Pentingnya Live Streaming Bagi Influencer

Kalau ada yang bilang kerjaan blogger itu hanya nulis di blog aja, sepertinya orang itu mainnya kurang jauh, deh! Hehehe. Ya iyalah, karena untuk bisa jadi blogger professional yang tulisannya bisa bermanfaat untuk orang lain, tidak cukup hanya menulis saja. Supaya karya tulisannya bisa dibaca oleh banyak orang, perlu dilakukan optimasi. Tulisan-tulisan yang ada di blog itu harus lebih mudah ditemukan oleh pembaca.

Salah satu cara supaya tulisan blogger bisa mudah dijangkau pembaca yaitu dengan cara membagi link postingan di media sosial. Melalui media sosial, tulisan blooger bisa menjangkau dan dilihat oleh audiens. Dengan menggunakan kalimat yang menarik, diharapkan bisa memengaruhi audiens untuk membaca konten yang telah diposting.

Pentingnya Live Streaming Bagi Influencer



Kemampuan yang Harus Dimiliki Influencer

Proses memengaruhi orang lain menggunakan media sosial dan platform digital merupakan kemampuan yang mesti dimiliki seorang infuencer. Dan bisa dibilang seorang blogger itu juga seorang influencer, bukan? Karena tugasnya juga berusaha membangun dan mempertahankan audiens dengan konten yang menarik dan relevan dengan minat audiens.

Mari kita bahas lebih lanjut, sebenarnya apa sih, tugas seorang influencer itu? Apa hanya memengaruhi pengikutnya saja? Berikut ini kemampuan atau tugas seorang influencer.

1. Membangun Citra Produk

Tugas utama seorang influencer adalah membantu perusahaan atau klien untuk membangun citra atau produk mereka. Influencer bertugas memromosikan produk atau layanan dengan cara meyakinkan dan natural.

2. Menaikkan Kesadaran Merek

Influencer juga memiliki kemampuan untuk meningkatkan kesadaran merek. Melalui pengikut yang jangkauannya luas, mereka bisa membantu produk atau jasa layanan mencapai audiens yang lebih luas.

3. Memicu Interaksi Pengikut

Tugas influencer selalu berinteraksi dengan pengikut dan tidak hanya memromosikan produknya. Influencer berinteraksi dengan pengikut mereka melalui cara merespon komentar, bertanya jawab, dan menciptakan interaksi yang kuat.

Kemampuan yang biasanya dimiliki oleh influencer ini tidak hanya sebatas pada topik hiburan saja, tapi juga mencakup pengetahuan mereka tentang topik tertentu seperti kecantikan, kesehatan, perjalanan, fashion, teknologi dan pengetahuan lainnya.

Untuk mendukung keberhasilan tugasnya, influencer biasanya memanfaatkan live streaming. Live streaming ini merupakan cara terbaik untuk influencer memperkenalkan atau memberikan lebih banyak informasi tentang brand atau merek kepada audiens. Pihak perusahaan akan mendapatkan keuntungan dari kegiatan live streaming yang diadakan oleh influencer. Pemasaran yang dilakukan influencer bisa menguntungkan bagi perkembangan bisnis dan unggul dalam persaingan, dan menjangkau pasar yang lebih luas.

Manfaat Melakukan Live Streaming

Makin maraknya pengguna media sosial dan teknologi yang mendukungnya, membuat banyak perusahaan menyadari pentingnya melakukan kegiatan live streaming untuk memasarkan produk dan jasa layanan mereka. Bahkan live streaming dianggap bisa menjadi strategi yang tepat untuk melakukan kegiatan marketing dan branding. Berikut ini manfaat yang bisa didapatkan ketika melakukan live streaming.

1. Menjalin Hubungan dengan Audiens

Followers atau audiens merupakan salah satu aspek penting dalam pemasaran digital untuk meningkatkan engagement dengan influencer. Melakukan live streaming menjadi salah satu strategi yang ampuh untuk tetap menjalin hubungan dengan audiens. Melalui live streaming, influencer bisa membagikan informasi secara personal dan real time kepada audiens.

Pola pemberian informasi ini bisa membuat audiens merasa lebih dekat dengan brand atau perusahaan. Kedekatan ini diharapkan bisa meningkatkan loyalitas audiens terhadap brand.

2. Memperluas Jangkauan Audiens

Manfaat melakukan live streaming bagi perusahaan yang selanjutnya yaitu bisa menjangkau audiens yang lebih luas. Ketika audiens menyukai live streaming yang dilakukan oleh influencer, otomatis mereka juga tertarik dengan brand yang dikenalkan dan ada kemungkinan melakukan pembelian.

3. Membangun Kepercayaan dan Kredibilitas

Live streaming juga bisa membantu membangun kepercayaan dan kredibilitas karena menampilkan gambaran di balik layar mengenai produk atau layanan jasa yang ditawarkan. Kepribadian influencer bisa lebih terlihat dari kegiatan live streaming. Dengan begitu akan tercipta hubungan yang lebih dekat dengan audiens dan membantu brand memberikan kesan pada audiensnya.

4. Mudah Disebarluaskan

Di saat live streaming kita disukai oleh audiens, bisa saja secara tidak sadar mereka membagikan video tersebut ke media sosial. Dengan begitu tayangan tersebut akan lebih banyak meraih audiens dan engagement.

5. Menghemat Biaya

Keuntungan lainnya dari live streaming yaitu kegiatan ini tidak memakan banyak biaya. Influencer tidak perlu menyewa tempat untuk meluncurkan sebuah produk. Untuk melakukan live streaming cukup dengan menyusun konten dan menyiapkan peralatan untuk live streaming.

Itulah beberapa manfaat yang bisa didapatkan ketika melakukan live streaming. Industri pemasaran digital diperkirakan akan makin berkembang untuk beberapa tahun mendatang. Dengan melakukan live streaming, perusahaan bisa bekerja sama dengan influencer dan meningkatkan jangkauan pelanggan mereka.
 

Meningkatkan Bisnis dengan Live Streaming

Melakukan live streaming bersama influencer merupakan investasi jangka panjang untuk meningkatkan bisnis. Kini perusahaan bisa lebih mudah melakukan digital marketing dengan menggunakan jasa live streaming di KOL ID. Pelanggan bisa mendapatkan layanan dari team bintang 5 yang berpengalaman dalam menjalankan live streaming di berbagai platform seperti TikTok, instagram, Shoppe, dengan orientasi untuk kemajuan bisnis.

Dapat diambil kesimpulan, ketika sebuah bisnis memasuki dunia digital berarti harus menyesuaikannya dengan cara melakukan pemasaran menggunakan live streaming. Perlu diingat apabila live streaming itu bukan proses yang hanya dilakukan sekali saja, tetapi merupakan proses berulang yang bisa meningkatkan bisnis.

Salam takzim

Post a Comment

0 Comments