Fakta – Fakta Menarik Palung Mariana, Palung Terbesar Di Samudera Pasifik

Palung Mariana adalah palung terbesar yang terletak di Samudera Pasifik bagian barat Filpina. Palung ini berada di dalam Samudera Pasifik yang memiliki luas lebih dari 2/3 bumi. Palung Mariana terbentuk akibat terjadinya pertemuan antara lempeng dan palung yang merupakan cekungan sempit yang terletak sangat dalam di dasar laut. 
 
Fakta – Fakta Menarik Palung Mariana, Palung Terbesar Di Samudera Pasifik

Fakta Menarik Palung Mariana


Untuk mengenal lebih jauh tentang palung Mariana, simak fakta – fakta menariknya berikut ini!

1. Kedalaman Palung Mariana

Palung Mariana diperkirakan memiliki kedalaman sekitar 11.034 meter jika dibandingkan dengan Gunung Everest yang memiliki tinggi 8.848 meter diatas permukaan laut. Selain itu, bagian paling dalam palung Mariana sekitar 2.147 meter lebih dalam dari ketinggian puncak Everest.

Palung ini terletak di titik terdalam di permukaan bumi dan bagian dalamnya mengeluarkan belerang cair, karbondioksida, gunung, hingga binatang laut yang dapat beradaptasi.

2. Panjang Laut

Palung Mariana memiliki panjang sekitar 2.250 km, lebar sekitar 69 km, serta jarak dari laut ke palung paling dalam mencapai 11 km.

3. Penghuni Palung Mariana

Tekanan air di dasar laut palung ini mencapai 1.000 kali lebih kencang dari tekanan atmosfer normal di permukaan bumi. Meski demikian, di dalam palung Mariana ternyata masih ditemukan beberapa hewan hidup di sana.

Adapun hewan – hewan yang hidup di palung Mariana adalah Angler Fish, Dumbo Octopus, Hiu Berjumbai, Hiu Goblin, Gurita Teleskop, Ikan Berkepala Transparan, Cacing Zombie atau Osedax, Deep Sea Dragonfish, Ikan Seadevil, dan Hiu Megalodon.

4. Ciri – Ciri Palung Mariana

Di dasar laut ditemukan banyak lokasi yang membentuk cekungan, di mana masing – masing lokasi tersebut memiliki ciri – ciri tertentu. Hal itu juga berlaku bagi palung Mariana yang memiliki ciri – ciri khusus, yaitu :

· Memiliki kedalaman sangat curam dan berbahaya.

· Memiliki bentuk seperti jurang dan menjorok ke dalam.

· Semakin dalam akan semakin gelap dan hanya ada kegelapan.

· Lokasinya di dalam lautan lepas.

· Memiliki dinding tajam dan curam.

· Terjal dan berbentuk cekung.

5. Fakta – Fakta Menarik LainTentang Palung Mariana


Fakta – fakta menarik lainnya tentang palung Mariana adalah sebagai berikut :

· Lebih Tinggi Dari Puncak Everest

Berdasarkan informasi yang ada, palung Mariana diketahui masih lebih dalam dibandingkan dengan puncak Everest. Selain itu, sejumlah peneliti juga menyakini bahwa palung Mariana tidak berujung atau tidak ditemukan ujungnya.

· Tekanan Yang Sangat Tinggi

Tekanan di palung Mariana sangat luar biasa dan menyeramkan, hal itu ternyata berkaitan dengan kedalaman palung ini yang disebutkan memiliki kedalaman hingga 11 KM dan tekanan tertingginya mencapai 8 ton per inci persegi.

· Zona Misterius

Kedalaman lautan palung Mariana terbagi menjadi empat zona yaitu zona litoral dan bathyal dengan kedalaman mencapai 3 km ke bawah, zona abisal dengan kedalaman 6 km, dan terakhir zona handal dengan tingkat kedalaman melebihi 6 km di bawah permukaan laut.

· 180 Juta Tahun

Menurut sebuah penelitian, palung Mariana sudah terbentuk sejak 180 tahun lalu akibat terjadinya tubrukan antara dua lempeng yang berasal dari lempengan tektonik dan lempeng Filipina. Karena itu, palung ini sudah ada sejak lama. 

Fakta – Fakta Menarik Palung Mariana

· Penemu Pertama Palung Mariana

Palung Mariana pertama kali ditemukan oleh HMS Challenger, sebuah kapal angkatan laut Britania di tahun 1975 yang memang sengaja menemukan dan menelitinya. Setelah itu, mereka memberi nama titik terdalam di palung Mariana dengan nama “Kedalaman Challenger”. Diinformasikan bahwa palung Mariana merupakan salah satu area mematikan pertama yang ditemukan badan ini. 

Itulah beberapa fakta menarik tentang Palung Mariana. Palung terbesar yang ada di Samudera Pasifik ini masih menjadi perbincangan yang menarik. Semoga bermanfaat.

Salam takzim

Post a Comment

0 Comments