Lakukan 7 Kiat Ini Agar Nyaman Menyusui Selama Ramadhan

Menjalani ibadah puasa, merupakan kewajiban bagi setiap umat Islam. Namun agama pun memberikan keringanan, bagi yang tidak bisa menjalankan ibadah puasa selama Ramadhan. Untuk yang sedang sakit berat, sedang melakukan perjalanan atau orang lanjut usia, diberi keringanan untuk tidak melakukan ibadah puasa. 
http://www.nurulfitri.com/2016/06/7-kiat-nyaman-menyusui-selama-ramadhan.html
7 Kiat Nyaman Menyusui Selama Ramadhan
Bagaimana dengan ibu menyusui, bolehkah tidak berpuasa? Tentu saja, boleh. Lalu, apabila memilih untuk berpuasa, muncul pertanyaan, apakah ASI yang dihasilkan tidak akan  terganggu?

Sebenarnya ibu menyusui tidak perlu khawatir jika harus memberikan ASI-nya pada buah hati. Untuk mengantisipasi segala kemungkinan, lakukan 7 kiat ini agar nyaman menyusui selama Ramadhan :
http://www.nurulfitri.com/2016/06/7-kiat-nyaman-menyusui-selama-ramadhan.html
7 Kiat Nyaman Menyusui Selama Ramadhan
1. Selalu Berpikir Positif. 
Mengapa kita harus mengendalikan pikiran kita? Karena perasaan dan pikiran seorang ibu, akan berpengaruh pada proses hormonal. Hindari perasaan was-was jika menyusui saat berpuasa, karena akan mempengaruhi produksi ASI.
Hal ini pula, yang selalu saya tanamkan pada pikiran adik saya, yang belum lama ini melahirkan buah hatinya. Adik saya, sedikit khawatir jika harus menyusui putri pertamanya itu. Khawatir produksi ASi-nya akan berkurang dan anaknya jadi rewel. Selain itu, anak bungsu dalam keluarga kami ini, takut dia akan mengalami dehidrasi dan merasa lemas, jika menyusui. 

Saya pun memberikan pandangan agar adik, agar bisa berpikir positif sehingga akan merasa nyaman menyusui meskipun sedang menjalankan ibadah puasa.
 
http://www.nurulfitri.com/2016/06/7-kiat-nyaman-menyusui-selama-ramadhan.html
2. Membentuk Pola Produksi ASI Baru
Ketika kita berpuasa, pola makan kita berubah. Sarapan dilakukan lebih dini, di saat matahari belum terbit. Kita pun tidak mendapat asupan makanan yang biasanya dilakukan di siang hari. Hal ini juga mempengaruhi pola produksi ASI. Pola produksi ASI yang baru pun akan terbentuk. 

Saat pagi hari, biasanya produksi ASI akan berjalan dengan normal. Siang hari menjelang sore, ibu akan merasakan air susunya berkurang dengan merasakan payudara yang tidak terasa penuh. Sedangkan pada saat berbuka puasa, payudara akan terasa penuh dengan ASI dalam waktu yang singkat.

Kondisi produksi ASI yang mengalami pola yang baru ini, otomatis juga akan mempengaruhi bayi. Bayi pun akan lebih banyak minum pada malam hari daripada siang hari.

3. Mempersiapkan Stok ASI
Apabila ibu menyusui khawatir pasokan ASI-nya tidak akan memuaskan anaknya. Lebih baik mempersiapkan stok ASI, untuk menghadapi Bulan Ramadhan. Sehingga ibu merasa tenang ketika berpuasa selama Ramadhan.

4. Pendidikan Lebih Dini
Proses menyusui bukan hanya proses memberikan asupan nutrisi pada anak saja. Namun juga melibatkan sisi kejiwaan antara ibu dan bayi. Menurut Ir. Ira Puspadewi, MDM, seorang konselor Sentra Laktasi Indonesia, jika ibu menyusui berpuasa maka ruh pendidikan ini juga akan sampai pada buah hati.
Pemahaman tentang pendidikan lebih dini ini, diharapkan dapat membuat ibu merasa nyaman menyusui selama Ramadhan.

5. Menjaga Kecukupan Gizi
Ibu menyusui yang melakukan ibadah puasa, diharapkan selalu menjaga kecukupan gizi yang dikonsumsinya. Terutama menjaga kandungan protein, sayuran serta buah-buahan. 
Selain makanan yang bergizi, adik perempuan saya, juga selalu menyediakan kurma dan madu untuk menjaga staminanya, usai melahirkan.
http://www.nurulfitri.com/2016/06/7-kiat-nyaman-menyusui-selama-ramadhan.html

6. Menambah Konsumsi Air Di Malam Hari
Selain untuk mencegah dehidrasi, ibu menyusui juga perlu menambah asupan air putih untuk menjaga produksi ASI di malam hari. Disarankan untuk minum air hangat dan menghindari minum air dingin/es.

7. Menyegerakan Minum Air Hangat Ketika Berbuka 
Saat berbuka, ibu menyusui juga disarankan untuk menyegerakan minum minuman hangat.

Dengan 7 kiat ini, diharapkan ibu menyusui lebih merasa nyaman menyusui selama Ramadhan. Perasaan nyaman bunda tentu saja, akan berpengaruh pada buah hati. Seperti yang telah dipaparkan sebelumnya, kejiwaan ibu sangat berpengaruh pada kondisi kejiwaan anaknya. Jadi, penting untuk berusaha agar ibu tetap nyaman, hingga anak pun merasa tenang.

