5 Manfaat Melakukan Silaturahim

http://www.nurulfitri.com/2016/07/5-manfaat-melakukan-silaturahim.html

5 Manfaat Melakukan Silaturahim. Teman-teman, sudah mudik ke kampung halaman? Saat mudik lebaran, silaturahim merupakan kegiatan yang akan kita lakukan, bukan? 
Namun, sebagian dari kita barangkali merasakan jika jalinan silaturahim di masa sekarang kian melemah. Apalagi, kehadiran teknologi dan media sosial, kadangkala dirasakan cukup untuk melakukannya, dengan cara mengirim pesan singkat, atau meyapa di media sosial.
http://www.nurulfitri.com/2016/07/5-manfaat-melakukan-silaturahim.html
Tidak dipungkiri, kemajuan teknologi sangat berpengaruh pada kehidupan kita. Dahulu, rasanya sudah terbiasa mengunjungi sanak saudara atau teman yang rumahnya jauh. Sekarang, kegiatan ini sudah mulai jarang dilakukan. Alasannya, dengan menyapa di sosial media, juga cukup untuk menjalin silaturahim.

Namun silaturahim dengan alat telekomunikasi tetap tidak dapat mengalahkan keutamaan silaturahmi dengan cara berjumpa wajah langsung. Lebih utama lagi, jika kita berkunjung dengan disertai dengan buah tangan.
"Yang disebut silaturahim itu bukanlah seseorang yang membalas kunjungan atau pemberian, melainkan silaturahim itu ialah menyambungkan apa yang telah terputus." (HR. Bukhari)                     
Sesungguhnya, jika kita bisa melakukan silaturahim dengan karib kerabat serta teman-teman, maka akan mendapatkan banyak manfaat. Manfaat apa saja yang akan kita peroleh? 

Menyehatkan Jiwa
Menurut ilmu psikologi, silaturahim berarti interaksi antara dua orang atau lebih, dimana akan tercipta interaksi dan saling memberikan umpan balik. Di saat melakukan sebuah hubungan, individu cenderung untuk berbuat baik, mengendalikan emosi, memahami orang lain dan berusaha memiliki sikap positif di mata orang lain.

Tidak jarang kita dapati, dengan saling berkunjung, ada proses memberi dan menerima. Memberi semangat ketika ada teman atau saudara yang berkeluh kesah. Kita juga bisa berbagi kesulitan dengan orang lain, tanpa rasa sungkan. Hal ini dapat memunculkan rasa kasih sayang. Dan sangat menyehatkan jiwa kita. Bahkan silaturahim dijadikan sarana untuk menyalurkan berbagai permasalahan hidup.

Menjalin Hubungan Yang Telah Putus
Siapa yang mau memiliki seorang musuh? Tentu saja, tidak ada yang mau mempunyai musuh dalam hidupnya. Kita akan merasakan perasaan tidak tenang, bahkan merasa dunia menjadi semakin sempit. 

Dengan melakukan silaturahim, maka hubungan yang renggang pun akan terjalin kembali. Niatkan dengan kuat, berkunjung untuk menjalankan syariat Allah serta menyambung hubungan yang telah putus. Lalu, bagaimana jika yang bersangkutan menolak niat baik kita? Setidaknya kita telah berusaha, bukan? Dan yang penting kita akan mendapatkan pahala yang besar karenanya.
http://www.nurulfitri.com/2016/07/5-manfaat-melakukan-silaturahim.html

Salah Satu Pintu Rejeki
Berkunjung juga merupakan salah satu jalan masuknya rejeki kita. Dengan semakin banyak teman, baik hubungan dengan saudara, akur dengan kawan, tentunya akan sangat membantu, ketika kita dalam kesulitan. Rejeki juga bukan hanya dalam bentuk harta, uang atau hadiah, bisa juga dalam bentuk pengetahuan. Hal ini dapat terjadi, bila kita bersilaturahmi dengan orang yang berilmu, yang dapat menambah ilmu pengetahuan kita. 

Menciptakan Peluang
Manfaat melakukan silaturahim, semakin menguat dilakukan oleh para pebisnis. Dengan menciptakan hubungan yang dekat, para pebisnis bisa mengambil manfaatnya dalam pengembangan usaha.
Bagi mereka, ini merupakan salah satu jalan untuk mengembangkan usaha yang sedang dijalankan. 

