Gejala dan Cara Mengobati Flu

Akhir-akhir ini masyarakat merasa khawatir akibat wabah Covid-19 yang masih merajalela. Soalnya, penyakit yang menyerang sistem pernapasan ini memiliki gejala yang mirip dengan flu biasa, tetapi sangat berbahaya. Lalu apa yang membedakan flu biasa dengan Covid-19? 

gejala-dan-cara-mengobati-flu

Perlu diketahui bahwa virus penyebab flu maupun Covid-19 sama-sama disebabkan oleh virus yang menyerang saluran pernapasan manusia. Akan tetapi, kedua virus ini berasal dari golongan yang berbeda serta memiliki karakteristik yang berbeda pula.
 
Adapun virus yang bisa menyebabkan flu berasal dari golongan rhinovirus. Yang mana, virus ini menular dari manusia ke manusia lainnya, dan yang paling sering menyerang pada anak-anak atau remaja. Flu ini bisa terjadi sepanjang tahun, namun paling sering di musim hujan. Sedangkan Covid-19 yang menjadi pandemi saat ini disebabkan oleh virus dari golongan corona virus.

Gejala Flu Biasa

Namun, dalam kesempatan kali ini akan coba membahas tentang flu. Penyakit flu biasa terjadi saat rhinovirus menyerang saluran pernapasan. Umumnya, keluhan yang muncul datang dari hidung dan tenggorokan. Adapun gejala-gejalanya adalah sebagai berikut :

- Bersin-bersin

- Hidung tersumbat dan berair

- Sakit tenggorokan

- Sakit kepala ringan

- Batuk

- Demam (jarang)

Konsultasikan Dengan Dokter Saat Terjadi Gejala Lanjutan :


1. Sulit Bernapas

Kesulitas bernapas ini disebabkan oleh peningkatan produksi mucus di dalam hidung. Kondisi ini bisa membaik dengan pemberian dekongesten dan penanganan yang tepat. 

gejala-dan-cara-mengobati-flu
Gejala flu (sumber gambar: Pixabay)

2. Sulit Bergerak

Sebagian penderita mungkin akan mengalami kesulitan menggerakkan anggota tubuhnya akibat nyeri otot. Kondisi ini biasanya akan terjadi dalam beberapa hari. Apabila penderita tetap kesulitan menggerakkan anggota tubuhnya, maka sebaiknya segera konsultasikan dengan dokter. 

Cara Mengobati Flu


Umumnya penyakit flu bisa sembuh dengan sendirinya dalam waktu 4-9 hari. Semakin kuat imun tubuh, maka akan semakin cepat proses penyembuhan. Maka dari itu, dokter biasanya akan menyarankan penderita flu untuk banyak istirahat, mengonsumi makanan bernutrisi, dan minum air putih yang cukup.

Selain itu, untuk meringankan gejala flu, dokter biasanya akan memberikan beberapa obat, seperti chlorpheniramine dan pseudoephedrine. Kombinasi obat flu ini bisa dikonsumsi untuk meredakan keluhan hidung tersumbat dan berair.

Chlorpheniramine sendiri bekerja dengan cara menghambat senyawa histamin yang menyebabkan pembengkakan pada pembuluh darah hidung. Sedangkan pseudoephedrine bekerja mengecilkan pembuluh darah yang melebar akibat histamin. 

Cara Mencegah Flu

1. Vaksin

Salah satu cara yang dianggap efektif untuk mencegah flu adalah dengan memperoleh vaksin flu secara rutin setiap tahun, terutama pada anak-anak. Bahkan, banyak para ahli medis yang menganjurkan untuk mendapatkan vaksin sebelum musim flu tiba. 

gejala-dan-cara-mengobati-flu
Vaksin (sumber gambar: Pixabay)

2. Gaya Hidup Sehat

Selain menggunakan vaksin flu secara rutin, hal lainnya yang harus dilakukan untuk mencegah flu adalah dengan membiasakan gaya hidup sehat seperti rajin cuci tangan dengan memakai sabun sebelum makan atau setelah melakukan aktivitas di luar. Karena dengan rajin mencuci tangan bisa membunuh kuman sebelum ada kontak dengan mulut. Kebiasaan yang baik ini sebaiknya ditanamkan sejak dini pada anak sehingga mereka sudah terbiasa hingga dewasa. 

gejala-dan-cara-mengobati-flu
Makanan sehat (sumber gambar: Pixabay)


3. Hindari Kontak Langsung Dengan Penderita

Cara pencegahan yang satu ini mungkin bisa menjadi cara yang sulit dilakukan. Terutama bagi anda yang lebih banyak beraktivitas di luar dan sering berkomunikasi dengan orang lain. Namun, anda tetap bisa meminimalisir terjadinya dengan menggunakan pelindung seperti masker. 
 
Nah, itulah beberapa cara pencegahan flu yang mudah dilakukan. Dengan menerapkan gaya hidup sehat dan selalu menjaga kebersihan, diharapkan kesehatan bisa terus terjaga dan terhindar dari penyakit flu.
 
Salam takzim


Post a Comment

22 Comments

  1. Salah satu habit buruk aku kalau flu itu tetap minum es
    Soalnya kalau aku manjain minum air hangat lama sembuhnya
    Minum es bisa cepat
    Aneh banget saya ini

    ReplyDelete
  2. Kalo temenku yang dokter bilang, kalo lagi flu kuncinya banyak istirahat dan banyak minum air putih, mbak.

    ReplyDelete
  3. Ngomongin flu, sekarang ini kadang suka parnoan sama gejala flu. Tapi selalu mencoba positif thinking dan berusaha tetap tenang. Kalau udah jelas flu biasa palingan aku banyakin makan dan minum multivitamin mam.

