Ciptakan Keluarga Sehat untuk Membentuk Sumber Daya Manusia (SDM) Unggul menuju Indonesia Maju

Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar di dunia dengan jumlah penduduk lebih dari 270 juta jiwa. Dari Sabang hingga Merauke, masyarakat Indonesia terdiri dari suku bangsa, bahasa, adat istiadat dan budaya yang berbeda. Tentunya tidak mudah untuk memimpin dan mengelola negara yang masih memiliki berbagai tantangan seperti seringnya terjadi bencana alam, praktik korupsi yang masif, konflik sosial, proses demokratisasi, perubahan dan perkembangan sosial-ekonomi-politik serta proses pembangunan di berbagai sektor.

Terlepas dari semua permasalahan yang dihadapi oleh Indonesia, negeri ini tetap memerlukan sosok yang bisa memimpin sekaligus memecahkan permasalahan yang sedang terjadi. Sosok yang berjiwa muda dan bisa menjaga kedaulatan NKRI. Seperti generasi muda Indonesia yang harus siap untuk menjadi seorang pemimpin di segala bidang. Hal tersebut harus didukung dengan prestasi dan karakter yang bagus.

Bangsa ini memerlukan Anda (anak muda) dan anda pasti bisa jadi pimpinan yang paling tinggi pun di negara kita ini.
(Wakil Presiden RI ke 11, Bapak Boediono)
Menanggapi pernyataan dari Wakil Presiden ke 11 Bapak Boediono, saya pun jadi berandai-andai. Ya, seandainya saya menjadi pemimpin, apa yang akan saya lakukan untuk Indonesia? 

Masalah terhangat dan masih dihadapi oleh Indonesia hingga saat ini yaitu pandemi Covid-19. Persoalan kesehatan yang dihadapi oleh Indonesia ini pun berdampak pada masyarakat seluruh dunia. Mengingat kesehatan merupakan hal yang paling penting dampaknya pada kehidupan manusia, maka masalah kesehatan haruslah jadi prioritas utama yang harus diperhatikan oleh pemerintah. Individu sehat akan membentuk masyarakatnya unggul dan berdaya guna, bukan?

Nah, dengan latar belakang pentingnya kesehatan saya berharap seandainya jadi pemimpin, hal pertama yang akan menjadi perhatian saya yaitu menciptakan keluarga sehat agar dapat membentuk sumber daya manusia yang unggul dan produktif untuk membangun Indonesia.

ciptakan-keluarga-sehat-untuk-membentuk-SDM-unggul
Gaya hidup sehat (credit : Pixabay)

RASI muda Indonesia harus siap untuk menjadi seorang pemimpin di segala bidang. Hal tersebut harus didukung dengan prestasi dan karakter yang bagus. "Bangsa ini memerlukan Anda (anak muda) dan Anda pasti bisa jadi pimpinan yang paling tinggi pun di negara kita ini," ujar Wakil Presiden Indonesia ke-11 Boediono, dalam wawancara eksklusif lewat akun YouTube Sekretariat Presiden, Senin (17/8).

Sumber: https://mediaindonesia.com/read/detail/337281-generasi-muda-indonesia-harus-siap-jadi-pemimpin-bangsa

Fakta yang ada di lapangan, meskipun Indonesia memiliki banyak keberhasilan pembangunan di berbagai sektor, tetapi negeri ini masih dihadapi oleh masalah kesehatan yang cukup kompleks. Setidaknya ada lima masalah kesehatan yang menjadi perhatian pemerintah. Apa saja kelima masalah kesehatan tersebut? Indonesia kini menghadapi masalah kesehatan yang meliputi:

  •  Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS)
  •  Pengendalian Stunting
  •  Angka Kematian Ibu dan Bayi
  •  Pencegahan dan Pengendalian Penyakit
  •  Tata Kelola Sistem Kesehatan

Menyikapi 5 masalah kesehatan tersebut, kebijakan yang diambil oleh pemerintah semestinya ditujukan untuk mendukung pembangunan kesehatan  dan diarahkan pula pada usaha meningkatkan akses serta mutu pelayanan kesehatan melalui peningkatan upaya promotif dan preventif. 

