5 Investasi Bagi Generasi Muda

Akhir-akhir ini saya sedang giat mengenalkan pentingnya investasi kepada anak sulung saya. Putri saya itu, sekarang masih berstatus mahasiswa, sehingga saya memperkenalkan dia jenis investasi dengan modal yang tidak besar. Anak-anak selalu diingatkan mengenai pentingnya investasi, terutama untuk mempersiapkan masa tua mereka dan persiapan di tengah kondisi perekonomian yang tidak menentu.

Sebenarnya memiliki investasi tidak harus bermodalkan uang yang banyak. Kita bisa berinvestasi dengan modal kecil tanpa harus memiliki pekerjaan tetap dan bergaji tinggi dulu, bukan?

5-investasi-bagi-generasi-muda

Alhamdulillah, anak saya kini sedang merintis sebuah usaha. Dalam bulan pertama, dia sudah mendapatkan keuntungan yang cukup  bagi ukuran anak mahasiswa. Dia bersama seorang sahabatnya membangun bisnis berdasarkan ilmu yang mereka dapat di perkuliahan. Sesuai dengan jurusan mereka yaitu Bisnis Manajemen, kedua anak muda itu belajar mengelola bisnis hingga bisa mendapatkan keuntungan yang lumayan.

Seperti kalangan anak muda lainnya, anak saya dan sahabatnya langsung membuat berbagai rencana untuk membelanjakan penghasilan mereka. Termasuk membeli hal yang tidak begitu diperlukan (menurut saya sebagai emaknya 😁). Saya pikir daripada penghasilan mereka habis tidak terkendali, maka saya sarankan untuk mulai berpikir tentang pentingnya investasi.

Manfaat Investasi untuk Generasi Muda

Saya terus mengedukasi anak agar dia melek tentang investasi. Agar putri saya itu tidak beranggapan jika berinvestasi bisa dilakukan di lain waktu seperti ketika sudah berkeluarga atau memiliki keuangan yang mapan. Padahal dengan dana minim semua bisa berinvestasi, ya, kan? Saya katakan bahwa berinvestasi banyak manfaatnya apalagi untuk menyambut hari tua nanti.

Beberapa manfaat yang bisa didapatkan untuk anak muda yang memiliki investasi yaitu:

1. Merdeka secara  finansial

Anak muda yang memiliki investasi berarti bebas dalam semua hal yang menyangkut keuangan atau bebas finansial. Sehingga di kehidupan masa depan mereka tidak harus bekerja lebih keras.

Contohnya saja, bila memiliki investasi di bidang properti, otomatis di masa yang akan datang mereka sudah memiliki rumah sendiri, tanpa harus bayar kontrakan setiap bulannya. Atau bagi yang mempunyai banyak aset properti tentunya bisa mendapatkan uang dari investasi tersebut.

2. Investasi berarti berbisnis sejak dini

Mengapa investasi disamakan dengan berbisnis sejak dini? Karena semua yang didapatkan dari investasi merupakan keuntungan dari bisnis yang dikelola selama ini. Apalagi jika investasi dalam bentuk saham.

Serupa dengan berbisnis, investasi juga memerlukan strategi sehingga dalam mengelolanya harus seperti merintis sebuah bisnis. Jadi jika anak muda melakukan investasi dari sekarang,  berarti mereka sedang merintis bisnis sejak dini.

3. Belajar melakukan perencanaan jangka panjang

Mempunyai investasi sejak dini juga bisa membantu anak muda belajar perencanaan jangka panjang. Pasalnya investasi bukan bagian dari tabungan jangka pendek yang membutuhkan perencanaan ekonomi yang cukup matang agar bisa menghasilkan keuntungan di masa mendatang.

