Gejala dan Cara Mengobati Flu

Akhir-akhir ini masyarakat merasa khawatir akibat wabah Covid-19 yang masih merajalela. Soalnya, penyakit yang menyerang sistem pernapasan ini memiliki gejala yang mirip dengan flu biasa, tetapi sangat berbahaya. Lalu apa yang membedakan flu biasa dengan Covid-19? 

gejala-dan-cara-mengobati-flu

Perlu diketahui bahwa virus penyebab flu maupun Covid-19 sama-sama disebabkan oleh virus yang menyerang saluran pernapasan manusia. Akan tetapi, kedua virus ini berasal dari golongan yang berbeda serta memiliki karakteristik yang berbeda pula.
 
Adapun virus yang bisa menyebabkan flu berasal dari golongan rhinovirus. Yang mana, virus ini menular dari manusia ke manusia lainnya, dan yang paling sering menyerang pada anak-anak atau remaja. Flu ini bisa terjadi sepanjang tahun, namun paling sering di musim hujan. Sedangkan Covid-19 yang menjadi pandemi saat ini disebabkan oleh virus dari golongan corona virus.

Gejala Flu Biasa

Namun, dalam kesempatan kali ini akan coba membahas tentang flu. Penyakit flu biasa terjadi saat rhinovirus menyerang saluran pernapasan. Umumnya, keluhan yang muncul datang dari hidung dan tenggorokan. Adapun gejala-gejalanya adalah sebagai berikut :

- Bersin-bersin

- Hidung tersumbat dan berair

- Sakit tenggorokan

- Sakit kepala ringan

- Batuk

- Demam (jarang)

Konsultasikan Dengan Dokter Saat Terjadi Gejala Lanjutan :


1. Sulit Bernapas

Kesulitas bernapas ini disebabkan oleh peningkatan produksi mucus di dalam hidung. Kondisi ini bisa membaik dengan pemberian dekongesten dan penanganan yang tepat. 

gejala-dan-cara-mengobati-flu
Gejala flu (sumber gambar: Pixabay)

2. Sulit Bergerak

Sebagian penderita mungkin akan mengalami kesulitan menggerakkan anggota tubuhnya akibat nyeri otot. Kondisi ini biasanya akan terjadi dalam beberapa hari. Apabila penderita tetap kesulitan menggerakkan anggota tubuhnya, maka sebaiknya segera konsultasikan dengan dokter. 

Cara Mengobati Flu


Umumnya penyakit flu bisa sembuh dengan sendirinya dalam waktu 4-9 hari. Semakin kuat imun tubuh, maka akan semakin cepat proses penyembuhan. Maka dari itu, dokter biasanya akan menyarankan penderita flu untuk banyak istirahat, mengonsumi makanan bernutrisi, dan minum air putih yang cukup.

Selain itu, untuk meringankan gejala flu, dokter biasanya akan memberikan beberapa obat, seperti chlorpheniramine dan pseudoephedrine. Kombinasi obat flu ini bisa dikonsumsi untuk meredakan keluhan hidung tersumbat dan berair.

Chlorpheniramine sendiri bekerja dengan cara menghambat senyawa histamin yang menyebabkan pembengkakan pada pembuluh darah hidung. Sedangkan pseudoephedrine bekerja mengecilkan pembuluh darah yang melebar akibat histamin. 

Cara Mencegah Flu

1. Vaksin

Salah satu cara yang dianggap efektif untuk mencegah flu adalah dengan memperoleh vaksin flu secara rutin setiap tahun, terutama pada anak-anak. Bahkan, banyak para ahli medis yang menganjurkan untuk mendapatkan vaksin sebelum musim flu tiba. 

gejala-dan-cara-mengobati-flu
Vaksin (sumber gambar: Pixabay)

2. Gaya Hidup Sehat

Selain menggunakan vaksin flu secara rutin, hal lainnya yang harus dilakukan untuk mencegah flu adalah dengan membiasakan gaya hidup sehat seperti rajin cuci tangan dengan memakai sabun sebelum makan atau setelah melakukan aktivitas di luar. Karena dengan rajin mencuci tangan bisa membunuh kuman sebelum ada kontak dengan mulut. Kebiasaan yang baik ini sebaiknya ditanamkan sejak dini pada anak sehingga mereka sudah terbiasa hingga dewasa. 

gejala-dan-cara-mengobati-flu
Makanan sehat (sumber gambar: Pixabay)


3. Hindari Kontak Langsung Dengan Penderita

Cara pencegahan yang satu ini mungkin bisa menjadi cara yang sulit dilakukan. Terutama bagi anda yang lebih banyak beraktivitas di luar dan sering berkomunikasi dengan orang lain. Namun, anda tetap bisa meminimalisir terjadinya dengan menggunakan pelindung seperti masker. 
 
Nah, itulah beberapa cara pencegahan flu yang mudah dilakukan. Dengan menerapkan gaya hidup sehat dan selalu menjaga kebersihan, diharapkan kesehatan bisa terus terjaga dan terhindar dari penyakit flu.
 
Salam takzim


Post a Comment

0 Comments