Selain itu dibutuhkan pula dukungan dan inovasi serta pemanfaatan teknologi dalam bidang kesehatan, sehingga pada Bonus Demografi yang akan datang, Indonesia bisa mendapatkan sumber daya manusia (SDM) yang unggul dan berdaya saing menuju Indonesia maju.
 

Gerakan Keluarga Sehat

Tidak dapat dipungkiri jika hasil pembangunan kesehatan di Indonesia cukup menggembirakan, tetapi kebijakan baru dalam akselerasi program kesehatan mutlak dibutuhkan. Kebijakan tersebut salah satunya Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) dan Program Keluarga Sehat melalui pendekatan keluarga. 

Keluarga sehat yaitu suatu kondisi atau keadaan yang sejahtera baik dari segi fisik, mental dan sosial yang memungkinkan sebuah keluarga yang utuh dapat hidup normal secara sosial dan ekonomi.

GERMAS dilakukan sebagai penguatan upaya promotif dan preventif masyarakat. Sedangkan prinsip GERMAS sendiri yaitu kerjasama multisektor, keseimbangan masyarakat, keluarga dan individu dan pemberdayaan masyarakat.
 
Mengingat pentingnya menciptakan keluarga yang sehat, saya akan giat mengajak masyarakat untuk melakukan kegiatan GERMAS. Karena saya yakin tujuan dilaksanakannya GERMAS sangat bermanfaat dan  bisa mendukung terciptanya keluarga yang sehat. Semua itu memiliki tujuan, di antaranya, yaitu :
  1. Menurunkan beban penyakit menular dan penyakit tidak menular, baik kematian maupun kecacatan.
  2. Menghindari terjadinya penurunan produktivitas penduduk.
  3. Menurunkan beban pembiayaan pelayanan kesehatan karena meningkatnya penyakit dan pengeluaran kesehatan. 
  4. Penguatan sistem kesehatan: Pendekatan siklus hidup, Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) dan berfokus pada pemerataan layanan.

Saya akan memulai gerakan untuk mengedukasi masyarakat agar sehat dengan tiga fokus kegiatan, yaitu meningkatkan aktivitas fisik seperti olahraga massal, menghimbau setiap keluarga untuk mengonsumsi sayur dan buah serta mengajak masyarakat untuk mau melakukan deteksi dini penyakit tidak menular. 

ciptakan-keluarga-sehat-untuk-membentuk-SDM-unggul
Menu sehat (credit: Pixabay)

Ajakan untuk menciptakan keluarga sehat tentunya difokuskan melalui pendekatan yang menjadikan keluarga sebagai sasaran utamanya. Program keluarga sehat akan diusahakan bersifat meningkatkan dan mencegah serta penguatan upaya kesehatan berbasis masyarakat. Program kesehatan ini juga bisa melibatkan peran generasi muda agar mau berkunjung ke rumah-rumah secara aktif untuk meningkatkan kesadaran masyarakat untuk menjadi peserta Jaminan Kesehatan Nasional. 

Prioritas Program Keluarga Sehat

Mewujudkan masyarakat yang sehat agar bisa tercipta generasi muda yang unggul, bisa dilakukan dengan melaksanakan Program Keluarga Sehat. Tujuan program tersebut adalah meningkatan akses seluruh anggota keluarga terhadap pelayanan kesehatan yang komprehensif dan mendukung pencapaian standar kesehatan minimal di wilayah kabupaten atau kota. Selain itu program keluarga sehat bisa mendukung pelaksanaan jaminan kesehatan nasional.