5-investasi-bagi-generasi-muda


Memiliki Investasi dari yang Ringan Terlebih Dulu

Selanjutnya saya juga menekankan pada anak saya jika tidak harus memiliki investasi yang langsung besar. Untuk anak muda seperti dia, bisa dimulai dengan kegiatan investasi yang ringan terlebih dulu. Daripada uang hasil usaha mereka habis digunakan untuk belanja barang yang tidak begitu dibutuhkan, lebih baik digunakan untuk berinvestasi.

Apalagi sekarang jenis dan instrumen investasi sudah banyak dan beragam, bahkan dengan modal yang tidak besar. 

5 Jenis Investasi Untuk Anak Muda

1. Investasi logam mulia

Jenis investasi pertama yang saya rekomendasikan untuk putri sulung yaitu memiliki logam mulia. Selain banyak diminati, investasi logam mulia cukup fleksibel. Logam mulia atau emas batangan juga merupakan instrumen investasi yang memiliki resiko tergerus inflasi yang rendah. 

5-investasi-bagi-generasi-muda

Memiliki investasi logam mulia sangat cocok untuk anak muda karena sifatnya likuid, mudah untuk diperjualbelikan. Jadi jika mereka ingin dana cepat, tinggal menjual emasnya. Menjual emas tergolong lebih cepat jika dibandingkan dengan investasi lainnya. Meskipun begitu, investasi logam mulia cenderung memiliki keuntungan yang lebih kecil, yakni sekitar 2-4% saja pertahunnya.

2. Deposito

Jenis investasi berikutnya yang bisa dimiliki oleh generasi muda yaitu deposito. Investasi deposito merupakan jenis investasi yang aman karena dana yang diinvestasikan di deposito akan disimpan di bank. Untuk penyetoran dan penarikannya hanya bisa dilakukan dalam waktu tertentu saja.

Investasi deposito pada umumnya bisa dicairkan sekitar 1 bulan, 3 bulan, 6 bulan atau 1 tahun, sesuai dengan periode yang sudah ditetapkan di awal. Suku bunga yang bisa didapatkan dari deposito dirasakan lumayan tinggi, yaitu sekitar 5-8%. Namun nilai tersebut belum termasuk potongan pajak sebesar 20%.

3.  Investasi Reksadana

Reksadana merupakan jenis investasi yang tidak hanya bagus untuk generasi muda saja. Reksadana merupakan jenis investasi yang cocok untuk siapa saja yang ingin belajar dan mengetahui dunia saham, obligasi dan instrumen investasi lainnya.

Berinvestasi di reksadana cukup mudah dan tidak memerlukan banyak modal. Anak muda yang ingin berinvestasi reksadana tidak perlu dipusingkan dengan instrumen-instrumen investasi yang ada, cukup dengan membeli unit penyertaan reksadana saja. Karena reksadana merupakan kegiatan pengelolaan modal bagi sekumpulan investor untuk berinvestasi.

4. Investasi dalam bentuk asuransi dan dana pensiun

Apkah mungkin berinvestasi dalam bentuk asuransi? Tentu saja bisa. Selintas memang tujuan asuransi dan investasi itu berbeda. Asuransi untuk memberikan perlindungan dari resiko,  sedangkan investasi bertujuan untuk mengembangkan dana atau aset dengan mengambil resiko yang terukur. 

Saat ini sudah banyak tersedia produk asuransi investasi yang bisa memberikan perlindungan sekaligus berinvestasi.

5. Trading saham

Investasi yang cocok untuk anak muda lainnya yaitu investasi trading saham. Jenis investasi ini dipercaya cukup aman dilakukan oleh pemula. Banyak yang beranggapan jika investasi trading saham beresiko tinggi dan berbahaya serta resiko yang timbul umumnya dipengaruhi oleh tingkat pengembalian yang tinggi.

Pengertian dari trading saham sendiri yaitu investasi yang hanya memperjualbelikan lembar saham yang harganya sewaktu-waktu bisa berubah, tergantung kondisi pasar dan perusahaan tersebut.

