Tips Mendapatkan Play Button Youtube

Salah satu peluang yang banyak dimanfaatkan oleh orang-orang selama masa pandemi ini yaitu menjadi konten kreator di youtube. Mengingat untuk mengisi konten di youtube bisa dilakukan dengan mudah tanpa harus keluar rumah. Terbukti sekarang mulai bermunculan para youtuber pemula yang mencoba keberuntungan mereka di youtube. Selain menghasilkan uang, mereka tentunya berharap bisa mendapatkan penghargaan seperti Cobaz yang Meraih Gold Play Button Youtube.

Saya lihat konten yang bermunculan cukup beragam, para youtuber pemula ini ada yang membuat konten dari kegiatannya sehari-hari, seperti masak memasak, berkebun di halaman, merekam aktivitas anak-anak atau sekedar berjalan-jalan di sekitar rumah. Tanggapan dari penontonnya pun beragam, ada yang menikmati dan ada juga yang mendapatkan respon biasa aja. 

Untuk video yang menarik, biasanya tidak hanya mendapatkan jam tayang yang bagus tetapi juga bisa mendapatkan subscriber yang banyak. Selain itu dari pihak youtube juga akan memberikan penghargaan/apresiasi kepada youtuber berupa sebuah plakat atau Creator Awards yang dikenal sebagai Play Button.

Play Button Youtube itu terdiri dari tiga jenis. Seperti yang dikutip dari laman youtube, Play Button terdiri dari:

  1. Silver Creator Award, yaitu Play Button yang diberikan bagi youtuber dengan jumlah subscriber mencapai 100 ribu.
  2. Gold Creator Award adalah jenis penghargaan yang akan diberikan kepada youtuber dengan jumlah subscriber mencapai 1 juta.
  3. Diamond Creator Award, ialah jenis Play Button yang akan diberikan youtube kepada youtuber1 dengan jumlah subcriber mencapai 10 juta.
Seperti Basuki Surodjo yang dikenal sebagai Cobaz. Sudah hampir 8 bulan menekuni dunia content creator youtube dan kini sudah memiliki 1,12M subscriber. 

Awal mulanya channel Cobaz merupakan channel yang banyak membahas tema inspirasi bisnis dan pelatihan. Namun tema tersebut ternyata kurang banyak yang menikmatinya. Kemudian muncul ide-ide lainnya membuat video dengan jenis yang berbeda. 
 
Cobaz yang Meraih Gold Play Button Youtube

Dengan latar belakang perusahaan IT yang dimiliki oleh Cobaz, dibuatlah studio dan mulai unboxing beberapa produk IT yang dibalut dengan Giveaway dibawakan oleh "Lee Brother & Lee Sister".  Konsep ini merupakan satu-satunya dan pertama di Indonesia juga memberikan konten entertaiment yang lebih mudah disukai dan mudah diterima oleh masyarakat di sosial media.

Bercermin pada channel Cobaz yang mendapatkan Gold Play Button, kita bisa melihat jika konten is the king. Konten yang baik dan dinilai bermanfaat pastinya disukai oleh masyarakat sehingga layak mendapatkan Play Button Youtube.

Dapat diambil kesimpulan, untuk bisa mendapatkan Play Button sebuah channel harus memenuhi aturan yang diberikan youtube. Channel harus ditinjau sebelum mendapatkan penghargaan. Itu artinya kreator yang menerima penghargaan adalah kreator yang memelihara reputasi baik akunnya. Akunnya tidak pernah mendapat teguran hak cipta, tidak melanggar pedoman komunitas atau menambah jumlah subscriber secara artifisial (tidak alami).

Sebuah channel yang kelayakannya disetujui oleh youtube akan mendapatkan notifikasi dari Creator Studio dalam jangka waktu satu minggu. Selanjutnya youtuber akan melewati beberapa proses agar bisa mendapatkan penghargaan Play Button.
 
Lalu, bagaimana caranya  agar bisa mendapatkan subscriber yang banyak dan meraih penghargaan Play Button Youtube? Berikut ini tips untuk bisa mendapatkan subscriber yang banyak, diantaranya:

1. Buat judul video yang menarik
Judul video yang menarik sangat memengaruhi supaya video mudah dicari oleh penonton youtube. Oleh karena itu buatkan judul video yang menarik dan jika memungkinkan mengikuti trend yang sedang viral. Pembuatan judul juga harus sesuai dengan konten video agar penonton tidak kecewa.

2. Konten Viral
Salah satu daya tarik agar video banyak yang menonton yaitu membuat video yang sedang viral atau sedang jadi bahan perbincangan. Saat ini banyak orang yang mencari segala sesuatu yang viral di media youtube karena lebih mudah dicari.