Ketika bersilaturahim, maka kita dapat bertemu dengan orang yang memiliki visi yang sama, lalu berdiskusi untuk mencari solusi dari permasalahan yang timbul , saling membagi trik dan tip dalam berbisnis. Selain itu, dengan sekedar becerita tentang bisnis yang kita jalani, maka orang pun akan tahu usaha yang sedang kita jalani. Hal ini tentu saja dapat menunjang perkembangan bisnis kita.

Tidak hanya bagi pebisnis saja, untuk orang yang belum memiliki usaha pun bisa memperoleh wawasan dan kesempatan untuk menjalani wirausaha.
http://www.nurulfitri.com/2016/07/5-manfaat-melakukan-silaturahim.html
Pembukti Keimanan dan Penyebab Masuk Surga
Manfaat melakukan silaturahim yang lainnya yaitu sebagai pembukti keimanan kita di akhirat kelak. Seperti sabda Rasulullah :
"Barang siapa yang beriman kepada Allah dan hari akhir maka hendaklah ia menyambung hubungan silaturahim." (HR Bukhari dan Muslim)           
Selain itu, Rasullah pun menceritakan jika salah satu amalan yang dapat memasukkan kita ke surga adalah dengan menyambung tali silaturahim. 

Begitu banyak manfaat yang dapat kita peroleh dengan melakukan silatrahim, bukan? Oleh karena itu, mari segera perkuat silaturahim dengan sahabat dan keluarga yang sudah lama tidak berkomunikasi, orang yang kita hormati, tetangga sekitar rumah atau dengan seseorang yang mempunyai perselisihan dengannya. 

Teman-teman, mari bersilaturahim, yuk!

14 comments:

  1. Memang silaturahim itu penting banget ya Mbak :) Aku setuju dengan ulasan Mbak Fitri, keren Mbak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. manfaatnya banyak, sayang kalo ditinggalkan ya..

      Delete
  2. Menjalin tali silaturahmi adalah hal yang menyenangkan benar begitu,kan mbak??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul Mbak Tanty, senang ketemu dengan keluarga, saudara dan teman-teman

      Delete
  3. Setuju mbak, satu pintu silaturahmi tertutup. Pasti ada pintu lain yang terbuka

    ReplyDelete
  4. Aku percaya silaturahmi bisa melancarkan rejeki, mba :)

    ReplyDelete
  5. Memperpanjang umur, begitu sesuai d dalam kitab mbak.
    Bersilaturrahmi lebh mendekatkan yg jauh untuk semakin dekat. ^_^

    ReplyDelete
  6. Mantap mbak! Saya tambah satu poin lagi yaah... :)
    Manfaat yang ke 6 :
    Bisa membuat umur panjang.
    Nama kita akan tetap dikenang sampai kapan2 walaupun nantinya kita udah gak ada lagi didunia ini.

    ReplyDelete
  7. Kalau temanku silaturrahmi wajib dengan salaman. Kalau belum salaman, silaturrahmi nya belum sah! Ah, jadi kebayang waktu jaman sekolah, waktu lebaran harus ditarik paksa salaman teman laki-laki haha..

    ReplyDelete
  8. Terima kasih artikelnya, mbak. Diingatkan dengan hadits ini,"Yang disebut silaturahim itu bukanlah seseorang yang membalas kunjungan atau pemberian, melainkan silaturahim itu ialah menyambungkan apa yang telah terputus." (HR. Bukhari) :)

    ReplyDelete
  9. Saya tidak mudik, tidak punya kampung, tapi silaturahmi tetep dong... sama tetangga yg juga tdk punya kampung :D

    ReplyDelete
  10. sepakat bgt Mba, saya sedang mengagendakan pokoknya setiap pekan saya kudu silaturahim minimal ke satu keluarga, program saya sejak habis lebaran ini, moga bisa deh

    ReplyDelete
  11. setuju, mba, silaturahim juga bisa dilakukan dengan berkunjung ke rumah maya ya alias blog, salam kenal ya mba

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
.comment-content a {display: none;}