Thursday, 4 June 2020

7 Tips Mempersiapkan Penampilan Untuk Prom Night yang Istimewa

Rasanya waktu berlalu dengan begitu cepat, seperti itulah ungkapan hati mengingat kini putri sulung saya sudah lulus dari Sekolah Menengah Atas. Saatnya dia melanjutkan pendidikannya ke jenjang perguruan tinggi. Tentu saja dia senang karena sudah lulus dari sekolah. Seiring itu, di hati anak saya itu juga timbul rasa antusias sekaligus kegalauan menghadapi prom night yang sudah menjadi tradisi di sekolahnya. Acara perpisahan sekolah.
7 Tips Mempersiapkan Penampilan Untuk Prom Night yang Istimewa

Ya, setiap akhir ajaran, lulusan dari sekolah anak saya selalu mengadakan prom night sebagai bentuk rasa syukur sekaligus perpisahan dengan guru serta teman-teman di sekolahnya. Anak saya senang akhirnya bisa mengikuti acara yang istimewa dan dianggap sebagai puncak kegiatan yang diselenggarakan di sekolah. Namun sekaligus merasa galau karena harus mempersiapkan segala sesuatunya agar bisa tampil dengan baik dan menarik.

Acara prom night biasanya digelar sekitar Bulan Mei atau Bulan Juni setiap tahunnya. Namun karena ada kejadian pandemi, acara tersebut diundur hingga waktu yang belum ditentukan. Untuk mempersiapkan acara yang istimewa tersebut, saya dan anak sulung saya tersebut mulai mempersiapkan segala sesuatunya sejak jauh-jauh hari. Kebetulan anak saya sudah lulus masuk ke perguruan tinggi melalui jalur SNMPTN. Jadi dia bisa sedikit santai menunggu masa-masa perkuliahan nanti.

Dari berbagai hal yang harus dilakukan, yang paling utama kami persiapkan yaitu seputar fashion yang akan dikenakan oleh putri saya. Ada beberapa hal yang kami lakukan dalam rangka mempersiapkan dress untuk prom night.

1. Mempersiapkan Pakaian dari Jauh-jauh Hari
Seperti pengalaman tahun sebelumnya, biasanya peserta acara prom night dibebaskan memilih pakaian yang akan mereka kenakan. Agar bisa tampil lebih maksimal, kami perlu mempersiapkannya jauh-jauh hari. Mulai hunting dress yang sedang kekinian beserta aksesori yang akan dikenakan. Dengan mempersiapkan semuanya jauh sebelum hari H, akan membuat kami lebih leluasa memilih dan mencari semua hal yang akan dibutuhkan.

2. Memilih Baju yang Nyaman
Bagi saya dan anak-anak, hal utama yang harus diperhatikan dalam hal memilih pakaian adalah kenyamanannya. Kami tidak akan memilih sebuah dress meskipun dengan model sebagus apapun kalau tidak nyaman. Pilihan kami lebih baik menggunakan pakaian yang nyaman agar lebih bisa bebas bergerak dan menikmati acaranya.

Jika menggunakan pakaian yang tidak nyaman, mungkin kita akan merasa tersiksa dan bahkan bisa mengurangi pancaran kebahagiaan di wajah, bukan? Oleh karenanya kita harus mempersiapkan dengan matang pakaian yang akan dipilih. Dress yang dikenakan haruslah pas dengan tubuh, tidak boleh kebesaran atau kekecilan. Untuk mengantisipasi pakaian yang tidak pas di badan akhirnya kami memilih untuk menjahit baju sendiri saja, agar lebih nyaman saat dikenakan.

3. Perhatikan Tema Fashion
Menurut cerita anak saya, dulu semua kakak angkatannya menggunakan tema tertentu untuk acara prom night mereka. Begitu juga untuk tahun ini, sebenarnya tema yang akan diusung masih belum fix. Akankah menggunakan tema futuristic atau ala-ala putri seperti semacamnya. Nah,  untuk menghindari salah kostum, saya minta anak saya untuk memastikan tema acaranya terlebih dahulu.

