Monday, 21 October 2019

Peran Transportasi Untuk Kemajuan di Sektor Ekonomi dan Pariwisata

Siapa yang tidak senang tinggal di kota yang memiliki banyak tujuan wisata? Kota dengan banyak destinasi wisata seperti Kota Bandung? Saya termasuk yang senang dan bangga bisa tinggal di Kota Bandung yang memiliki banyak tempat bagus untuk menikmati keindahan alamnya. Buktinya setelah merantau ke kota nanas selama 18 tahun, akhirnya saya kembali lagi ke tempat kelahiran dan kota tempat saya menuntut ilmu hingga perguruan tinggi.

Di kala tubuh terasa penat, ingin keluar dari rutinitas yang terkadang membosankan, saya tinggal melipir ke bagian utara dan selatan kota yang terkenal dengan keindahan alamnya. Atau sekedar hang out bersama teman dan keluarga di tengah kota mengunjungi tempat wisata edukatif di kota kembang.

Begitu banyak keindahan alam dan tempat wisata menarik di Bandung hingga rasanya enggak bosan menjelajahinya, deh! Eh, tapi adakah keinginan untuk berwisata ke tempat lain? Melihat suasana lain selain bumi parahyangan? Bukankah wilayah Indonesia begitu luas dengan keindahan alam yang tersebar dari Sabang hingga Merauke. Yakin enggak mau melihat daerah lain?

Ya, pastinya ingin bisa berkunjung ke daerah lain, dong! Pergi ke tempat yang jauh juga menimbulkan sensasi keasyikan sendiri saat berada di perjalanan. Saya dan keluarga termasuk yang senang melakukan perjalanan jauh. Biasanya kami mendapatkan banyak pengalaman dan cerita selama di perjalanan. Bahkan saya dan suami bisa mendapatkan bonding dengan anak-anak saat dalam perjalanan. Saling bercerita dan sesekali saya dan suami memberikan nasehat dengan santai, jauh dari kesan menggurui.

Oleh karena itu, fasilitas transportasinya harus baik dan mendukung kami dalam perjalanan, bukan?

Nah, destinasi wisata mana lagi yang keluarga saya sukai selain Bandung dan sekitarnya? Banyaak! Sebut saja yang masih di Pulau Jawa, ada Kota Jogjakarta, Semarang, Solo, Malang dan Surabaya. Semua kota besar itu memiliki banyak tempat asyik yang bisa dinikmati bersama keluarga. Selain tempat wisatanya, kami juga senang dengan berbagai macam kuliner yang sangat menggugah selera.

Namun sekarang tidak hanya kota besar saja yang banyak memiliki sektor pariwisata yang indah. Kota-kota lain di sekitarnya kini juga banyak memiliki destinasi wisata yang menarik. Sebut saja kota seperti Brebes, Klaten, Jepara, Kendal, Rembang dan kota lainnya di Jawa Tengah dan Jawa Timur yang sedang giat-giatnya mengembangkan sektor wisata di daerahnya. Saya lihat kota-kota di Pulau Jawa tengah menggiatkan sektor pariwisata daerah.

Hmm ... mengapa sekarang banyak kota yang mengembangkan daerah wisata di daerahnya?

Pariwisata menjadi salah satu sektor prioritas yang memiliki peran penting untuk perekonomian suatu negara. Sektor pariwisata disebut-sebut memiliki peran penting melebihi sektor migas dan industri lainnya jika dikelola dengan baik.

Dalam perkembangannya, pariwisata di Indonesia memiliki tujuan seperti yang tertuang dalam Undang-undang No. 10 Tahun 2009 Pasal 4 yaitu:
  • Meningkatkan pertumbuhan ekonomi
  • Meningkatkan kesejahteraan rakyat
  • Menghapus kemiskinan
  • Mengatasi pengangguran
  • Melestarikan alam, lingkungan dan sumber daya
  • Memajukan kebudayaan
  • Mengangkat citra bangsa
  • Memupuk rasa cinta tanah air
  • Memperkukuh jati diri dan kesatuan bangsa
  • Mempererat persahabatan antar bangsa
Wah, wajar saja jika sektor wisata di berbagai daerah kini sedang digalakkan ya, penting sekali untuk kesejahteraan negara dan bangsa.
 