Bagaimana dengan teman-teman yang tengah menyusui? Tetap melakukan ibadah puasa? Ada kiat khusus menyusui selama Ramadhan ini?

36 comments:

  1. kudu kuat plus energi ekstra ya mbak, klo pas bulan puasa menyusui buah hati hhee. pengalaman liat tmen :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya mbak, perlu energi ekstra, karena kita juga sedang berpuasa, kurang asupan cairannya :)

      Delete
  2. kalo mbakku tergantung usia anaknya sih. sekiranya bs ditinggal puasa ya puasa. klo msh 1 blnan, puasa gak puasa krn kdg anaknya gak mau minum asi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul mbak, perlu dilihat juga, kondisi anaknnya. Kalo belum 2 bulan, kasian juga ya...

      Delete
  3. Thank you tipsnya mbak. Aku juga lg berjuang menyusui sambil puasa. Semangat! :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semangat mbak...semoga lancar terus ya...

      Delete
  4. Daku juga pernah menyusui sambil puasa, Alhamdulillah lancar jaya.
    Kalau daku sih, lebih karena malas bayar hutang puasa :D
    Yang paling penting sih ya itu, pikir positif kalau kita bisa puasa sambil menyusui.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya ya, mbak. Paling malas kalo inget harus bayarnya. Soalnya gak ada temennya he..he..he
      Makasih udah mampir, Makpuh :)

      Delete
  5. Alhandulillah saya dua kali puasa dalam kondisi menyusui lancar. Bener banget yang ditulis mba ini.. 👍👍

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah, lancar-lancar aja ya mbak :)

      Delete
  6. Memperhatikan asupan gizi sangat penting apalagi puasa. Juga menghindari stress agar asi tetap lncar

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul mbak, dua hal itu memang yang paling penting, supaya ibu menyusui dengan nyaman

      Delete
  7. Setuju, banyakin minum air plus susu kalau saya biar gak lemes hehe
    Trims tipsnya ya Mbak :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah...iya, susu untuk ibu menyusui juga bisa membantu supaya gak lemes, ya.. Makasih masukannya mbak :)

      Delete
  8. Meskipun berpuasa, ibu tetap bisa menyusui tanpa mengurangi asupan gizi utk si kecil ya mbak, salut deh utk para mommy..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya, mbak, memang butuh perjuangan untuk para ibu yang menyusui di bulan puasa.

      Delete
  9. Alhamdulillah sekarang masih mwnyusui dan puasa belum bolong. Bener bgt mba air putih yg paling penting dibanyakin. Sama asupan juga..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah, semoga kuat dan dilancarkan terus ya Mbak :)

      Delete
  10. Saluuutt sama ibu menyusui yg berpuasa.
    Dulu waktu ahza masih asi eksklusif saya libur puasa full.. Merasa ga sanggup kalao puasa. Padahal mah itu sugesti aja ya..
    Harusnya asal nutrisi tercukupi dan positive thinking, busui juga bisa puasa :)
    Makasih sharenya mbaa :*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya mbak...perlu pemikiran yang positif dan semangat juga :)

      Delete
  11. Pikiran positif itu yg paling berpengaruh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul mbak Susi, kalo ibunya stress, malah ASInya gak keluar

      Delete
  12. Sebenarnya jika mau mengingat, ada milyaran busui yang puasa sambil menyusui. Jika mereka bisa, kita juga bisa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, mbak. Semua ibu kayaknya bisa. Asal tercukupi nutrisinya :)

      Delete
  13. Aku dulu juga pas puasa sambil menyusui paling concern buat minum air putih, makan buah, dan sayur berkuah. Menyusui itu kebutuhan cairannya jadi banyak banget.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya mbak, bahaya kal sampai kekurangan cairan. Selain ASInya gak keluar,ibu juga bisa dehidrasi ya..

      Delete
  14. Kudu byk mengkonsumsi makanan sehat dan bergizi agar ASInya byk ya Mba...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya Mbak, supaya ASI-nya banyak dan bayinya gak rewel

      Delete
  15. saya setiap puasa alhamdulillah sudah dua anak diajak puasa, anak2 gak rewel. tetap asi juga. memang asupan ibu dan juga anak harus diberi ekstra juga. makasi infonya ya kakak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah..selamat ya Mbak, sudah berhasil menyusui selama berpuasa di Bulan Ramadhan

      Delete
  16. Tetap semangat bagi yang masih menyusui. Alhamdulillah dulu aku tetep puasa full saat menyusui Mbak :)

    ReplyDelete
  17. Kalo anakku masih bayi, aku gak puasa. Banyak laparnya kalo abis disedot. Ntar bayar fidyah aja, sama bayar hutang puasa dicicil senin kamis :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Memang perlu memperhatikan kondisi bayi dan ibunya juga mbak. Gak perlu dipaksakan :)

      Delete
  18. Pengalaman dulu menyusui sambil puasa...saya puasa pas hari kerja aja (senin-jumat)karena hanya di pumping, kalau sabtu-minggu puasanya libur karena ga kuat "ditempel" trs sm anak.
    Selamat berkarya kawan & sukses selalu dimanapun kita berada :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya ya..kalo ditempel terus, bisa gak kuat puasanya :)

      Delete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
.comment-content a {display: none;}