Cara Mudah Jualan Online di Blibli

Perkembangan teknologi yang semakin pesat membuat pertumbuhan jual beli online mengalami peningkatan beberapa tahun belakangan ini. Apalagi ketika dunia harus menghadapi wabah pandemi. Untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, masyarakat lebih banyak melakukannya secara online. Sehingga perkembangan bisnis online pun semakin meningkat.

Maraknya kegiatan jual beli online memberikan peluang bisnis yang terbuka lebar untuk siapa pun. Kondisi ini juga membuat keluarga saya mencoba keberuntungan dengan berjualan online. Meski terlihat mudah, ternyata berjualan secara online membutuhkan ilmu dan strategi yang jitu. Seperti diketahui, tidak semua pebisnis online memiliki kesuksesan yang diharapkan. 
 

Usaha Jualan Online

Agar sukses berjualan secara online nyatanya dipengaruhi oleh banyak faktor. Di antaranya bersaing dengan pebisnis online lainnya. Oleh karena itu, saya terus berusaha mencari cara agar usaha yang sedang dijalankan ini bisa lebih unggul di kancah online commerce. Selama ini untuk menjalankan usaha, saya lebih sering menggunakan media sosial Instagram. Alhamdulillah beberapa tahun ini kami bisa mendapatkan keuntungan meskipun tidak sesuai dengan target yang telah dibuat.

Dari beberapa referensi yang kami baca, ada beberapa cara mudah jualan online yang bisa dijalankan oleh pebisnis online. Salah satunya memiliki toko online di marketplace yang sudah terpercaya kredibilitasnya. Dengan bergabung di marketplace, kita bisa mendapatkan kemudahan dalam menjangkau target pasar. 
 
Akhirnya saya temukan Blibli yang sudah dipercaya oleh seller ternama. Saya yakin usaha yang selama ini hanya dipasarkan melalui media sosial Instagram bisa lebih berkembang apabila bergabung dengan Blibli. Apa yang membuat saya memilih Blibli untuk menjadi media yang membantu usaha online saya?
 

Alasan Berjualan di Blibli

Tentunya ketika memilih Blibli sebagai tempat berusaha online, saya mengambil berbagai pertimbangan. Saya ingin punya usaha yang semakin perkembang dengan omzet yang sesuai dengan harapan. Mari simak beberapa alasan saya memilih Blibli sebagai tempat berjualan online:
  1. Blibli dipercaya oleh seller ternama. Banyak brand popular dan official store yang memilih Blibli sebagai tempat menjalankan usahanya.
  2. Asuransi produk sebesar 100%. Produk yang kita jual di Blibli mendapat jaminan asuransi penuh oleh partner logistik.
  3. Tanpa uang jaminan. Siapa saja yang mau berjualan di Blibli bebas uang jaminan, artinya kita bisa membuka toko secara gratis dan bisa langsung berjualan.
  4. Fasilitas gratis pengiriman. Asyiknya berjualan di Blibli, kita juga bisa mendapatkan fasilitas gratis pengiriman produk ke seluruh Indonesia.
  5. Tanpa biaya promosi. Penjual online di Blibli mendapatkan keuntungan dengan adanya fasilitas promosi secara gratis, tanpa biaya tambahan.
  6. Fitur Seller Care yang membantu. Di Blibli, penjual akan mendapatkan layanan dari Seller Care yang siap melayani setiap harinya melalui telepon, email dan Live Chat.
  7. Banyak bonus. Salah satu keuntungan menjadi Seller yang baru bergabung di Blibli periode Maret - April 2022 bisa mendapatkan kesempatan keuntungan modal promosi hingga 5,4 juta. Modal promosi yang berupa Saldo Bliklan Gratis yang nantinya akan masuk di akun Blibli Seller Center kita.  

 Kemudahan Bisnis Online di Blibli

Dengan berbagai alasan tersebut, saya merasa makin mantap untuk mendaftarkan bisnis dan menjadi seller di Blibli. Dan yang paling makin tertarik untuk berjualan di Blibli yaitu adanya fasilitas gratis untuk Blibli Seller. Kita bisa memanfaatkan fasilitas tersebut untuk menunjang kegiatan berjualan di Blibli. Fasilitas apa sajakah yang bisa kita dapatkan sebagai Blibli Seller?

Fasilitas Gratis Bagi Blibli Seller

Poin menarik lainnya yang bisa didapatkan dari Blibli untuk seller-nya yaitu diberikan pelayanan terbaik melalui berbagai fasilitas gratis. Fasilitas tersebut nantinya bisa dimanfaatkan sebagai penunjang kegiatan berjualan di Blibli. Berikut ini fasilitas gratis yang bisa didapatkan oleh Blibli Seller yaitu:

1. Tidak Ada Batas Maksimum User

Sebagai seller, kita bisa mendaftarkan user baru untuk mengelola toko kita di Blibli. Tidak ada batasan maksimum user yang dapat didaftarkan dan ditambahkan serta tanpa ada biaya tambahan apapun. 