Mengingat pentingnya sektor pariwisata bagi perekonomian negara, pemerintah berupaya agar sektor tersebut bisa tumbuh dan berkembang. Dalam mengembangkan destinasi pariwisata di dalam negeri, pemerintah perlu melakukan koordinasi lintas sektoral. Dan menurut Middleton dalam Marketing Tourism and Travel (2001:11) sektor yang bisa mendukung pariwisata yaitu:
  • Jasa penginapan
  • Daya tarik wisata
  • Sektor penyelenggara perjalanan (travel)
  • Pengelolaan tempat tujuan wisata
  • Transportasi
Nah, dari kelima sektor yang mendukung perkembangan pariwisata tersebut, transportasi digadang sebagai faktor penting dalam kemajuan pariwisata di dalam negeri.
Transportasi dianggap penting di bidang pariwisata karena memegang peran penting membawa wisatawan dari tempat asalnya menuju tempat wisata, dan membawa kembali wisatawan ke tempat dia berasal. Aktivitas wisatawan tersebut secara langsung maupun tidak langsung juga berpengaruh pada sektor ekonomi masyarakat yang ada di sekitarnya. Hal tersebut menjadi alasan mengapa pengembangan sarana dan prasana transportasi menjadi perhatian penting dari pemerintah. 

Seperti yang kita ketahui letak destinasi pariwisata Indonesia menyebar di lintas pulau dan untuk mencapai tempat wisata, para pengunjung menggunakan moda transportasi beragam. Pemerintah hendak memfasilitasi kebutuhan para pelancong dengan melakukan pembangunan infrastruktur transportasi sekaligus membuka ruang ekonomi baru di sekitar lokasi wisata.
"Karena pariwisata berkaitan erat dengan sektor ekonomi kreatif dan akan meningkatkan pertumbuhan ekonomi suatu wilayah, Presiden menginginkan bahwa segala kegiatan Perhubungan pada dasarnya harus memberikan suatu ruang ekonomi baru atau potensi baru," ujar Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.
Salah satu contoh peranan pemerintah dalam memprioritaskan moda transporasi dengan membuat lima Bali super prioritas yaitu Toba, Borobudur, Mandalika, Labuan Bajo dan Manado. Di kelima tempat tersebut pemerintah yang diwakilkan oleh Depatemen Perhubungan memperhatikan pembangunan dan pengembangan sarana serta prasarana transportasi seperti bandara, pelabuhan, kereta api, jalan dan alat transportasi lainnya.

Sumber : Instagram Kemenhub

Selain Borobudur yang sudah pernah kami kunjungi, saya dan keluarga tentu saja ingin bisa melihat keelokan Pulau Bali, keindahan Danau Toba, berwisata ke Mandalika, menikmati keindahan alam Labuan Bajo serta Manado.Semua tempat wisata tersebut jauh dari tempat tinggal saya. Rasanya akan terasa sulit jika tidak ada transportasi yang memadai untuk menuju tempat wisata tersebut.

Hal ini tentu saja juga menjadi perhatian pemerintah yang menyadari jika transportasi penting untuk promo wisata dan pengembangan tempat wisata. Sehingga perlu dilakukan pemeliharaan jalan yang sudah ada, pembangunan bandara lokal, jalur kereta api, dan penyempurnaan transportasi laut di seluruh Indonesia.

