Kenapa Me Time itu Penting?

Siapa di antara sobat yang pernah mengalami ketika bangun tidur kemudian terkejut, “Lho, ini sudah hari Jumat lagi?”

Sering merasa bahwa waktu cepat berlalu, tanpa disadari, hari demi hari berganti. Kadang berpikir bahwa waktu 24 jam itu tidak cukup lagi. Semua aktivitas dilakukan melebihi waktu yang seharusnya. Sibuk dengan berbagai tugas yang tiada henti. Cenderung mudah marah dan putus asa ketika ada pekerjaan yang tidak bisa dikerjakan tepat waktu.
Setop! Segeralah berhenti, sejenak saja.

Yuk, berikan waktu untuk diri kita! Beri jeda waktu untuk diri sendiri. Karena apabila terus dipaksakan tidak akan mendapatkan hasil yang optimal. Jeda bisa dilakukan dengan berbagai macam cara, salah satunya dengan melakukan me time.



Apa yang Dimaksud dengan Me Time?


Pengertian me time yaitu meluangkan waktu sejenak untuk diri sendiri. Memberikan waktu sejenak untuk diri bermanfaat sekali untuk kesehatan dan kesejahteraan mental.

Salah kaprah dengan pendapat bahwa menghabiskan waktu untuk diri sendiri disamakan dengan kesedihan, kesepian atau antisosial. Ada juga orang yang merasa bersalah ketika meluangkan waktu sendirian dan meninggalkan orang-orang terkasih. Padahal me time penting bagi tubuh dan bermanfaat bagi kesehatan mental.
 



Manfaat Me Time

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, masalah yang kita hadapi sehari-hari dapat menimbulkan beban tersendiri bagi kesehatan mental. Melakukan me time merupakan waktu yang tepat untuk mengistirahatkan pikiran dan tubuh. Nah, lalu apa saja manfaat me time itu?

1. Meningkatkan tingkat produktivitas dan konsentrasi


Masalah yang sering terjadi di kehidupan sehari-hari seringkali mengganggu dan mengalihkan pikiran kita. Terkadang masalah bisa membekas di pikiran. Sehingga saat kita sedang bekerja, beraktivitas bahkan ketika istirahat pun bisa memikirkan masalah yang sedang dihadapi.

Kegiatan me time membantu kita untuk sejenak mengalihkan pikiran kita dari masalah-masalah yang dihadapi. Me time bisa membuat hati dan pikiran menjadi lebih tenang. Kita terhindar dari segala urusan kehidupan sejenak dan kembali lebih tenang. Kondisi seperti ini sangat bermanfaat untuk meningkatkan konsentrasi dan menumbuhkan produktivitas kerja di masa depan.

2. Berkesempatan Memahami Diri Sendiri


Ketika berinteraksi dengan orang lain, terkadang sudut pandang kita mengikuti sudut pandang orang-orang sekitar kita. Tanpa sadar kita melakukan hal ini setiap bergaul, berinteraksi dengan teman, rekan kerja bahkan keluarga sendiri.

Dengan melakukan me time, menyendiri sejenak, kita bisa merenungkan banyak hal. Beberapa pemikiran yang tidak pernah terlintas biasanya akan muncul. Memahami keinginan dan pemikiran diri sendiri. Sehingga kita dapat mempunyai pertimbangan lebih dalam tentang berbagai keputusan yang akan diambil di kemudian hari.

3. Manjur untuk Mengurangi Stres


Melakukan me time menimbulkan rasa bahagia dan kepuasan tersendiri. Dengan begitu bisa mengurangi segala pikiran yang mengganggu dan menghindari stres. Dengan begitu kesehatan tubuh dan mental pun bisa terjaga dengan baik.

Apa Saja Yang Dilakukan Saat Me Time?

