Ide Bisnis Digital yang Potensial untuk Tahun 2024

Di era teknologi digital, salah satu bisnis yang diminati oleh kalangan anak muda adalah bisnis digital. Jenis bisnis ini banyak diminati karena memiliki banyak kelebihan yang tidak bisa didapatkan dari bisnis konvensional. Makin berkembangnya teknologi memudahkan perkembangan bisnis digital, sehingga prospeknya makin menjanjikan.

Ide Bisnis Digital yang Potensial untuk Tahun 2024


Bisnis Digital yang Potensial 

Bisa dikatakan bisnis digital ini merupakan bisnis yang mengandalkan teknologi dalam perjalanan perkembangan bisnis. Teknologi ini dimanfaatkan untuk mendapatkan data, memasarkan produk, menjangkau pasar yang lebih luas hingga menciptakan inovasi sebuah produk. Yang dimaksud produk di sini bisa berupa barang ataupun jasa.

Maraknya digitalisasi membuat persaingan di bisnis digital menjadi makin ketat. Mulai dari perusahaan kecil, menengah hingga perusahaan besar berusaha memberikan layanan yang terbaik menggunakan platform digital yang mereka miliki. Tujuannya supaya lebih unggul dibandingkan usaha lain yang bergerak pada bidang yang sama.

Ide Bisnis Digital yang Menjanjikan di Tahun 2024

Makin maraknya pebisnis menjalankan usaha secara digital tentunya tidak terlepas dari dukungan teknologi yang terus berkembang. Menjalankan bisnis secara digital terbukti bahwa kelebihannya dibandingkan usaha konvensional. Target market yang dituju bisa makin luas. Berikut ini beberapa ide bisnis digital yang potensial di tahun 2024.

1. Membuka Usaha di E-commerce 

Ide usaha digital yang pertama yaitu berjualan di marketplace atau e-commerce. Saking potensialnya, bisnis digital ini dijalankan oleh pebisnis skala kecil hingga skala besar. Beberapa marketplace yang populer dan sering digunakan untuk kegiatan pemasaran seperti Tokopedia, Shopee, Lazada, Blibli, dan marketplace lainnya.

2. Membuat Konten di YouTube 

Usaha digital yang paling ramai dan menjanjikan akhir-akhir ini adalah membuat konten di media sosial YouTube. Seperti kita ketahui bersama, sudah banyak content creator yang sukses melalui konten yang mereka unggah di YouTube. Penghasilan yang didapatkan dari konten YouTube ini bisa menghasilkan puluhan hingga ratusan juta.

3. Membuat Website 

Untuk meningkatkan penjualan, banyak perusahaan dan bisnis yang memerlukan website sebagai alat promosi, portofolio, dan alat komunikasi dengan pelanggan. Bagi sobat yang memiliki kemampuan untuk membuat website, bisa menawarkan jasa pembuatan website kepada perusahaan atau bisnis yang memerlukan media online.

4. Membuat Blog

Hampir mirip dengan ide sebelumnya yaitu membuat website. Ide bisnis digital yang potensial selanjutnya yaitu membuat blog pribadi. Dengan konten yang menarik dan bermanfaat untuk orang banyak, bisa membuka peluang menghasilkan pendapatan yang besar dari menulis di blog 

Konten yang menarik dan informatif dapat membuka peluang menghasilkan pendapatan yang besar dari iklan atau menyewakan space iklan.

5. Menulis Konten

Selain menulis di blog, keahlian penulis dapat dimanfaatkan untuk bisnis digital. Sekarang ini beberapa website dan platform rela rela membayar penulis untuk mendapatkan konten yang berkualitas.

6. Menjual Produk Digital 

Digitalisasi bisnis membuat makin maraknya produk digital seperti audio, e-book, dan produk digital lainnya. Menjual produk digital bisa menjadi sumber pendapatan yang cukup menjanjikan. Produk digital yang tidak memiliki wujud fisik ini bisa dijual di berbagai platform seperti Etsy, Amazon, Shopify dan website pribadi.

7. Mengadakan Kursus Online 

Ide bisnis digital yang potensial selanjutnya yaitu membuka kursus online. Apakah sobat bisa bahasa Inggris, bahasa Jepang, desain grafis atau keterampilan lainnya? Nah, manfaatkan kemampuan itu untuk membuka kelas online.

8. Afiliasi Marketing 

Contoh lain dari produk digital yang potensial yaitu affiliate marketing. Cara kerja program affiliate ini terbilang sederhana. Komisi yang kita dapatkan berasal dari setiap transaksi yang terjadi. Komisi itu berasal dari transaksi yang terjadi melalui kode referral atau tautan afiliasi yang diberikan kepada marketer.

9. Dropship 

Dropship ini merupakan model bisnis yang tidak memerlukan modal besar. Model bisnis ini memungkinkan penjualan tanpa harus menangani proses pengiriman atau stok di gudang. Dengan begitu model bisnis ini hanya fokus untuk menjual. 

Bisnis dropship ini memungkinkan kita menjual produk dengan harga yang tinggi dari harga beli. Penjual dapat keuntungan dari selisih harga tersebut.

Bisnis Digital yang Menjanjikan

10. Membuat Aplikasi Online 

Bagi sobat yang memiliki kemampuan membuat aplikasi, bisa memanfaatkan kemampuan tersebut untuk menghasilkan uang. Kita bisa membuat sebuah aplikasi kemudian mendistribusikannya melalui Google Play Store.

Penghasilan yang didapatkan dari membuat aplikasi ini melalui sistem iklan yang terpasang di aplikasi atau disebut in-app advertising. Selain itu pendapatan yang diperoleh pembuat aplikasi juga berasal dari fitur premium di aplikasi tersebut.