Lalu, sejauh mana peran transportasi untuk mendukung kemajuan sektor ekonomi dan pariwisata di Indonesia?
Menurut Menteri Perhubungan, dalam 5 tahun terakhir, pemerintah telah melakukan pembangunan infrastruktur transportasi melalui pendekatan Indonesia Sentris. Pendekatan ini bertujuan untuk membuka keterisolasian yaitu dengan memberikan dukungan aksesibilitas terhadap Daerah terluar, terdepan, tertinggal dan perbatasan.

Sumber : Instagram Kemenhub

Pembangunan infrastruktur yang dilakukan yaitu menyediakan prasarana 18 rute tol laut yang bertujuan untuk menekan disparitas harga di Indonesia Timur, 891 trayek angkutan perintis seperti angkutan jalan, SDP, KA. laut, udara dan pembangunan serta pengembangan 131 bandara di daerah rawan bencana, perbatasan dan terisolir.

Kita bisa melihat, jika sarana dan prasarana transportasi sangat penting bagi perkembangan sektor ekonomi dan pariwisata. Itulah sebabnya pemerintah fokus di bidang transportasi. Selama 5 tahun terakhir, pemerintah sudah membuktikan keunggulannya. Adapun pencapaian yang telah diraih oleh Kabinet Kerja di bidang transportasi darat, laut, udara dan kereta api yaitu:

1. Sektor Perhubungan Darat

Hal yang sudah dicapai oleh pemerintah di sektor transportasi darat, laut, udara dan kereta api, yaitu pembangunan BRT, Rehabilitas Terminal, Pembangunan Pelabuhan Penyebrangan dan Pembangun Kapal. Pencapaian tersebut sudah bisa dirasakan oleh masyarakat yang kemarin mudik lebaran. Pemudik bisa melakukan perjalanan menuju kampung halaman dalam waktu yang lebih singkat dari sebelumnya.

Selain itu, pemerintah juga melakukan pengembangan transportasi perkotaan melalui pengembangan angkutan massal. Dampak yang bisa terlihat dari pengembangan transportasi perkotaan tersebut  terlihat dari pindahnya sebagian pengguna kendaraan pribadi pindah menggunakan angkutan umum.

Di kota tempat tinggal saya, pengembangan transportasi perkotaan sudah terlihat nyata. Masyarakat kini memilih menggunakan Trans Bandung untuk mobilitas di dalam kota dibandingkan menggunakan kendaraan pribadi. Wajar saja jika masyarakat mulai beralih dengan transportasi massal karena, saya lihat fasilitas transportasi umum sudah lebih baik lagi.

Bus kota yang ada di Bandung kini terasa lebih nyaman dengan AC yang tersedia di dalamnya. Kondisi di dalam bus pun terlihat bersih. Bangku dan tempat pegangan untuk penumpang yang berdiri juga dalam kondisi yang baik.

2. Sektor Perhubungan Laut

Sektor Perhubungan Lautyaitu Pembangunan Pelabuhan Non Komersial sebanyak 118 lokasi dan pengembangan pelabuhan diantaranya pengembangan Pelabuhan Patimban, Pelabuhan Kuala Tanjung dan proyek tol laut.

Untuk meningkatkan bidang logistik, Kementerian Perhubungan juga akan menjadikan Pelabuhan Tanjung Priok sebagai pelabuhan hubungan internasional. Hal tersebut dilihat dari arus bongkar muat (troughput) peti kemas di Kawasan Pelabuhan Tanjung Priok tahun 2018 yang mencapai 7,5 juta TEUs dan diharapkan dapat terus bertambah menjadi 8 hingga 12 juta TEUs di tahun 2019. Sehingga ke depannya perdagangan ke luar negeri dari Indonesia dapat ditangani oleh Pelabuhan Tanjung Priok.