Program Keluarga Sehat melalui pendekatan keluarga memiliki area prioritas yang meliputi :
a. Penurunan angka kematian ibu dan anak,
b. Penurunan prevelensi balita dengan stunting,
c. Penanggulangan penyakit menular dan
d. Penanggulangan penyakit tidak menular.

ciptakan-keluarga-sehat-untuk-membentuk-SDM-unggul

Peran Generasi Muda dalam Menciptakan Keluarga Sehat

Dalam pelaksanaan pembinaan keluarga sehat, dibutuhkan peran generasi muda untuk melakukan penyuluhan kesehatan terhadap individu, keluarga, kelompok dan masyarakat. Penyuluhan kesehatan sendiri merupakan suatu upaya untuk menciptakan perilaku masyarakat yang kondusif bagi kesehatan. Artinya penyuluhan kesehatan itu berusaha agar masyarakat menyadari atau mengetahui cara memelihara dan menjaga kesehatan, cara menghindari atau mencegah hal yang merugikan kesehatan dan mengetahui tempat yang menyediakan layanan kesehatan. 

Agar penyuluhan yang dilakukan oleh generasi muda tercapai tujuannya, maka dalam melakukan penyuluhan terkait keluarga sehat saya sebagai pemimpin akan mengajak penyuluh untuk dapat menggunakan kiat-kiat sebagai berikut, yaitu:

  • Informasi yang disampaikan harus sesuai dengan permasalahan yang ada di dalam keluarga.
  • Menggunakan berbagai media yang menarik seperti poster, buklet, brosur, cerita bergambar dan media lainnya dalam menjalankan penyuluhan.
  • Penjelasan mengenai pentingnya keluarga sehat disampaikan dengan bahasa yang sederhana dan mudah dimengerti.
  • Saran yang diberikan harus jelas dan praktis sehingga bisa langsung diterapkan oleh keluarga.
  • Beri kesempatan untuk bertanya dan bukan hanya diminta untuk mendengarkan saja.

Generasi muda sekarang lebih menyenangi hal yang serba praktis, lalu bagaimana jika mendapatkan permasalahan ketika mengadakan penyuluhan? Selama mengadakan penyuluhan, penggerak kesehatan ini diharapkan banyak bersabar, mau mendengarkan dan tidak selalu mendominasi, menghargai pendapat peserta, bersikap sederajat, ramah dan akrab, bersikap tidak memihak, menilai dan mengkritik serta bersikap terbuka.

Peran serta generasi muda dalam menciptakan keluarga sehat dianggap paling tepat karena dekat dengan masyarakat serta mereka dapat melakukan pekerjaannya dengan sukarela tanpa pamrih. Penyuluh dibentuk dengan tujuan untuk menyukseskan pembangunan nasional di bidang kesehatan.
Kehadiran penyuluh sangat penting dalam menjembatani masyarakat. Berbagai informasi dari pemerintah lebih mudah disampaikan kepada masyarakat melalui penyuluh.

Nah, itulah yang akan saya lakukan seandainya jadi pemimpin. Berusaha memperhatikan pertumbuhan keluarga sehat untuk membentuk sumber daya manusia yang unggul dan produktif sehingga bisa mendukung kemajuan negeri Indonesia.

Jadi, sudah siapkah kalian turut serta menciptakan keluarga sehat? Yuk, berperan untuk membentuk sumber daya manusia yang unggul!

            Salam takzim



Post a comment

15 Comments

  1. Ibu sehat itu sangat penting. Pas hamil anak ketiga, saya ketahuan kekurangan energi kronis. Indikasinya lingkar lengan yang kurang.

    Makin berusia, makin peduli kesehatan. Anak-anak juga sy jauhkan dari gula-gulaan, meskipun enak ya. Tapi biar keluarga tetap sehat, ya dipaksain.

    Menabung sehat di masa muda, menuai sehat di masa tua.

    ReplyDelete
  2. Keluarga memang langkah awal. Ketika anak lahir kan dibesarkan oleh keluarga dulu. Kalau basicnya udah baik, insya Allah akan terus baik

    ReplyDelete
  3. Hal paling utama buat kehidupan yang penting sehat dulu, ketika kita sehat baik itu pikiran dan fisik insha Allah generasi unggul dan produktif bisa tercapai agar punya tekad dan usaha yang kuat.

