Tips Sukses Jualan Online di Blibli 11th Anniversary

Perekonomian di Indonesia merupakan salah satu sektor yang terdampak pandemi. Banyak sektor usaha yang mengalami ketidakstabilan. Beberapa pelaku usaha memutuskan untuk menutup usahanya tetapi ada juga yang mengatur strategi untuk menghadapi situasi sulit saat pandemi. Berusaha mengelola bisnis supaya bertambah sukses jualan online di tengah perekonomian yang tidak stabil. Dan strategi usaha yang paling banyak diambil oleh pemilik usaha yaitu mengubah sistem penjualan mereka. 

Tips Sukses Jualan Online di Blibli 11th Anniversary

Dampak lain dari pandemi yang begitu terlihat adalah kebiasaan baru masyarakat dalam melakukan transaksi jual beli. Dengan tersebar luasnya layanan internet, dimanfaatkan masyarakat untuk melakukan semuanya secara online, termasuk transaksi jual beli. Mengamati kondisi tersebut, pelaku bisnis pun mengubah sistem penjualannya secara online. Mengikuti perubahan zaman dengan mulai meninggalkan sistem kovensional seperti dulu. Apalagi banyak yang berpendapat jika menjalani bisnis online lebih menguntungkan daripada bisnis secara offline, loh!

Alasan Memilih Jualan Online

Begitu pula dengan saya yang juga memilih lebih fokus berjualan secara online. Ternyata banyak kelebihannya jika dibandingkan ketika menjalani bisnis secara offline. Dari segi modal, berjualan online membutuhkan modal kecil. Kita tidak perlu mengeluarkan biaya untuk sewa toko, biaya perlengkapan di toko, biaya listrik dan pengeluaran lainnya. 

Pengalaman Jualan Online di Blibli
Pengalaman Buka Toko Online di Blibli

Berbisnis online dirasakan lebih praktis dan fleksibel karena bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja disesuaikan dengan kondisi kita masing-masing. Kegiatan pemasaran pun bisa dilakukan lebih praktis, karena bisa menjangkau target pasar yang luas. Promosi yang dilakukan juga lebih mudah karena kini banyak tersedia platform jualan online di internet. Kelebihan selanjutnya dari bisnis secara online yaitu bisa menekan biaya operasional yang biasa dikeluarkan ketika berbisnis offline setiap bulannya.

Berdasarkan beberapa kelebihan itulah yang membuat saya lebih fokus berjualan online hingga saat ini. Selain berjualan di media sosial, saya juga memilih untuk buka toko online di Blibli untuk memajukan usaha saya. Produk yang saya jual berupa merchandise yang diperuntukan untuk penggemar K-Pop. Dan untuk menyesuaikan dengan produknya, saya beri nama Bubunanaa untuk nama toko online tersebut. Oh iya, boleh loh, sobat mengunjungi toko Bubunaaa di Blibli, hehehe. Silakan dipilih produknya yaa! :)

Lalu mengapa saya memilih buka toko di Blibli? Yuk, saya bisikin alasannya di penjelasan berikut ini!

Kelebihan Buka Toko di Blibli

Banyak alasan saya ketika memilih Blibli sebagai tempat buka toko online. Sebagai pelaku usaha yang memperhitungkan banyak hal, kita akan mendapatkan banyak kelebihan saat menjadi #BlibliSeller. Karena Blibli.com selalu memberikan pelayanan terbaik kepada seller-nya. Salah satunya melalui berbagai fasilitas gratis yang bisa dimanfaatkan ketika berjualan di Blibli. 

Apa saja fasilitas yang diberikan Blibli kepada Blibli Seller?

1. Mudah Menambahkan User PIC

Untuk mengelola toko di Blibli, kita bisa menambahkan atau mendaftarkan user baru. Tidak ada batasan maksimum untuk user yang akan ditambahkan dan juga tidak ada penambahan biaya apapun. Jadi lebih mudah apabila perlu user tambahan untuk mengelola Blibli Seller Center kita.

2. Analisa Produk

Data analisa produk yang disediakan Blibli sangat membantu ketika kita ingin mengetahui potensi, minat dan peluang pasar. Kita dapat lebih mudah untuk membaca analisa produk yang dijual. Seller bisa menganalisa daya saing produk yang dijual dan dibandingkan dengan merchant lain serta peluang produk yang akan dijual nantinya.

