Tips Servis Motor Matic yang Perlu Diketahui Perempuan

Halo sobat rider!

Pernahkah sobat memperhatikan kendaraan motor yang ada di jalan? Coba perhatikan, deh, lebih banyak pengguna motor matic dibandingkan jenis motor lainnya, bukan? Dan umumnya motor jenis ini banyak digunakan oleh kaum perempuan. Termasuk saya, anak saya, sepupu dan keponakan yang lebih memilih motor matic sebagai kendaraan sehari-hari. Kenapa, ya, jenis motor matic banyak peminatnya?

Keunggulan motor matic dianggap lebih praktis dibandingkan dengan jenis motor lainnya. Body-nya ramping dan dirasa lebih gesit di jalan raya maupun di jalan sempit. Selain itu, motor matic memiliki banyak model dan fitur beragam seperti fokus dengan performanya, kenyamanan dan gaya. Dan yang paling banyak alasan orang memilih motor matic adalah jenis motor ini mudah digunakan untuk semua kalangan, semua usia dan semua jenis kelamin.

Seperti yang sudah saya ceritakan sebelumnya, perempuan senang menggunakan motor matic untuk kegiatannya sehari-hari. Namun sayangnya masih banyak perempuan yang hanya bisa mengendarai tetapi kurang memperhatikan perawatan motor matic. *ngetik sambil lihat cermin nih, hehehe

Tips Servis Motor Matic yang Perlu Diketahui Perempuan

Untungnya di keluarga saya ada yang selalu perhatian dengan kondisi kendaraan di rumah. Pak suami dan anak lanang yang selalu memperhatikan perawatan kendaraan. Kadang suka mengingatkan saya dan anak perempuan untuk rutin servis motor supaya mesinnya awet. Menurut pak suami, meskipun perempuan, harus apik dalam merawat motor. Jadi jangan hanya tinggal pakai aja. Baeklaah ... :)

Yang Perlu Diketahui oleh Perempuan Ketika Servis Motor Matic

Servis motor matic tidak berbeda jauh dengan perawatan jenis motor lainnya. Kecuali motor matic yang menggunakan sistem pembakaran karburator ataupun injeksi, harus dilakukan perawatan khusus yang lebih teliti.

Apa saja yang perlu diperhatikan ketika servis motor matic? Berikut ini beberapa perawatan yang dapat membuat mesin motor matic awet dan bisa seperti mesin baru.

1. Rajin Memanaskan Mesin Motor Setiap Hari

Cara merawat mesin motor yang pertama yaitu rajin memanaskan mesinnya setiap hari. Memanaskan mesin motor dapat membuat oli dalam mesin siap melumasi mesin hingga performanya lebih maksimal. Panaskan kurang lebih 5 hingga 10 menit setiap harinya. Lebih baik menggunakan kick starter jika memakai starter elektrik supaya menghemat baterai motor.

2. Mengganti Oli Secara Berkala

Perawatan paling penting untuk motor matic yaitu mengganti olinya. Lakukan penggantian sesuai jadwal. Biasanya setiap 1000 km harus ganti oli mesin dan ketika motor sudah mencapai 5000 km harus diganti oli gardannya (oli transmisi). Namun apabila acuan kilometernya lupa, sebaiknya lakukan perawatan rutin setiap 2-3 bulan sekali. Dan jangan lupa untuk menggunakan oli motor matic yang sesuai dengan spesifikasi motornya.

Beberapa tahun terakhir ini sudah ada retail otomotif atau pabrikan yang berani mengajukan rekomendasi penggantian oli mesin hingga 5000 km atau dua kali lebih lama dari oli biasa. Oli yang mereka pasarkan tersebut telah menggunakan teknologi ester. Sehingga wajar saja jika retail tersebut merekomendasikan bisa 2 kali lebih lama dari oli biasa karena base oil tertinggi di kelas oli.

3. Perhatikan Ketersediaan Bensin

Dalam merawat motor matic jangan sampai kita kehabisan bensin. Kalau bensin motor matic sampai habis dan berhenti di jalan, dikhawatirkan dapat merusak mesin motor. Ya, untuk urusan yang satu ini, kami sepakat untuk selalu perhatian pada ketersediaan bensin. Kami selalu berusaha untuk segera mengisi bensin sebelum indikator bensin pada speedometer menunjukkan indikator E. Menghindari mogok di jalan sekaligus merawat mesin supaya awet, yekan?

4. Memeriksa Kondisi Vanbelt dan Roler

Pengalaman buruk salah satu anggota keluarga saya ketika mengendarai motor matic yaitu putusnya vanbelt. Kondisi ini pernah dialami oleh anak perempuan saya. Ketika hendak berangkat ke kampus, tiba-tiba motornya berhenti dan tidak bisa jalan. Setelah dibawa ke bengkel dan diperiksa, ternyata vanbelt-nya putus. Alhasil dia gak jadi ke kampus, deh!

