Tips Memanfaatkan Peluang Bisnis Secara Kreatif

Pernahkah kita berpikir mengapa memiliki bakat yang berbeda dengan orang lain? Mengapa kita tinggal di lingkungan yang tidak sama? Percayalah semua itu tidak terjadi secara kebetulan. Itu semua bisa dikatakan berupa aset atau potensi. Aset yang seharusnya bisa dimanfaatkan sebagai peluang yang bisa mendatangkan keuntungan yang banyak.

Memanfaatkan aset, properti atau momen secara jeli untuk mendapatkan keuntungan merupakan salah satu peluang bisnis. Peluang terkadang tidak hanya menawarkan keuntungan, tetapi bisa juga mengandung risiko. 

Memanfaatkan Peluang Bisnis Secara Kreatif

Lalu mengapa kita harus memanfaatkan peluang bisnis secara kreatif?

Pentingnya Kreatif dalam Memanfaatkan Peluang Bisnis

Memanfaatkan peluang bisnis itu penting sekali karena kita harus siap bersaing dengan pelaku bisnis lainnya. Kita harus punya sesuatu yang berbeda dengan yang ditawarkan oleh pengusaha lain, meskipun dengan produk yang sama. Bisnis yang dijalankan biasa saja, tidak menarik, tanpa kreativitas akan kalah di tengah persaingan yang ketat.

Menciptakan perbedaan ini tentunya harus dipelajari dengan baik supaya bisa menarik perhatian calon pelanggan. Kita perlu memantau pasar, melihat tren yang terjadi di masyarakat, atau jika bisa kita yang berusaha menciptakan tren.

Pebisnis yang kreatif dan inovatif dalam memanfaatkan peluang bisa membantu meningkatkan penjualan yang signifikan.

Tips Memanfaatkan Peluang Bisnis

Selama kita mengenal baik tentang usaha yang digeluti, maka tidak akan sulit untuk memanfaatkan peluang bisnis yang kreatif dan inovatif. Perhatikan tips mengenai cara memanfaatkan peluang bisnis berikut ini.

1. Mulai Dari Minat Diri

Kita bisa mulai memanfaatkan peluang bisnis dari minat yang kita miliki. Memilih bisnis dari hal yang kita sukai dan kuasai bisa membuat kita lebih komitmen dalam menjalankannya.

Jika ada yang senang memasak, maka manfaatkan keterampilan tersebut dengan membuka usaha kuliner. Usahakan untuk cari tahu lebih lanjut bagaimana persaingannya di pasar. Temukan celah untuk bisa berbeda atau lebih baik dari kompetitor.

2. Melihat Lingkungan Sekitar

Peluang bisnis dapat dimanfaatkan dengan memperhatikan lingkungan di sekitar kita. Misalnya kita tinggal di lingkungan yang masyarakatnya mayoritas bekerja kantoran dan tidak sempat melakukan pekerjaan rumah seperti mencuci baju. Kondisi ini bisa dijadikan peluang untuk membuka jasa laundry. Beri promo atau kelebihan dari usaha laundry lainnya untuk menarik minat pelanggan.

3. Memanfaatkan Teknologi

Di era digital seperti sekarang ini kita bisa memanfaatkan teknologi internet terutama media sosial. Langkah ini merupakan salah satu cara memanfaatkan peluang usaha dengan kreatif. Keberadaan teknologi dimanfaatkan oleh pelaku bisnis untuk memasarkan produknya. Alat yang digunakan untuk melakukan promosi yaitu media sosial.

Pengguna media sosial bisa di mana saja asalkan tersambung ke jaringan internet. Tidak peduli dari negara atau area mana dan bentuk perangkat yang digunakan, semua orang bisa mengaksesnya menggunakan teknologi internet. Dengan begitu target pasar pun bisa semakin luas jangkauannya.

Selain memanfaatkan media sosial, kita juga dapat mengambil peluang usaha dari internet seperti membuka jasa desain website, analisis SERP, SEO, atau interpretasi analisis.

4. Melakukan Kolaborasi

Memanfaatkan peluang bisnis tidak harus dilakukan seorang diri. Kita juga bisa memanfaatkannya dengan mengadakan kolaborasi. Melakukan kerja sama dengan orang lain bisa lebih baik dibandingkan sendiri. Kita dapat berdiskusi atau melakukan brainstorming tentang semua hal yang berhubungan dengan bisnis. Adapun bentuk kolaborasinya bisa bermacam-macam seperti membangun bisnis bersama atau bermitra untuk mendapatkan keuntungan dari kedua belah pihak.

