7 Cara Mengatasi Kecemasan Hari Pertama Sekolah

Halo sobat nurulfitri.com

Apakah sobat sedang mengalami fase mengantarkan anak untuk pertama kalinya masuk sekolah? Ayah Bunda mengalami kesulitan saat mengajak anak untuk datang ke sekolah pertama kalinya? Atau si kecil antusias dan senang sekali saat menghadapi hari pertama sekolah?

Ayah Bunda, kecemasan tidak hanya dialami oleh orang dewasa. Anak-anak pun bisa mengalami kecemasan terutama ketika menghadapi hari pertama sekolah. Cemas menghadapi suasana yang baru, mulai khawatir ketika bertemu dengan anak lain atau cemas menghadapi kegiatan belajar di sekolah? Semua itu wajar, kok! Kondisi tersebut biasanya terjadi karena kurangnya persiapan sebelumnya.

7 Cara Mengatasi Kecemasan Hari Pertama Sekolah

Seorang psikolog klinis dari Child Mind Institute yaitu Rachel Busman mengatakan bahwa mulai masuk sekolah merupakan sebuah tantangan bagi anak-anak. Dalam masa transisi tersebut, anak-anak bisa merasa cemas akibat perubahan yang ada di lingkungan teman, guru dan aktivitas mereka sebelumnya.

Cara Mengatasi Kecemasan Anak di Hari Pertama Sekolah


Sebenarnya kecemasan di hari pertama sekolah biasanya tidak berlangsung lama. Seiring waktu, anak-anak akan menyesuaikan dengan kondisi yang ada. Namun kecemasan anak itu tidak bisa diabaikan begitu saja. Orang tua harus bertindak untuk mengatasinya. Berikut ini cara mengatasi kecemasan anak di hari pertama sekolah.

1. Memberikan Rasa Nyaman Pada Anak

Pertama, kita perlu memberikan rasa nyaman pada anak-anak. Hal ini dapat dilakukan dengan mengenalkan mereka pada lingkungan sekolah sebelum hari pertama sekolah. Bawa mereka mengunjungi sekolah beberapa kali sebelum hari pertama sekolah, sehingga mereka dapat mengenal sekitar dan menghilangkan rasa takut yang menghinggapi mereka. Selain itu, kita juga dapat mengenalkan mereka pada guru dan teman-teman sekelas baru, agar mereka memiliki gambaran tentang siapa yang akan mereka temui di sekolah.

2. Bangun Rutinitas Baru

Apabila sebelumnya anak belum pernah berpengalaman ke sekolah, ajak anak melakukan rutinitas persiapan pergi ke sekolah. Kebiasaan bangun siang, tidak perlu langsung mandi atau tergesa menghabiskan sarapan sebaiknya diubah. Mungkin semua itu menjadi kenikmatan bagi anak, tetapi persiapan untuk datang ke sekolah harus dikenalkan dan dibiasakan.

Ingatkan anak untuk tidak tidur terlalu larut agar bisa bangun lebih pagi. Tanamkan kebiasaan agar anak sarapan tepat waktu. Kondisi ini harus terus dikenalkan pada anak untuk membantu mereka menghadapi jadwal pagi setiap akan ke sekolah.

3. Berikan Pujian dan Dorongan Pada Anak.

Dorongan dan pujian adalah faktor penting dalam membantu anak-anak mengatasi kecemasan. Berikan mereka pujian ketika mereka melakukan sesuatu dengan baik dan dorong mereka untuk mencoba hal-hal baru di sekolah. Hal ini akan membantu meningkatkan kepercayaan diri mereka dan mengurangi rasa takut dan kecemasan.

4. Bantu Anak Membuat Rencana Harian

Ketika memasuki masa sekolah, anak akan mendapatkan tanggung jawab baru. Mereka biasanya mendapat tugas atau PR dari sekolah. Anak dapat merasa cemas ketika menghadapi tugas atau tanggung jawab baru. Tugas Ayah Bunda untuk menjelaskan pada si kecil bahwa dengan membuat perencanaan teratur, semua hal baru itu bisa dikendalikan.

Ajak anak untuk membuat jadwal harian. Berikan pandangan mengenai kapan waktu anak harus belajar, kapan anak bisa bermain atau beristirahat. Bimbing anak agar mengerti bahwa semua aktivitas yang dilakukan dengan teratur bisa membuat hari-hari mereka lebih menyenangkan.

5. Ajarkan Anak Mengelola Emosi

Selanjutnya, kita perlu mengajarkan anak-anak cara mengelola emosi mereka. Kecemasan merupakan salah satu bentuk emosi yang perlu dipahami dan dikelola dengan baik. Ajarkan mereka teknik-teknik pernapasan atau teknik meredakan stres seperti visualisasi atau berbicara dengan tenang agar mereka dapat mengendalikan kecemasannya. Selain itu, berikan mereka ruang untuk mengungkapkan perasaan mereka dan dengarkan dengan penuh perhatian. Dengan begitu, mereka akan merasa didengar dan merasa lebih tenang.

6. Komunikasi antara Orang Tua dan Anak

Jaga komunikasi yang baik antara orang tua dan anak. Berbicaralah secara teratur dengan anak-anak mengenai kecemasan mereka sebelum dan setelah hari pertama sekolah. Tanyakan kepada mereka tentang pengalaman mereka di sekolah, apakah ada hal yang membuat mereka merasa khawatir atau tidak nyaman. Dengan menjaga komunikasi yang baik, kita dapat membantu mereka mengatasi kecemasan dan memberikan dukungan yang mereka butuhkan.

7. Dukungan dari Seluruh Keluarga

Kadang kala kecemasan anak justru muncul dari omongan orang terdekat, yaitu keluarganya. Sebaiknya Ayah Bunda mengajak semua anggota keluarga untuk mendukung anak dan bukan malah menakuti-nakutinya. Minta pada kakak untuk ikut memberi dukungan dan ceritakan pengalamannya ketika pertama masuk sekolah. Apabila tidak ada kakak, orang tua juga bisa menceritakan pengalaman mereka. Dengan begitu, anak akan terpacu untuk meredakan kecemasannya.

Mengatasi Kecemasan Anak di Hari Pertama Sekolah

Peran Orang Tua Mengatasi Kecemasan Anak


Dalam mengatasi kecemasan hari pertama sekolah, peran orang tua sangatlah penting. Dengan memberikan rasa nyaman, dorongan, pengelolaan emosi yang baik, dan komunikasi yang baik antara orang tua dan anak, diharapkan anak-anak dapat mengatasi dan menghadapi hari pertama sekolah dengan lebih baik dan lebih percaya diri.
Semoga bermanfaat
Salam takzim


Post a Comment

0 Comments