Saya sendiri lebih senang jika acara prom night itu mengusung tema bebas. Nanti saya akan mengusulkan dia menggunakan gaun dengan model A-line, agar mudah bergerak dan melangkah. Anak perempuan itu memberi saya beberapa alternatif pilihan. Dia memberikan contoh mini dresses yang akan dikenakan oleh teman-temannya. Setidaknya kami bisa memiliki sedikit gambaran, model pakaian yang akan digunakan oleh yang lain. Agar desainnya bisa senada dan tidak terlalu berbeda.

Salah satu dress pilihan temannya yaitu pink bohemian dress. Baju pilihan temannya itu menampilkan warna yang ceria, cocok dengan mereka yang masih muda dan enerjik. Aksesories di bagian pinggangnya memberi kesan langsing. Coraknya yang berbunga-bunga begitu cantik. Alurnya yang berbentuk alur vertikal juga memberikan kesan tinggi. Rencananya akan ada beberapa tambahan yang disesuaikan dengan acara nanti.

7 Tips Mempersiapkan Penampilan Untuk Prom Night yang Istimewa

Selain dress berwarna pink itu, teman anak saya juga katanya memiliki pilihan dress lain seperti gold formal dresses. Pakaiannya kali ini warnanya lebih soft, dengan corak abstrak. Sebenarnya model pakaian itu adalah pilihan dari ibunya. Sedangkan teman anak saya itu sepertinya lebih tertarik dengan warna yang lebih cerah ceria. Wajar saja sih, karena dress berwarna coklat emas tersebut terkesan lebih formal dan kurang sesuai untuk digunakan di acara prom night.

7 Tips Mempersiapkan Penampilan Untuk Prom Night yang Istimewa

Sedangkan untuk anak saya sendiri, karena dia berhijab saya sarankan dia memakai maxi dress dengan warna pastel yang sedang nge-trend. Saya lihat warna yang sedang kekinian itu seperti merah muda, pink baby, ungu muda, toska atau biru baby bisa menambah penampilan lebih cerah ceria. Apalagi diberi sentuhan renda atau brukat, pastinya akan bertambah manis, deh!

4. Memilih Aksesoris yang Cocok
Agar penampilan bisa lebih menarik lagi, pakaian yang dikenakan sebaiknya diberi tambahan berupa aksesoris. Namun aksesori yang terlalu banyak atau bertumpuk akan membuat penampilan menjadi rame bak toko berjalan. Kebetulan selera saya dan putri sulung saya tidak jauh berbeda dalam hal memilih aksesoris untuk melengkapi penampilan. Lebih senang aksesoris yang sederhana. Kami memilih mengenakan bros mungil yang cantik, kalung panjang atau gelang mutiara yang sedang kekinian. Aksesoris sederhana tetap bisa menambah penampilan kita semakin menarik, bukan?

5. Memilih Sepatu yang Sesuai
Sepatu merupakan salah satu item fashion yang bisa melengkapi penampilan. Pada umumnya yang akan dilihat pada penampilan seseorang tidak hanya sebatas kepala dan badan saja. Namun ujung kaki akan mendapat perhatian juga. Oleh karena itu, kita harus mempersiapkan penampilan yang matching antara sepatu dan pakaian. Rasanya tidak pas, jika mengenakan sepatu sport untuk acara prom night, betul?

Nah, melengkapi penampilan untuk prom night yang istimewa, kami mempersiapkan jenis heels yang dipadupadankan dengan dress. Pilihannya bisa sepatu dengan model open-toe atau sandal platform dengan hak tinggi. Saya juga menyarankan untuk menggunakan jenis sepatu balet atau sneakers dengan warna yang elegan seperti silver, gold atau rose gold. Supaya anak saya bisa merasa nyaman menghadiri prom night tanpa merasakan kaki yang pegal-pegal.

6. Mempersiapkan Gaya Hijab atau Gaya Rambut
Anak saya ingin mengenakan hijab yang simple tetapi terlihat menarik ketika menghadiri acara perpisahan masa sekolahnya nanti. Kami putuskan untuk mengenakan hijab dengan bahan sifon karena bahannya lebih jatuh dan mudah diatur. Selain itu ada alternatif lain yaitu mengenakan pashmina tanpa tutorial yang ribet.

Bagi yang tidak berhijab, sebaiknya menata rambut dengan mengikatnya seperti ekor kuda, menjalin ke samping atau dijepit ke samping.