Menurut Menhub, Perhubungan Laut kita sudah menyelesaikan sebanyak 118 pelabuhan. Di antaranya Kuala Tanjung yang sedang kita finalisasi. Yang juga membahagiakan bahwa Tanjung Priok semakin hari semakin baik karena mencapai jumlah logistik yang lebih banyak

3. Sektor Perhubungan Udara

Capaian pemerintah dalam 5 tahun terakhir di bidang transportasi yaitu Pembangunan Bandara Baru di 15 lokasi untuk peningkatan konektifitas antar wilayah dan peningkatan pariwisata 5 Bali Baru Indonesia.

4. Sektor Perkeretaapian

Selama 5 tahun terakhir, pemerintah sudah melakukan Pembangunan proyek Double-double Track, Reaktiviasi jalur KA, Pembangunan proyek Kereta Cepat Jakarta Bandung dan Kereta Semi Cepat Jakarta-Surabaya.

Sumber : Instagram Kemenhub

Pencapaian sektor transportasi yang telah dicapai oleh pemerintah dalam 5 tahun terakhir ini membuktikan kepedulian pemerintah dalam mendukung peningkatan sektor ekonomi dan pariwisata Indonesia. Dengan sistem transportasi yang tertata dengan baik dalam penyediaan akses dari tempat wisata dan menuju kawasan wisata, baik sarana maupun prasarana pendukung akan berdampak pada kemajuan sektor pariwisata. Perkembangan sektor pariwisata yang baik tentu saja dapat mendukung sektor ekonomi masyarakat sehingga menunjang kemajuan bangsa dan negara secara keseluruhan.

Kemajuan sarana dan prasarana transportasi yang mumpuni tentu saja sangat diharapkan oleh keluarga saya. Melalui transportasi yang maju dan dikelola dengan baik akan memudahkan kami berwisata ke tempat-tempat indah dan menarik di seluruh Indonesia. Mau berwisata ke tempat yang lebih jauh pun dengan sistem transportasi yang baik tidak jadi masalah, bukan?

Bagaimana dengan teman-teman, punya pengalaman menarik dengan transportasi yang ada di tempat asal teman-teman?
Website kemenhub:
http://dephub.go.id


Sosial media:
Twitter: https://twitter.com/kemenhub151
Facebook: https://www.facebook.com/kemenhub151
Instagram:
https://instagram.com/kemenhub151

                Salam takzim

51 comments:

  1. Halo, kak. Salam kenal ya. Aku itu pengguna setia BRT Trans Semarang karena harga tiketnya murah meriah untuk umum dan untuk pelajar.

    ReplyDelete
  2. Alhamdulillah menteri pariwisata yang sekarang adalah mas Whisnutama, sosok yang terkenal kreatif dan inovatif. Semoga bersama beliau pariwisata Indonesia juga bisa semakin maju ya kak.

    -Fajarwalker.com

    ReplyDelete
  3. Transportasi yang maju, aman, dan nyaman membuat hati senang. Apalagi jika itu adalah mode transportasi massal.

    ReplyDelete
  4. Transportasi yang lebih baik memang sangat didambakan masyarakat khususnya yang ada di pelosok. Apalagi kalau musim hujan, jangan sampai aktivitas terhambat karena sarana transportasi yang menjadi penghalang.
    Saat ini pemerintah memang sangat gencar memperbaiki semuanya ya

    ReplyDelete
  5. Aku merasakan zekali dampak kemajuan dari transportasi Indonesia, mba. Dan ini berdampak positif bagi kegiatanku sehari hari

    ReplyDelete
  6. Semoga pembangunan sarana transportasi bisa terus menunjang pariwisata dan meningkatkan pendapatan negara

    ReplyDelete
  7. Transportasi umum yang kemajuannya terlihat signifikan adalah kereta api. Kece bgd perubahannya. Dari yang dulunya uyel-uyelan skrg bisa leyeh leyeh bobok cantik alhmdulillah. Optimis transportasi baik sektor darat, udara, laut akan semakin baik. Dg begini, secara otomatis dapat memberikan dampak positif pada ekonomi terutama di dunia pariwisata.