2. Jasa Foto Produk Gratis

Blibli menyediakan jasa foto produk gratis terutama bagi penjual yang kesulitan menyediakan foto produk. Proses pengambilan foto dilakukan oleh fotografer profesional dan dapat memanfaatkan model yang telah disediakan (tergantung kategori). Produk yang akan difoto tersebut nantinya diambil gambarnya di Kantor Blibli Jakarta.

3. Gratis Ongkos Kirim dan Asuransi Pengiriman

Untuk produk-produk yang dikirimkan secara regular dan no shipment, ongkos kirim pesanannya akan ditanggung oleh Blibli. Dengan begitu kita sebagai seller tidak perlu melakukan pembayaran ongkos kirim kepada bagian pengiriman seperti JNE, dan Sicepat (untuk pengiriman Dropship) atau kepada logistik yang menjemput paket (untuk layanan Pickup).

Selain itu pengiriman di Blibli secara otomatis diasuransikan sehingga kita sebagai penjual tidak perlu khawatir jika ada masalah selama pengiriman karena proses klaimnya dibantu oleh pihak Blibli.

4. Pengiriman Instan dan Sameday

Blibli juga menyediakan opsi pengiriman Instan dan Sameday melalui GOSEND, JNE YES, dan GRAB serta EXPRESS. Fasilitas tipe pengiriman ini diberikan kepada seller sebagai tambahan untuk customer. Selain itu customer pun bisa mendapatkan gratis ongkir termasuk untuk pengiriman Instant dan Sameday.

5. Analisa Produk

Fasilitas gratis berikutnya yang disediakan Blibli adalah adanya fitur analisa produk. Seller bisa membaca analisa terhadap daya saing produk yang dijual dibandingkan merchant lain di Blibli dan mengetahui analisa peluang produk yang bisa kita jual di kemudian hari.

6. Training dan E-Learning

Bagi seller yang ingin mendapatkan omzet banyak tentunya memerlukan ilmu dan strategi tertentu. Semua ilmu dan strategi pemasaran bisa dipelajari di Blibli dengan dukungan dari tim Blibli University berupa training offline dan webinar yang sudah terjadwal.

Pihak seller juga bisa mendapatkan informasi mengenai seputar berjualan di Blibli dan cara menggunakan Blibli Seller Center melalui fitur Pusat Edukasi. Di fitur tersebut kita juga bisa menonton video tutorial yang bisa diakses kapan pun dan di mana pun.
 
Training bisnis dari Blibli

7. Aplikasi Blibli Seller

Untuk memudahkan pemasaran, kita bisa berjualan menggunakan ponsel yang kita miliki. Mulai dari kegiatan upload produk secara satuan, merespon pesanan dari konsumen, menjawab pertanyaan yang diajukan calon konsumen, berdiskusi dan fungsi lainnya. Semua bisa dilakukan menggunakan aplikasi Blibli Seller App yang bisa kita dapatkan di smartphone Android dan iOS. 

8. Berbagai Promosi Gratis

Berjualan di Blibli kita bisa memasarkan produk dengan fitur Promo Merchant yang tersedia di Blibli Seller Center. Fitur promo yang bisa dimanfaatkan mulai dari Promo Combo, Promo Grosir, Promo Discount hingga Promo Voucher.

Tidak hanya itu, Blibli Seller Center juga memberikan fitur QR Code untuk mempromosikan toko dan produk kita di Blibli. Sebagai seller kita bisa membuat QR Code untuk produk ataupun toko dan dapat kita sebarkan di media sosial atau media offline.

Bagaimana? Banyak sekali keuntungan yang bisa didapatkan ketika kita membuka toko di Blibli, bukan? Itulah mengapa akhirnya saya memilih memasarkan produk di Blibli. Untuk menikmati berbagai fasilitas yang ditawarkan dan mendapatkan bimbingan dari tim Blibli. 
 

Pengalaman Membuka Toko di Blibli

Nah, setelah mengetahui berbagai manfaat yang bisa didapatkan dari Blibli, akhirnya saya pun membuka toko di sana. Bagaimana caranya jualan di Blibli? Berikut ini pengalaman saya membuka toko di Blibli:

1. Mempersiapkan Data yang Diperlukan
Sebelum membuka toko di Blibli, saya mempersiapkan dahulu nama calon penjual toko yang akan digunakan, email aktif untuk membuat akun, menyiapkan password, nomor telepon yang aktif dan nama toko online yang akan didaftarkan.

