Tips Memilih Model Rambut Berdasarkan Bentuk Wajah

Memilih gaya rambut membutuhkan beberapa pertimbangan. Bagi sebagian besar orang, memilih rambut  perlu memperhatikan banyak hal, terutama model rambut wanita. Terutama bagi mereka yang ingin memilih model rambut pendek wanita. Dibandingkan dengan model rambut panjang, model rambut pendek memiliki banyak ragam pilihan.

 


Salah satu hal penting yang perlu diperhatikan untuk memilih model rambut adalah bentuk wajah. Setiap orang memiliki bentuk wajah yang berbeda sehingga model rambutnya tidak bisa disamaratakan. Terkadang satu model rambut sesuai dengan seseorang tetapi terlihat tidak cocok bagi orang lain.

Memilih Model Rambut  Berdasarkan Bentuk Wajah

Bentuk wajah yang umum ditemukan di masyarakat yaitu bentuk wajah oval, bulat, panjang,  squre dan heart-shaped. Masing-masing bentuk wajah memiliki karakteristik yang mudah dikenali. Dengan memahami karakteristik wajah sendiri, kita bisa dengan mudah menentukan model rambut yang kita inginkan. Sehingga kita bisa merasa lebih nyaman dan percaya diri untuk tampil.

Model Wajah Panjang (Long Shaped)

Bentuk wajah yang satu ini memang tergolong cukup mudah untuk dikenali. Karena ciri-ciri wajah long shaped mudah dilihat. Hal yang paling umum dilihat dari bentuk wajah ini yaitu dapat dilihat dari bagian dagu yang cenderung lebih panjang dari orang pada umumnya. Selain itu pemilik wajah panjang struktur dahinya tampak simetris. Public figure yang memiliki bentuk wajah panjang di antaranya yaitu Sarah Jessica Parker.

Bagaimana memilih model rambut untuk bentuk wajah panjang?

Untuk pemilik bentuk wajah panjang, gaya rambut yang sesuai adalah model rambut yang menampilkan kesan wajah lebih lebar, sehingga proporsi panjag dan lebarnya tidak terlalu timpang. Salah satu gaya rambut yang bisa dipilih misalnya loose curls atau loose wave, yaitu tatanan rambut keriting atau gelombang tipis. Cara membentuk gaya rambut ini adalah dengan menggunakan catokan berplat datar. Penting sekali untuk diperhatikan bagi pemilik wajah panjang agar tidak membiarkan rambut tumbuh terlalu panjang. Sehingga proporsi wajah bisa lebih seimbang.

Bentuk Wajah Oval

Bentuk wajah berikutnya yaitu wajah oval. Saya termasuk memiliki ciri-ciri bentuk wajah oval. Salah satu ciri yang terlihat yaitu ukuran panjang wajah atas ke bawah lebih panjang daripada ukuran lebar wajah ke samping. Jika ditarik garis dari atas ke bawah, wajah dengan struktur ini akan membentuk pola oval ketika ditarik garis dari atas ke bawah.

Selain itu, ukuran dan bentuk garis rambut dahi pada pemilik wajah oval tidak jauh berbeda dengan ukuran dan bentuk rahangnya. Public figure yang memiliki tipe wajah oval yaitu Rihanna dan Bella Hadid.

Bagaimana model rambut yang cocok untuk wajah oval?

Pemilik wajah dengan bentuk oval cukup beruntung kalau ingin memilih model rambut. Mengapa? Karena bentuk wajah oval tergolong simetris dan proporsional. Wajah oval cocok menggunakan berbagai gaya rambut. Bagi yang senang bereksperimen dengan gaya rambut, pemilik bentuk wajah oval bisa bebas memilih. 

Bagi yang ingin model rambut pendek, bisa mencoba gaya rambut blunt bob atau bob pendek sebahu dengan potongan bagian bawah yang rata. Model rambut wanita seperti ini lagi nge-trend, bukan? Saya lihat beberapa public figure memakai model bob pendek.

Sedangkan yang mempunyai rambut panjang, bisa memilih gaya rambut side-swept bangs yaitu poni samping. Meskipun pemilik wajah oval bisa leluasa memilih gaya rambut, tetapi sebaiknya menghindari menggunakan poni depan yang terlalu panjang karena akan membuat wajah terlihat pendek.

Model Wajah Kotak (Square)

Bentuk wajah yang ketiga yaitu kotak (square). Ciri yang menonjol dari bentuk wajah kotak yaitu terlihat dari struktur rahang yang membentuk seperti sudut. 

