7 Tips Mendapatkan Pekerjaan Setelah Lulus Sekolah

sumber gbr : jogja.solopos.com


Mendapatkan pekerjaan kerap menjadi sebuah pilihan penting yang dapat dilakukan setelah lulus dari sekolah. Kecuali, untuk beberapa orang yang memilih hendak merintis sebuah bisnis, tentu saja mencari pekerjaan bukanlah hal yang paling penting.
Demi mendapatkan pekerjaan yang layak dan sesuai dengan impian tentunya tidaklah mudah. Pada kenyataannya, masih ada orang menjalani pekerjaan yang tidak sesuai dengan impiannya. Bahkan menjalani  pekerjaan dengan “terpaksa” karena kondisi yang kurang menguntungkan. Untuk mendapatkan pekerjaan, ada beberapa hal yang sebaiknya dilakukan.

1. Melihat ke dalam diri
Kenali minat dan bakat dari dalam diri. Lalu cari pekerjaan yang sesuai. Pekerjaan yang didasarkan oleh minat dan bakat yang kita miliki, akan terasa lebih nyaman ketika menjalaninya. Dan bila bekerja sesuai dengan minat, biasanya orang tidak akan mudah menyerah ketika menemukan persoalan atau masalah di dalam pekerjaan,

2. Bekali diri
Tunjukkan hal positif untuk menarik perhatian pihak penyedia pekerjaan. Agar bisa menduduki posisi pekerjaan yang diminati, kita perlu membekali diri dengan kemampuan atau keahlian yang sesuai. Ketrampilan yang ada pada diri kita, dapat dijadikan nilai tambah pada saat sedang melamar pekerjaan. 

3. Mendaftar di Situs Penyedia Lowongan Pekerjaan
Internet sangat membantu para fresh graduate dalam mencari pekerjaan. Situs penyedia lowongan pekerjaan sudah banyak di Indonesia. Carilah situs yang aman dan terpercaya. Situs-situs tersebut selalu memberikan informasi terkini mengenai berbagai lowongan pekerjaan.

4. Terus jalin komunikasi dengan kampus dan alumni
Ada beberapa perusahaan, bekerja sama dengan kampus dalam merekrut karyawannya. Sehingga informasi lowongan yang tersedia akan dapat dengan mudah diketahui. Informasi lowongan pekerjaan juga dapat diperoleh dari alumni atau kakak kelas yang telah bekerja. Barangkali mereka memiliki informasi lowongan pekerjaan di tempatnya bekerja.

5. Mencari profesi yang jarang diminati oleh orang lain.
Profesi yang jarang diminati, dapat membuka peluang lebih besar untuk mendapatkan pekerjaan. Saat ini, salah satu profesi yang jarang diminati yaitu konsultan pajak.
Seperti yang dialami oleh Zeti Arina, seorang konsultan pajak. Beliau menilai profesi yang tidak banyak disukai, merupakan prospek yang cerah. Kesempatan yang langka karena tidak banyak saingan.
Ketika banyak orang yang tidak menyukai pajak, Zeti Arina malah penasaran.  Orang yang tidak menyukai pajak tentunya tidak akan mau menjadi ahli pajak. Sedangkan Zeti menjadikan ini sebagai sebuah peluang untuk mendapatkan pekerjaan. Tekadnya sangat kuat. Di tengah-tengah kesan masyarakat yang beranggapan jika pajak penuh dengan suap dan peran konsultan yang dianggap sebagai makelar kasus, dia berusaha menjadi konsultan yang professional tanpa mengandalkan uang sogokan.

6. Mengikuti Job Fair
Salah satu acara yang dapat memberikan informasi lapangan kerja bagi pencari kerja adalah Job Fair. Banyak perusahaan yang ikut berpartisipasi dalam acara ini memberikan formasi lowongan yang ada. Acara ini biasanya juga digunakan untuk mengetahui perkembangan terbaru dari suatu bidang pekerjaan.

7. Berdoa
Kita sebagai manusia hanya bisa berusaha. Namun hanya Tuhan yang menentukan semuanya. Oleh karena itu janganlah lupa untuk terus berdoa. Memohon agar semua usaha dapat berhasil. Ingatlah, segala sesuatu di dunia ini merupakan kehendak-Nya.
  

15 comments:

  1. berdo'a emang penting ya...karena yg memberi rezeki adalah Allah :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul mbak.. semua atas kehendak Allah. Terima kasih telah berkunjung :)

      Delete
    2. This comment has been removed by the author.

      Delete
  2. Saya setuju dengan no 5, mencari profesi yg belum diminati orang banyak..dan saya termasuk orang yang ga ngerti pajak, jadi butuh banget konsultan pajak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah..kebetulan sekali mbak.. bisa menghubungi Mbak Zeti Arina :)

      Delete
  3. terimakasih mba tips nya, sangat membantu sekali

    ReplyDelete
  4. dakuw banget nih mba, akhirnya dapat kerja juga setelah berapa ratus amplop disebar kemana2 hihihihi ujung2nya jadi penulis :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi..hi... sama mbak... ujung-ujungnya penulis :D

      Delete
  5. iya,kadang profesi yang jarang peminat biasanya banyak peluang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul mbak... harus cari yang jarang peminatnya

      Delete
  6. Thanks for sharing, Mbak.. :D Kebetulan aku baru aja lulus kuliah. Bakalan ikutin tipsnya nih :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. OH..mbak Beby baru lulus ya..? Semoga bermanfaat ya..

      Delete
  7. semoga kerja untuk allah selalu yang utama mbak.... mantap euy...

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
.comment-content a {display: none;}