Cara Cerdas Menggunakan Gadget

Perkembangan teknologi sudah demikian pesat, termasuk perkembangan beberapa perangkat elektronik. Gadget merupakan perangkat elektronik yang selalu lebih cepat menyajikan teknologi terbaru dibandingkan dengan perangkat elektronik yang lain. Kini, kalangan yang menggunakan gadget semakin berkembang, tidak hanya monopoli orang dewasa saja. Anak-anak pun telah biasa menggunakannya.
http://www.nurulfitri.com/2016/04/cara-cerdas-menggunakan-gadget.html

Tidak bisa dipungkiri, jika penggunaan gadget ini seperti dua mata pisau. Yang akan menyayat tajam (apaseeh!), jika kita salah menggunakannya. Oleh karena itu kita harus cerdas menggunakan gadget yang kita miliki.

Beberapa waktu yang lalu, saya sempat blogwalking ke salah satu postingan  seorang blogger dari kota Bandung yaitu Teh Efi Fitriyyah. Dalam blognya itu, dituliskan sebuah artikel yang membahas mengenai multitasking. Apa, sih, yang dimaksud dengan multitasking itu? Multitasking bisa dikatakan sebagai beberapa kegiatan yang dilakukan dalam waktu yang bersamaan. Dan katanya, perempuan itu makhluk Tuhan yang multitasking. Bisa mengerjakan beberapa pekerjaan dalam satu waktu, sekaligus.

Namun, dalam postingan tersebut, blogger Bandung ini juga mempertanyakan, apakah mengerjakan beberapa pekerjaan dalam satu waktu dapat lebih efektif? Hmm... dalam kenyataannya gak gitu, kan? Bahkan dapat membuat yang mengerjakannya tidak fokus, dan hasilnya malah tidak maksimal.

Oke, saya akan mencontohkan kebiasaan yang tidak jauh dari keseharian saya dan teman-teman penulis. Ketika mengerjakan draft tulisan, bila dilakukan dengan mengerjakan aktivitas lain, dalam kenyataannya draft itu gak akan kelar-kelar. Apalagi jika mengerjakan sesuatu sambil menonton televisi, wah pasti gak akan fokus, deh!

Tapi bukan hanya televisi yang buat kita gak fokus dengan aktivitas utama kita. Menggunakan gagdet yang tidak cerdas pun akan sangat mengganggu. Yup, ini yang membuat pekerjaan saya agak terganggu, yaitu sering melihat sosial media di gadget. 

Pertamanya, sih, hanya ingin membalas chat dari teman. Eh, belakangan, malah asyik lihat sana-sini, searching ke ke satu situs ke situs lain. Hadooh ...  mengasyikkan sampai bisa memakan banyak waktu dan buat kita gak fokus dengan pekerjaan yang sedang dikerjakan.

Manfaat Gadget Dalam Kegiatan Sehari-hari 
Siapapun maklum jika penggunaan gadget bisa sangat menyita waktu, namun gadget juga dapat bermanfaat bagi penggunanya. Manfaat yang dapat kita peroleh, yaitu :
  • Selain untuk digunakan sebagai alat telekomunikasi, kita juga bisa mengetahui kabar terbaru di berbagai belahan dunia lain dengan membaca berita yang terkini.
  • Sosial media yang terpasang di gadget, bisa mempertemukan kita dengan beberapa teman yang telah lama tidak pernah bertemu.
  • Dengan cerdas menggunakan gadget, kita juga dapat menambah ilmu. Mengikuti berbagai komunitas di beberapa sosial media, kita pun dapat mendapat ilmu baru, bertukar ilmu dan tentu saja, dapat menambah pertemanan.
Cerdas Menggunakan Gadget Dengan Menjadwalkannya
Terus, gimana nih, supaya kita bisa lebih fokus tanpa terganggu dengan penggunaan gadget dalam aktivitas kita sehari-hari?
Coba kita pikirkan baik-baik, sebaiknya kita tidak perlu setiap saat memegang gadget, bukan? Lebih baik kita memanajemen waktu penggunaan perangkat elektronik kita itu dengan baik. Jadi, sebenarnya perlu ada niat yang keras untuk membuat jadwal penggunaan gadget.
http://www.nurulfitri.com/2016/04/cara-cerdas-menggunakan-gadget.html

