Mendongeng Melalui Cerita Bergambar Bersama Let's Read

Berbagi kisah dengan cara menyenangkan kepada anak merupakan tema webinar yang saya ikuti beberapa waktu yang lalu. Webinar tersebut diadakan oleh salah satu penerbit buku di Kota Bandung. Pemateri yang membahas mengenai pentingnya mendongeng kepada anak dipandu oleh Bunda Inge Ariani Safitri. Dari beliau saya mengetahui banyak tentang pentingnya berkisah atau mendongeng dan bagaimana cara mendongeng yang menyenangkan serta cara memilih cerita yang sesuai untuk anak.

 

Manfaat Mendongeng 

Saya selalu mendongengkan berbagai cerita untuk anak ketika menjelang waktu tidur malam. Karena saya yakin berkisah atau mendongeng banyak manfaatnya untuk anak. Melalui mendongeng kita sebagai orang tua dapat mengajarkan banyak hal pada anak tanpa mereka merasa digurui. Melalui berkisah, orang tua juga bisa menggerakkan anak tanpa merasa diperintah.

Cara Mendongeng yang Menyenangkan

Hikmah atau nilai positif dari sebuah kisah atau dongeng akan tersampaikan secara maksimal apabila dilakukan dengan cara yang menyenangkan. Beberapa cara yang bisa dilakukan agar mendongeng menyenangkan di antaranya:

  1. Sesuaikan cerita dengan usia anak
  2. Pilih tema yang menarik
  3. Cari cerita yang memilih kesan yang tidak menggurui tetapi mengajak anak mengalami dan berimajinasi bersama.
  4. Pastikan juga kita menyukai jalan ceritanya.
Menyampaikan sebuah kisah pada anak juga membutuhkan skill atau kemampuan khusus agar anak bisa menerima pesan dalam cerita dengan baik.

Tetapkan tujuan kita membacakan dongeng untuk anak. Misalnya apakah tujuan kita ingin memberikan pengertian pada anak atau mengajak anak untuk melakukan sesuatu yang baik.

Cari sumber cerita yang terpercaya dan lalukan membaca berulang kali hingga benar-benar dikuasai. Menguasai alur cerita, adegan, dialog dari sumber bacaan yang terpercaya dapat memudahkan orang tua menyampaikan pesan dan nilai moral kepada anak.

Agar penyampaian cerita bisa diterima dengan baik oleh anak, saat membacakan dongeng  sampaikan dengan ekspresi yang menarik dan menggunakan alat bantu jika diperlukan.

Sebaiknya tidak memberi hikmah atau nasihat yang terlalu panjang saat bercerita. Usahakan hikmah tersirat dalam cerita dan disimpulkan melalui diskusi.

Mengapa saya berusaha untuk bisa mendongeng untuk anak dengan cara yang menyenangkan? Selain mencari manfaat yang terbaik untuk anak, saya juga ingin memberikan apa yang sudah menjadi hak anak.

Anak-anak dihadirkan dalam keadaan baik dan bersih. Berjalan dan belajar mengenal dunia. Tumbuh di dalam pengasuhan lingkungan sekitar. Tugas orang tua mendidik anak dengan hati, agar mereka berkembang dengan segala potensi unik yang mereka miliki.

Memenuhi Hak Anak

Sebagai manusia dalam bentuk mini, anak-anak juga memiliki hak seperti manusia dewasa lainnya. Hak anak yang utama yaitu mendapatkan pendidikan yang baik. Seperti halnya dengan bermain, di saat bermain anak-anak justru banyak belajar banyak hal dengan cara yang menyenangkan.

Dunia anak tidak terlepas dari aktivitas bermain. Dunia anak adalah bermain. Sebagai orang tua, kita harus bisa membuat anak senang belajar, melalui permainan anak bisa belajar banyak hal dengan cara yang menyenangkan. 

Salah satu kegiatan yang bisa mengajak anak bermain sekaligus belajar yaitu dengan cara berkisah menggunakan cerita bergambar. 