Vanbelt itu komponen motor yang terbuat dari karet yang memang rawan putus ketika sudah usang. Oleh karena itu, kita harus rajin memeriksa kondisi vanbelt dan roler. Sebaiknya menggunakan suku cadang yang original ketika harus mengganti komponen tersebut supaya lebih awet dan tahan lama.

5. Servis Rutin di Bengkel

Perawatan berkala yang penting untuk motor matic meliputi penggantian oli, seting motor, dan membersihkan karburator. Sebaiknya kita rutin melakukan perawatan motor di bengkel yang sudah tepercaya. Bengkel yang selalu melakukan konfirmasi terlebih dahulu pada pemilik motor sebelum melakukan perbaikan atau penggantian komponen motor. Terutama ketika tune up yang disertai ganti oli mesin, oli gardan atau penggantian spare part.

Tips Servis Motor Matic

Kalau berbicara tentang bengkel motor yang tepercaya, saya jadi ingat Planet Ban. Ya, tidak jauh dari tempat tinggal saya ada bengkel Planet Ban. Bengkel yang satu ini tidak hanya melayani ganti ban saja, tetapi juga melayani servis motor. Banyak teman-teman yang merekomendasikan Planet Ban sebagai tempat untuk melakukan perawatan motor.

Servis Motor Matic di Planet Ban

Layanan servis motor yang ada di Planet Ban menggunakan sistem untuk meng-upgrade atau meningkatkan ketahanan dan performa motor. Perawatan motor di Planet Ban dilakukan dengan cepat dan biaya yang lebih hemat.

Tips Servis Motor Matic di Planet Ban

Motor yang diservis oleh Planet Ban akan terasa seperti mesin baru, karena di sana menggunakan sistem terpadu. Maksudnya sistem terpadu di sini yaitu layanan pemeriksaan dan perbaikannya fokus di bagian yang vital, bagian yang tersembunyi atau jarang dicek atau disetel secara rutin.
Berikut ini beberapa alasan mengapa kita bisa memercayakan servis motor di Planet Ban.
  1. Perawatan di Planet Ban menggunakan oli dan cairan khusus berteknologi tinggi untuk meningkatkan performa motor dan melindungi mesin. Sehingga mesin motor akan selalu terawat, awet dan jarang rusak.
  2. Kita tidak perlu khawatir ketika ada komponen yang harus diganti. Di Planet Ban, semua spare part-nya asli sehingga mesin lebih tahan lama dan tarikannya ringan.
  3. Penggantian oli mesin dilakukan antara 4-6 bulan sekali atau saat jarak tempuh motor 5000 km. Dengan begitu kita bisa menghemat karena tidak perlu terlalu sering ganti oli.
  4. Mesin motor akan terasa seperti baru karena di Planet Ban, mesin motor akan dibersihkan secara menyeluruh. Tidak ada lagi sisa pembakaran, kotoran atau debu yang tertinggal di mesin. Mulai dari kepala silinder, klep mesin, piston, throttle body akan dibersihkan menyeluruh. Bahkan blok CVT juga dibersihkan dari kotoran dan debu sehinga motor jadi terasa ringan.
  5. Hasil tarikan motor akan lebih enteng, emisi turun lebih dari 70%, pemakaian BBM lebih hemat, mesin jadi lebih bersih dan motor seperti memiliki mesin baru ketika motor diservis di Planet Ban.
  6. Harga servis di Planet Ban ramah di kantong. Misalnya untuk servis motor injeksi biayanya hanya Rp. 20.000, sedangkan servis CVT sekaligus rantai biayanya cuma Rp. 19.500. Termasuk servis throttle body juga cukup terjangkau yaitu hanya Rp. 20.000.

Pentingnya Perempuan Mengetahui Cara Servis Motor Matic

Pada umumnya kaum perempuan lebih menyukai mengendarai motor matic dibandingkan jenis motor lainnya. Menurut mereka, motor matic mudah digunakan, bentuknya ramping dan stylish serta nyaman digunakan. Sebaiknya perempuan tidak hanya sekedar memakainya saja, tetapi harus mengerti juga cara servis motor matic.

Merawat kendaraan penting sekali dilakukan supaya mesin motor awet, tidak cepat rusak dan nyaman dikendarai. Namun bukan berarti kita para perempuan harus bisa merawat motor sendiri, loh! Kita bisa minta bantuan bengkel untuk servis motor. Di tangan yang tepat tentunya hasilnya akan maksimal. Dengan begitu kita akan lebih nyaman berkendara.

Bagaimana dengan sobat rider? Sudah rutin servis motornya? Sharing, yuuk!

