One Day One Article (ODOA) Indscript

One Day One Article merupakan program yang digagas oleh Indari Mastuti. Sebagai founder dari Indscript Creative, Kak Indari mengadakan program tersebut untuk melatih keterampilan menulis artikel dengan tema dan jumlah yang telah ditentukan. Peserta ODOA diharapkan terbentuk habit menulis setiap hari dan dapat menggali ide dalam waktu cepat.

Program ini diadakan sejak tahun 2014. Sebagai peserta yang pernah ikut serta program ODOA di tahun 2014, saya merasa terbantu sekali dengan program tersebut. Dengan menulis artikel setiap hari, otomatis blog saya pun selalu up to date. Saya juga tidak perlu bingung ketika akan menulis artikel di blog karena temanya sudah ditentukan.

One Day One Article Indsript

One Day One Article 2022

Nah mulai Bulan Juni 2022 ini, kegiatan ODOA kembali digiatkan oleh Indscript. Dan saya kembali ikut berpartisipasi di dalamnya. Banyak teman baru yang saya temukan di sana. Kehebohan dan keseruannya tetap sama, riuh dengan diskusi seputar kepenulisan. Tema yang diangkat juga hampir sama, mengulas tentang Indscript Creative, seputar usaha dari partner bisnis dari Indscript, topik kepenulisan, bisnis dan tema lainnya.

Bagi saya sendiri, menulis di ODOA itu banyak sekali manfaatnya. Materi yang diangkat menjadi tema tulisan, banyak menambah wawasan saya. Ritme ODOA yang mengharuskan setiap peserta menulis setiap hari, otomatis membuat saya berlatih menulis setiap hari. Mengasah terus kemampuan menulis kita. Selain itu, saya juga bisa berkenalan dan belajar dari peserta lainnya. Asyik, deh!

 Lalu, bagaimana tahapan ODOA itu? 

Tahapan ODOA Indscript



1. Menulis artikel

Sesuai dengan namanya yaitu One Day One Artikel, program ini kegiatan utamanya yaitu menulis artikel. Tulisan dibuat di file words. Tema artikel sudah ditentukan dan peserta ODOA diharapkan bisa menulis sebuah tema dari beberapa sudut pandang. Diberikan juga kata kunci yang harus ada di tulisan peserta ODOA.

2. Mengunggah artikel

Setelah artikel selesai dibuat, masukkan link dokumennya ke dalam form yang sudah disediakan.

3. Artikel direview editor

Tulisan yang dibuat oleh peserta ODOA akan direview terlebih dahulu oleh tim editor. Editor memberikan masukan yang dituliskan di dokumen tulisan yang ada di google drive. Ada beberapa poin yang akan diperiksa oleh editor. Apakah sudah memuat semua kata kunci? Apakah sudah menggunakan struktur artikel yang baik? Tidak ada kesalahan penulisan? Sudah ada gambar pelengkap?

4. Revisi Tulisan

Penulis melakukan revisi pada tulisannya berdasarkan hasil review dari editor. Setelah melakukan revisi, beri keterangan di dalam dokumen agar editor tahu jika penulis sudah memperbaiki tulisannya.

5. Posting di Blog

Artikel yang sudah diperbaiki, selanjutnya diposting di blog peserta ODOA.

6. Laporan di form link postingan

Laporkan link postingan di form yang sudah diberikan.

Nah, itulah tahapan ODOA Indscript Creative selama bulan Juni hingga Agustus 2022. Alhamdulillah selama ini pesertanya bisa menjalankan tahap demi tahap dengan baik.

Event ODOA Indscript

Di periode pertama jumlah peserta yang ikut ada 38 peserta dan sekitar 15 orang yang bisa mengikuti dengan konsisten. Challenge menulis artikel di periode pertama ini menghasilkan penulis-penulis keren yang bisa konsisten menulis selama 30 hari. Berikut ini para pemenangnya:

Pemenang ODOA Indscript Periode Juni-Juli 2022
 
Dari ketujuh peserta ODOA tersebut, terpilih Mbak Haning Arum sebagai peserta yang menulis artikel terbanyak yaitu 30 artikel dan paling banyak artikelnya yang sudah diposting di blog.

ODOA Milad Indscript

Menjelang ulang tahunnya yang ke-15, Indscript meneruskan program ODOA dengan tema lebih spesifik. ODOA kali ini tema yang diangkat di tulisan peserta ODOA yaitu tentang Indscript Creative. Mekanisnya agak sedikit berbeda dengan ODOA sebelumnya. Kali ini tulisan peserta ODOA langsung di posting di blognya masing-masing. Berikut ini saya akan mengulas lebih dalam mengenai ODOA Milad Indscript sebagai acuan dari peserta ODOA:
 
Syarat dan ketentuan ODOA Milad Indscript 2022

Syarat dan Ketentuan ODOA Milad Indscript 

Peserta ODOA yang mengikuti event dalam rangka ulang tahun Indscript ke-15 ini menulis tema Indscript di blognya masing-masing. Menulis setiap hari dari tanggal 4 Agustus hingga 4 September 2022.  Blog yang digunakan oleh peserta bisa yang sudah Top Level Domain (TLD) - domain berbayar atau menggunakan non TLD - tidak berbayar.
 
