Kiat Hidrasi Sehat Saat Berpuasa



Asupan Gizi Yang Tepat Bagi Tubuh

Air merupakan zat yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Kita lebih bisa bertahan bila kekurangan makan beberapa hari dibandingkan kurang air.

Agar bisa terus bertahan hidup, tubuh kita memerlukan asupan yang tepat untuk tumbuh dan berkembang. Makanan yang sehat dan bergizi tinggi, juga asupan cairan dapat membantu tubuh menjadi lebih sehat, segar dan tidak lemas.

Sebaiknya kita menjaga keseimbangan dalam memilih makanan dan minuman. Mengkonsumsi air putih minimal 8 gelas perhari juga berperan dalam menjaga keseimbangan hidrasi dalam tubuh. Adapun cairan yang paling alami untuk memberikan hidrasi pada tubuh kita adalah air putih. Karena air putih tidak mengandung pemanis (kalori), pewarna bahkan pengawet.

Pengalaman pribadi ketika terkena dehidrasi, membuktikan jika air penting untuk tubuh. Suatu ketika, saya dan keluarga hendak pergi berlibur ke Taman Buah Mekarsari. Karena tidak ada rencana sebelumnya, kami pergi ke sana tanpa persiapan apa-apa.

Kami tidak membawa bekal sama sekali. Termasuk air minum yang sebenarnya harus ada di dalam mobil. Pada waktu itu kami berangkat siang, wajar saja ketika di perjalanan, udara sangat panas. Matahari bersinar dengan terik. Perjalanan kami pun terhambat oleh macet.

Saya masih menyusui si bungsu. Seperti orang dewasa lainnya, anak berusia satu tahun itupun sepertinya merasa haus. Dia terus-menerus minta ASI. Sedangkan tubuh saya, tidak ada asupan cairan sama sekali. Ditambah perjalanan kami terjebak dalam macet selama berjam-jam.

Sesampainya di tempat tujuan, saya yang merasa lemas, berniat mencari air putih. Sebelumnya bayi mungil saya, dititipkan kepada kakeknya. Namun, ternyata tubuh saya sudah tidak kuat. Saya tidak sadarkan diri. Katanya, saya sempat pingsan selama beberapa menit. Sepertinya saya terkena dehidrasi, terpapar udara panas tanpa ada asupan cairan sama sekali. Belajar dari pengalaman saya inilah, membuat kita tidak boleh menganggap enteng pentingnya air bagi tubuh kita.


PENTINGNYA AIR UNTUK TUBUH

Mengkonsumsi air putih, selain sebagai kebutuhan hidup juga mengandung rahasia kesehatan yang luar biasa. Sebagaimana kita ketahui bersama, sekitar 80% lebih tubuh manusia terdiri dari air. Otak dan darah adalah dua organ penting yang memilki kadar air di atas 80%. Otak memiliki komponen air sebanyak 90%, sedangkan darah memiliki komponen air 95%.

Oleh karena itu, tubuh kita secara normal membutuhkan 2 liter air dalam sehari atau 8-10 gelas setiap hari agar metabolisme tubuh berjalan dengan baik dan normal.

Selain itu, fungsi air bagi tubuh kita memegang peranan penting dalam proses pencernaan, penyerapan, transportasi nutrisi, sirkulasi mengeluarkan zat sisa metabolisme, produksi air ludah dan berfungsi untuk mempertahankan suhu pada tubuh. Itulah mengapa tubuh kita bisa lebih bertahan hidup jika tidak ada asupan makanan tetapi tidak apabila kekurangan air.

Apa akibatnya jika kita mengkonsumsi air minum kurang dari 8 gelas sehari? Secara keseluruhan, efeknya memang tidak akan terasa. Namun tubuh kita akan menyeimbangkan diri dengan jalan mengambil sumber dari komponen tubuh, diantaranya dari darah. Nah, ini menyebabkan darah menjadi kental dan fungsinya sebagai alat transportasi oksigen dan zat makanan akan terhambat. Kondisi yang berbahaya bukan?

Memasuki Bulan Ramadhan, kita akan berpuasa selama sebulan penuh. Lalu, bagaimana cara memenuhi kebutuhan asupan bergizi dan cairan untuk tubuh kita?