Pada umumnya bagian dahi, tulang pipi dan rahang pemilik wajah kotak memiliki lebar yang sama. Sayangnya karena memiliki struktur rahang yang cenderung lebar, beberapa orang dengan bentuk wajah kotak kerap merasa tidak percaya diri.

Padahal dengan wajah kotak justru bisa memiliki penampilan yang unik dengan gaya yang tepat. Untuk soal memilih gaya rambut wanita, pemilik wajah kotak sebaiknya memilih model yang menonjolkan tampilan rahang. 

Sebab rahang tegas merupakan nilai keunggulan dan bisa menjadi bagian yang spesial bagi pemilik wajah square. Gaya rambut short bob atau potongan bob pendek dengan poni rata bisa jadi pilihan untuk menampilkan bentuk rahang yang tegas. Bagi yang mempunyai rambut panjang, memilih model rambut tanpa poni dapat dijadikan pilihan karena bisa menonjolkan struktur wajah menjadi lebih tegas dan menawan. 

Di sisi lain, pemilik wajah square disarankan menghindari style rambut curly karena bisa membuat wajah tampak semakin lebar.

Bentuk Wajah Heart-shaped

Bentuk wajah yang keempat ini terbilang unik, karena tidak terlalu banyak orang yang memiliki bentuk wajah seperti ini. Seseuai dengan namanya, bentuk wajah yang jika ditarik seperti garis imajiner maka akan menyerupai bentuk hati.

Ciri khas yang ditunjukkan oleh pemilik bentuk wajah heart-shaped yaitu garis rambut yang berada di dahi samping. Garis rambut ini memberikan kesan area dahi yang lebih lapang. Selain itu tulang pipi pemilik wajah heart-shaped cenderung menonjol dan bagian dagunya runcing. Dagunya yang runcing menyerupai bagian bawah ikon hati yang juga berbentuk runcing. Beberapa selebriti ternama yang memiliki bentuk wajah heart-shaped yaitu Tyra Banks, Reese Witherspoon, dan Kourtney Kardashian.

Pemilik model wajah heart-shaped bisa menonjolkan kesan runcing bagian bawah wajah atau membuatnya tampak seimbang dengan memberi kesan lebih lebar wajah bagian bawah. Sebaiknya tatanan rambut dibuat cepol di atas kepala atau gaya rambut perempuan high-top knot, agar bentuk dagu yang runcing jadi menonjol.
 
Sebaliknya jika ingin memilih menyeimbangkan porsi wajah agar tidak tampak terlalu runcing, gunakan gaya rambut dengan tatanan terurai ke depan. Untuk penampilan terbaik, sebaiknya hindari tatanan rambut dengan poni tipis.

Model Wajah Bulat

Anak sulung saya memiliki model wajah bulat, tipe wajah yang cukup sering ditemui. Model wajah bulat ini cenderung mudah dikenali. Ciri khas yang paling menonjol dari tipe wajah bulat yaitu ukuran panjang dan lebar wajah cenderung sama. Keunggulan para pemilik wajah bulat yaitu terkesan baby face yang menggemaskan.  

Kita bisa lihat beberapa orang terkenal seperti Kirsten Dunst dan Selena Gomez yang memiliki model wajah bulat. Mereka terlihat tetap awet muda karena dianugerahi bentuk wajah bulat. 

Saya senang lihat pemilih wajah bulat karena wajah mereka terlihat segar, tetapi pemilik wajah bulat justru memilih ingin terlihat tirus dengan pilihan model rambutnya. 

Bagi pemilik wajah bulat apabila ingin terlihat lebih tirus bisa menggunakan tatanan rambut yang menyisakan sedikit bagian rambut agar terurai di samping wajah. Model rambut tersebut cukup efektif memberi kesan ramping pada wajah bulat. 

Sedangkan untuk menutupi bentuk pipi yang terlihat lebar, gunakan tatanan rambut lob atau long bob. Model rambut bob ini biarkan panjang melewati bahu dan tetap tergerai. Selain itu bisa dicoba gaya rambut ringkas seperi short pixie cut. Imbangi dengan gaya side pony agar wajah terlihat tirus. Lebih baik menghindari gaya rambut belah tengah karena bisa membuat wajah terlihat lebih bulat.

Nah, itulah tips memilih model rambut berdasarkan bentuk wajah. Dengan mengenali bentuk wajah, kita bisa lebih bebas memilih gaya rambut yang sesuai dan bisa membuat nyaman serta lebih percaya diri untuk tampil.

Semoga bermanfaat

Salam takzim

Post a comment

0 Comments