7. Pemilihan Makeup yang Sesuai
Sekarang sudah banyak video tutorial yang bisa dicontoh. Video tutorial memakai makeup bisa banyak dilihat di youtube atau di instagram. Selama ini, anak saya juga sering belajar dari sana. Terutama cara memulaskan makeup ala Korea yang terlihat simpel dan natural. Bisa membuat penampilan wajah kelihatan lebih fresh, deh!

7 Tips Mempersiapkan Penampilan Untuk Prom Night yang Istimewa
Foto untuk album kenangan-kenangan

Nah itulah 7 cara mempersiapkan penampilan anak saya di acara prom night yang akan diadakan setelah pandemi usai. Kami memilih mempersiapkannya jauh-jauh hari agar bisa lebih santai dan bisa bebas memilih yang terbaik untuk penampilan di acara yang istimewa nanti.

Bagaimana dengan teman-teman? Apakah di sekolah anaknya ada yang akan mengadakan acara perpisahan sekolah? Melakukan persiapan jauh-jauh hari seperti kami, juga? Cerita, yuk!

                 Salam takzim


27 comments:

  1. Kalau aq pilih kenyamanan dinatas segalanya. Walau secantik apapun bajunya, kalau bikin kulit sensitifku ini gerah dan gatal, bisa ambyar prom ku.

    ReplyDelete
  2. Kok aku malah jadi teringat pengalaman zaman dulu menghadiri perpisahan di sekolah yaa. Penuh haru dan air mata. Duuh, gak kebayang pas lihat anak2 sendiri beranjak dewasa

    ReplyDelete
  3. Dressnya cakep lho mbak. Bisa tu buat atasan. Tinggal dipakein manset, legging dan kerudung. Hehehhe

    ReplyDelete
  4. Sayang sekali tahun ini anak anak di sekolah kami lulus tanpa perayaan. Akibat adanya wabah korona ini, buku kenang kenanganpun tidak selesai.
    Ini karena ketika wabah datang, sesi foto yang seru seru itu belum selesai.
    Mereka kemudian dipaksa tinggal di rumah. Banyak anak menyatakan kendcewaannya. Tapi bagaimanalagi keadaannya sedang bahaya begini.

    ReplyDelete
  5. Penampilan emang kudu tetap jadi perhatian penting ya Teh meski Kita harus dirumahaja. Soalnya kalo gak dijaga bida-bisa nanti bengkak hahahaha. Apalagi untuk anak-anak yang mau perpisahan ama temen-temennya atau menghadiri pesta gitu. Harus tuh hukumnya pakai baju dan dandanan yang cakep..

    Btw aku naksir foto baju yg pink itu euy. Cantik dan girly. 😍

    ReplyDelete
  6. Wah... pasti udah nggak sabar banget ci Teteh nunggu hari Hnya tiba.Teman malah cerita tentang anaknya yang bete berat, gegara kelulusan tanpa ada acara perpisahan sama sekali. Padahal si anak udah merencanakan tampilan buat acara perpisahannya jauh-jauh hari sebelum pandemi.

    ReplyDelete
  7. Wah, prom night setelah pandemi, pasti jadi ajang kangen-kangenan ya, Mbak. Secara sudah bbrp bulan gak jumpa. Rekomendasi fashion-nya oke punya nih. Anak jaman now juga pasti paham banget ya, bagaimana memilih fashion yang kekinian dan sesuai dengan karakter mereka. Btw, nanti aksesoriesnya tambah masker gak nih?

    ReplyDelete
  8. Anakku masih TK mbak 😁. Untungnya mereka cowok semua, kalopun ada acara perpisahan ya gak ada dandan-dandan syantik. Bisa ini buat emaknya #Eh Berasa muda haha

    ReplyDelete
  9. waduh dress nya cakep2 mbak :) sayangnya aku waktu sekolah dulu nggaka da prom night2 an hahaa kalau anak sekarang setelah pandemi trus ada acara prom night kayaknya bahagia banget ya

    ReplyDelete
  10. Lucu banget yah kalau ada prom night gitu, saya dulu jamannya aku belum ada huhu
    Tapi emang memilih pakaian itu yang paling penting sih, yang penting nyaman menggunakannya
    Thankyou rekomendasinya kak :3

