Mendongeng Melalui Cerita Bergambar Bersama Let's Read

Berbagi kisah dengan cara menyenangkan kepada anak merupakan tema webinar yang saya ikuti beberapa waktu yang lalu. Webinar tersebut diadakan oleh salah satu penerbit buku di Kota Bandung. Pemateri yang membahas mengenai pentingnya mendongeng kepada anak dipandu oleh Bunda Inge Ariani Safitri. Dari beliau saya mengetahui banyak tentang pentingnya berkisah atau mendongeng dan bagaimana cara mendongeng yang menyenangkan serta cara memilih cerita yang sesuai untuk anak.

 

Manfaat Mendongeng 

Saya selalu mendongengkan berbagai cerita untuk anak ketika menjelang waktu tidur malam. Karena saya yakin berkisah atau mendongeng banyak manfaatnya untuk anak. Melalui mendongeng kita sebagai orang tua dapat mengajarkan banyak hal pada anak tanpa mereka merasa digurui. Melalui berkisah, orang tua juga bisa menggerakkan anak tanpa merasa diperintah.

Cara Mendongeng yang Menyenangkan

Hikmah atau nilai positif dari sebuah kisah atau dongeng akan tersampaikan secara maksimal apabila dilakukan dengan cara yang menyenangkan. Beberapa cara yang bisa dilakukan agar mendongeng menyenangkan di antaranya:

  1. Sesuaikan cerita dengan usia anak
  2. Pilih tema yang menarik
  3. Cari cerita yang memilih kesan yang tidak menggurui tetapi mengajak anak mengalami dan berimajinasi bersama.
  4. Pastikan juga kita menyukai jalan ceritanya.
Menyampaikan sebuah kisah pada anak juga membutuhkan skill atau kemampuan khusus agar anak bisa menerima pesan dalam cerita dengan baik.

Tetapkan tujuan kita membacakan dongeng untuk anak. Misalnya apakah tujuan kita ingin memberikan pengertian pada anak atau mengajak anak untuk melakukan sesuatu yang baik.

Cari sumber cerita yang terpercaya dan lalukan membaca berulang kali hingga benar-benar dikuasai. Menguasai alur cerita, adegan, dialog dari sumber bacaan yang terpercaya dapat memudahkan orang tua menyampaikan pesan dan nilai moral kepada anak.

Agar penyampaian cerita bisa diterima dengan baik oleh anak, saat membacakan dongeng  sampaikan dengan ekspresi yang menarik dan menggunakan alat bantu jika diperlukan.

Sebaiknya tidak memberi hikmah atau nasihat yang terlalu panjang saat bercerita. Usahakan hikmah tersirat dalam cerita dan disimpulkan melalui diskusi.

Mengapa saya berusaha untuk bisa mendongeng untuk anak dengan cara yang menyenangkan? Selain mencari manfaat yang terbaik untuk anak, saya juga ingin memberikan apa yang sudah menjadi hak anak.

Anak-anak dihadirkan dalam keadaan baik dan bersih. Berjalan dan belajar mengenal dunia. Tumbuh di dalam pengasuhan lingkungan sekitar. Tugas orang tua mendidik anak dengan hati, agar mereka berkembang dengan segala potensi unik yang mereka miliki.

Memenuhi Hak Anak

Sebagai manusia dalam bentuk mini, anak-anak juga memiliki hak seperti manusia dewasa lainnya. Hak anak yang utama yaitu mendapatkan pendidikan yang baik. Seperti halnya dengan bermain, di saat bermain anak-anak justru banyak belajar banyak hal dengan cara yang menyenangkan.

Dunia anak tidak terlepas dari aktivitas bermain. Dunia anak adalah bermain. Sebagai orang tua, kita harus bisa membuat anak senang belajar, melalui permainan anak bisa belajar banyak hal dengan cara yang menyenangkan. 

Salah satu kegiatan yang bisa mengajak anak bermain sekaligus belajar yaitu dengan cara berkisah menggunakan cerita bergambar. 

Dulu waktu anak-anak masih kecil, saya rutin membacakan dongeng untuk mereka. Saya lebih memilih buku cerita bergambar agar lebih menyenangkan dan tentunya bisa membuat dongeng yang saya bacakan lebih terasa hidup.

Kadang anak-anak saya ikut melihat buku bacaan yang saya pegang. Mereka ikut menikmati gambar-gambar menarik yang ada di buku cerita. 