    ReplyDelete
  8. Yap, bersyukur bangeeeett pemerintah dan swasta concern ttg pentingnya transportasi yg uhuuuy. jadinya kita punya akses yang mumpuni untuk explore beragam destinasi di Indonesia tercintaaaaa
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    ReplyDelete
  9. Akses transportasi ibarat nyawa menuju suatu tempat ya, mba. Jika aksesnya baik maka pertumbuhan ekonomi dan pariwisatanya pasti juga akan ikutan tumbuh. Orang-orang ingin datang berkunjung lagi dan lagi.

    ReplyDelete
  10. Wah asyik ya. Buat penggemar backpacking pake kendaraan umum kayak saya, ini membantu banget. Jadi makin seru perjalanan ala backpackernya

    ReplyDelete
  11. aku ngrasain kemajuan ini mbak. khususnya semenjak ada tol trans jawa. aku mudik jadi jauh lebih cepat dari jatim ke jateng :D

    ReplyDelete
  12. Aku berharap di Sulsel transokrtasinya bisa sekeren yang berkembang di daerah Jawa seperti adanya MRT, krna memudahkan banget menjangkau tempat2 Wisata yang diinginkan

    ReplyDelete
  13. Memang ya kunci pembangunan sebuah negara itu harus saling berkaitan, seperti negara kita ingin potensi wisata yang ada menjadi daya tarik baik untuk wisatawan lokal maupun mancanegara, nah untuk mewujudkan itu, sarana transportasi dan jalannya juga harus mendukung, jadi semua berjalan bersamaan dan beriringan ya mbak

    ReplyDelete
  14. Iya banget deh, transportasi sangat menunjang sektor pariwisata. Transportasi yang nyaman dan aman bakalan membuat para wisatawan nyaman dan balik lagi. Semoga ya, transportasi yang sudah nyaman sekarang ini ke depannya semakin lebih baik. Dan tentu dengan peningkatan kesadaran memeliharanya dari para penggunanya.

    ReplyDelete
  15. Setuju sih skrg pariwisata di Indonesia semakin baik. Transportasi dan lain2nya pun bagus banget.

    Semoga semakin banyak destinasi wisata baru untuk masyarakat agar perekonomian juga semakin baik

    ReplyDelete
  16. Masyarakat sangat membandakan transportasi yang bagus mbak. Artinya bila transportasi bagus ekonomi juga meningkat. Masyarakat pun tercukupi kebutuhan Ekonomi nya.

    ReplyDelete
  17. Selalu senang dengar atau baca perkembangan dunia transportasi, terutama transportasi umum. Makin bagus transportasi umum, makin banyak yang beralih dari kendaraan pribadi. Mengurangi macet juga. Perekonomian bisa lebih lancar.

    ReplyDelete
  18. Setuju banget kak peran pariwisata itu banyak banget ya terutama meningkatkan pertumbuhan ekonomi terutama bagi masyarakat sekitar.

    ReplyDelete
  19. alhamdulillah mbak, aku juga senang dengan perkembangan tranportasi darat udara dan laut. karena aku udah nyobain semuanya. Sudah semakin teratur ya mbak.

    ReplyDelete
  20. Berpengaruh banget nih Mbak bahwa sektor perhubungan erat kaitannya terhadap dunia pariwisata di negeri tercinta kita. Udah banyak contohnya. Ya itu Bandunglah contoh nyatanya.

    ReplyDelete
  21. Saya pernah naik bis DAMRI Bandung, senang'karena terlihat'lengang dan tertib. Kala itu lebaran hari kedua. Jadi sepi.
    Ada banyak hal yang berubah di Bandung. Sepertinya upaya pemerintah agar masalah transportasi bisa ditangani dengan baik sudah berhasil setahap demi setahap. Tinggal fokus lagi pada tahapan lain.

