Cara Tepat dan Mudah Memilih Genset Yang Baik

Posisi geografis Indonesia, pengaruh cuaca global dan topografi menjadi penyebab utama negara kita memiliki dua musim, yaitu musim hujan dan kemarau. Kedua musim ini bisa terjadi dalam jangka waktu berbulan-bulan lamanya. Dampaknya tidak hanya berpengaruh pada lingkungan, kesehatan masyarakat, tapi juga berpengaruh pada aktivitas sehari-hari.

Dampak musim hujan pada kegiatan harian yang paling sering saya rasakan ketika masih tinggal di daerah pinggiran kota Subang adalah pemadaman listrik. Ya, hampir setiap ada hujan baik hanya gerimis atau hujan deras, petugas PLN selalu mematikan aliran listrik. Sampai sudah jadi kebiasaan aja, ketika mulai mendung, kami harus siap-siap untuk beraktivitas tanpa listrik.
Tentu saja ada alasannya kenapa daerah kami selalu mengalami pemadaman listrik ketika hujan datang. Hujan yang turun di Kota Subang dan sekitarnya, hampir selalu disertai kilat dan petir. Dulu ketika pertama kali pindah ke sana, keluarga saya cukup khawatir dengan datangnya hujan yang selalu diiringi guntur dan petir. Namun kelama lamaan kami jadi terbiasa juga dan bisa beradaptasi ketika harus ada pemadaman listrik.

Cara Tepat dan Mudah Memilih Genset yang Baik

Pemadaman listrik dilakukan oleh petugas karena berdasarkan pengalaman sebelumnya. Sudah banyak korban baik dari segi materi ataupun jiwa karena hujan petir di sana. Bahkan satu komplek perumahan saya pernah mengalami dampaknya yaitu kejadian televisi kami tidak berfungsi karena tersambar petir. Nah itulah makanya kami maklum jika ada pemadaman listrik oleh petugas ketika hujan turun.

Meskipun sudah coba berdamai dengan keadaan gelap tanpa listrik tetap saja aktivitas sehari-hari jadi terganggu. Oleh karena itu, kami mulai berpikir untuk memiliki supply listrik cadangan apabila ada pemadaman listrik. Salah satu alternatif kami agar bisa selalu beraktivitas menggunakan listrik yaitu menyediakan genset di rumah.

Saya sempat bertanya-tanya, apakah menggunakan genset di rumah tidak akan mengganggu? Sependek pengetahuan saya, genset itu bunyinya berisik dan nyaring. Bentuknya yang besar juga akan banyak memakan tempat di rumah. Namun saya salah, ternyata ada genset yang bisa digunakan di rumah, loh! Bentuknya mini dan simpel serta suaranya pun tidak bising.

Memilih Genset Yang Baik dengan Tepat

Untuk memilih genset yang baik tentunya perlu banyak hal yang perlu diperhatikan. Tidak bisa membeli sesuatu hanya berdasarkan iklan yang selalu menampilkan hal yang baik saja, bukan? Apalagi suami saya paling hati-hati kalau memilih barang elektronik dan peralatan pertukangan. Menurutnya, kita harus cari banyak informasi dulu sebelum membeli supaya bisa mendapatkan barang yang terbaik.

Memilih genset yang nyaman untuk rumah tangga.

1. Mencari Tahu Tipe Genset

Ada 2 tipe genset yang tersedia di pasaran, yaitu jenis open dan silent. Genset tipe open tidak memakai tutup sebagai peredam suara sehingga mengeluarkan suara bising. Sedangkan genset silent memakai tutup yang dapat meredam suara sehingga kebisingan dapat diminimalkan. Nah, untuk skala rumah tangga, maka kami lebih memilih menggunakan genset silent saja.

Saya lihat sudah banyak yang menggunakan genset silent ini. Selain untuk skala rumah tangga, genset silent juga digunakan di rumah sakit, bank, restoran, kantor atau ruko supaya lebih nyaman untuk semua orang.

2. Paham Tipe Mesin

Mesin yang digunakan dalam genset juga terdiri dari dua tipe yaitu 2 tak dan 4 tak. Dibandingkan dengan tipe 2 tak, mesin genset 4 tak memang lebih unggul. Mesin 4 tak terbukti lebih canggih, bisa meningkatkan kinerja genset dan membuat supply listrik lebih stabil.

3. Memiliki Garansi Resmi

Sebelum membeli genset, kita harus memperhatikan dahulu garansinya. Pastikan garansinya asli dan dikeluarkan oleh tempat tepercaya. Tersedianya garansi juga menggambarkan kualitas dari genset tersebut. Terutama jika memiliki merek dagang yang ternama dan tepercaya sejak dahulu, pasti jadi jaminan untuk dipilih.

4. Tersedianya Suku Cadang

Sebaiknya kita memilih genset dengan suku cadang yang mudah didapatkan. Selain itu, tersedia juga tempat yang bisa dikunjungi apabila ada komponen yang bermasalah. Seperti adanya jasa service genset tersebut.

5. Beli di Tempat Terpercaya

Hal penting yang harus dilakukan ketka memilih genset yaitu membelinya di tempat tepercaya dan aman. Sebaiknya membeli genset di tempat yang memiliki jaminan dan legalitas. Pastikan juga tempat tersebut memiliki izin usaha, kredibilitasnya baik, aman proses pengiriman dan pembayarannya dan memberi kemudahan ketika kita akan mengklaim garansi.

Genset untuk Mendukung Aktivitas di Rumah

Sebagian besar aktivitas rumah tangga membutuhkan energi listrik. Apabila ada kendala seperti pemadaman listrik maka kegiatan sehari-hari pasti akan terganggu. Supaya aktivitas bisa berjalan dengan lancar meskipun ada pemadaman listrik, kita perlu menyiapkan genset. Saat ini sudah tersedia genset yang nyaman digunakan untuk keperluan rumah tangga. Tinggal kita memilihnya dengan cermat supaya genset yang dibeli tidak berkualitas rendah atau cepat rusak.

Nah, bagaimana dengan sobat? Apa yang sobat persiapkan ketika menghadapi pemadaman listrik? Apakah menyediakan genset juga? Sharing, yuk!

Salam takzim

Post a Comment

2 Comments

  1. Dampak petir memang sangat merugikan. Pesawat televisi di rumah saya salah satu korbannya. Padahal waktu petir besar menyerang. Tv sedang tidak menyala. Tetapi colokan listriknya tidak dicabut.

    ReplyDelete
  2. Wah, dapat ilmu baru nih tentang Genset. Repot juga ya Kak kalau setiap huja selalu ada pemadaman listrik.

    Keren Kak, selalu riset dalam hal apa pun sebelum membeli sesuatu. Terima Kasih Artikelnya Kak.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar. Mohon maaf, untuk menghindari SPAM, komentarnya dimoderasi dulu, yaa ^~^