3. Gratis Foto Produk

Blibli menyediakan fasilitas jasa foto produk secara gratis. Fasilitas ini bisa dimanfaatkan terutama bagi mereka yang kurang bisa membuat foto produk. Jasa foto produk ini dilakukan oleh fotografer professional dan menggunakan model yang disesuaikan dengan kategori produk.

Meskipun jasa foto produk di Blibli tidak berbayar, seller tidak boleh menggunakan foto produk tersebut untuk media lain, baik offline maupun online. Namun jika memang memerlukan foto produk untuk konten jualan kita, Blibli.com juga menyediakan jasa foto produk berbayar, loh!

4. Metode Pengiriman Instan dan Sameday

Blibli Seller bisa mendapat fasilitas aktivasi tipe pengiriman untuk memberikan pilihan pengiriman untuk konsumennya. Tersedia pilihan pengiriman Instan dan Sameday terutama untuk pengiriman menggunakan GOSEND, GRAB, EXPRESS dan JNE YES.

5. Fasilitas Training dan E-Learning

Manfaat lainnya yang saya dapatkan ketika menjadi Blibli Seller yaitu bisa terus meng-up grade pengetahuan tentang seputar jualan online. Seller bisa memperbanyak informasi mengenai cara berjualan di Blibli dengan cara membaca artikel yang tersedia di Pusat Edukasi atau menonton video tutorialnya. 

Anggota Blibli Seller ini bisa mendapatkan bimbingan dari tim Blibli University dalam bentuk training offline dan webinar. Beberapa kali saya juga mendapat email pemberitahuan webinar yang membahas mengenai strategi berjualan online. Materi yang dibahas yaitu tentang membuat konten yang baik, cara berjualan di media sosial, cara membuat copywriting dan pembahasan lainnya.

Sukses Jualan Online Untuk Blibli Seller
Undangan Webinar bagi Blibli Seller

Penjelasan saya di atas hanya sebagian saja dari fasilitas gratis yang diberikan oleh Blibli. Masih banyak fasilitas yang bisa digunakan seperti gratis ongkos pengiriman, asuransi pengiriman, fasilitas aplikasi untuk seller, layanan seller care dan fasilitas lainnya.

Nah, banyak sekali keuntungan buka toko online di Blibli, bukan? Lalu bagaimana caranya supaya kita bisa sukses jualan online di Blibli? Selain mendapatkan bimbingan dari tim Blibli University dan meng-up grade pengetahuan bisnis di pusat edukasi Blibli, kita juga bisa memanfaatkan berbagai promo menarik yang ada di Blibli. Terutama ikut serta dalam promo anniversary Blibli.

Barangkali sobat bertanya-tanya, apa yang menarik di hari ulang tahun Blibli? Bagaimana cara sukses berjualan online saat momen tersebut berlangsung?

Memanfaatkan Momen Blibli Anniversary

Seperti yang telah saya sebutkan tadi, salah satu tips sukses jualan online di Blibli yaitu dengan memanfaatkan momen Blibli Anniversary. Mengamati trend tahun sebelumnya, traffic penjualan di Blibli meningkat, terutama pada saat Blibli Anniversary. Dan berdasarkan data yang dikumpulkan oleh tim Blibli di ulang tahun Blibli yang ke-10 pada tahun 2021 yang lalu, rata-rata Blibli Seller mendapatkan keuntungan yang melimpah dengan memanfaatkan momen tersebut.

Penasaran dengan hasil penjualan para Blibli Seller di Blibli Anniversary ke 11 kemarin? Oke, berikut ini saya sampaikan fakta promo Blibli spesial ulang tahun ke-10 yaitu: 

  1. Pada tahun 2021, rata-rata penjualan selama Blibli Anniversary ke-10 meningkat 3,8 kali dibandingkan pada periode normal.
  2. Jumlah order selama ulang tahun Blibli ke-10 rata-rata juga meningkat 2,6 kali dibandingkan periode normal. 
  3. Rata-rata session pun meningkat 2,3 kali pada anniversary ke-10 dibandingkan periode normal.
  4. Pengguna yang bertransaksi pun rata-rata meningkat 2,2 kali dibandingkan periode biasanya.
  5. Dibandingkan periode biasanya, selama ulang tahun Blibli ke-10 nilai transaksi rata-rata meningkat 1,5 kali.
  6. Total transaksi tiket dan voucher juga meningkat sebanyak 741% selama ulang tahun di tahun 2021 dibandingkan periode normal.