Nah kalau saya, rencananya, sih, membuat jadwal menggunakan gadget seperti ini:

Pagi ---> Jam 07.00 -  09.00
Siang ---> Jam 12.00 - 13.00
Sore ---> Jam 16.00 - 17.00
Malam ---> Jam 20.00 - 22.00

Di luar jam tersebut, saya sebisa mungkin akan off! Saya harus berusaha hanya akan memegang gadget pada jadwal yang telah ditentukan. Terkecuali jika ada telepon atau sms yang masuk, saya harus memegang gadget, dong! Siapa tahu penting, ya, kan?

Tapi, bagaimana jika gadget selalu berbunyi, memanggil-manggil untuk dipegang dan ingin ditengokin?  
  • Matikan gadget, diluar jadwal penggunaan
  • Offline dari sosial media 
  • Atau dering gadget kita di silent/ tanpa suara.
Nah, yang paling penting dari pembuatan jadwal ini yaitu: mematuhinya! Percuma saja, jika membuat sebuah jadwal tetapi tidak melaksanakannya.
Perlu niat yang kuat, nih, supaya tujuan benar-benar tercapai. Agar semua pekerjaan bisa selesai dengan hasil memuaskan
Selain itu, penggunaan gadget secara terus menerus tanpa ada pembatasan waktu, dapat membuat penggunanya kecanduan. Siapa pun pasti tidak mau termasuk dalam orang-orang yang dikategorikan sebagai pecandu gadget, bukan?
Untuk menghindari kecanduan ini, sebaiknya ditanamkan pada diri kita, bahwa :
  • Berselancar dengan gadget memang sangat menyenangkan, namun sebenarnya lebih menyenangkan berinteraksi dengan keluarga atau teman-teman dalam dunia nyata. 
  • Lakukan aktivitas yang menyenangkan, bermanfaat atau bahkan aktivitas yang menghasilkan, agar waktu kita tidak selalu terpaku di depan gadget.
  • Bagaimana pun bersikap lebih cerdas menggunakan gadget lebih baik daripada sikap anti pada hasil teknologi tersebut. Karena teknologi jika dimanfaatkan dengan cerdas dapat membantu semua lini di kehidupan kita. Pada dasarnya, teknologi dibuat untuk membantu di segala bidang kehidupan, bukan untuk merusak, betul, gak? 
Demikianlah teman-teman, beberapa cara saya agar lebih cerdas menggunakan gadget, bagaimana dengan teman-teman? 

30 comments:

  1. gadget banyak membantu saya, mengatur jadwal sampai nyimpen laporan pengeluaran harian :D jadi ya harus cerdas2 pakenya ya mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya juga nyimpen ide-ide di gadget mbak. Bila kita cerdas menggunakannya, pasti gadget kita akan bermanfaaat.

      Delete
  2. di rumah, ada peraturan no tv n no gadget sehabis maghrib sampe jam tidur anak2. weekend jg begitu. sesekali lirik masih dimaafkan. tp kalo lama2 ntar ada yg ngomel. bukan emaknya, tp bapanya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi..hi..akhirnya bapanya ikut turun tangan juga, ya..?

      Delete
  3. Sepakaat, jangan sampai gara-gara gadget keluarga nggak keurus.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya Mba Ety, terlalu sibuk di media sosisal, bisa ganggu keharmonisan rumah tangga, ya ...

