Metrik : Alat Bantu Memanajemen Waktu


Semua orang mau sukses. Tetapi sukses tidak bisa datang dengan sendirinya, tanpa ada usaha yang keras dan kemauan serta komitmen yang baik. Yang tidak kalah pentingnya untuk mencapai kesuksesan adalah kemampuan seseorang  memanajemen waktu. Setiap orang memilki jatah waktu yang sama, 24 jam dalam sehari. Orang sukses, biasanya dapat memanfaatkan waktunya dengan sebaik mungkin. Sebaliknya orang yang tidak dapat memanfaatkan waktunya dengan baik, jarang mendapatkan keberhasilan.
Manajemen waktu yang baik, selalu dilandasi dengan target yang akan dicapai. Target yang ingin diraih harus jelas. Bagaimana target perhari, target bulanan bahkan target yang mau dicapai dalam satu tahun. Untuk menuliskan target yang akan kita capai, diperlukan alat yang dapat menggambarkan dengan jelas semua target kita. Salah satu alat bantunya yaitu dengan menggunakan metrik. Di dalam metrik ini kita dapat menuliskan target dengan konsisten dan komitmen membagi setiap target perbulan ke dalam target harian. Target yang selalu tercatat dengan jelas, diharapkan dapat memberikan semangat untuk mencapainya.
Metrik ini dapat digunakan bagi semua profesi. Untuk penulis, calon penulis, guru dan pebisnis. Bagi penulis dan calon penulis, metrik ini dimanfaatkan untuk mencatat target jumlah lembar tulisan yang akan dibuat perbulan yang kemudian dibagi menjadi jumlah lembar tulisan yang akan dicapai dalam sehari. Dibutuhkan komitmen pada diri sendiri untuk terus bersemangat menulis setiap hari agar tercapai target yang diinginkan.
Bagi pendidik atau guru, metrik ini juga dapat digunakan untuk memacu diri agar selalu konsisten membuat modul pembelajaran bagi siswa. Sedangkan bagi pebisnis yang handal, wajib mempunyai target untuk mengembangkan bisnisnya. Semua target yang ingin dicapai perhari, perbulan bahkan target setahun dapat ditulis di dalam metrik. Tentu saja, semua target yang sudah ditulis oleh kita tidak akan membantu jika hanya berupa tulisan saja. Jika tidak ada keinginan untuk merealisasikan dan disiplin di dalam menjalankannya.






2 comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
.comment-content a {display: none;}