    ReplyDelete
  11. Ada 3 sepupu dan 1 keponakan saya yang lulus tahun ini. Sepertinya sih gak ada prom night karena pandemi. Padahal acara seperti ini biasanya yang paling ditunggu

    ReplyDelete
  12. Anak sekolah jaman now, harus memperhatikan penampilan ya untum prom night. Itu yang berbeda dengan jaman old
    😊

    ReplyDelete
  13. Paling ribet prom itu kalau anak2 cewek semua. Heheee. Si sulung dulu beli baju prom mahal cuma dipakai sekali, ya pas prom itulah. Mubazir banget. Yang bungsu nggak mau datang ke prom karena terlalu malam & hotelnya jauh. Anaknya memang kurang gaul. Heheee. Btw semangat ya angkatan 2020, insya Allah paling tabah & siap menghadapi segala perubahan ke depannya. Selamat juga sudah lolos SNMPTN.

    ReplyDelete
  14. Oh promnight nya tetap akan dilaksanakan meski diundur waktunya begitu ya mba? Pilihan fashion utk dikenakannya bagus2 memang mba.m semoga acaranya nanti sukses ya..

    ReplyDelete
  15. Kebetulan anakku pas lulus SMP dulu nggak ada prom night, mba. Kayaknya cuma kumpul makan-makan gitu. Nda tau nih ntar lulus SMK, kalik aja ya mau bikin kumpul-kumpul ceria model gini.

    ReplyDelete
  16. Kalo promnight di Inndonesia beda ya ama di luar negeri tampaknya. Kenyamanan berbusana menurutku penting

    ReplyDelete
  17. wah mbak Nurul anaknya udah memasukin waktuny aprom night ya, anakku masih lama hihihi. Duh jaman kita dulu gak ada kaya ginian ya jadi ngiler :)

    ReplyDelete
  18. Teteh...
    selamat yaa...anak-anak sudah besar dan sebentar lagi duduk di bangku kuliah.
    Adikku juga niih...

    Sejujurnya,
    Aku bukan dari generasi yang ngadain prom night.
    Hehhe...jaman aku namanya apa yaa...pentas seni?

    ReplyDelete
  19. ponakanku hari ini ada acara wisuda SD. walau dalam ruangan tetap ikut protokoler kesehatan. semoga pandemi ini memberi pelajaran berharga buat kita semua.

    ReplyDelete
  20. Nggak berasa ya Mbak. Eh kalau di kampung saya istilahnya Samen gitu. Hari perpisahan antara murid dan guru-guru. Tapi nggak pernah diadakan malam hari sih biasanya selalu siang hari.

    ReplyDelete
  21. Wah Prom night. Jadi keingetan anak-anak yang gagal rencana prom night-nya. Mungkin nanti kalo pandemic udah berakhir. Semoga bias segera ya.

    ReplyDelete
  22. Sebagai guru pun aku bakalan heboh, Mbak, kalau ada acara prom night gini. Apalagi kalau aku dapat mandat jadi MC, hoooo...urusan baju nomor satu. MC kan jadi tombak acara tersebut, ya, kalau nggak eye catching, ya, wis, nggak pede.

    ReplyDelete
  23. Sudah lama banget nih enggak dengan prom night memang acara ini paling ditunggu anak-anak sekolah ya mbak. Semoga usai pandemi seperti ini bisa dilaksanakan kembali. Kalau dulu saya siapkan baju pastinya cuma sepatu kemarin sempat ga matching hihi

    ReplyDelete
  24. Tipsnya keren smeuanya dan bener banget mba
    memang segala halnya harus dipersiapkan, apalagi mau tampil menawan
    yang single2 siapa tahu dapet jodoh ehehhe

    ReplyDelete
  25. Memang saat yang istimewa ya. Although we don’t have that during the corona and pandemic. Special moment needs special treatment as well

    ReplyDelete
  26. Asesoris meski cuma gelang, tapi menambah anggun ya, Mbaak. Aku suka pakai gelang2 soalnya. Hahaha

    ReplyDelete
  27. Belum pernah mengalami promnight teh nurul. Tapi ini aku catat, barangkali nanti ada keponakan yang butuh tips menyiapkan busana promnight
    Haturnuhun tipsnya teteh

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar. Mohon maaf, untuk menghindari SPAM, komentarnya dimoderasi dulu, yaa ^~^