Berkisah dengan Dongeng Cerita Bergambar

Seperti yang sudah saya bicarakan sebelumnya, saya lebih senang membacakan dongeng dengan buku cerita bergambar. Alasan saya menggunakan cerita bergambar yaitu :
  • Mengasah rasa ingin tahu pada diri anak. Ketika anak melihat cerita bergambar dan merasa tertarik, anak akan mencoba memahami proses atau urutan sebuah cerita. Mereka juga akan belajar memahami gambar tokoh dan lingkungan yang ada di sekitarnya.
  • Menolong Anak Mengekspresikan Diri. Setelah anak mendengarkan sebuah dongeng dia akan mengambil hikmah dari kisah tersebut dan mencoba mengekspresikan dirinya.
  • Menumbuhkan minat baca anak. Mungkin anak akan tertarik pada gambar di buku-buku pada awalnya, selanjutnya mereka akan belajar juga kosa kata dalam gambar. Hal ini bisa mengasah minat bbaca anak.
  • Mengenalkan dunia buku pada anak. Saya berusaha mengenalkan buku pada anak-anak sedini mungkin. 
  • Mengembangkan daya imajinasi anak. Ketika melihat buku cerita bergambar maka daya imajinasi anak akan bisa lebih berkembang
Sekarang ketersediaan buku cerita bergambar bisa lebih praktis karena kini tersedia aplikasi yang mendukung. Aplikasi yang bisa memberikan informasi yang tepat mengenai buku cerita yang tepat sesuai usia anak. Bahkan  di aplikasi  ini orang tua bisa memilih dongeng cerita gambar menggunakan bahasa yang sesuai dengan bahasa ibu.

Aplikasi apakah itu?

Mendongeng Bersama Let's Read

Let's Read adalah aplikasi yang praktis untuk mencari sumber bacaan bagi anak. Aplikasi Let's Read berkontribusi dalam menggiatkan minat baca anak melalui perpustakaan digital. membantu meningkatkan minat baca. Cerita dan konten yang tersedia di aplikasi tersebut disesuaikan dengan bahasa lokal yang diinginkan. 

Fitur-fitur yang tersedia sesaui dengan perkembangan usia anak dari 4-10 tahun. Buku yang tersedia pun beragam.
Let's Read berkolaborasi dengan penggiat literasi atau penulis lokal untuk menghasilkan cerita legenda atau fabel yang sesuai dengan negara penulisnya. 

Buku yang beragam bahasa dan legenda dari beberapa negara tersebut tentu saja bisa membuka wawasan anak mengenai berbagai tempat yang belum pernah dikunjungi.

Kehadiran aplikasi ini tentu saja membawa angin segar bagi orang tua termasuk saya. Bisa menjadi solusi untuk membantu melestarikan dongeng cerita sebagai media pembelajaran anak.

Kini semua anak bisa dengan mudah mendapatkan pendidikan moral serta pengetahuan bahasa yang luas.Anak pun bisa mendapatkan haknya dengan baik.
 
Bagaimana? Tertarik juga bisa mendongeng melalui cerita bergamar dengan Let's Read? Silakan  unduh aplikasinya di playstore. Selamat menikmati!

Salam takzim

Post a Comment

25 Comments

  1. Saya sudah pakai aplikasi ini buat dongengin DuoNaj. Kami suka ganti-ganti bahasa. Kadang English, Indo, Jawa, Sunda, pokok iseng aja karena penasaran. Seru banget karena ilustrasinya bagus dan ceritanya unik gak kayak buku cerita pada umumnya.

    ReplyDelete
  2. Mendongeng banyak manfaatnya ya termasuk mempererat hubungan anak dan orang tua

    ReplyDelete
  3. dulu ya sebelum punya anak aku tuh sempet kerja di salah satu playgroup trus sebelum diterima test-nya dongengin anak usia 1-4 tahun

    ReplyDelete
  4. Jaman now nih yaa, solusi banget kalo Lets Read menumbuhkan minat baca buat anak2, apalagi sekarang kbanyakan kegiatan di rumah, biar bervariasi ga nggebosenin ya Teh.
    Tentu saja menjadi daya tasrik tersendiri kalo mendongeng dengan cerita bergambar.

    ReplyDelete
  5. Mendongeng untuk anak itu menjadi sebuah kegiatan untuk membangun bonding dan membangun karakter. Anak akan terbiasa berdekatan dengan ibu dan terbangun dari karakter yang didengarnya dari dongeng yang dibacakan oleh ibunya.

    Aplikasinya keren, aku dan anakku suka baca-baca dan anakku malah yang lebih jago saat mengartikan kata dalam bahasa Inggris dong.

    ReplyDelete
  6. Zaman anak2ku masih kecil dulu, aku suka mendongeng sih meskipun ga sering hihihihi. Apalagi kalau ceritanya banyak gambar2 lucu dan menarik, wuiih anak2 demen tuh dengerin sambil merem melek, tau2 eh ketiduran. Keren nih Let's Read...Aplikasi literasi yg lebih maju.