POLA MINUM AIR PUTIH 2+4+2

Kini kita tidak perlu bingung, Aqua memperkenalkan pola mudah mengkonsumsi air sebanyak 8 liter per hari dengan pola 2+4+2. Maksud pola ini adalah, kita minum air putih 2 gelas saat berbuka, 4 gelas di malam hari dan 2 gelas saat sahur.
Selama berpuasa, kita dituntut untuk lebih bijak dalam mengatur asupan buat tubuh kita. Memperhatikan keseimbangan makanan dan minuman yang kita konsumsi pada saat sahur dan saat berbuka. Begitu pula dengan asupan cairan yang dibutuhkan tubuh.

Penuhi asupan air dan mendahulukan air putih sebanyak 2 gelas saat berbuka
Setelah seharian menahan lapar dan haus, sebaiknya kita berbuka puasa dengan minum segelas air putih. Lebih baik tidak mengkonsumsi minuman yang manis karena mengandung kalori yang tinggi dan mengakibatkan penimbunan lemak. Sedangkan air putih, selain dapat menghilangkan rasa haus, juga dapat membuang racun dalam tubuh melalui air seni.
Selanjutnya, kita dianjurkan menyantap makanan pembuka seperti buah-buahan. Buah sangat baik dikonsumsi dalam keadaan perut kosong. Mengapa? Agar buah dapat mudah dicerna dan nutrisinya dapat bermanfaat bagi tubuh kita. Selesai dengan makanan pembuka, kita bisa mengakhirinya dengan minum segelas air putih kembali.
Kita dapat melaksanakan sholat maghrib terlebih dahulu, sambil menunggu buah tercerna dengan baik. Dalam 20-30 menit setelahnya, baru kita bisa mengkonsumsi makanan lainnya. 

4 Gelas Air Putih Pada Malam Hari
Angka 4 gelas dalam pola ini bukan berarti kita minum air putih sebanyak 4 gelas sekaligus. Namun, kita dapat membagi saat yang tepat. Sebelum mengkonsumsi makan malam, kita penuhi kebutuhan cairan tubuh kita dengan minum segelas air putih. Hal ini juga bermanfaat untuk mencegah kita makan berlebihan sehingga tercegah dari kegemukan.
Atur makanan kita dengan porsi yang seimbang dalam hal gizi dan nutrisinya, agar kesehatan tubuh di bulan puasa tetap terjaga. Makanan kita harus tetap mengandung karbohdrat, protein, vitamin dan mineral yang sangat berguna untuk metabolime tubuh. Kemudian akhiri santap malam kita dengan segelas air putih.
Lalu, bagaimana dengan 2 gelas lagi? Kita dapat minum segelas air putih sepulangnya kita shalat tarawih. Atau bisa saja kita membawa botol AQUA 600 ml untuk kita minum di sela shalat tarawih.  Hal ini dapat membantu tubuh ketika mencerna makanan yang telah kita konsumsi dan tentu saja dapat mengembalikan kesegaran tubuh kita.
Nah, segelas air putih lagi, kita bisa penuhi ketika menjelang tidur. Meskipun kita dalam keadaan tidur, tubuh tetap bekerja memperbaiki diri. Darah dalam tubuh akan mengalir pada otot atau jaringan yang membutuhkan perbaikan. Selain itu proses detoksifikasi atau pengeluaran racun juga terjadi di saat kita sedang tidur. Pada saat itu pula, terjadi peningkatan produksi hormon-hormon yang membuat sistem kekebalan tubuh.
Semua kegiatan tubuh ketika tidur ini, dapat terpenuhi energinya dengan bantuan air putih yang kita minum.

Minum 2 Gelas Air Putih Saat Sahur
Ketika kita bangun tidur, usahakan mengkonsumsi segelas air putih terlebih dahulu. Hal ini sangat membantu mengembalikan cairan tubuh yang telah digunakan ketika melakukan aktifitas detoksifikasi saat kita tidur.
Selain itu, mengkonsumsi air putih dalam keadaan perut kosong dapat membuat tubuh melawan infeksi. Tubuh akan terasa lebih segar karena sel-sel tubuh kembali bekerja dengan optimal.
Seperti ketika sedang berbuka, saat santap sahur lebih baik kita mengkonsumsi buah-buahan terlebih dahulu. Buah dapat menolong memenuhi kebutuhan vitamin, nutrisi dan cairan dalam tubuh kita. Serat dalam buah juga dapat membantu menahan rasa lapar hingga saatnya berbuka nanti.
Setelah 20-30 menit kemudian, kita dapat bersahur dengan santapan yang mengandung gizi seimbang. Makanan bergizi tinggi ini dapat dijadikan bekal untuk tubuh kita melakukan aktifitas sepanjang hari. Kemudian kita pun menutup makan sahur  dengan minum segelas air putih.
Itulah pola minum air putih 2+4+2 yang telah digagas oleh Aqua untuk membantu kita memenuhi kebutuhan 8 gelas air putih perhari. Dengan pola ini, kebutuhan cairan akan terpenuhi dan timbulnya dehidrasi dapat kita hindari.
Terpenuhinya cairan tubuh ketika kita sedang berpuasa tentu saja dapat kita terapkan di luar Bulan Ramadhan ini. Ketika melakukan puasa di bulan yang lain, kita pun dapat menerapkan pola minum air putih 2+4+2 ini. Air putih yang sehat seperti Aqua sangat baik dan dapat membantu pemenuhan mineral dalam tubuh kita.