Nah, Blibli seller dapat mengambil acuan dengan melihat peningkatan transaksi selama tahun 2021 itu untuk mengembangkan bisnis ke depannya. Dan seperti tahun sebelumnya, di tahun 2022 saat ulang tahun ke-11 ini pun, Blibli membagikan promo selama 8 hari untuk pembeli.

Rasanya sayang sekali apabila melewatkan kesempatan mengikuti promo ulang tahun Blibli. Makanya sebagai Blibli Seller, saya pun melakukan banyak persiapan untuk menyambut promo spesial ulang tahun Blibli di tahun 2022 ini. Jadi bagi siapa saja yang memiliki toko di Blibli, sebaiknya melakukan berbagai persiapan menghadapi momen tersebut di antaranya: 

  1. Mempersiapkan harga terbaik dan bersaing dari semua Promo Blibli yang pernah berlaku. 
  2. Memastikan stok barang yang tersedia dan dipersiapkan khusus untuk Promo Blibli Spesial Ulang Tahun 2022. 
  3. Pada saat  Blibli Anniversary, seller diharapkan bisa memberikan penawaran terbaik seperti produk eksklusif, produk kolaborasi atau spesial launching.

Semua persiapan tersebut sudah dilakukan sebelum masuk periode Promo Blibli spesial ulang tahun. Soalnya momen ulang tahun ini hanya sekali dalam satu tahun dan saat yang tepat untuk mendapatkan keuntungan. #PastiMer11ah   

Sukses Jualan Online di Blibli

Perkembangan bisnis yang dinamis mengikuti kemajuan teknologi membuat banyak pelaku usaha yang mengembangkan usahanya secara online. Mengingat berjualan secara online  dinilai lebih praktis dan fleksibel. Banyak kelebihannya dibandingkan berjualan offline.

Terutama bila memiliki toko online di e-commerce terpercaya seperti Blibli.com. Buka toko online di Blibli bisa membuat jangkauan target pasar kita makin luas. Selain itu, seller juga bisa menikmati berbagai layanan gratis dari Blibli dan terus meng-up grade ilmu bisnis dengan bantuan dari tim Blibli University. #PastiUntungPastiBlibli, deh!

Apalagi kalau kita selaku seller bisa menangkap peluang yang ada di Blibli, kesempatan untuk sukses jualan online akan terbuka lebar. Contohnya dengan memanfaatkan promo di Blibli 11th Anniversary. Berikut ini produk yang saya sediakan ketika menghadapi momen Blibli 11th Anniversary:

Tips Sukses Bisnis dengan Jualan Online di Blibli

 
Cara Sukses Bisnis dengan Jualan Online di Blibli

Bagaimana dengan sobat? Mau mengembangkan bisnis online-nya juga? Boleh, loh, mengikuti tips sukses jualan online di Blibli 11th Anniversary.  Bagi sobat yang mau buka toko online di Blibli, supaya lebih mudah, silakan langsung klik di http://blib.li/BL04 aja. Dan nikmati banyak keuntungan saat bergabung di sana.

Yuk, follow media sosial Blibli supaya kita bisa mendapatkan informasi lebih lengkap tentang Blibli! Follow akun social media Instagram @blibliseller (https://www.instagram.com/blibliseller/ ) dan tiktok @blibliseller (https://www.tiktok.com/@blibliseller). Jangan lupa ikutan #BlibliBlogCompetition juga ya!

Salam takzim


Post a Comment

4 Comments

  1. Era digital sekarang memang membuka peluang yang lebih luas untuk menjemput rezeki ya mak, terlebih dalam dunia bisnis. Bahkan yang biasanya ngak pede jualan secara offline, malah ada yang bisa sukses jualan secara online. Marketplace spt blibli juga berperan penting bagi para onlineshop untuk terus berkembang.

    ReplyDelete
  2. Betul sekali, Mbak. Sistem penjualan online ini menjadi solusi terbaik selama masa pandemi. Selain itu juga memangkas banyak pengeluaran.

    ReplyDelete
  3. Enaknya jualan online sekarang ini pun ada platform nya ya... jadi lebih mudah dan gak banyak keluar biaya

    ReplyDelete
  4. Dengan berjualan online memang banyak keuntungannya Kak, terutama bagi Ibu-ibu rumah tangga
    Aplikasi Blibli tidak hanya memberikan kita wadah untuk berjualan secara online, tetapi juga mengedukasi kita agar sukses berjualan online

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar. Mohon maaf, untuk menghindari SPAM, komentarnya dimoderasi dulu, yaa ^~^