Oetomo Hospital Solusi Layanan Kesehatan Masyarakat

Sebagai salah satu warga Kabupaten Bandung, tentunya saya berharap daerah tempat tinggal saya memiliki fasilitas pelayanan umum yang lengkap. Terutama fasilitas kesehatan, mengingat jumlah penduduknya menempati urutan kedua di Provinsi Jawa Barat. Hingga saat ini, fasilitas kesehatan di Kabupaten Bandung masih terbilang minim jumlahnya. Sehingga warganya sering kali harus pergi ke Kota Bandung untuk mendapatkan pelayanan kesehatan.

Namun kini masyarakat Kabupaten Bandung bisa mendapatkan pelayanan kesehatan di daerahnya sendiri. Ketika ada yang sakit, tidak perlu jauh-jauh pergi berobat ke Kota Bandung. Sekarang sudah hadir Oetomo Hospital yang akan memberikan pelayanan optimal kepada orang sakit.

Peresmian Oetomo Hospital

Pada hari Selasa 7 Maret 2023 kemarin, saya berkesempatan menghadiri acara peresmian rumah sakit yang berada di Jalan Raya Bojongsoang no. 156 Kec. Bojongsoang, Kabupaten Bandung. Bersama owner Indscript, saya menghadiri acara peresmian Rumah Sakit Oetomo yang dihadiri dan diresmikan langsung oleh Ibu Gubernur Jawa Barat Dr. Hj Atalia Praratya.

Peresmian Oetomo Hospital


Berdirinya Oetomo Hospital ini berawal dari cita-cita seorang ayah yang diwujudkan oleh istri dan anak-anaknya. Bapak Oetomo Wijaya semasa hidupnya terkenal sebagai orang yang baik, mudah menolong sesama dan tidak pernah pandang bulu dalam membantu siapa pun.

Perjuangan melanjutkan cita-cita luhur itu jangan sampai hilang ditelan usia, jangan hilang ditelan waktu. Nilai luhur harus diteruskan dari generasi ke generasi selanjutnya. (Oetomo Wijaya)

Akhirnya cita-cita Bapak Oetomo Wijaya bisa terwujud. Meskipun peresmian rumah sakitnya tidak dihadiri oleh beliau dan istrinya karena keduanya sudah meninggal dunia. Anak-anak beliau mewujudkan rumah sakit dengan slogan Serve with All Heart.

Sesuai dengan visinya Oetama Hospital mengedepankan pelayanan kesehatan yang aman, berkualitas, dan terjangkau dengan asas welas asih, ketulusan, dan kepedulian. Pendirinya berharap keberadaan rumah sakit ini bisa membantu masyarakat sekitar terutama bagi mereka yang mengalami kesulitan.

Sedangkan misi Oetomo Hospital yaitu:
  1. Menyediakan pelayanan yang berkualitas, bermutu, dan terjangkau.
  2. Meningkatkan prasarana dan sarana penunjang pelayanan kesehatan yang optimal.
  3. Memiliki sumber daya manusia untuk rumah sakit yang unggul, kolaboratif, peduli dan welas asih.
  4. Meningkatkan kualitas dan kuantitas sumber daya manusia rumah sakit.
  5. Menjalin sinergitas dengan para stakeholder baik internal maupun eksternal.
  6. Mengutamakan tata kelola Rumah Sakit yang kredibel dan akuntabel.

Layanan Unggulan Oetomo Hospital

Rumah sakit yang berada di Kec. Bojongsoang Kabupaten Bandung ini mempunyai fasilitas unggulan di antaranya MRI (Magnetic Resonance Imaging) 1,5 Tesla, Phacoemulsifikasi, Echocardiografi, Treadmill Test, CT Scan 128 Slice, dan Layanan Rehabilitasi Medik yang dilengkapi dengan fasilitas Fisioterapi, Okupasi Terapi, dan Terapi Wicara.
Sedangkan poliklinik spesialistik yang ada di Oetomo Hospital yaitu Poliklinik Kandungan dan Kebidanan, Bedah, Penyakit Dalam, Kesehatan Anak, Mata, Jantung dan poliklinik lainnya.

Layanan Kesehatan Mata

Pelayanan kesehatan mata di Oetomo Hospital ini merupakan upaya untuk mendukung program pemerintah Indonesia bebas katarak. Rumah sakit Oetomo memberikan layanan mata untuk tindakan pembedahan katarak yang dilakukan dengan teknik phacoemulsification. Teknik yang menerapkan layanan operasi katarak tanpa jahitan, dengan proses yang cepat, dan mengurangi rasa nyeri sehingga dapat memberikan kenyamanan pada pasien.

Layanan Kesehatan Anak

Poliklinik anak di Rumah Sakit Oetomo dilengkapi dengan ruang tunggu yang nyaman, layanan vaksinasi lengkap, dan didukung oleh staf medis dan non medis yang ramah.

Layanan Jantung

Pemeriksaan jantung di Oetomo Hospital dilakukan oleh dokter spesialis jantung dengan fasilitas echocardiography yang dapat mendeteksi secara akurat. Dilengkapi juga dengan Treadmill test yang efektif dalam mengevaluasi kondisi kesehatan jantung dan mendeteksi penyakit kardiovaskular.

Rehabilitasi Medik

Program rehabilitasi medik yang disediakan oleh Rumah Sakit Oetomo terintegrasi dengan terapi wicara, okupasi terapi, dan fisioterapi. Untuk mendukung proses pemulihan kondisi medis tertentu atau pasca tindakan disediakan ruangan nyaman serta peralatan lengkap yang akan memaksimalkan proses pemulihan.

MRI (Magnetic Resonance Imaging) + CT Scan

Fasilitas MRI dan CT Scan 128 slice yang disediakan oleh Oetomo Hospital mampu menghasilkan kualitas gambar yang sangat baik dengan kontras yang lebih tajam guna melihat jaringan dan struktur di dalam tubuh melalui berbagai sudut. Dengan kualitas hasil yang maksimal tentunya bisa memudahkan dokter untuk membaca hasilnya.

Diresmikannya Oetomo Hospital dengan kapasitas 118 tempat tidur ini sangat membantu Pemda Kabupaten Bandung dalam memberikan fasilitas kesehatan untuk masyarakatnya. Apalagi rumah sakit ini memberikan harga yang terjangkau dengan fasilitas yang terbilang mewah. Sesuai dengan pernyataan dr Tony Oetomo sebagai salah satu owner-nya yang mengatakan bahwa Oetomo Hospital mengabdi kepada masyarakat dengan mengedepankan kualitas dan fasilitas pelayanan kesehatan terbaik dengan harga terjangkau.

Oetomo Hospital Kabupaten Bandung

Semoga dengan diresmikannya Oetomo Hospital, masyarakat Kabupaten Bandung bisa semakin mudah mendapatkan fasilitas layanan kesehatan. Impian owner-nya untuk menyediakan rumah sakit sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat untuk mendapatkan pelayanan yang optimal ketika sakit pun bisa terwujud.

Salam takzim


Post a Comment

0 Comments