    ReplyDelete
  4. Iya flu memang cepat sekali menular, makanya kalau ada yg flu kita kudu jauh2 dr yang sakit atau protek dengan banyak konsumsi vitamin C.

    ReplyDelete
  5. Kalo gejala awal biasanya tenggorokan sakit (banget), bersin², ingus meler. Kl dah gini langsung deh cari obat tenggorokan juga obat flu dan konsumsi makanan yang berkuah plus hangat. Kopi aku setop dulu krn bikin tenggorokan makin perih, gantinya ya air hangat deh. Biasanya gejala awal ini dan aku berasa banget tersiksanya sekitar 1-2 hari. Setelahnya udah bisa beraktivitas spt biasa meski masih meler² gitu ingusnya hehe.

    ReplyDelete
  6. Flu itu seperti sepele padahal sangat ngaruh ke aktivitas sehari-hari ya. Aku karena punya alergi, dulu sering banget flu alergi, Alhamdulillah sekarang sudah sangat jarang ngalamin (yang karena alergi). Kalau kena flu, mostly pada saat cuaca gak tentu, saat kecapean hingga badan drop, atau bahkan kalau abis nangis lama suka jadi flu, haha. Kuncinya memang di gaya hidup dan psikis yang sehat ya.

    ReplyDelete
  7. Alhamdulillah sejak pakai masker dan hidup sehat udah jarang flu dan batuk deh. Setuju aku sama tips-tips yang dishare ini.

    ReplyDelete
  8. entah kenapa dari kecil aku jarang ketularan flu dari orang lain, teh. tapi kena flu gara-gara keteledoran sendiri kayak jajan es, banyak makan gorengan, kurang jaga kesehatan, or kecapean. sebelum flu, pasti sakit tenggorokan dulu. kalo sakit tengorokan sembuh ya ga jadi flunya :D

    ReplyDelete
  9. Di rumah beberapa hari ini kena flu ganti2an mbak, aku jg masih batpil alhamdulillah gak ada sesak
    Aku perbanyak minum dan makan buah serta berjemur
    Mau vaksin flu buat sekeluarga jg rencananya
    Tapi bener walau cuma flu gini gak enak banget rasanya, jd agak terhambat saat beraktivitas gtu
    TFS infonya

    ReplyDelete
  10. Sekarang kena gejala flu saja sudah was-was ya khawatir tahu-tahu covid ya Allah kapan ya semua ini berakhir...

    ReplyDelete
  11. Flu emang cepet banget nularnya ya, apalagi klo yg sakit oramg srumah ya pati muter2 aja virusnya. Aku klo flu gempur madu n vitamin dlu tapi klo udah terlanjur baru deh minum obat

    ReplyDelete
  12. Gaya hidup sehat memang penting ya mba kayk jaga makanan dan asupan makanan, karena aku jujur ga bisa minum es sembarangan yang gulanya biang pasti batuk udah gitu kalau jajan sembarangan pasti langsung sakit tenggorokan hehehe,,

    ReplyDelete
  13. Flu sama covid-19 beda tapi hampir sama ya Mak, sekarang kalau flu terus batpil, duh mikirnya udah yang enggak2

    ReplyDelete
  14. Saat terkena flu itu rasanya gak enak banget di badan. Hidung tersumbat, tenggorokan sakit, bersin-bersin , badan ikutan pegel juga. Duh, pantes aja ya kalo anak lagi pilek bawaannya rewel

    ReplyDelete
  15. aku klo lagi flu sih biasanya langsung istirahat yang banyak mbak
    tiduran seharian gitu, alhamdulillah sembuh

    ReplyDelete
  16. Ternyata flu sama covid itu berbeda ya jenis virusnya, walau gejalanya agak mirip2. Flu pun perlu vaksin ya, tapi harus selalu diulang tiap tahun?

    ReplyDelete
  17. Kena flu zaman pandemi begini, jadi takutnya flu berat itu ya mbak. Makanya saya menjaga banget anak anak dan suami enggak sakit meski flu doang karena konsekuensinya berat kalau udah sakit. Karena flu itu berkaitan dengan imunitas yang turun, jika tidak dijaga bisa jadi akan mudah terinfeksi flu karena cirus corona

    ReplyDelete
  18. Musim pandemi gini nih mba, pilek dikit aja rasanya parno banget. Apalagi kalau sampai flu dan tulang belulang berasa sakit, huhuhuuu rasanya takuuut banget. Thanks ya mba untuk artikelnya, bisa jadi pedoman apakah saat ini badan kita flu biasa atau tidak.

    ReplyDelete
  19. Sekarang kalau flu suka parno ya, mbak. Soalnya gejala2nya hampir sama dg Covid-19.

    Sepakat banget buat jaga asupan makanan, sih. Biar imun makin kuatt

    ReplyDelete
  20. Flu memang cepat menular banget ya, dan efek pandemi prokes ini ternyata imbasnya bagus banget. Jadi kita tidak mudah terpapar flu, padahal biasanya dalam sebulan ada aja yang kena flu

    ReplyDelete
  21. Aku juga nih paling sebel kalo pas belanja ada orang pilek tapi tuh nggak pake masker, jadi kan menularnya cepet aku langsung pasang badan biasanya mbak mundur. Makasih tipsnya mba Nurul

    ReplyDelete
  22. setuju nih dengan tips2 mengobati flu. yang harus kita garis bawahi adalah penyakit flu disebabkan oleh virus yang sifatnya self limiting disease artinya sembuh sendiri kalau imun kita kuat. so,. kalau terserang flu, perbanyak makanan makanan bergizi dan asupan vitamin seperti vitamin C

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar. Mohon maaf, untuk menghindari SPAM, komentarnya dimoderasi dulu, yaa ^~^