    ReplyDelete
  22. Aku udah sering menikmati hasil pembangunan jalan tol. Nah, pengen juga menikmati tiket murah untuk penerbangan domestik. Karena kalo untuk penerbangan ke luar negeri sih udah pernah

    ReplyDelete
  23. Bener banget mba, untuk meningkatkan pendapatan negara di bidang pariwisata, salah satu yg urgent untuk dibenahi adalah seputar transportasi. Para wisatawan akan makin senang berkunjung ke berbagai tempat wisata jika transportasinya mudah didapatkan.

    ReplyDelete
  24. keunggulan yg dimiliki suatu daerah agar wisatawan berhasrat utk datang bener bener jd target pemerintah utk menggenjot pendapatan daerahnya dr wisata. Makanya tol langit disiapkan buat yg hobi travelling tp keinginan publish di sosmed tersalurkan

    ReplyDelete
  25. Pembangunan dalam bidang transportasi memang penting banget karena akan mendukung konektivitas antar daerah, dan dampak positif berikutnya pastilah bisa menunjang perkembangan ekonomi dan pariwisata di daerah-daerah yang sudah terhubung tersebut

    ReplyDelete
  26. Aku sampai googling, teh....kota nanas itu mana ya...?
    Hihii~
    Alhamdulillah,
    Departemen Perhubungan saat ini bekerja dengan sangat baik mengelola lahan basah untuk pariwisata.
    Semoga dengan kerjasama yang solid bersama departemen lain, wisata di Indonesia bisa makin ramai dikunjungi wisatawan mancanegara.

    ReplyDelete
  27. Keren bangetttt sinergi antar departemen bikin INDONESIA makin maju bin mantab jiwa!
    Yap, infrastruktur yg keren, ambil bagian signifikan dlm kemajuan dunia pariwisata tentu saja
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    ReplyDelete
  28. Senang melihat kemajuan transportasi kini semakin maju ya mba dan sarananya semoga bisa memudahkan nih untuk berwisata keliling Indonesia

    ReplyDelete
  29. Mudah2an Indonesia menjadi lebih baiik lagi yah terutama dalam transportasinya biar semakin banyak warga yang bisa menikmati transportasi publik murah dan nyaman.

    ReplyDelete
  30. Transportasi, perhubungan memang erat banget kaitannya sama pariwisata. Makanya kalau mau wisatanya dikunjungi ya kudu nyiapin banyak hal termasuk transportasi yang layak, gak pakai lama dan drama

    ReplyDelete
  31. Semoga dengan semakin baiknya sarana transportasi baik darat, laut dan udara akan meningkatkan kunjungan wisatawan baik domestik maupun luar negeri ke Indonesia. Kalau transportasi nyaman akan membuat banyak wisatawan yang akan datang.

    ReplyDelete
  32. Semoga kemajuan transportasi Indonesia segera merata. Di Bondowoso, tempatku tinggal, transportasi umum terhitung jarang. Kalau dari Surabaya, agak malam dikit, udah susah dapat busnya. Masih terhibur adanya transport online. Setidaknya sedikit terbantu. Walau kalau jauh yaaaa jadi mahal deh.

    ReplyDelete
  33. Sejujurnya, aku tuh masih mengharpkan pemerintah lebih serius buat mengembangkan transportasi publik yang benar2 aman, nyaman dan murah. Biar jalanan nggak padat kayak sekarang. Pening banget kalau pas ke tempat wisata trus harus ngabisin waktu lebih drai sejam cuma buat cari parkir. Ga semua tujuan wisata bisa dijangkau transportasi publik sih.

    ReplyDelete
  34. Semoga sistem transportasi di indonesia semakin baik ya... Karena kemajuan sektor lain, seperti ekonomi, pariwisata, dll tergantung kesiapan infrasturkturnya...

    ReplyDelete
  35. Kemajuan transportasi kita jauh lebih baik ya.