Memanfaatkan Peluang Usaha dengan Kreatif

5. Melakukan Survei Pelanggan

Menciptakan sesuatu yang kreatif dan inovatif membutuhkan inspirasi dari lingkungan luar. Data yang dibutuhkan bisa kita dapatkan dari hasil survey pelanggan secara langsung. Kita cukup membagikan link survei di media sosial atau email marketing. Data yang didapatkan dari hasil survei bisa menjadi evaluasi usaha yang bagus.

6. Merencanakan Promosi

Untuk mendapatkan keuntungan yang maksimal dalam usaha kita, rencanakan membuat promosi yang unik dan beda. Pikirkan untuk membuat konten promosi yang menarik. Biasanya calon pembeli akan penasaran dengan konten yang unik sehingga mereka tertarik untuk membeli.

7. Siapkan Budget Khusus Promosi

Supaya promosi yang kita rencanakan bisa berjalan dengan sukses, kita harus menyediakan dana khusus. Jumlah dananya ditentukan dengan kebutuhan promosi dalam jangka waktu tertentu. Budget tersebut nantinya akan membantu kita dalam melakukan rencana promosi untuk mendongkrak penjualan.

8. Ciptakan Produk Baru

Memanfaatkan peluang usaha dengan inovasi dan kreatif juga bisa dilakukan dengan membuat produk baru yang relevan. Seperti misalnya kita membuat mie ayam, buatlah inovasi dengan bumbu rasa Korea atau ala makanan Jepang. Dengan begitu bisa menarik minat konsumen untuk mencobanya.

9. Mampu Beradaptasi dengan Kondisi

Saat ini sedang marak orang yang senang belanja online. Sudah saatnya kita pun beradaptasi dengan keadaan. Apabila sebelumnya kita banyak menjalankan usaha secara offline, sebaiknya buat inovasi dengan membuka usaha digital. Dengan begitu usaha kita bisa terlihat oleh orang-orang yang terbiasa belanja online.

Itulah tips memanfaatkan peluang bisnis secara kreatif dan inovatif yang bisa dilakukan. Tangkap peluang dan berusaha untuk mengembangkannya. Buka mata dan buka telinga. Terus asah kepekaan kita pada lingkungan dan amati apa yang bisa dilakukan untuk membangun bisnis.

Salam takzim


Post a Comment

20 Comments

  1. Aku orangnya kurang inovasi memang, tapi kalau masalah niat, banyak. Tapi berujung mager. Gimanaaaaa sih -,

    Tapi dari banyaknya peluang, dengan memanfaatkan teknologi bikin semangat muncul lagi. Semangat belajar lagi, deh.. Terima kasih infonya, Kak.

    ReplyDelete
  2. Sekarang ide bisnis sudah banyak di spill dan semuanya bisa memberikan hasil yang memuaskan jika diolah dan diasah dengan baik. Sekarang emang kudu pinter memanfaatkan kesempatan dan momen sih. SIap dengan persaingan yang lebih besar dengan inovasi dan kolaborasi

    ReplyDelete
  3. sukak dengan beberapa poin diatas terutama pada poin kolaborasi karena tanpa hal itu peluang yg ada akan terasa berat

    ReplyDelete
  4. Jaman kek gini emang penting banget nih memanfaatkan peluang bisnis. Cari kerja makin susah, saingannya banyak. Jadi ngga ada salahnya memanfaatkan teknologi buat mencari peluang rezeki. Sebelumnya berbisnis memang penting dulu lihat pasar dan survey pelanggan baru deh menciptakan produk yang diminati pasar.

    ReplyDelete
  5. Paling salut sama para pembisnis, karena aku yakin mau jadi pembisnis yang sukses dapat penghasilan tetap itu butuh usaha besar juga. Bisa memanfaatkan peluang bisnis dengan baik, apalagi sekarang serba digital.wajib bisa memanfaatkan teknologi dengan maksimal

    ReplyDelete
  6. Alhamdulillah nambah lagi ilmu dalam dunia bisnis lewat artikel ini. Walau Teddy pribadi bukanlah seorang pebisnis, tapi tentu saja ilmu ini perlu untuk dipelajari sebagai seorang Sarjana Ekonomi hehe.