    ReplyDelete
  4. Keluarga yg sehat Insya Allah akan melahirkan anak2 bangsa yg sehat dan cerdas. Utk ini pastinya dibutuhkan seorang Pemimpin yg peduli pada kesehatan dan kesejahteraan rakyatnya. Iya gak siiih. Kesehatan adalah segalanya!

    ReplyDelete
  5. Jadi pemimpin memang menurutku dimulai dari keluarga,,,keluarga adalah sumber keberhasilan seseorang. Di dalam sebuah keluarga akan dibentuk karakter-karakter individu

    ReplyDelete
  6. Indikator kelg sehat ini perlu banyak disosialisasikan ya mba..agar masy lebih paham dan upaya mewujudkannya semakin nyata.. TFS mba..

    ReplyDelete
  7. Setuju mbak...terwujudnya SDM unggul memang tak lepas dari peran serta keluarga dalam menjaga kesehatan keluarga, salah satunya rajin menyiapkan menu bergizi dalam keluarga.... kalau kita sama2 bersinergi membangun keluarga sehat tentunya hidup dan pemikiran pun juga makin sehat....semoga pemimpin bangsa kita makin memperhatikan faktor kesehatan masyarakatnya secara menyeluruh, baik itu melengkapi sarana dan prasarana yang dibutuhkan...sampai dengan akses kesehatan sampai ke pelosok tanah air.

    ReplyDelete
  8. Senang sekali bila program keluarga Sehat bisa bersinergi antara masyarakat dan pemerintah.
    Karena dukungan dan edukasi dari pemerintah pasti turut serta tercapainya keluarga yang sehat.

    ReplyDelete
  9. Mewujudkan keluarga sehat itu butuh kerjasama dan kolaborasi banyak pihak. Nggak hanya keluarga itu saja, menurutku.

    ReplyDelete
  10. Yup kalau sehat pasti akan unggul makanya pentingnya edukasi kepada bumil dan menyusui untuk menciptakan generasi yang sehat dan unggul nantinya mulai dari pemenuhan asupan gizi untuk anak2.

    ReplyDelete
  11. mbak wakil presiden Indonesia belum ganti kan ya? mungkin maksudnya pak boediono itu mantan wakil presiden ya, mbak. kurang pakai mantan :-)

    btw benar mbak, aku juga setuju, untuk membangun negeri tentu saja diperlukan generasi muda yang kuat dan sehat, semua itu berawal dari keluarga.

    ReplyDelete
  12. Keluarga sehat harus ditunjang dengan pengetahuan sang Ibu mengenai nilai gizi.
    Semoga edukasi ini sampai ke pelosok tanah air Indonesia.
    Bermanfaat untuk membentuk keluarga yang sehat.

    ReplyDelete
  13. memang semua diawal dari rumah atau keluarga ya teh. dari keluarga kita bisa memberikan asupan yang baik supaya bisa tetap sehat. Bukan hanya sehat fisik aja tapi juga mental juga perlu ya teh

    ReplyDelete
  14. are you joining a competition? Memang tidak mudah untuk memastikan berbagai program bisa berjalan untuk mendapatkan SDM yang unggul. Tapi kita pasti bisa ya mbaaa

    ReplyDelete
  15. Luar biasa prioritas Program Keluarga Sehat dengan cakupannya mewakili semua aspek. Bagaimana menurunkan angka kematian ibu dan anak. Penurunan prevelensi balita dengan stunting,Menanggulangi penyakit menular dan yang tidak menular. Keempat prioriras tersebut, sangat menentukan keluarga sehat.

    Apalagi disaat seperti sekarang ini maka menjaga kesehatan harusnya lebih ditingkatkan.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar. Mohon maaf, untuk menghindari SPAM, komentarnya dimoderasi dulu, yaa ^~^