Meraih Hidup Lebih Baik Dengan Perencanaan Yang Tepat

Meraih Hidup Lebih Baik Dengan Perencanaan Yang Tepat. Siapa yang tidak mempunyai prioritas dalam hidupnya? Semua orang tentunya memiliki prioritas yang ingin diwujudkan. Pada umumnya, orang mempunyai prioritas yang berkaitan dengan pernikahan. Setelah menikah, memikirkan biaya sekolah anak menjadi prioritas selanjutnya.
http://www.nurulfitri.com/2016/08/hidup-baik-dengan-perencanaan-tepat.html
Apakah sudah sampai disitu? Ternyata tidak,  setelah mempunyai anak, orang pun akan merencanakan kebutuhan masa tuanya, seperti dana pensiun. Dan yang tidak kalah pentingnya, memiliki prioritas dalam merencanakan liburan.

Mengapa liburan menjadi salah satu hal yang diprioritaskan? Ya iyalah, siapa yang mau kerja terus-menerus tanpa istirahat. Bisa stress, dong! Lagi pula liburan selain bisa menghilangkan rasa penat atau stress, juga bisa meningkatkan produktivitas kerja, ketika kita kembali pada rutinitas pekerjaan.

Menempatkan liburan sebagai prioritas hidup, juga berlaku pada keluarga saya. Boleh dibilang, kami senang berlibur untuk melepas penat selama melakukan aktivitas sehari-hari. Tujuan kami melakukan liburan juga tidak terlepas untuk meningkatkan bonding di antara kami.

Nah untuk berlibur, perlu dipertimbangkan biaya yang akan digunakan, bukan? Kita perlu memikirkan biaya transportasi, biaya penginapan, biaya makanan yang akan dikonsumsi dan biaya masuk ke tempat wisata. Selain itu, ada biaya lain yang perlu dipersiapkan seperti biaya buah tangan dan biaya tidak terduga.

Bagaimana caranya untuk bisa mengatur biaya yang dibutuhkan untuk berlibur? Dibutuhkan perencanaan yang tepat untuk menghindari saldo keuangan nol setelah berlibur. Aiih, jangan sampai, deh!

Ada beberapa alternatif yang dapat diambil untuk memenuhi biaya liburan. Dapat dengan cara menabung, mengambil pinjaman atau dengan cara berinvestasi. 

Teman-teman, memilih dengan cara apa? Saya lebih memilih dengan berinvestasi. Mengapa bukan dengan cara menabung dahulu atau meminjam?

Beruntung saya  mengikuti acara Seminar Literasi Keuangan bersama Sun Life Financial Indonesia di  Paris van Java. Acara yang dilaksanakan pada Hari Minggu 31 Juli 2016, bertujuan untuk meningkatkan literasi keuangan masyarakat dan membantu mempersiapkan perencanaan keuangan yang matang di masa mendatang.

Dari acara tersebut, kami para peserta diberikan edukasi mengenai pentingnya asuransi dan investasi untuk masa depan. Sehingga saya pun mengetahui, jika untuk merencanakan biaya liburan, langkah yang paling aman adalah melakukan investasi.
Joice Tauris Santi- financial planner (Foto : Sun Life)
Menurut pembicara pertama di acara tersebut, yaitu Joice Tauris Santi, kita harus merencanakan liburan dengan cara membuat jadwal, menentukan tujuan wisata yang akan kita tuju dan merencanakan biayanya.

Nah, dari financial planner ini, saya mengetahui jika lebih baik berinvestasi untuk merencanakan biaya liburan. Berhutang agar bisa liburan, merupakan cara yang paling saya hindari. Buat apa kita bersenang-senang ketika liburan, jika kita harus dipusingkan dengan hutang yang harus dibayarkan setelahnya? Malah menimbulkan stress lagi, kan?

Bagaimana dengan cara menabung? Ini bisa saja dilakukan, tapi kita pun perlu mempertimbangkan cara mempersiapkannya. Perlu kedisplinan yang kuat agar tabungan kita cukup untuk membiayai perjalanan liburan. Jika kita tidak disiplin menabung, bagaimana biaya perjalanan nanti?

Sedangkan dengan investasi, tingkat pengembalian kita menjadi lebih besar dibandingkan dengan menabung. Wanita yang pernah berlibur ke Tembok Cina ini, juga menyarankan kita untuk menentukan waktu liburan. Karena sangat berguna untuk memilih instrument investasi yang tepat berdasarkan rentang waktu yang tersisa.
Parmadi Budiprasetyo - Blogger fotografi (Foto : Sun Life)
Tidak hanya Joice yang berbagi pengalamannya tentang cara mempersiapkan dana untuk liburan. Dalam acara di kota ketiga yang diselenggarakan oleh Sun Life Financial ini, juga hadir Parmadi Budiprasetyo seorang blogger fotografi dan traveller. 