    ReplyDelete
  7. Favorite sih emang aplikasi let's read ini, anak2 sampai punya tokoh favorite dari beberapa cerita yg sempet dibacain sama kami, gambar2nya bagus dan hidup

    ReplyDelete
  8. Cara kita bercerita juga akan membuat anak tertarik mendengarkan dongeng. Mereka akan suka kalau yang gaya ceritanya seru, gak datar

    ReplyDelete
  9. mendongeng itu menyenangkan tapi bagiku aktifitas yang susah susah gampang soalnya si kecil cenderung gampang bosen jadi biar tetep mau dengerin emang perlu sih dengan dongeng yang bergambar, aplikasi let's read ini memudahkan ya dan banyak stock ceirtanya pula.

    ReplyDelete
  10. anak anak emang paling suka kalau dibacakan cerita bergambar ya mbak
    dan emang paling pas cari cerita bergambar dari aplikasi let's Read ini
    banyak sekali koleksi buku cerita bergambarnya
    anak anakku juga suka banget baca lewat lets read

    ReplyDelete
  11. Let's Read membantu banget nih untuk menstimulasi minat baca anak. Apalagi sampai ada produk berupa cerita bergambar. Ok banget!

    ReplyDelete
  12. Kalau bacain buku dongeng, biasanya malah saya yang ngantuk duluan hehehe. Wah saya kudet nih, ada aplikasi Let's read yang menyediakan banyak buku bacaan untuk anak-anak.

    ReplyDelete
  13. Sejak dini memang sebaiknya kita ajarkan anak belajar membaca memlaui dongeng dengan cara yang menyenangkan seperti ini ya mba :)

    ReplyDelete
  14. Asyik nih ada aplikasi Let's Read, jadi bisa mendongeng melalui cerita bergambar. Bisa menumbuhkan minat baca anak dan sekaligus anak juga bisa belajar bahasa melalui app Let's Read ini.

    ReplyDelete
  15. Aku udah donlod teh Let's Read menarik banget cerita-ceritanya yah paling suka anak-anak apalgi bisa gonta ganti bahasanya

    ReplyDelete
  16. Seneng kalau ada platform mendidik kyk gtu ya mbak. Anak gak sekadar mendengar/ membaca cerita tapi juga bisa secara gak langsung juga belajar budaya bangsa lain :D

    ReplyDelete
  17. Aku nggak bisa dongeng, ngarang sendiri gitu susah banget ahahaha. Seringnya baca buku dongeng. Wah, boleh juga ini aplikasi let's read. Habis ini mau download dulu. Makasih infonya mbk

    ReplyDelete
  18. Waktu sd dulu aku seneng baca cerita-cerita fabel nih Teh. Dengan adanya aplikasi ini bakalan serasa nostalgiaan sama kisah-kisah masa kecil dulu ya, sambil ngedongeng ke anak atau bocil lainnya

    ReplyDelete
  19. Tambah praktis sekarang klo Kita ngedongeng utk anak ya dengan aplikasi let's read.. dah gitu anak2 juga bisa memilih banyak cerita yg tersedia..hp bukan sekdar main game aja jadinya

    ReplyDelete
  20. Melihat manfaat dari mendongeng ini untuk anak.
    Semoga para orangtua bisa terus mendampingi tumbuh kembang anak. Salah satunya dengan mendongeng yang asik dan seru.

    ReplyDelete
  21. Wah ada aplikasi baru boleh nih untuk anak-anak, anakku yang bungsu suka mendengar dongeng

    ReplyDelete
  22. Saya sudah coba juga dan anak sulung saya suka
    Sekarang lagi nanya kapan jadwal baca lagi karena ada gadget time yang kami atur

    ReplyDelete
  23. Membaca buku sambil dongeng juga kegiatan favorit ku sama anak-anak. Tapi belum pernah ku coba aplikasi let's read ini deh.

    ReplyDelete
  24. Menyenangkan sekali saat mendongeng ya, anak-anak jadi semangat mendengarkan dan menceritakan kembali. Alhamdulillah anak-anak suka dengar aku mendongeng.

    ReplyDelete
  25. Saya suka banget deh kalo udah diminta mendongeng sama keponakan. Paling seneng juga yang ada gambarnya karena lebih mudah untuk membuat mereka mengimajinasikan tokoh yang saya ceritakan dan jadi lebih interaktif aja :D

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar. Mohon maaf, untuk menghindari SPAM, komentarnya dimoderasi dulu, yaa ^~^