2. Membuat Akun Blibli Seller.
Apabila teman-teman mau membuka toko di Blibli, cara paling mudahnya langsung klik di https://blib.li/BL04 . Kemudian isi semua informasi yang dibutuhkan dengan data yang telah dipersiapkan. Jika sudah diisi semua datanya, klik “Daftar”. Akun seller telah siap. 
 
Toko Bubunanaa di Blibli
3. Setelah memiliki akun seller, saya mendapatkan saldo Bliklan sebesar Rp. 20.000. Selanjutnya saya diberikan tugas untuk mempersiapkan toko, seperti melengkapi info alamat pengambilan, dan melengkapi info pembayaran.

4. Untuk melengkapi info pembayaran, saya melengkapi data rekening yang nantinya akan digunakan dalam bertransaksi. Setelah data yang dilakukan sudah terisi, saya memberikan foto selfie bersama KTP. Toko saya pun sudah siap direview oleh tim Blibli

5. Setelah mendapatkan review maka tugas berikutnya saya mengunggah lebih dari 4 produk dalam batas waktu tertentu. Dan untuk mendapatkan saldo sebesar Rp. 300.000 saya pun mengunggahnya sebelum batas akhir yang sudah ditentukan. Berikut ini beberapa produk dari toko Bubunanaa:

EXO Calender di Blibli 

EXO Calender


Wall decor NCT 127 SG22 di Blibli
Wall decor NCT 127 SG22

6. Langkah selanjutnya saya mengaktifkan Instant dan SameDay

7. Alhamdulillah toko saya sudah tersedia dan siap menunggu pesanan.

Oh iya, bagi teman-teman yang juga ingin membuat toko di Blibli seperti saya, bisa langsung klik link https://blib.li/BL04 ya ...!

Pengalaman saya membuka toko di Blibli cukup mudah, bukan? Keuntungan yang saya dapatkan sebagai penjual online pun cukup memuaskan. Apakah teman-teman juga tertarik jualan di Blibli? Yuk, daftar di Blibli! Untuk informasi lebih lengkap, teman-teman bisa mengikuti media sosial Blibli di IG @blibliseller dan Tiktok @blibliseller. Semoga tulisan tentang cara mudah berjualan online di Blibli ini bisa bermanfaat, Aamiin!

Salam takzim

Post a Comment

30 Comments

  1. Wih mantep kalau bisa jualan online di blibli, nih, bisa dijadikan freelance dan bisnis nih. Apalagi mudah dan sudah terdapat berbgai fitur yang membantu promosi.

    ReplyDelete
  2. ini mah paket lengkap banget ya buat para seller yang ingin jualan di blibli karena fasilitasnya memudahkan

    ReplyDelete
  3. Ternyataaaa... super duper gampil bangeett ya mbaa
    kece ih, Blibli, support UMKM indonesia dgn cara yg wow
    Kayaknya aku kudu infoin ini ke temen2kuuu supaya mereka semangat join Blibli seller ini

    ReplyDelete
  4. Wah enak ya teh jualan online di blibli ini. Sampai nyediain jasa foto produk gratis segala. Bahkan yanng motonya fotografer profesional lagi. Enaknyaaa 😍

    ReplyDelete
  5. Lengkap ya mba. Blibli ini bisa jadi rekomendasi belanja online. Berarti suppport seller banget deh ini bisa difotoin produknya jg ya. Keren deh..memudahkan pelaku umkm

    ReplyDelete
  6. waaah produknya menyasar anak muda yah.
    Teh, belanja di Blibli minimum berapa supaya free ongkir? Kalau di toko oren mau ikut program free ongkir syaratnya di seller bakal kena potongan berapa gitu dari harga barang.

    ReplyDelete
  7. Keberadaan Seller Care gini nih yang dibutuhkan bagi pendatang baru di marketplace semacam Blibli. Jadi kalau ada masalah bisa langsung tanya dan cepet bisa dapat jawabannya

    ReplyDelete
  8. Wah baru tau ada fasilitas blibli seller ini, sangat membantu banget ya mbak bagi teman-teman yang mau berjualan online. Dan ternyata nggak sulit juga cara membuka toko di blibli. Semoga laris manis ya mbak jualannya.

    ReplyDelete
  9. Salah satu ikhtiar kita dalam mencari nafkah di masa digitalisasi seperti sekarang ya. Bergabung dengan Blibli insyaallah jadi berkah dan melancarkan semua usaha. Aamiin...

    ReplyDelete
  10. Keren nih Blibli, bisa banget ngedukung UMKM yang mau jualan online. Cara daftarnya mudah dan praktis, serta tidak ada syarat yang memberatkan.