      Delete
  4. Aku belum bisa atur jadwal mbaakkk. Tapi tiap anak nangis atau butuh aku, aku tinggalin hp deh. 😂 kalo anak bobo baru main hp lagi. Thanks sharingnya ya mbaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga nanti bisa diatur jadwalnya ya....Dek Ayi, kan masih mudah..:)

      Delete
  5. Wah hebat euy sudah terjadwal buka gadgetnya. Aku masih random, kapanpun notif nyala kayaknya aku buka deh hehehe. Kadang suka takut ada sesuatu yang urgent terlewat. Tapi pernah juga sih akunya slow respon sampai ditelponin karena lama menjawab.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya Teh, lagi kuatkan niat untuk mematuhi jadwal

      Delete
  6. Yup, gadget seperti magnit. Daya tariknya luar biasa dan jika kita tak cerdas menggunakannya, maka kita akan tenggelam dalam keasyikan, lupa waktu, keluarga dan bahkan pekerjaan lain pun terbengkalai.
    Etapi, jika kita cerdas menggunakan dan mengendalikannya, maka, gadget akan menjadi alat bantu yang asyik dan teramat sangat memudahkan kita di dalam bekerja. :)

    Jadi, intinya balancing dan disiplin terhadap aturan yg telah ditetapkan dlm penggunaan gadget emang kudu, ya, Mba. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya Mba Al, jika kita cerdas menggunakannya, gadget akan menjadi alat bantu di setiap kehidupan kita.

      Delete
  7. kalau saya, gadget saya gunakan hany untuk romosi dan komunikasi sama calon pasien saya... selama saya ada terapi, gadget saya cilen.
    bisa juga melakukan puasa atau latihan off hp bisa sehari full atau per 5 jam per harinya... supaya menimilisir radiasinya... sebetulnya bukan hanya hp saja, laptop, televisi juga kita atur waktu kerjanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya mba, semua gadget perlu diatur waktunya :)

      Delete
  8. kalau saya sih menggunakan hp hanya pada saat melakukan promosi atau komunikasi dg pasien saya saja. kalau sdg ada terapi, hp saya cilent dan saya singkirkan.

    ReplyDelete
  9. wah membantu sekali artikel ini.memang sudah saat nya saya mulai mengurangi pegang gadget :) makasi ya mba

    ReplyDelete
  10. " semula hanya ingin balas chat teman, akhirnya malah searching kesana kemari " itu mah aku banget, he.....Semoga sukses dgn jadwal gadgetnya mak........

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya Mak, doain bisa kuat menjalani jadwalnya ya..

      Delete
  11. wkwkwkwk saya mah udah biasa kalao ngerjain sesuatu dirumah pasti sambil nonton televisi dan nggak ngefek ke saya, masih bisa fokus.... yang sering ganggu itu bener gadget, gadget bunyi klunthing.., langsung dech kerjaan ditinggal.... :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waah, hebat banget, masih bisa fokus meskipun sambil nonton televisi. Saya malah konsen ke nontonnya nih..hi..hi..

      Delete
  12. di jadwalin ya mbak??? hem, saya dulu pernah coba kayak gitu. tapi cuma bertahan tiga hari doang. memang benar sih, harus benar-benar ada niat keras kalau mau menjadwalkannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waduuh, semoga niat saya kuat ya mba...jangan hanya sampai beberapa hari saja. Aamiin :)

      Delete
  13. hem...
    terkadang orang yang kurang cerdas mengunakan gadget malah untuk mainan saja..
    makanya kita harus pandai menggunakanya kaya mnak nurul :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya, Mas. Kadang banyak digunakan untuk main saja.

      Delete
  14. Hmm iya mbak gadget memang bisa menjadi pilihan terbaik untuk mengatur kegiatan sehari hari seperti jadwal kegiatan yang akan dilakukan atau yang lainnya yang bisa bermanfaat untuk kita sebagai pengguna gadget tapi menggunakan gadget juga tidak boleh berlebihan karena akan merusak mata juga, ahi hi hi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul, Mas. Selain merusak mata, katanya juga dapat mengganggu syaraf di telapak tangan jika terlalu sering menggunakannya.

      Delete
  15. wah keren mb rul, ada penjabaran jam-jamnya juga
    bole ni aku terapin
    biar mata ga jadi matanya panda huhu

    ReplyDelete
  16. harus pinter2 atur waktu, kalau tidak malah habis disitu saja waktunya..dan sosialisai ke sesama malah terlantarkan

    ReplyDelete
  17. kalau kelamaan juga buat kesehatan kurang baik karena radiasinya cukup besar ke tubuh

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
.comment-content a {display: none;}