    ReplyDelete
  36. Penting banget ya teh peran transportasi untuk pariwisata ini. Semakin modern,semakin maju, dan semakin nyaman serta aman alat transportasi pasti bakal nambah jumlah wisatawan.

    ReplyDelete
  37. Sektor pariwisata dan transportasi itu memang dua hal yang sangat terkait. Meski potensi wisata sebagus apapun tetap nggak akan maju selama transportasinya buruk. Semoga pembangunan transportasi di Indonesia makin merata dan bisa berdampak pada perekonomian masyarakat.

    ReplyDelete
  38. Alhamdulillah saya juga merasakan banget transportasi dalam kota dan luar kota kita sudah lebih baik ya. Apalagi kereta commuter Line oke banget. Jadi nyaman naik moda umum

    ReplyDelete
  39. Transportasi memang Bener mba jadi sarana penunjang aplg kalau bnyat tempatnya ke pariwisata smkin mudah aksesnya semakin bnyk yg tertarik dtg,, Aku lg suka MRT ini☺️

    ReplyDelete
  40. Selain sarana transportasi, tempat tujuan wisatanya juga harus dipersiapkan ya agar siap menerima kunjungan wisata, dari segi fasilitas penunjang dll

    ReplyDelete
  41. Zaman aku sekolah dulu, transportasi yang paling beken yaa....transportasi umum.
    Jadi ngerasain betapa perihnya kalau si Bapak angkot ngetem lama...eh, ngetem lama mah masih lumayan daripada gak dateng-dateng dan aku berdiri di trotoar sambil pasang wajah mo nangis.
    Huhuu~

    Alhamdulillah,
    kini banyak alternatif. Ada bis, dkk.
    Salut sama kemajuan yang begitu pesat dalam beberapa tahun terakhir.

    ReplyDelete
  42. wah penting sekali mba peran transportasi untuk kemajuan ekonomi dan pariwisata Indonesia. biar akses liburan lebih mudah dan terjangkau, oh sama nyaman

    ReplyDelete
  43. Bener, Mba transportasi umum itu sangat menunjang pariwisata banget. Kenyamanan dan keamanannya harus jadi no 1. Jadi turis mau dr dlm atau luar negri betah jalan2nya.

    ReplyDelete
  44. Kemajuan sektor transportasi di negara kita memang membahagiakan. Pelayanan meningkat dan tujuan ke wilayah-wilayah terpencil juga sangat diperhatikan.

    ReplyDelete
  45. Alhamdulillah sekarang sistem transportasi emang lumayan membantu nih ya mbak, cuma di beberapa wilayah yg bukan kota besar, masih banyak yg akses jalan dan menuju kesananya agak ribet. Jadi diperlukan sinergi antara kemenhub dan pemda mungkin ya.

    ReplyDelete
  46. Setiap. perjlanan pasti ada ceritanya termasuk ttg transportasi umum. Semoga transportasi umum di Indonesia semakin nyaman dan aman yaa

    ReplyDelete
  47. Wah, semoga dg meningkatnya transportasi ini pariwisatanya makin menyenangkan ya. Soalnya dulu banget pernah aku punya pengalaman nyesek pas piknik gegara transportasi. Hiks

    ReplyDelete
  48. Semoga dengan dimulainya perbaikan dan atau pengembangan transportasi di lima daerah tadi, selanjutnya bisa merembet ke daerah lain yang juga pasti punya banyak potensi wisata.

    ReplyDelete
  49. Betul sekali, kemajuan transportasi yang merata akan membuat setiap daerah bisa berkembang sesuai potensinya. Dan merupakan syarat pembangunan yang merata..

    ReplyDelete
  50. Memang betul deh, pembangunan transportasi sangat menunjang pariwisata. Semoga Makin memudahkan Kita menjangkau tempat-tempat Indah di Indonesia ini ya.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar. Mohon maaf, untuk menghindari SPAM, komentarnya dimoderasi dulu, yaa ^~^