Pebisnis Perlu Tahu, Ini Pentingnya Software Procurement!

Sebagai seorang pebisnis, salah satu hal yang harus kita atur adalah pengadaan barang atau procurement. Aktivitas ini sangat penting untuk menjamin kelancaran proses produksi dan operasional dalam bisnis kita. Tanpa procurement yang lancar, stok bahan baku tidak akan mencukupi untuk proses produksi.

Kini, sudah banyak pebisnis yang melirik teknologi software procurement untuk mengelola pengadaan barang. Penggunaan teknologi berupa software dipilih untuk mendigitalisasikan aktivitas procurement sehingga dapat berjalan dengan lebih efektif dan efisien.

Pebisnis Perlu Tahu, Ini Pentingnya Software Procurement!


Jika sobat ingin mengetahui lebih banyak soal software pengadaan barang ini, simak ulasannya dalam artikel berikut!

Apa itu Software Procurement?

Software procurement merupakan perangkat lunak yang digunakan untuk mengelola aktivitas pengadaan barang di perusahaan. Software ini digunakan sebagai bagian dari procurement management yang efektif dan efisien.

Ada banyak fitur yang terkandung dalam software procurement. Salah satunya adalah fitur stock management. Fitur ini digunakan untuk memantau ketersediaan stok. Sehingga, ketika stok barang sudah menipis, pembelian bisa dilakukan dengan otomatis berdasarkan data-data yang sudah ada dalam aplikasi.

Selain itu, fitur lainnya adalah supplier management. Fitur ini fungsinya untuk mengelola berbagai supplier yang dimiliki dalam bisnis. Data-data tentang supplier tersebut disimpan dengan baik dalam aplikasi, sehingga bisa digunakan dengan mudah ketika dibutuhkan.

Apakah hanya itu? Tentu saja tidak. Software procurement juga bertindak sebagai penyimpanan data-data pemesanan. Mulai dari data tanda terima, faktur, hingga quotation.

Manfaat Software Procurement

Lebih lengkap lagi, manfaat yang akan diperoleh jika kita menggunakan software procurement adalah sebagai berikut:

1. Mengotomatisasi Pengadaan Barang

Sebelumnya, telah disebutkan bahwa software procurement bisa menghubungkan ketersediaan stok dengan pengadaan barang. Ketika stok barang sudah menipis, maka perusahaan bisa mengajukan pemesanan kepada supplier secara otomatis.

2.Meningkatkan Produktivitas

Secara keseluruhan, penggunaan software procurement akan memudahkan karyawan. Proses pengadaan menjadi lebih cepat dan lebih mudah. Alhasil, karyawan pun bisa semakin produktif.

Produktivitas tersebut tentu saja baik bagi bisnis. Jika karyawan semakin produktif, maka tujuan bisnis perusahaan akan semakin mudah dicapai.

3. Mengurangi Kesalahan Manusia

Penggunaan aplikasi procurement dapat meminimalisir human error atau kesalahan manusia yang bisa terjadi ketika mengelola pengadaan secara manual.

Ini karena aplikasi procurement bisa menyederhanakan proses pengadaan dan menyimpan data pengadaan dengan aman. Selain itu, pemantauan proses pengadaan juga bisa dilakukan dengan mudah karena semua aktivitas sudah tercatat dalam aplikasi.

4. Membantu Analisis Procurement

Software procurement bisa menghasilkan informasi dengan data yang transparan dan bersifat reliable. Data tersebut bisa dianalisis agar strategi pengadaan barang ke depannya dapat lebih baik lagi.

Apa yang bisa dianalisis? Misalnya, kesesuaian biaya yang dikeluarkan dalam pengadaan dengan budget bisnis kita. Apabila ternyata pengeluaran melebihi budget, kita bisa menguranginya pada pengadaan selanjutnya.

Selain itu, kita juga bisa menganalisis supplier yang kita miliki. Jika berdasarkan analisis ternyata jumlah supplier masih belum cukup, kita bisa melakukan penambahan.

Keempat manfaat yang telah disebutkan di atas hanya bisa kita dapatkan jika menerapkan software procurement dalam bisnis. Oleh karena itu, kita tak perlu khawatir lagi untuk menggunakan software ini.

Pentingnya Software Procurement bagi Pebisnis

Software procurement RedERP adalah solusi yang tepat untuk siapa saja yang ingin mendapatkan manfaat dari software pengadaan. Software ini memiliki fitur yang mudah digunakan, pemantauan yang mudah karena semua aktivitas pengadaan terpusat di dalamnya, serta mampu menyimpan data pengadaan dengan aman.

Dengan RedERP, manajemen pengadaan barang dalam bisnis akan berjalan lebih maksimal. Oleh karena itu, yuk jadwalkan demo aplikasi untuk mengenal lebih dalam tentang RedERP!

Source:
https://rederp.co.id/blog/mengenal-e-procurement/

Salam takzim

Post a Comment

0 Comments