Bermanfaat Untuk Orang Lain Dapat Membuat Hidup Lebih Berarti



http://www.nurulfitri.com/2017/02/bermanfaat-untuk-hidup-lebih-berarti.html

Siapa sih, yang ingin menjadi single parent? Jika saja boleh memilih, aku ingin perjalanan hidupku baik-baik saja. Menua bersama pasangan hingga anak-anak tumbuh dewasa.
Namun ketika takdir tidak bisa ditolak. Perpisahan memang hal yang wajar dalam kehidupan. Ada yang berpisah dengan pasangan karena kematian, namun ada pula yang bercerai karena satu dan lain hal.
Kini, aku harus berhadapan dengan orang-orang yang selalu bertanya, ketika aku berjalan sendiri di tempat umum.
“Bu, sendirian, aja? Gak dianter?”
“Memang ayahnya kemana?”
Dan bermacam pertanyaan yang terlihat sepele tapi bisa membuat tenggorokanku semakin tercekat. Belum lagi, setelah mengetahui statusku sebagai janda yang ditinggal mati, bisa menimbulkan pertanyaan lain lagi, seperti :
“Kok, enggak nikah lagi?”

Membaca kisah seorang ibu dengan empat buah hati sendiri tanpa seorang suami, benar-benar membuat perasaan saya ikut menjadi sedih. Membayangkan bagaimana masa depan yang akan dijalani ibu muda, tanpa bantuan seorang pendamping. 

Namun setidaknya sahabat saya itu, bisa lebih berlega hati, karena telah mencurahkan semua perasaannya melalui sebuah tulisan di blog pribadinya. Segala yang dirasakan olehnya bisa tercurah dalam tulisan dan membuat dia bisa mengekspresikan perasaan tanpa perlu dipendam. Membebaskan stress yang bisa membelenggu jiwa.

Yup, ketika kita bisa merangkai kata lalu membentuk kalimat, akan sangat bermanfaat untuk membuat perasaan kita menjadi lebih lega. Dengan menulis, baik di buku diary maupun media internet maka tercipta ruang untuk bisa mengekspresikan diri. Sehingga bisa membuat hidup bisa lebih berarti.

Perempuan Perlu Menguasai Teknologi
Siapa bilang kalau seorang ibu rumah tangga tidak perlu menguasai internet? Tentu saja, kaum perempuan harus menguasai teknologi. Dengan teknologi berbasis internet kaum ibu bisa mencurahkan segala rasa tanpa harus memendam perasaan mereka.

Dengan menguasai teknologi, kapasitas dan eksistansi diri yang ingin dicapai oleh semua perempuan akan mudah terpenuhi. Selain itu, untuk memenuhi perannya sebagai seorang istri dan ibu dari anak-anaknya, teknologi akan sangat membantu.

Apalagi generasi muda saat ini sangat akrab dengan perkembangan teknologi berbasis internet. Sebagai seorang ibu, kita harus lebih pintar dari anak-anak, bukan? 

Teknologi berbasis internet ini merupakan peradaban baru dalam dunia komunikasi dan informasi yang tidak mungkin dapat dihindari lagi. Dengan internet, perubahan zaman akan berubah dengan pesat. Jangan sampai anak-anak terlena dengan keindahan dunia maya, sehingga tidak terkontrol oleh orang tuanya.

Di tahap selanjutnya keberadaan internet dapat menimbulkan gaya baru di dalam segala sektor kehidupan. Semua dipengaruhi dengan segala hal yang serba elektronik. Contohnya saja, munculnya e-book, e-library, e-education serta salah satu produk internet yang begitu familiar dengan para perempuan yaitu e-commerce.

Hidup Lebih Berarti Dengan Internet
Semua orang membutuhkan internet dalam membangun aktualisasi diri. Tidak terkecuali kaum perempuan. Bukan zamannya lagi, perempuan hanya diam tanpa mau berusaha untuk meningkatkan kapasitas dirinya..
Selain bisa digunakan untuk mencurahkan segala perasaan dengan menulis di blog, seperti yang dilakukan oleh sahabat saya tadi, ada lagi sisi positif dan peluang yang bisa didapatkan dari internet.

Pertama, internet dapat memperbaiki kualitas hidup, melalui tersedianya beragam informasi sebagai sumber ilmu pengetahuan. Untuk mencari ilmu menjadi istri yang baik, mendapatkan ilmu pengasuhan atau mencari sumber ilmu agama, di internet banyak tersebar sumbernya.

Selain itu, kini internet juga menyediakan pendidikan/kuliah online. Dengan demikian para ibu bisa kuliah lagi tanpa harus meninggalkan aktivitasnya sehari-hari. Jadi, internet memang membuat hidup lebih berarti, bukan?

Kedua, mendapatkan peluang untuk menambah ketrampilan. Mau menambah keahlian menulis, fotografi atau membuat kerajinan tangan? Atau ingin meningkatkan kemampuan memasak, membuat kue dan keahlian lainnya? Kini tidak harus mengikuti kursus. Telah banyak perempuan yang bergabung dalam komunitas sebagai sarana menambah keahlian. 

Anggota komunitas yang tergabung secara online, berasal dari berbagai daerah, adat istiadat, bahasa dan latar belakang pendidikan yang berbeda. Adanya keberagaman yang dimiliki setiap anggota, tidak menghalangi anggota komunitas untuk saling berbagi dan meningkatkan keahliannya masing-masing.

Ketiga, menambah pertemanan melalui internet. Berselancar di dunia maya, dapat memudahkan orang untuk “berinteraksi” meskipun dipisahkan oleh jarak ribuan kilometer. Dengan memanfaatkan internet, komunikasi dengan saudara atau teman jauh yang sangat jarang ditemui, bisa tetap terjaga.

