Cara Membuat Header dengan Photoscape

Cara membuat header dengan Photoscape. Apa yang dilakukan blogger selain menulis dan berkreasi dengan gambar di blognya? Biasanya selain menulis untuk diposting, kegiatanaktivitas blogwalking atau berkunjung ke blog kawan merupakan kegiatan yang paling sering dilakukan. Selain untuk bersilaturahmi, blogwalking juga dapat menambah pengetahuan serta merupakan salah satu cara untuk meningkatkan nilai Domain Authority (DA) blog.
Membuat Header Dengan Photoscape

Untuk berbagai alasan itulah, saya mulai rutin berkunjung ke blog teman-teman. Setelah beberapa kali melakukan kunjungan ke blog lain, saya banyak menemukan header blog yang sangat menarik perhatian. Cantik, keren dan nyaman untuk dipandang, tampilan header blognya. Hal ini semakin membuat saya penasaran, bagaimana cara membuat header yang menarik. 

Sebenarnya, ada banyak aplikasi yang bisa digunakan untuk membuat header blog. Ada photoshop, pixlr.com, photoscape, canva, dan aplikasi lainnya. Karena aplikasi photoscape yang baru terinstall di lappy , akhirnya saya coba mengutak-atik aplikasi tersebut untuk membuat header. Hasil coba-cobanya, akan saya tulis di sini, supaya saya tidak lupa jika sewaktu-waktu diperlukan dan siapa tahu ada teman-teman yang membutuhkannya.
Membuat Header Dengan Photoscape

Membuat Header dengan Photoscape

Pertama, masuk dalam aplikasi photoscape. Terdapat banyak menu yang dapat kita pilih sesuai dengan kebutuhan. Untuk membuat header, saya memilih menu Editor. Setelah masuk bagian Editor, di bagian bawah sebelah kanan, pilih menu lalu klik new photo. Nanti akan muncul pilihan mengenai ukuran lebar dan tinggi header yang akan kita buat. 

Membuat Header Blog Dengan Photoscape

Percobaan pertama, saya memakai ukuran width = 1100 dan height = 100, tapi ukuran headernya untuk blog saya terlalu panjang dan lebarnya terlalu kecil. Setelah sekian kali coba berbagai ukuran, akhirnya saya memilih latar header dengan ukuran width 970 dan height = 144

Untuk memilih header yang paling sesuai dengan blog yang kita miliki, cobalah dengan berbagai ukuran dan pilihlah warna serta motif yang pas, antara lebar dan panjang halaman blog kita. Dan sebaiknya lebar header tidak lebih dari setengah halaman ketika dibuka. Hal ini merupakan salah satu cara agar tampilan blog menjadi lebih ringan.

Kedua, mulai mendesain header yang sesuai dengan yang diinginkan. Pergunakan berbagai macam tool yang ada di kiri bawah. Untuk menambahkan text, klik huruf T, begitu pula dengan gambar pilihlah sesuai dengan selera ,masing-masing.
 

Membuat Header Blog Menggunakan Photoscape



Membuat Header Blog Pakai Photoscape

Ketiga, setelah membuat header yang sesuai, jangan lupa untuk menyimpannya. Kini, header pun sudah siap dipergunakan untuk mempercantik blog.


Membuat Header Blog

Memasang Header Pada Blog

Lalu, bagaimana caranya mengaplikasikan header pada blog kita? Pada dasboard masuk pada menu tata letak. Edit bagian headernya. Setelah itu, akan muncul kotak pilihan yang meminta kita untuk mengambil gambar dari komputer atau file yang kita miliki atau mengupload gambar dari web serta dari sumber lainnya.

Merancang Header Dengan Photoscape

Pilihlah bagian yang memasukkan gambar dari file komputer. Klik gambar header yang telah kita buat. Setelah itu, klik penempatan yang diinginkan. Saya memilih menempatkan keterangan setelah gambar. Hal ini untuk menutup judul header yang sebelumnya telah kita buat.


Merancang Header Blog Dengan Photoscape

Jangan lupa untuk menyimpan perubahan yang telah dibuat. Selanjutnya kita bisa melihat tampilan yang berbeda dari blog kita. Bagaimana, mudah, bukan? Bagi saya aplikasi yang paling mudah untuk membuat header yaitu dengan photoscape. Mudah mengaplikasikannya, hasilnya pun bisa memuaskan. Nah, sekarang giliran teman-teman semua ... Silakan mencoba :)

Salam takzim


Post a Comment

21 Comments

  1. Wah, bisa saya coba sendiri ....kmren dibikinin ama adik2 kampus ni

    ma kasih infohnya mba

    ReplyDelete
  2. kereeen ya mbak bisa buat sendiri headernya

    ReplyDelete
  3. oke fix,langsung coba sendiri ahahaha

    ReplyDelete
  4. photoscape memang membantu ya, gak usah pusing pake corel atau adobe-adoban jadi bisa hehe

    ReplyDelete
  5. Aduh belum punya aplikasi Photoscape. Padahal pengen banget mencobanya

    ReplyDelete
  6. Makasih infonya. Baru tau kalau photoscape bisa bikin Header. Saya biasanya pake photoshop, mbak. Ribet banget deh pake photoshop mah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jadi kalau pake photoscape lebih mudah ya? Saya belum pernah nyoba pake photoshop, nih :)

      Delete
  7. Aku paling gak bisa kalo praktikm desain macam gini :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. He..he...mudah kok, mbak. Belajar pelan-pelan, nanti juga bisa :)

      Delete
  8. wah..bisa di cobain ni..aku biasanya pake power point atau publisher..

    ReplyDelete
  9. Wah ini software editing favorit saya, tapi untuk masalah pembuatan header belum pernah coba :D
    boleh juga nih..
    mksh mbak tutornya :D

    ReplyDelete
  10. Blm pernah nih mbak pk photoscape. Install nya gratisan kah mbak? Ehehehe ngirit.com

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar. Mohon maaf, untuk menghindari SPAM, komentarnya dimoderasi dulu, yaa ^~^