Cara Alami Mengatasi Influenza

Siapa yang tidak pernah terkena flu? Rata-rata setiap orang pernah mengalami penyakit yang disebabkan oleh Virus Myxovirus Influenzae ini. Hujan sudah mulai turun di beberapa daerah. Pergantian dari musim kemarau ke musim penghujan, biasanya juga berdampak kepada kesehatan. Influenza adalah penyakit yang paling sering menjangkiti banyak orang ketika peralihan musim ini datang.
Influenza merupakan penyakit akut yang umun terjadi pada setiap orang. Dan merupakan jenis penyakit yang mudah menular melalui saluran pernafasan. Terlebih jika orang yang memiliki daya tahan tubuh sedang lemah, akan dengan mudah tertulari penyakit influenza.

 
Gejala yang sering terlihat adalah munculnya lendir di hidung dan tenggorokan. Dalam kasus tertentu, terkadang ditemui keluhan yang disertai dengan pusing dan demam. Penyakit flu yang berkepanjangan pun dapat menurunkan nafsu makan sehingga mengakibatkan badan kita lemah. Cara mengatasi influenza yang tidak disertai dengan komplikasi sangatlah mudah. Dengan memperbanyak istirahat, banyak minum air dan makan yang cukup. Apabila penyakit tidak kunjung hilang, sebaiknya menghubungi dokter agar diberi tindakan selanjutnya untuk mengobati influenza. Selain ke dokter, menggunakan cara alami juga dapat membantu menyembuhkan influenza. 
sumber ilustrasi dari gpbsi

Cara alami yang sering saya gunakan untuk mengatasi influenza yang menyerang anggota keluarga yaitu :
  • minum air perasan jeruk limau + air hangat di pagi hari setiap bangun tidur
  • mengkonsumsi campuran kecap + air perasan jeruk limau yang sebelumnya telah melalui proses pembakaran terlebih dahulu
  • minum air rendaman daun sirih yang sebelumnya telah diremas-remas dan ditambahkan dengan air yang hangat. Untuk yang tidak menyukai rasa pahit, perlu diketahui air rendaman ini rasanya sangat pahit. Tapi berdasarkan pengalaman, bisa menyembuhkan dengan waktu yang tidak lama.
Ada juga contoh resep atau ramuan tumbuhan obat yang dapat digunakan untuk mengatasi influenza seperti yang telah dijelaskan oleh Prof. Hembing Wijayakusuma yaitu :
  • 10 gr bawang putih + 10 gr jahe, cuci bersih, diiris-iris atau dihaluskan, kemudian diseduh dengan 150 cc air mendidih. Tutup ramuan ini selama 10 menit, kemudian saring dan minum dalam keadaan hangat-hangat. Lakukan 2-3 kali sehari.
  • 30 gr pegagan segar atau 15 gr yang kering + 25 gr kencur + 25 gr temu lawak + 3 butir bawang merah + gula aren direbus dengan 600 cc air hingga tersisa 300 cc. Setelah itu disaring dan diminum airnya 2 kali sehari. Setiap kali minum 150 cc
  • 30 gr daun semanggi atau calingcing segar + 20 gr daun sembung segar direbus dengan 600cc air hingga tersisa 300 cc. Saringlah dan tambahkan 1 (satu) sendok makan air perasan jeruk nipis. Lalu minum airnya 2 kali sehari, setiap kali minum 150 cc.
  • 5 gr daun mentha/ daun mint + 10 gr bunga krisan, direbus dengan 300 cc air hingga mendidih, disaring kemudian  minum airnya hangat-hangat
Catatan : untuk merebus bahan dari tumbuhan obat ini gunakanlah periuk tanah atau panci enamel.
Semoga bermanfaat dan dapat segera menyembuhkan.

Artikel Terkait :
Cara Alami Mengatasi Jerawat
Tips Mengatasi Mata Lelah 
Waspada Dengan  Penyakit Seluitis
Cegah Penuaan Dini Dengan Vitamin C
Pengaruh Lamanya Mandi Serta Manfaat

19 comments:

  1. ibuku juga sering ngerebus2 gitu pake periuk mbk,saya seringnya air limau hangat plus madu....enteng emang hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. waah...perpaduan yang bagus tuh...madu kan obatnya semua penyakit

      Delete
    2. saya langsung beli obat di apotik mbak soalnya jauh dari orang tua..

      Delete
  2. kalau sudah kena influenza nih hadehhh serasa badan meriang semua... thanks caranya mbak

    ReplyDelete
  3. Tentunya hasil dan khasiat dari ramuanya akan beda, kalo merebusnya dg berbahan alumunium semisal panci gitu ya mbak :)
    Salam kenal mbak Fit

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak...takutnya ada reaksi kimianya antara ramuannya dgn alumunium..salam kenal juga mbak Susi..

      Delete
  4. tapi masih ada g ya yg jual model periuk?zaman skrg ska yg instan kyakny y mbk...hmmm

    ReplyDelete
  5. tpi uda jrang yg pke priuk y mbk?aplagi zaman sudah mulai instan.perlu pengarahan kmbali tentang sehat alami herbal

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di pasar tradisional masih suka ada yang jual periuk loh mbak

      Delete
  6. Makasih infonya ya.. cara alami dan bikin sehat juga :)

    ReplyDelete
  7. Kalau saya selain pakai air jeruk dan kecap. Kalau batuk berdahak, makan kencur.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh iya mbak.. kalo yang suka pake kencur untuk obat batuk, orang tua saya. Tapi kalo saya gak kuat ama rasanya mbak..he..he..getiiir..!

      Delete
  8. Info yang sangat bermanfaat,
    seringnya menggunakan air hangat dan jeruk limau. Plusa makannya juga yang hangat, lendir hidung seperti berlomba keluar deh :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya. ..jeruk limau dan air hangat, buat hidung gak mampet.. :)

      Delete
  9. Minum jeruk limau itu yg kusuka mbak. pakai gula dikit saja. memang lumayan banget di badan. Tp belum pernah nyoba pakai madu. ga ada madu di rumah. hihi

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
.comment-content a {display: none;}