Dulu waktu anak-anak masih kecil, saya rutin membacakan dongeng untuk mereka. Saya lebih memilih buku cerita bergambar agar lebih menyenangkan dan tentunya bisa membuat dongeng yang saya bacakan lebih terasa hidup.

Kadang anak-anak saya ikut melihat buku bacaan yang saya pegang. Mereka ikut menikmati gambar-gambar menarik yang ada di buku cerita. 

Berkisah dengan Dongeng Cerita Bergambar

Seperti yang sudah saya bicarakan sebelumnya, saya lebih senang membacakan dongeng dengan buku cerita bergambar. Alasan saya menggunakan cerita bergambar yaitu :
  • Mengasah rasa ingin tahu pada diri anak. Ketika anak melihat cerita bergambar dan merasa tertarik, anak akan mencoba memahami proses atau urutan sebuah cerita. Mereka juga akan belajar memahami gambar tokoh dan lingkungan yang ada di sekitarnya.
  • Menolong Anak Mengekspresikan Diri. Setelah anak mendengarkan sebuah dongeng dia akan mengambil hikmah dari kisah tersebut dan mencoba mengekspresikan dirinya.
  • Menumbuhkan minat baca anak. Mungkin anak akan tertarik pada gambar di buku-buku pada awalnya, selanjutnya mereka akan belajar juga kosa kata dalam gambar. Hal ini bisa mengasah minat bbaca anak.
  • Mengenalkan dunia buku pada anak. Saya berusaha mengenalkan buku pada anak-anak sedini mungkin. 
  • Mengembangkan daya imajinasi anak. Ketika melihat buku cerita bergambar maka daya imajinasi anak akan bisa lebih berkembang
Sekarang ketersediaan buku cerita bergambar bisa lebih praktis karena kini tersedia aplikasi yang mendukung. Aplikasi yang bisa memberikan informasi yang tepat mengenai buku cerita yang tepat sesuai usia anak. Bahkan  di aplikasi  ini orang tua bisa memilih dongeng cerita gambar menggunakan bahasa yang sesuai dengan bahasa ibu.

Aplikasi apakah itu?

Mendongeng Bersama Let's Read

Let's Read adalah aplikasi yang praktis untuk mencari sumber bacaan bagi anak. Aplikasi Let's Read berkontribusi dalam menggiatkan minat baca anak melalui perpustakaan digital. membantu meningkatkan minat baca. Cerita dan konten yang tersedia di aplikasi tersebut disesuaikan dengan bahasa lokal yang diinginkan. 

Fitur-fitur yang tersedia sesaui dengan perkembangan usia anak dari 4-10 tahun. Buku yang tersedia pun beragam.
Let's Read berkolaborasi dengan penggiat literasi atau penulis lokal untuk menghasilkan cerita legenda atau fabel yang sesuai dengan negara penulisnya. 

Buku yang beragam bahasa dan legenda dari beberapa negara tersebut tentu saja bisa membuka wawasan anak mengenai berbagai tempat yang belum pernah dikunjungi.

Kehadiran aplikasi ini tentu saja membawa angin segar bagi orang tua termasuk saya. Bisa menjadi solusi untuk membantu melestarikan dongeng cerita sebagai media pembelajaran anak.

Kini semua anak bisa dengan mudah mendapatkan pendidikan moral serta pengetahuan bahasa yang luas.Anak pun bisa mendapatkan haknya dengan baik.
 
Bagaimana? Tertarik juga bisa mendongeng melalui cerita bergamar dengan Let's Read? Silakan  unduh aplikasinya di playstore. Selamat menikmati!

Salam takzim

Post a comment

2 Comments

  1. Saya sudah pakai aplikasi ini buat dongengin DuoNaj. Kami suka ganti-ganti bahasa. Kadang English, Indo, Jawa, Sunda, pokok iseng aja karena penasaran. Seru banget karena ilustrasinya bagus dan ceritanya unik gak kayak buku cerita pada umumnya.

    ReplyDelete
  2. Mendongeng banyak manfaatnya ya termasuk mempererat hubungan anak dan orang tua

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar. Mohon maaf, untuk menghindari SPAM, komentarnya dimoderasi dulu, yaa ^~^