Memilih Bisnis Sesuai Hobi dan Minat



Apa minat dan hobi kita? Yuk coba kenali dan lihat di dalam diri kita. Pernahkan terpikirkan, mengapa kita memiliki hobi, minat dan bakat yang berbeda dengan orang lain? Mungkinkah dengan hobi dan minat yang kita miliki dapat kita manfaatkan untuk orang lain? Atau mungkin saja dengannya dapat membimbing kita menjadi orang yang sukses?
Ketahuilah hobi dan minat yang kita miliki, bila dikembangkan dengan baik akan mendatangkan penghasilan. Melakukan hobi yang disukai dapat membuat kita menikmati setiap prosesnya. Dari hobi dan minat pun kita bisa memulai suatu bisnis. Karena bisnis yang dijalankan berdasarkan hobi membuat kita menjalankannya dengan perasaan senang. Menikmati setiap prosesnya sehingga membuat kita tidak mudah putus asa di dalam melaluinya.
Seperti yang dialami oleh Stefi Siera Ngangi yang memiliki hobi di bidang seni. Modelling, seni tari ballet, operet adalah hobinya dari kecil. Salah satu hobi yang paling digemarinya hingga menginjak dewasa adalah seni tari ballet. Mengenali potensi yang ada di dalam dirinya, membuat Siera, panggilan akrab wanita muda ini memunculkan ide untuk memiliki bisnis di bidang seni tari balet.
Siera pun akhirnya membuka Sanggar Tari Stefie’s House of Creativity di usianya yang masih belia. Yaitu di usia 18 tahun. Sekolah yang berada di Kota Bekasi dan didirikan pada tahun 2006. Sanggar tari ini, dijadikannya sebagai wadah untuk tetap meyalurkan hobinya selain memberikan pelatihan bagi siswa yang ada di sana .Penghasilan yang di dapat dari sanggar tarinya mampu membiayai Siera bersekolah ke luar negeri.
            Hampir sama dengan Siera yang memilki bisnis sendiri berangkat dari hobi yang ditekuninya, Muhammad Adji Santika pun menemukan bisnis dari hobi bermain game. Bersama 2 orang kawannya yaitu Panji Santosa Sunariman dan Karunia Ramadhan membentuk tim yang mereka namai Tinker Games. Mereka terinspirasi untuk berinovasi dalam bidang mobile game developer.
            Dari hobi bermain game, mereka pun mengikuti kompetisi Lomba Nokia Features Phone & Windows SmarthPhone. Bukan hanya games biasa yang mereka ciptakan, tapi games yang memuat unsur-unsur lokal, asli Indonesia. Kita bisa menemukan latar belakang budaya sunda di game mereka yang bernama Inheritage : Boundary of Existence. Sungguh kreatifitas yang membanggakan. Mereka bisa terkenal ke seluruh penjuru dunia karena menciptakan game. Melihat kedua kisah diatas, bisa dilihat jika sebuah bisnis besar dapat dimulai dari sebuah hobi. Bermula dari sebuah kebiasaan yang menjadi hobi dan amat disenangi, penghasilan atau bisnis pun dapat dibangun.





3 comments:

  1. aaaaakkk. senangnya jika berbisnis sesuai hobby ya mak

    ReplyDelete
  2. Jadi mikir2 nih. Bisnis apaan yang bisa dikembangkan dari hobi saya yaitu membaca.

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
.comment-content a {display: none;}