Untuk generasi muda atau mahasiswa dalam berinvestasi saham sebaiknya dimulai dari jumlah yang sedikit. Karena tidak semua investasi saham membutuhkan banyak uang. Siapa saja bisa memulai investasi saham dengan sistem jual beli harian.

Nah, siapa bilang berinvestasi itu harus dengan modal besar? Ternyata banyak juga jenis investasi yang membutuhkan modal minim dan cocok untuk generasi muda sebagai investor pemula, bukan?

Begitu pula dengan anak perempuan saya yang kini  sudah memiliki penghasilan sendiri, penting sekali untuk mulai berinvestasi untuk mempersiapkan hari tua nanti.

Salam Takzim



Post a comment

15 Comments

  1. Ada lagi mba, investasi lewat usaha teman. Jadi kayak investasi modal gitu dan suamiku juga ambil yang itu. yang penting ada hitam di atas putih dan memang usaha yang dirintis bisa dipertanggung jawabkan

    ReplyDelete
  2. Investasi dan trading itu beda lho mbak, yang sesuai dengan judul sih bisa disebut investasi saham. Justru yang di trading saham itu banyak yang rugi.

    ReplyDelete
  3. Investasi logam mulia masih banyak banget digemari, karena harga emas jarang banget yang drop drastis, dan harganya selalu naik tiap tahunnya.

    ReplyDelete
  4. Jujur, aku merasa agak telat untuk tahu investasi. Sekarang dikit-dikit ngerti dan nyoba yang termudah dulu kaya LM. Next mungkin bisa yang deposito. Semoga usaha kita merdeka secara finansial bisa lancar

    ReplyDelete
  5. Anak muda sekarang sudah pinter investasi ya, sudah banyak info seputar investasi yang bisa dipelajari

    ReplyDelete
  6. Saya lagi belajar Investasi logam mulia atau mas antam kak..
    Kayaknya cocok buat jangka panjang. sedangkan reksadana wkt dulu mau bljr tapi blum dapat ilham disana,,,

    ReplyDelete
  7. beberapa investasi sudah kujalankan sih, emang penting saat ini, apalagi kalau bisa dimulai sejak muda tentu akan punya kesempatan menabung dan berkembang lebih besar lagi

    ReplyDelete
  8. Aku suka investasi emas. Rasanya enak aja gitu investasi yang ada barangnya kelihatan.

    ReplyDelete
  9. Semua cara inves itu kayanya yg friendly buat aku cuma emas ya. Soalnya yg lain buuh banget keahlian di bidang itu. Kalau emas bisa belajar lebih sederhana, gak terlalu rumit

    ReplyDelete
  10. Mantep niih..
    Sodaraku juga lagi seneng investasi saham. Dan menurut kisahnya, uangnya bisa berkembang dengan cepat per-hari.
    Bayangin per-hari loo yaa...

    Uwwhh~

    ReplyDelete
  11. Salut nih Mbak sama putrinya, masih kuliah udah punya bisnis dan berikut keuntungannya. Memang harus diarahkan untuk investasi ya daripada uangnya habis enggak jelas atau kurang bermanfaat.
    Makasih sharing ilmunya, Mbak :)

    ReplyDelete
  12. Memang nih baiknya dimulai dari usia muda agar sudah terlantih perencanaanya, kalau aku sementara ini masih invest di emas, belum yang lain br belajar teori dulu

    ReplyDelete
  13. Aku yang udah coba emas ini mba, hehehe yang paling gampang
    yang lain belum mencoba, saham apalagi belum ngerti cara investasinya. Makasih rekomnya mbak Nurul

    ReplyDelete
  14. Bener banget. Investasi zaman digital ini kudu Pinter. Invest emas juga udah ada yg online. Keren banget..

    ReplyDelete
  15. Semakin cepat memulai investasi maka semakin cepat kita merasa sejahtera. Sepertinya investasi logam mulia masih jadi primadona dah ya...

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar. Mohon maaf, untuk menghindari SPAM, komentarnya dimoderasi dulu, yaa ^~^