Jenis bisnis ini termasuk usaha yang mendatangkan income besar. Bagi sobat yang tertarik untuk membangun bisnis aplikasi mobile ini sebaiknya menginvestasikan waktu untuk mempelajari cara membuat aplikasi ini.

Membangun Bisnis Digital yang Menjanjikan 

Peluang bisnis selalu tersedia di mana saja. Tergantung dari kita sendiri dalam memanfaatkannya. Tersedianya teknologi digital yang makin berkembang dan keterampilan yang kita miliki bisa dijadikan modal untuk memulai usaha.

Salah satu peluang bisnis yang potensial di tahun 2024 ini adalah bisnis digital. Model bisnis ini dipercaya dapat menjanjikan berkat dukungan teknologi yang terus berkembang.

Bagaimana dengan sobat? Tertarik juga untuk membangun bisnis digital? Yuk, ambil peluang yang ada dan tekuni hingga menjadi bisnis yang menjanjikan.

Salam takzim

Post a Comment

18 Comments

  1. Sekarang eranya digital, dan saya merasa sangat banyak membantu juga. Terutama peluang kerja jadi semakin beragam dan terbuka lebar. Dan untuk saya ini, saya masih di blog dulu. Insya Allah mau terus belajar mengembangkan diri lagi.

    ReplyDelete
  2. Banyak peluang bisnis digital yang menjanjikan ya. Asal konsisten pasti bisa berhasil. Untuk sementara ngeblog dulu biar rejeki ngalir amin.

    ReplyDelete
  3. Aku tertarik sama bisnis Dropshipper ini. Soalnya gak perlu modal besar untuk menjalankannya. Tapi susahnya mencari supplier yang tepat

    ReplyDelete
  4. Banyak juga yah bisnis digital yang potensial. Bisa nih mulai dicoba. Pas banget aku sekarang lebih banyak di rumah aja. Apalagi baru ngeblog aja nih...
    Hum...ditambah apa ya?

    ReplyDelete
  5. Semoga tahun ini bs mulai merambah bikin knten video di sosmed ya kak. Peluang adsense-nya lbh bsr nih drpd website dgn pay per click. Atau ntr sambil galakkan afiliasi marketing. Salam sukses buat kita semua ya kak.

    ReplyDelete
  6. Saat ini semakin banyak profesi baru yang bermunculan, apapun profesinya selama ditekuni tentunya akan berhasil juga karena setiap profesi mempunyai tantangannya masing-masing

    ReplyDelete
  7. Alhamdulillah bisa merasakan hasil dari membuat blog untuk menjadi salah satu pendapatan dari salah satu bisnis digital saat ini. Selama ada jalan dan kita mau mengikhtiarkan dengan maksimal, insyaAllah akan ada hasil yang gemintang, ya

    ReplyDelete
  8. Ada banyaaak sekali bisnis digital saat ini yaa, teh..
    Yang baru-baru ini jualan pakai link gitu teh.. bisa produk jasa atau produk digital lainnya. Keren yaah.. bisa explore kreatifitas dan memadukan ide-ide menjadi sesuatu yang luar biasa.

    ReplyDelete
  9. Idenya menarik untuk dicoba. Tahun 2024 bisnis digital bisa dimulai dengan tujuan untuk side hustle sembari belajar. Setelah mantap baru deh jadi income yang utama

    ReplyDelete
  10. Banyak pilihan nih untuk membuka keran berbisnis. Apalagi ada juga yang nggak perlu modal besar ya kak, sehingga bisa disesuaikan dengan kondisi keuangan kitanya

    ReplyDelete
  11. Selain menulis konten, ikut program affiliate juga lagi bagus-bagusnya karena kalau bisa up marketing dengan baik, konsumen pada kepo. Sekarang emang banyak banget sih sumber cuan bagi masyarakat

    ReplyDelete
  12. Dunia digital menawarkan banyak peluang bagi para wirausahawan yang kreatif dan inovatif. Dengan ide-ide yang tepat dan strategi yang matang, kunci kesuksesan dalam bisnis digital adalah mengikuti tren pasar, beradaptasi dengan perubahan, dan selalu memberikan nilai tambah bagi pelanggan.

    ReplyDelete
  13. Semua bisnis di atas kudu konsisten dijalani ya, supaya suksesnya gak setengah-setengah.

    ReplyDelete
  14. Bisnis digital memang sangat terbuka luas peluangnya saat ini. Tinggal memilih yang sesuai dengan passion kita, maka kita pun akan memiliki bisnis digital.

    ReplyDelete
  15. Semakin majunya teknologi dan internet, bidang bisnis pun semakin banyak, ya. Contohnya bisnis digital ini. Enaknya terjun di dunia bisnis digital tuh nggak perlu repot-repot kerja keluar rumah. Cukup di rumah aja udah bisa jalan bisnis yang sedang dijalankan. Tapi, konsistensi juga salah satu faktor penentu keberhasilan bisnis ini.

    ReplyDelete
  16. Apapun bisnisnya yang penting konsisten. Sama banyak relasi biar banyak job masuk. Kalo nggak ada relasi susah.

    ReplyDelete
  17. Saat ini ada banyak cara yang bisa kita lakukan untuk mendapat tambahan penghasilan. Nggak perlu muluk-muluk, cukup pilih yang paling bisa kita lakukan.

    ReplyDelete
  18. Kalau aku sendiri sedang menggeluti affiliate marketing sama blog. Dan memang bisnis yang disebutkan tuh potensial banget saat ini.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar. Mohon maaf, untuk menghindari SPAM, komentarnya dimoderasi dulu, yaa ^~^