    ReplyDelete
  11. Blibli memudahkan penjual baru atau reseller berdagang. Mudah sekali ya ikut memasukkan dagangan ke blibli.

    ReplyDelete
  12. Duh aku ngerasa rugi banget kalau ga pake saldo iklan gratisnya blibli ya. Baru dapat 300 biasanya kan kalau mau pake iklan kudu bayar ini gratisss

    ReplyDelete
  13. Baru tau nih cara jadi seller di Blibli, aku bisa share infonya ke adik ku yang punya bisnis online.

    ReplyDelete
  14. MasyaAllah makasih mba tipsnya aku juga mau julan dasterku nih ke blibli
    mau cobain ah

    ReplyDelete
  15. Jualan online di Blibli ini menguntungkan ya mbak
    Ternyata caranya mudah ya
    Mau aku share ke adikku ah, dia jualan online juga

    ReplyDelete
  16. Bener ya kalau punya product terus Kita jual lewat Blibli jadi mudah dah gitu banyak dikenal lagi yakkk..caranya gampang banget lagi ya

    ReplyDelete
  17. Waini, buka toko langsung dapat cash 300rb? Seller mana yang tidak senang, heheheh. Dulu sempat jualan online juga..sekarang jadi pengen jualan juga di Blibli. Jualan apa ya 🤭

    ReplyDelete
  18. Seneng kalau bisa kerjasama jualan online ya, Mbak. Semoga semakin lariis jalannya di BliBli.

    ReplyDelete
  19. Aku pernah punya toko online di blibli yaitu buku anak murah dan memang memudahkan sekali ya, tapi sekarang aku lagi off karena belum kepegang buat handle ke gudang dll.

    ReplyDelete
  20. Terima kasih teh buat infonya, sementara aku baru 2 marketplace yang aku tekuni tokped dan buka lapak selama ini. Jadi tambah wawasan lagi nih teh

    ReplyDelete
  21. Aku terkesan sama tawaran 'jasa foto produk gratis' dari Blibli kayak gini. Untuk jualan online kaan foto produk ngaruh banget. Selanjutnya ya tinggal promosi dan nyiapin stok deh...
    Btw...tokonya apa? Mau nengok aah...

    ReplyDelete
  22. Saya pembeli di blibli. Ada freong dan same day yang memudahkan saat membeli barang. Juga seller tepercaya di sini, belum pernah mengecewakan...eh ternyata kalau daftar jadi blibliseller mudah juga:)

    ReplyDelete
  23. Enaknya di blibli ya. Ada jasa foto produk gratisnya. Kita jadi nggak perlu memikirkan konsep foto produk yang cakep itu yang bagaimana. Tinggal kita serahkan saja pada blibli yang pasti sudah punya konseptor handal untuk foto produk. Iya kan.

    ReplyDelete
  24. Teh Nurul, apa kabar? Uda lama banget ga ketemu 😊
    Btw, terima kasih informasinya tentang Blibli ini. Aku jadi mau cobain jualan online lewat Blibli.
    Karena setau aku belanja di Blibli lebih terjamin keasliannya. Ternyata memang ga perlu ragu ya untuk beli atau menjual barang di Blibli 😊

    ReplyDelete
  25. Wah, semudah itu jadi seller di Blibli ya. Jadi pengen nyoba deh

    ReplyDelete
  26. Ternyata cukup mudah dan ngebantu banget yaa daftar sebagai seller di Blibli. Aku pikir susah lho. Tapi keraguanku tak beralasan bahkan seller di Blibli difasilitasi banget yaa sama pihak Blibli nya. Keren sih ini

    ReplyDelete
  27. Wah keren Blibli, ada training offline dan e-learning untuk untuk seller ya, Mbak. Bisa jadi makin semangat praktik tingkatkan omset setelah belajar

    Makasih infonya Mbak

    ReplyDelete
  28. Gak nyangka, ternyata jualan di Blibli prosenya mudah banget. Awalnya aku mikir bakal ribet gitu. Ternyata enggak. Banyak juga fitur buat Blibli seller, jadi pastinya akan sangat terbantu dong.

    ReplyDelete
  29. Kalau Blibli menyediakan jasa foto produk gratis terutama bagi penjual yang kesulitan menyediakan foto produk, itu menarik banget. Seller pasti terbantu karena foto adalah wakil barang yang mereka jual di blibli. Salut deh sama totalitas blibli untuk sellernya

    ReplyDelete
  30. analisa produk penting banget,ya teh.
    Kitajadi tahu produk-produk mana yang mendukung penjualan kita atau tidak.
    Apalagi ada e-learningnyapula.
    Banyak kemudahan bener berjualandi Blibli ini.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar. Mohon maaf, untuk menghindari SPAM, komentarnya dimoderasi dulu, yaa ^~^