5 Manfaat Siwak

Kayu siwak yang bermanfaat (sumber gbr : kaskus)
Menjaga kebersihan gigi merupakan sunah yang dianjurkan oleh Rasulullah. Adapun cara beliau membersihkan gigi yaitu dengan menggunakan kayu siwak.

Hudaifah Ra. meriwayatkan, "Kapan pun Rasulullah bangun dari tidur, beliau akan menggosok giginya dengan siwak. " (HR. Bukhari dan Muslim).
 
Siwak atau miswak merupakan bagian dari batang, akar atau ranting tumbuhan Salvadora persica atau pohon arak yang banyak terdapat di daerah Timur Tengah, Asia dan Afrika. Jika kulitnya dikelupas maka akan terlihat warnanya yang keputihan dan memiliki banyak juntaian serat. Rasanya agak pedas dan aromanya seperti seledri.


Kandungan kayu siwak memiliki banyak manfaat. Seperti yang tercantum dalam Buku Penjelasan Ilmiah tentang Dahsyatnya Manfaat Ibadah, 5 Manfaat dari siwak sesuai anjuran Rosululloh diantaranya :
  1. Kayu siwak bermanfaat untuk membunuh bakteri, mencegah infeksi serta mencegah pendarahan yang sering terjadi pada gusi. Karena kayu ini mengandung antibacterial acids seperti astringent, abrasive dan detergent. Pada penggunaan kayu siwak untuk pertama kali akan terasa agak pedas dan sensasi terbakar, yang disebabkan kandungan kayu siwak yang serupa mustard dan substansi dari asam antibakteri tersebut.
  2. Kandungan kayu siwak seperti klorida, potasium, sodium bikarbonat, fluorida, silika, sulfur, vitamin C, trimetilamin, salvadorin, tannin dan mineral lainnya bermanfaat untuk membersihkan gigi, memutihkan dan menyehatkan gigi serta gusi.
  3. Minyak yang terkandung pada kayu siwak memiliki aroma yang alami, rasa dan baunya yang segar. Bermanfaat untuk menyegarkan mulut dan menghilangkan bau tidak sedap.
  4. Siwak juga bermanfaat untuk merangsang produksi air ludah. Air ludah merupakan bagian dari sistem organik mulut yang melindungi dan membersihkan mulut. Kandungan zat antidecay agent (anti pembusukan) dan antigermal system bertindak seperti penisilin untuk menurunkan jumlah bakteri di dalam mulut.
  5. Kayu siwak mengandung enzim yang dapat mencegah pembentukan plak penyebab radang gusi dan penyebab utama tanggalnya gigi secara prematur.
Dari semua manfaat yang ada, dapat membuktikan jika Rosululloh sangat memperhatikan kesehatan mulut dan gigi. Dan ketika melihat begitu banyaknya manfaat yang dapat diperoleh dengan bersiwak, hampir saja Rosululloh mewajibkan siwak bagi umatnya sebelum shalat dan wudhu. Rosululloh bersabda :
" Kalau bukan karena akan memberatkan umatku maka akan kuperintahkan untuk bersiwak ssetiap akan shalat atau wudhu." (HR. Bukhari dan Muslim)

3 comments:

  1. siwak ya, aku belum pernah se[[pertinya memakai cara ini :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nurul Fitri Fatkhani17 February 2015 at 14:19

      Bisa dicoba lain kali mbak..:)

      Delete
  2. oww itu ternyata manfaat siwak terimakasih postingannya

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
.comment-content a {display: none;}