Mengapa AQUA ?

Aqua adalah air putih yang kandungan mineralnya seimbang dan baik untuk metabolisme tubuh dan pikiran. Mineral didalamnya seperti sodium, potassium, kalsium, magnesium, dan lain sebagainya dapat bermanfaat mengatur keseimbangan tekanan intraseluler dan ekstraseluler, serta memelihara simpul saraf dan otot. Kalsium di dalamnya sangat penting dalam pembentukan tulang dan gigi bagi ibu yang sedang hamil.
Sungai yang ttercemar (sumber: kompasiana.com)
Pernah melihat sungai yang kotor dengan sampah? Kondisi air sungai di kota-kota besar sudah banyak tercemar. Sehingga dapat dibayangkan bagaimana jika keluarga kita  mengkonsumsi air dari sungai seperti itu?

Oleh karena itu,  Aqua merupakan solusi yang tepat.

Sumber air Aqua berasal dari 100% mata air pegunungan terbaik. Dipilih setelah melalui proses yang sangat teliti dan hati-hati. Melalui berbagai uji fisik, biologi, kimia dan mikrobiologi. Sangat aman dan menyehatkan, deh. Oh, iya air sumber Aqua itu sumber mata air yang mengalir sendiri ke permukaan, jadi airnya keluar sendiri tanpa dipompa loh!

Itulah sebabnya ketika kita mengkonsumsi Aqua, airnya terasa segar bukan? Air Aqua berasal dari air sumber yang berada di kaki gunung dan jauh dari pemukiman penduduk. Sehingga bebas dari pencemaran yang disebabkan oleh tindakan kurang bijaksana dari penduduk sekitar.


Kini terbukti jika air Aqua begitu sehat dan sangat baik untuk menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh kita. Mari kita peduli mengkonsumsi air putih yang sehat dan baik agar tubuh kita terhindar dari dehidrasi.


Sumber informasi: 
www.aqua242.com
www.merdeka.com
http://health.detik.com/read/2010/12/29/180132/1535431/763/apa-yang-terjadi-pada-tubuh-saat-manusia-tidur.
Buku Penjelasan-penjelasan Ilmiah tentang Dahsyatnya Manfaat Ibadah-ibadah Harian


18 comments:

  1. Memang kudu dibiasakan untuk mengonsumsi minimal 8 gelas air mineral seharinya ya maaak.
    Kereeeen ulasannya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul..kudu dibiasakan ya Mak.. makasih sudah berkunjung :)

      Delete
  2. Air putih memang nikmat dan membawa sejuta manfaat :)

    ReplyDelete
  3. sukses untuk lomba ngontesnya ya mbak Nurul :)

    ReplyDelete
  4. sudah percaya dengan pola AQUA 242 karena membantu sekali dalam mengembalikan cairan tubuh

    ReplyDelete
  5. ya ampun, dehidrasi sampe pingsan mak? saya mah baru sampe migrain aja udah tobat... sekarang memilih jalan hidup sebagai onta... banyakin minum :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya Mak..badan terasa lemees, kepala pening, akhirnya pingsan deh :(

      Delete
  6. Saya mulai tahun ini nih mak menerapkan buka puasa hanya dengan air putih. Alhamdulillah tetap fit berpuasa
    Good luck untuk kontesnya ya mak. Semoga kita sama-sama menang :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. SWama Mak..saya juga mulai tahun ini, berbuka tidak dengan yang manis-manis. Hanya air putih dan kurma saja.
      Aamiin..aamiin... semoga ya Mak :D

      Delete
  7. Aku juga cocoknya sama AQUA, Maaakk :D

    ReplyDelete
  8. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  9. wow kompleet..semoga menang ya maak...

    ReplyDelete
  10. Kalau saya pas puasa kemarin paling sering sih bibir jadi pecah-pecah gitu mbak. Sepertinya memang kekurangan asupan cairan yaa?

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
.comment-content a {display: none;}