Salam takzim

Post a Comment

20 Comments

  1. Kalau planet ban sih udah jadi langganan suami mba kalo service motor. Selain dekrt jaraknya dari rumah, planet ban juga bisa ditemui banyak tersebar dimana-mana ya, mana teliti banget meriksanya. Top deh pokoknya

    ReplyDelete
  2. perempuan yang bisa bawa motor aja saya ngefenas berat, apalagi bisa dan paham soal perawatan dan pemeliharaan motor. Pasti perempuan bermotor yang peduli pada perawatan dan pemeliharaan motor suka banget pada Planet Ban yang serivice mantul dan biayanya ramah di dompet ibu2

    ReplyDelete
  3. perawatan kendaraan matic emang lumayan mahal dan agak rumit sih menurut saya tapi jujur kalau kendaraan matic tuh lebih sat set aja pakainya. Heheheh

    ReplyDelete
  4. Iya, ya. Saya perhatikan orang-orang disekeliling saya yang perempuan juga banyak yang pilih menggunakan motor matic.
    Oh, ternyata memanaskan mesin motor itu bagus juga ya buat perawatan mesinnya, saya nggak pernah melakukan hal ini. Pagi-pagi, starter hidupkan motor, langsung meluncur aja

    ReplyDelete
  5. Nah, hal ini sering banget aku reminder kesaudariku. Sebagai rider perempuan juga harus cek berkala dan servis rutin karena perawatan ini jelas akan sangat berpengaruh pada keselamatan bagi si pengguna dan kesehatan motornya

    ReplyDelete
  6. kejadian nih motorku tadi pagi mendadak mati nggak tahu apa penyebabnya. huhu. padahal sudah sering dicek sama suami kondisi motornya akhirnya masuk bengkel deh

    ReplyDelete
  7. Benar juga nih, biasanya perempuan tuh hanya tau pakainya saja. Kalau urusan service dibantu sama suami, dengan begini para perempuan jadi bisa merawat kendaraannya dengan baik ya.

    ReplyDelete
  8. Aku gk bisa pakai matic wkwk. Mungkin krn gak biasa ajaa.Wah biaya cek di Planet Ban sangat terjangkau ya.
    Memang yang namanya kendaraan kudu serungbdicrk suoaya bodynya terjaga dan mesinnya awet sehingga umurnya bisa lama yaa.
    Yes ganti oli ma cek mesin tu kudu rutin sekali.

    ReplyDelete
  9. Planet ban langganan aku banget nih, deket rumah pula, harganya pas dikantong plus ramah2 dan wajib servis dan rutin ganti oli, apalagi kalo dah dipake touring.

    ReplyDelete
  10. AKu manasin motor pakai starter elektrik soalnya gak bisa standar 2. Kudu dibantuin, ckckck. Bulan ini mau ganti oli juga sih biar jalannya enteng gak banyak drama

    ReplyDelete
  11. AKu manasin motor pakai starter elektrik soalnya gak bisa standar 2. Kudu dibantuin, ckckck. Bulan ini mau ganti oli juga sih biar jalannya enteng gak banyak drama

    ReplyDelete
  12. Planet ban langgananku...apalagi deket banget sama rumah...tempatnya juga bersih aku sukaa...petugasnya teliti

    ReplyDelete
  13. Planet ban langgananku...apalagi deket banget sama rumah...tempatnya juga bersih aku sukaa...petugasnya teliti

    ReplyDelete
  14. Baru banget nih kejadian menimpaku. Biasanya service di bengkel lain kurang perhatian akan printilan dg block CVT. Nah, kemarin pas Sabtu saya ke Planet Ban, rupanya block CVTnya udah aus, pantes aja motor udah gak nyaman.

    ReplyDelete
  15. Sesungguhnyaa... aku mah cuma professional passanger jadi nggak ngerti apa-apa soal servis2an hahahaa, tapi saking profesionalnya jd penumpang aku tahu tuh kalau motornya jarang diservis pasti nggak enakeun dibonceng.

    ReplyDelete
  16. Ok wah, sindiran keras nih buatku yang males banget buat ganti oli, kadang lupa berbulan bulan bahkan haha, padahal sangat pengaruh ya oli bagi panjangnya umur mesin motor

    ReplyDelete
  17. Saya mah engga berani pakai motor, hehehe...
    Di deket rumah ada dua nih planet ban... Nyaman ya kalau service motor di tempat yang terpercaya...

    ReplyDelete
  18. Saya pernah ganti ban di Planet Ban dan hasilnya memuaskan. Setelah itu balik lagi ganti oli. Memang jadinya langganan ke sini setelah itu. Soalnya pelayanannya juga oke.

    ReplyDelete
  19. alhamdulillah wanita sekarang lebih care sama motornya ya hehe

    ReplyDelete
  20. sering ga terima ketika dibilang cewek ga care sama motornya hehe

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar. Mohon maaf, untuk menghindari SPAM, komentarnya dimoderasi dulu, yaa ^~^