Amiin

    ReplyDelete
  32. waaa keren banget ya teh, aku baru tau nih di daerah gede bage ada mesjir terapung ini, aku jarang banget main ke daerah gede bage soanya lumayan jauh ehhe

    ReplyDelete
  33. Wah beneran baru tahu kalau lagi ada pembangunan mesjid terapung lho, mana di Gedebage pulak deket rumah hehe

    Semoga pembangunannya cepat selesai yah

    ReplyDelete
  34. Ah iya ini kenang2an dari Kang Aher saat menjadi gubernur.. jadi kangen beliau aku mah xixixi btw jadi inget dan kangen masjid terapung di Melaka dulu..

    ReplyDelete
  35. Masya Allah cantik dan unik banget masjidnya. Yakin deh bakal diserbu para turis luar Jabar. Keren banget arsitekturnya.

    ReplyDelete
  36. oh belum selesai ya teh pembangunannya, saya kira sudah selesai :D penasaran pengen lihat tapi udah keburu dateng virus corona jadi belum sempet lihat hehe

    ReplyDelete
  37. Masya Allah cakrp amat ini mesjidnya terus lingkungannya juga bagus ya. Semoga banyak jamaah yang kesana dan semoga juga saya bisa berkunjung ke sana juga.

    ReplyDelete
  38. masjid unik ini keren banget arsiteknya, aku belum pernah ke sana sih, tapi jadi pengen sholat di sana nih kapan2

    ReplyDelete
  39. Masjid ini really one of a kind yaaa.. ku jadi pengen mampir dan take picture of this unique architecture.

    ReplyDelete
  40. subhanallah, subhanallah, indah dan adem banget mba. aku belum pernah nih kesana. niatnya nanti kalo ke bandung mau mampir ke sana

    ReplyDelete
  41. Bagus sekali secara arsiteknya teh, bahkan berada di tengah danau gt ya. Semoga setelah pandemi berakhir, kita semua bs memakmurkan masjid lagi dengan kegiatan dakwah. Rindu tarawih di masjid, hiks

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar. Mohon maaf, untuk menghindari SPAM, komentarnya dimoderasi dulu, yaa ^~^