Sumber tulisan yang bisa dijadikan referensi yaitu landing page Indscript Creative dan media sosialnya adalah:
  1. https://tribelio.page/kenaliindscriptcreative
  2.  https://instagram.com/indarimastutirezky
  3. https://instagram.com/indscriptcreative_
  4. https://youtube.com/c/IndscriptCreative
Panjang artikel yang ditulis peserta ODOA minimal 500 kata. Merupakan karya sendiri, bukan hasil copy paste dan ditulis dengan Bahasa Indonesia yang baik dan benar. Di dalam artikel wajib mencantumkan 2 kata kunci utama dan 1 kata kunci turunan. Kata kunci yang harus tercantum di artikel peserta yaitu:

Kata kunci ODOA Milad Indscript 2022

Untuk lebih jelasnya, saya akan memberikan sebuah contoh. Misalnya saya mau menulis tentang Jasa Menulis Buku di Indscript Creative, maka di dalam tulisan saya nanti, wajib mencantumkan kata kunci Indscript Creative dan Indari Mastuti serta Indscript Jasa Nulis Buku.

Lalu bagaimana jika kata Indscript Creative saya pakai berulang kali di tulisan tersebut?

Boleh saja, malah bagus sekali! Artikel kita bisa ada di bagian teratas apabila ada yang mencari informasi tentang jasa Indscript Creative.

Sebagai reward untuk peserta terbaik dan paling rajin, Teh Indari sebagai pemilik Indscript menyediakan hadiah yang sangat menarik. Penghargaan yang akan diberikan kepada peserta yaitu:

  1. Pemenang ke-1 hadiah uang 750.000 + piagam penghargaan + paket produk Indscript (buku + merchandise)
  2. Pemenang ke-2 hadiah uang 500.000 + piagam penghargaan + paket produk Indscript (buku + merchandise)
  3. Pemenang ke-3 hadiah uang 250.000 + piagam penghargaan + paket produk Indscript (buku + merchandise)

Dan tambahan hadiah untuk 10 pemenang yaitu mendapatkan pulsa @100.000.

Reward ODOA Milad Indscript 2022

Tips dan Trik Mengikuti One Day One Article

"Ingin ikutan, tapi gak ada waktu. Banyak kerjaan yang harus saya tangani!"

"Saya bisa gak, ya, konsisten ikut ODOA? Masih banyak tugas ngurus anak!"

"Menulis selama 30 hari? Apa saja yang harus ditulis, ya?"

Barangkali ada keluhan semacam itu di pikiran teman-teman yang ingin mengikuti kegiatan ODOA ini? Sebenarnya ada tips dan triknya, loh! Ketika ada waktu luang, pelajari satu tema yang akan kita angkat. Tuliskan saja apa yang kita ketahui sebanyak-banyaknya. Jika memungkinkan buat beberapa artikel. Tabungan artikel tersebut pastinya akan sangat menolong ketika kita berhalangan menulis pada suatu hari nanti.

Selain itu kita juga bisa merencanakan tema apa saja yang akan kita buat dalam satu bulan. Misalnya kita memiliki 12 tema tulisan, maka bagilah semua tema tersebut dalam satu periode ODOA. Contoh rencana tulisan yang akan dibuat untuk mengikuti ODOA Milad Indscript 2022 seperti tabel berikut ini:

Plan ODOA Milad Indscript 2022


Dengan membuat tabel planner seperti itu, kita bisa mencatat dan merencanakan apa saja yang akan ditulis selama sebulan. Sehingga tidak perlu menunggu mood kita baik dulu, baru menulis. Bisa lebih produktif, bukan?

Untuk yang memiliki banyak tugas atau pekerjaan, membuat tabel planner bisa mencegah kita lupa menulis untuk ODOA. Bermanfaat juga kalau tiba-tiba muncul ide tulisan. Bisa segera ditulis di tabel planner tersebut.

Okey, tips dan trik mengikuti ODOA ini bisa diterapkan atau dimodifikasi oleh teman-teman, disesuaikan dengan keinginan dan kebutuhan masing-masing. Apakah ada tips dan trik lain untuk mengikuti ODOA? Yuk, sharing di kolom komentar!

Selamat berkarya!

Salam takzim

Post a Comment

5 Comments

  1. Wah menarik ini kegiatannya apalagi one day one artikel, bikin blogger semakin konsisten dan bermanfaat untuk meningkatkan kemampuan menulis. Apalagi ada review dari editor, makin membantu untuk memperbaiki tulisan. Terima kasih informasinya!

    ReplyDelete
  2. Terimakasih sarannya Kak, nyoba lah bikin monthly plan gt

    ReplyDelete
  3. Terimakasih mbak. Tipsnya membantu banget agar tidak kehabisan ide ketika memilih tema buat ODOA

    ReplyDelete
  4. Terima kasih penjelasannya, Kak Nurul, lengkap detail dan runut

    ReplyDelete
  5. Terima kasih kak untuk ilmunya

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar. Mohon maaf, untuk menghindari SPAM, komentarnya dimoderasi dulu, yaa ^~^