Setelah mengetahui begitu banyak manfaat me time, tentu kita akan lebih bersemangat melakukannya, bukan? Untuk setiap orang kegiatan me time-nya berbeda-beda. Tergantung dengan selera masing-masing. Pada umumnya menghabiskan waktu sendiri dengan melakukan hobi atau sekedar melipir sejenak dari kegiatan di media sosial.

Berikut ini beberapa kegiatan yang biasa dilakukan untuk me time:

1. Baca Buku

Bagi yang senang membaca buku, aktivitas me time yang efektif dilakukan tentu saja membaca buku favoritnya. Membaca buku bisa mengalihkan sejenak pikiran kita dari masalah yang dihadapi, kerjaan yang menumpuk atau tugas-tugas lainnya. Aktivitas yang satu ini juga dipercaya ampun dapat meningkatkan konsentrasi.

Meskipun tidak ada anjuran khusus mengenai jenis buku yang dibaca, tetapi sebaiknya memilih buku yang menginspirasi dan memotivasi sehingga bisa meningkatkan produktivitas dan kreativitas. Namun tidak ada salahnya juga membaca buku yang bisa menghibur. Saya juga cenderung menyukai buku yang bisa menginspirasi sekaligus menghibur seperti buku jenis bergenre komedi dan sejenisnya.

2. Membersihkan Rumah

Bagi sebagian orang membersihkan rumah itu tidak menyenangkan dan tidak mungkin me time-nya beres-beres rumah, bukan? Namun ada juga yang senang membersihkan rumah untuk membuat hati dan pikirannya bisa lebih tenang. Membersihkan rumah memang kadang dipandang sepele. padahal bisa memelihara kesehatan mental, loh! Melihat kamar dan rumah yang menjadi rapi dapat berpengaruh pada mood dan aktivitas kita selanjutnya.

3. Jalan Santai

Jalan santai merupakan kegiatan me time yang menyenangkan sekaligus menyehatkan. Tidak perlu lama-lama menjalankannya. Cukup 20 hingga 30 menit saja kita bisa menenangkan pikiran dengan berjalan kaki. 


4. Nonton Film Kesukaan

Kegiatan yang dipercaya bisa mendorong tubuh menurunkan kadar kortisal yaitu hormon stress yaitu nonton. Dianjurkan untuk menonton film sesuai dengan kesukaan.

5. Lakukan Hobi

Telah jelas terbukti bawa orang yang sering melakukan hobinya cenderung memiliki mood yang stabil, tidak mudah stres dan terhindar dari depresi. Melakukan aktivitas yang dicintai bisa membuat kita merasa lebih bahagia dan rileks di tengah akivitas keseharian yang menyibukkan.

6. Digital Detox

Opsi kegiatan me time lainnya yaitu digital detox, khususnya bagi siapa saja yang selalu scrolling beranda media sosialnya. Melakukan digital detox bisa membuat kita lebih tenang dan terhindar dari berbagai masalah mental seperti depresi, stres, atau anxiety. Cara melakukannya dengan membatasi jam penggunaan smartphone dan segera mematikan laptop/PC ketika sudah selesai bekerja.

Pemaparan singkat tentang me time, manfaat serta jenis kegiatannya sudah dibahas secara terperinci. Intinya me time itu merupakan momen yang bisa dilalui sejenak untuk diri sendiri.

Bagaimana dengan sobat? Apa kegiatan me time pilihan kalian? Sharing, yuk!
 
Salam takzim



Post a Comment

1 Comments

  1. Me time, yang kutahu pas capek banget dan kepala pusing nyoba kegiatan yang menenangkan pikiran itu wah banget lega rasanya. Intinya manjain diri, mau skincare-an sambil nonton drakor, atau baca buku di tempat tenang sambil minum teh, pokoknya relaksasi. Itu juga bermanfaat untuk kesehatan mental. Terima kasih informasinya!

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar. Mohon maaf, untuk menghindari SPAM, komentarnya dimoderasi dulu, yaa ^~^