Cegah Penuaan Dini Dengan Vitamin C



           
Ilustrasi : pilihdokter.com
            Keadaan kulit yang paling diharapkan oleh kaum hawa adalah yang terlihat bersih, cantik dan awet muda. Berbagai cara akan dilakukan setiap orang untuk mencegah penuaan dini pada kulit. Banyak faktor yang mempengaruhi kecantikan pada kulit. Seperti faktor cuaca, kosmetik, makanan, mengkonsumsi obat-obatan, faktor kelelahan dan stress. Sebenarnya kulit akan secara otomatis memperbaiki kerusakan-kerusakan akibat radikal bebas, tapi tidak semua kerusakan itu akan tertanggulangi dengan sempurna.
Hal ini menyebabkan sel-sel pada kulit menjadi tidak normal dan dapat mengganggu metabolisme secara keseluruhan. Sehingga pada akhirnya berakibat menurunnya fungsi seluruh tubuh dan terjadilah proses penuaan. Proses ini akan terjadi secara keseluruhan, terutama yang tampak jelas yaitu pada kulit.
Proses penuaan pada kulit terlihat dari keadaaan kulit yang menjadi kering, kasar, kendur dan kehilangan elastisitasnya. Dalam beberapa kasus, dapat ditemukan bercak pada kulit atau noda kehitaman, keriput halus, timbulnya lipatan pada leher dan garis-garis ketuaan di wajah. Semua tanda itu, sebenarnya dapat dihambat dengan berbagai perawatan dari dalam maupun dari luar tubuh.
Perawatan yang dapat dilakukan pada kulit untuk setiap orang tidak sama. Karena jenis kulit yang dimiliki berbeda. Hal ini dipengaruhi oleh kadar air dan produksi minyak yang ada di dalam kulit serta kecepatan pergantian sel-sel lapisan tanduk.
Jenis kulit dapat dibedakan menjadi empat jenis, yaitu : pertama, kulit berminyak. Jenis kulit ini ditandai dengan produksi minyak yang berlebih. Kulit terlihat mengkilap dan berpori besar. Jenis kulit ini sering mengalami masalah jerawat dan terkesan kotor. Untuk yang memiliki jenis kulit berminyak, disarankan untuk lebih sering membersihkan kulit.
Kedua, kulit normal. Jenis kulit ini merupakan idaman setiap orang, karena kulit terlihat cerah dan sehat. Kulit normal jarang mengalami masalah. Keadaannya tidak kering dan cukup lembab. Tetapi, meskipun berjenis kulit normal tetapi ada kalanya kulit memiliki kecenderungan berminyak atau cenderung kering.
Ketiga, kulit kering. Keadaannya yang kering dikarenakan kulit jenis ini sedikit memproduksi minyak. Kulit terlihat berbusik terutama pada musim kemarau. Pori-pori kulit yang kecil, hampir tidak kelihatan dan akan cepat menjadi merah bila terkena paparan sinar matahari langsung. Jenis kulit ini lebih cepat menjadi keriput.
Keempat, kulit kombinasi. Pada bagian tertentu dari kulit ini seperti sekitar dahi, hidung dan dagu terlihat sedikit berminyak. Sedangkan sekitar pipi dan mata terlihat kering.
Dengan mengetahui jenis kulit yang dimiliki, tentu dapat membantu ketika melakukan perawatan baik dari dalam maupun dari luar. Penggunaan vitamin C dan E dapat dijadikan alternatif perawatan. Vitamin C dan vitamin E sangat baik untuk peremajaan kulit. Karena fungsi vitamin C dan E antara lain sebagai anti oksidan yang memberi perlindungan dari radikal bebas. Serta dapat melawan efek-efek oksidasi yang menyebabkan penuaan dini pada kulit.
Sumber vitamin C yang tinggi dapat diperoleh dari buah-buahan segar seperti jeruk lemon, jambu biji, mangga, pepaya, kiwi, alpukat dan lain-lain. Selain terdapat pada buah, vitamin C juga dapat diperoleh dari kecambah, kacang-kacangan, bayam dan lain sebagainya. Fungsi vitamin C dan E berperan dalam pembentukan kolagen sebagai jaringan yang menyangga kulit. Kolagen merupakan kerangka dalam lapisan kulit yang dapat mengeluarkan protein dan zat-zat yang dapat membantu peremajaan kulit.  Kologen diperlukan untuk mempertahankan kondisi kulit agar tetap elastik dan kencang. Sumber kolagen juga dapat diperoleh pada ceker ayam.
Selain melalui makanan yang bergizi dan seimbang, untuk mempertahankan keremajaan kulit juga diperlukan olah raga dan membiasakan diri dengan gaya hidup yang sehat. Hindari kulit dari paparan sinar matahari langsung. Kebiasaan merokok juga harus dihindari. Dan yang paling penting, jaga hati agar tetap dalam keadaan tenang tanpa gangguan stress.

Artikel ini diikutsertakan pada Giveaway Merawat Kecantikan dengan Vitamin C disponsori oleh Stanmed Center

Related Post :
Manfaat Terapi Ozon Bagi Kesehatan dan Kecantikan
Tips Mengatasi Mata Lelah 
Dampak Mengkonsumsi Daging Kambing
BBM Naik Tak Perlu Panik
   

4 comments:

  1. Ternyata berkhasiat dan bermanfaat tentang vitamin C

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya... banyak manfaatna. trima kasih sudah mampir ya..

      Delete
  2. Ah, iya, vit C penting banget tuh buat kecantikan kulit kita *tsaahh~

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
.comment-content a {display: none;}