Kelola Performa dengan Optimal Melalui Performance Management System

Kinerja karyawan bersifat dinamis dan sering mengalami naik atau turun. Kenaikan dan penurunan pekerjaan ini diperngaruhi berbagai macam faktor. Oleh karenanya, baik HRD serta manajer wajib mengelola pekerjaan para karyawan agar setiap target selalu terpenuhi. Untuk memudahkannya, perusahaan dapat memanfaatkan performance management system.

Kelola Performa dengan Optimal Melalui Performance Management System

Apa Itu Performance Management System?

Sesuai namanya, performance management system adalah sebuah perangkat lunak yang mampu melacak dan memantau perkembangan pekerjaan dalam suatu perusahaan baik dalam tim maupun individu. Perangkat lunak ini dinilai lebih mudah digunakan daripada mengandalkan cara manual yang memakan waktu lama.

Dengan cara manual, HRD dan manajer harus membuka berkali-kali data yang akan digunakan untuk penilaian kinerja atau sekadar pemantauan semata. Dengan menggunakan system, HRD dapat memantau pekerjaan lebih mudah. Di mana HRD juga tidak perlu memusingkan dokumen fisik yang nantinya akan menggunung.

Jika perusahaan tidak dapat mengembangkan system mengandalkan sumber daya internal, ada banyak performance management system yang tersedia oleh berbagai vendor. Salah satu contohnya adalah LinovHR. Performance management system dari LinovHR sudah dipercaya banyak perusahaan karena layanan konsumennya yang dikenal sigap dan tanggap melayani kebutuhan client.  

Baca Juga: Contoh Iklan Lowongan Pekerjaan yang Menarik

Bagaimana Cara Kerja Performance Management System?

Sebelumnya, pihak HRD atau manajer akan menentukan terlebih dahulu parameter apa yang akan digunakan untuk mengukur pekerjaan. Sebab, parameter dari tiap pekerjaan ini pasti akan berbeda, contohnya parameter untuk tim finance dan marketing.  

Selanjutnya, jenis atau tugas dari tiap karyawan juga akan ditentukan sesuai scope pekerjaan masing-masing. Nantinya tiap pekerjaan ini akan dipantau perkembangannya terhadap tujuan yang sudah ditetapkan.

Apabila manajer atau HRD menemukan sesuatu yang kurang atau menandakan bahwa pekerjaan mengalami kendala tertentu, maka HRD akan langsung menindaklanjutinya agar masalah tersebut tidak mengganggu progress pekerjaan

Apa Saja Keunggulan Performance Management System Dibandingkan Manajemen Manual?

Setelah menyimak gambaran pola kerja dari performance management system, tentunya Anda pasti berpikir apa keuntungan dari sistem ini bukan? Secara garis besar, berikut keunggulan dari performance management system dibandingkan cara manual.  

  1. Realtime. Data pekerjaan yang ada dapat dipantau saat itu juga. Sehingga pemantauan bisa dilakukan kapan saja dan di mana saja.
  2. Sulit dimanipulasi. Karena progress pekerjaan terpantau dengan realtime, data kehadiran juga sulit dimanipulasi. Semua data kehadiran disimpan dalam cloud based server yang terjamin keamanan serta kerahasiaannya. 
  3. Mampu membuat laporan otomatis. Biasanya HRD akan membuat laporan kinerja karyawan untuk keperluan penilaian karyawan. Performance management system ini dapat membuat laporan otomatis yang dapat disesuaikan tampilannya oleh kebutuhan user.
  4. Memudahkan Relasi Karyawan dan Manajerial. Secara tidak langsung, adanya performance management system ini dapat memudahkan relasi karyawan dan manajerial. Karena pihak manajer lebih mengetahui apa saja kendala yang dihadapi oleh karyawan dalam bekerja. Alhasil, ekspektasi kerja dan komunikasi antara karyawan dan manajer terjalin lebih harmonis

Nah, itulah pembahasan mengenai apa itu performance management system, bagaimana cara kerjanya dan keuntungannya. Semoga pembahasan di atas dapat membantu untuk meningkatkan manajemen kinerja di perusahaan Anda!

 Salam takzim

Post a Comment

0 Comments