    Semua tips yang Kakak berikan begitu tepat dan sangat relevan menurut Teddy, apalagi di poin tentang memanfaatkan teknologi dan menyesuaikan dengan kondisi. Sebagai seorang pebisnis, sudah sewajarnya kita harus terus berkembang seiring waktu agar tidak kalah saing dengan pebisnis lain.

    Terima Kasih ya Kak.

    ReplyDelete
  7. kesembilan tipsnya sangat membantu buat mengembangkan bisnis leadership nih.. karena jadi interpreneur ga mudah banget butuh terus berinovasi dan bergerak biar ga stuk dan tergilas

    ReplyDelete
  8. Yap setuju, menangkap peluang bisnis akan memenangkan tujuan kita dalam mencari pundi-pundi uang.

    ReplyDelete
  9. Kayanya ini artikel yg tepat nih buat nyadarin aku yg masih bingung gmn memulai usaha.Step2nya menarik diikuti. Memang niat awal dan tekad besar utk memulai itu berat tp hrs diusahakan

    ReplyDelete
  10. Semua orang yang ingin berbisnis sekarang ini harus mampu beradaptasi dengan kondisi yang ada ya. Salah satunya memanfaatkan teknologi dan harus berani memanfaatkan peluang.

    Kira-kira adakah oeluang buat saya mbak? 🤭

    ReplyDelete
  11. Setiap ada peluang untuk bisa berbisnis dalam bidang atau platform apapun pasti selalu aku coba. Tapi tentu dengan langkah dan keputusan yang tepat, beberapa tips diatas membantu banget sih untuk bisa terus berinovasi dan konsisten dengan apa yang dijalankan.

    ReplyDelete
  12. Sekarang semakin banyak ya peluang bisnis dan harus kita jajaki satu2 spya tau mana yang cocok untuk kita dan bisa dapat cuan hehehe

    ReplyDelete
  13. Zaman sekarang kalau mau jeli melihat peluang bisnis, saya rasa masih banyak peluang ya mbak. Hanya saja kita dituntut kreatif dan inovatif agar tidak sulit ketika bersaing di masyarakat

    ReplyDelete
  14. Yaps, peluang bisnis emang akan terbuka lebar kalau kita tahu strateginya. tanpa kita sadari kita barangkali punya minat tertentu di bidang tertentu. Misal, kalau bisa nulis, kita bisa buka jasa SEO writer, editing, dll... tinggal disusun aja gimana strategi yang tepat

    ReplyDelete
  15. Peluang bisnis memang terbuka lebar. Tinggal coba aja mana yang cocok dan sesuai sama diri sendiri. Plus strategi yang mba sharing juga bisa.

    ReplyDelete
  16. Peluang bisnis selalu ada untuk yang mau berusaha. Tetap berinovasi baik dari segi produk maupun pemasaran. Memanfaatkan media yang ada termasuk berjualan secara online tentunya akan membuka peluang pasar yang lebih luas. Semangat semuanya yang sedang membangun bisnis. Semoga sukses

    ReplyDelete
  17. Menjadi pengusaha sangat tidak mudah karena bukan cuma peluang aja yang perlu dimanfaatkan. Di sini dibahas komplit ya

    ReplyDelete
  18. Setuju banget kalau mau berbisnis sebaiknya sesuaikan dengan minat ya, supaya bisa mengerjakannya dengan lebih senang dan kalau diminta menjelaskan ttg bisnisnya bisa paham. Teknologi juga sangat membantu khususnya di bidang pemasaran digital.

    ReplyDelete
  19. Setuju..tangkap peluang bisnis dan kembangkan. Seperti saat saya dan suami melihat peluang di lingkungan sekitar saat ada apartemen dibangun. Tentu yang tinggal di situ butuh jasa laundry akhirnya kami buka dan Alhamdulillah lancar jaya

    ReplyDelete
  20. peluang usaha di era digital ini udah banyak banget, tinggal kita bisa memanfaatkan peluang untuk semakin kreatif dan mau terus berusaha

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar. Mohon maaf, untuk menghindari SPAM, komentarnya dimoderasi dulu, yaa ^~^