Lelaki berkaca mata ini berbagi pengetahuan mengenai cara yang baik melakukan perjalanan ketika berlibur. Sebelum berlibur, kita harus melakukan perencanaan yang meliputi kemana tujuan berlibur, kapan waktunya, bersama siapa, menggunakan transportasi apa dan yang paling penting biaya yang akan dibutuhkan.

Parmadi juga mengingatkan pada kami, jika kita memerlukan proteksi yang dapat melindungi kita selama berlibur. Hal ini, untuk menjaga hal-hal yang tidak kita inginkan. Contohnya saja, jika kita mengalami kecelakaan, mendadak jatuh sakit atau mengalami kehilangan. Dengan asuransi jiwa dan asuransi kesehatan, semuanya akan menjadi lebih aman.

Setelah mendengar penjelasan dari Mbak Joice dan Mas Parmadi tentang pentingnya investasi dan asuransi, saya menyadari begitu pentingnya mempersiapkan semua itu. Namun investasi dan asuransi mana yang paling tepat untuk digunakan? 

Masyarakat kini tidak perlu bingung untuk mengetahui informasi seputar asuransi dan investasi. Kini telah hadir Bright Advisor yang dapat membantu untuk mendapatkan informasi seputar perencanaan keuangan.

Bright Advisor merupakan portal online yang dikembangkan oleh Sun Life sebagai penyedia informasi seputar asuransi, investasi dan perencanaan keuangan. Portal ini diciptakan untuk dapat memberikan informasi dan menjawab pertanyaan dengan cermat serta dalam bahasa yang mudah dimengerti. Untuk mengaksesnya pun cukup mudah, yaitu melalui http://brightadvisor.co.id

Jadi, untuk yang sungkan bertanya kepada agen asuransi, bisa memanfaatkan portal ini untuk bertanya. Bahkan menurut Senior Manager Digital & Social Media Marketing, Fabie Farabie, pertanyaan kita pun akan dijamin kerahasiaannya. Bright Advisor ini merupakan portal online yang dimiliki oleh Sun Life Financial Indonesia. 

Tujuan Sun Life mengembangkan Bright Advisor untuk mengedukasi masyarakat mengenai literasi keuangan. Menurut data yang berasal dari Otoritas Jasa Keuangan, minat masyarakat Indonesia untuk berasuransi sangat rendah. Berdasarkan itulah, akhirnya Sun Life menyelenggarakan seminar yang mengusung kampanye #Indonesia lebih baik.

Nah, dengan portal online ini juga, kita bisa lebih mengetahui investasi dan asuransi apa yang tepat untuk merencanakan liburan. Selain perencanaan liburan, untuk mencapai prioritas hidup lainnya pun bisa didiskusikan bersama Bright Advisor. Beruntung ya, Sun Life menyediakan portal yang menyediakan informasi literasi keuangan.

Siapa yang tidak mengenal Sun Life, yang memiliki aneka produk perlindungan dan pengelolaan kekayaan dari asuransi jiwa, asuransi kesehatan dan perencanaan pensiun? Kini Sun Life Financial Indonesia bermitra dengan lembaga keuangan nasional dan multinasional yang terkemuka untuk membantu dan mempercepat masyarakat untuk berkembang secara ekonomi maupun sosial.

Masyarakat pun bisa merasa tenang dalam menjalani prioritas dalam kehidupannya. Karena Sun Life Financial Indonesia telah menyediakan Bright Advisor yang menyediakan informasi literasi keuangan. Maka hidup lebih baik dengan perencanaan yang tepat, dapat terwujud.


10 comments:

  1. yap bener banget mbak semua harus direncanakan mulai dari A sampe Z

    ReplyDelete
  2. Aku juga udah punya investasi untuk jalan2 mbak, semoga pada jangka waktu tersebut, aku dan keluarga diberikan kesehatan untuk berlibur ke tempat yAng udah kami rencanakan

    ReplyDelete
  3. Hihihi iya kdng sungkan nanya2 ma agen asuransi, kalau ada webnya gtu enak ya bisa dapat semua jawaban :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak...lebih nyaman nanya melalui website ya... :)

      Delete
  4. Perencanaan bikin semuanya tenang ya ...

    ReplyDelete
  5. perencanaan bikin semua tenang dan jadi teratur ya.

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
.comment-content a {display: none;}