3. Video yang unik
Konten video yang unik juga banyak diminati oleh penonton. Unik di sini bisa berarti berbeda dengan yang lain dan tentu saja menarik untuk dilihat. Dalam proses pembuatan video yang unik, kita bisa mengambil dari beberapa sumber video lain atau membuat konten karya sendiri.

4. Video menggunakan watermark 
Watermark adalah tanda khas yang ditambahkan ke dalam video sehingga bisa menjadi identitas dan konten video tidak mudah dicuri. Memakai watermark juga bisa memudahkan penonton untuk mengenali dan mengingat akun youtube kita serta lebih menarik untuk di-subscribe.

5. Tentukan jadwal upload
Buatlah jadwal upload video di youtube dengan jarak waktu tertentu dan lakukan secara berkala. Jangka waktu yang ideal dan banyak dilakukan oleh para youtuber yaitu satu minggu sekali. Rutin meng-upload dalam waktu tertentu dapat membuat sebuah video menjadi lebih terkenal dan muncul dalam pencarian.

6. Lakukan promosi
Untuk mendapatkan banyak subscriber kita bisa melakukan promosi melalui media sosial lainnya. Kita bisa membagikan tautan video milik kita di media sosial facebook, instagram, twitter dan lainnya. Selain itu subsciber bisa juga didapatkan dengan cara memberikan komentar promosi di akun youtube yang sudah terkenal.

Itulah beberapa tips untuk bisa mendapatkan banyak subscriber yang kemudian dapat memperoleh penghargaan Play Button Youtube. Selamat mencoba!

Salam takzim

Post a comment

13 Comments

  1. Duuh..jadi ingat akun yutubku yg terlantar dan matisuri..hiks.. Baca ini muncul semangat utk menghidupkannta kembali. Thx mba..

    ReplyDelete
  2. Aku kayaknya nyerah deh kalau buat youtube. haha. Malam visual lama yang naik mba. Selebihnya pelan trafficknya. Makasih tipsnya mbaa

    ReplyDelete
  3. boro2 play button mbak, setahun nggak diurus youtube aku tuh hahahaa malu sendiri jadinya

    ReplyDelete
  4. Duh, akun youtubeku udah terkubur oleh jaring laba2 krn ga pernah diurus, hiks. Membaca tips ini jadi semangat untuk membangunkan si akun lagi. Semangat ahh.

    ReplyDelete
  5. Aku salut Teteeh yang mainannya Yutub, dengan segala optimasi dan cuap2 bikin bangga deh.
    Aplagi menghasilkan, makin kereeen.

    Makasih loh tipsnya , aku nyeraah kalo Yutub maah, jadi teman2 yutuber ajaaa daah

    ReplyDelete
  6. Sebenarnya pengen banget aktifin youtube saya Teh, tapi gitu deh banyak maunya jadi bingung ngatur jadualnya...

    ReplyDelete
  7. Subsku gak banyak menuju 100 rb gmn caranya ya:D
    Hehe keren lho mereka yang bisa dapat subs tinggi dan banyak yang nonton, kudu bisa konsisten bikin video2 supaya bisa dapatin play button kyk gtu.

    ReplyDelete
  8. Gemes lho sama orang2 yang mau jadi youtuber, mau dapet uang dari adsensenya, tapi kontennya curian 😅 soalnya bener ada yang mikir begitu. Ntah polos apa memang cuek.

    ReplyDelete
  9. Teteh, mau tanya doonk..
    Kalau lihat youtuber gitu..judulnya selalu huruf besar.
    Pengaruh gak sih, teh..kalau kita pakai judul menggunakan huruf kecil?

    Haturnuhun.

    ReplyDelete
  10. Saya kenal cobaz sejak melejitnya LESLAR yang sering sekali diundang oleh beliau

    Saya akhirnya mulai mengenai beliau sebagai pebisnis dan laris manis juga tayangan YOUTUBE nya yang banyak mengangkat kesuksesaan bintang tamunya ya

    ReplyDelete
  11. memang harus berani one day one video dengan konsep video yang menarik ya, tapi effortnya luar biasa. aku pernah dan nyerah hehe.

    ReplyDelete
  12. huaahh aku gatau deh kapan bisa begitu yaa haha anyway thanks infonya kak.. lumayan buat nyemangatin aku yang baru 600an subs ini hihi

    ReplyDelete
  13. Wah keren banget ya bisa secepat itu fokus pada content creator dan akhirnya bisa mendapatkan subscriber yang luar biasa.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar. Mohon maaf, untuk menghindari SPAM, komentarnya dimoderasi dulu, yaa ^~^