Berkawan dengan orang yang berbeda kebudayaan, istiadat dan bahasa bisa memperkaya pengetahuan kita akan semua hal yang khas dari daerah lain. Semakin banyak kawan dengan keberagamannya masing-masing dapat memperluas wawasan kita.

Keempat, dunia maya merupakan wadah untuk bisa bermanfaat bagi orang lain. Bagaimana caranya? Banyak cara yang bisa kita gunakan. Misalnya menulis artikel yang dibutuhkan oleh banyak orang atau sharing hal yang positif di media social yang kita miliki. 

Menggunakan internet secara cerdas, selain dapat bermanfaat untuk orang lain sekaligus bisa memberikan pahala untuk diri kita, bukan? Sesuatu yang sangat ingin saya capai untuk saat ini. Fasilitas internet yang mumpuni seharusnya saya syukuri dengan menggunakannya secara positif. Hidup ini akan lebih berarti bila bisa bermanfaat untuk orang lain.
http://www.nurulfitri.com/2017/02/bermanfaat-untuk-hidup-lebih-berarti.html

 Perempuan Yang Bermanfaat untuk Kaumnya
Untuk saat ini, saya berusaha semaksimal mungkin untuk bisa bermanfaat untuk orang lain. Karena kini saya lebih banyak mempunyai waktu luang di rumah, maka saya ingin selalu bermanfaat melalui teknologi berbasis internet.

Seperti yang dilakukan oleh sahabat yang telah saya ceritakan sebelumnya. Sahabat yang akrab dengan panggilan Ummi Aleeya ini mengakui, jika internet sangatlah penting bagi hidupnya. Karena bisa menopang kelancaran pekerjaannya selama ini.

Bukan tanpa alasan, ibu dari empat orang anak ini fokus mengoptimalkan penggunaan internet. Dua tahun yang lalu, Ummi Aleeya harus dihadapkan oleh kenyataan yang begitu pahit. Di usianya yang masih terbilang muda, dengan anak-anak yang masih kecil, harus menjalani kehidupan sendirian tanpa pendamping. Suami yang dicintainya, pergi meninggalkan bahtera rumah tangga yang dipimpinnya.

Meskipun selalu ada di samping suami ketika berjuang melawan penyakit yang dideritanya. Kepergian sandaran hidupnya dalam usia yang masih muda, tak pelak membuatnya sangat terpukul. Jika saya berada di tempatnya, apakah akan sanggup bisa setegar dia? Entahlah …

Namun ditinggalkan pergi oleh imam keluarganya, tidak membuat perempuan berjilbab lebar itu terbelenggu lama dalam kesedihan. Dia menyadari kini ada masa depan empat orang anak yang harus diperjuangkannya. Sebagai orangtua tunggal, Ummi Aleeya harus bisa bangkit, mencari sumber penghasilan untuk mendampingi tumbuh kembang buah hatinya. 

Mengoptimalkan penggunaan internet menjadi pilihan Ummi Aleeya untuk menghidupi anak-anaknya. Untuk menambah pengetahuan bagaimana cara mendapatkan penghasilan dari internet, ibu asal Kota Bandung ini pun mengikuti berbagai pelatihan.

Dan di salah satu pelatihan yang dilakukan secara online inilah, saya mengenal sosok perempuan tangguh tersebut.

Yang membuat saya kagum adalah semangatnya untuk terus belajar agar wawasannya berkembang, tidak pernah berhenti. Pengetahuan yang telah diperoleh dosen sebuah perguruan tinggi di Bandung ini tidak hanya dimanfaatkan oleh dirinya sendiri. Berharap bisa bermanfaat untuk orang lain, akhirnya perempuan bernama yang memiliki nama asli Sri K. ini mendirikan pelatihan Joeragan Artikel.
http://www.nurulfitri.com/2017/02/bermanfaat-untuk-hidup-lebih-berarti.html

Tujuan didirikannya Joeragan Artikel untuk membantu perempuan di sekitarnya untuk memiliki penghasilan dengan menulis artikel. Pelatihan tersebut juga bertujuan untuk mengenalkan tata cara membuat artikel.

Sebagai agen artikel.,perjalanan usahanya mengalami masa naik turun. Beberapa kali dia harus dihadapkan oleh member yang kurang profesional di dalam teamnya. Di tengah proyek yang sedang dijalani ada beberapa orang yang mendadak mengundurkan diri. Mereka tidak paham tentang tata cara penulisan artikel. 

Oleh karena itu, sahabat saya ini membuka pelatihan untuk memudahkan pengerjaan proyek dan menyediakan personal pengganti bila ada yang berhalangan ikut serta dalam sebuah proyek.

Joeragan Artikel pada awal berdirinya memilki 10 anggota. Hingga kini, agen artikelnya telah memiliki 100 orang alumni. Lalu apa yang dilakukan para alumni setelah lulus? Ternyata para alumninya terus dilibatkan dalam proyek yang nantinya disalurkan menjadi kontributor di Website Emakpintar.Asia. Hebat, ya...

Selain itu, alumnusnya juga diberi kesempatan menjadi kurator artikel dan bergabung di pelatihan lainnya seperti pelatihan membuat puisi. Dan puisi hasil peserta training pun digabungkan menjadi sebuah buku antologi yang diterbitkan oleh penerbit mayor. 

Dan kini telah banyak perempuan yang bisa memiliki penghasilan dari optimalisasi penggunaan internet berkat tangan dinginnya. Semoga usahanya bisa membuat semakin banyak perempuan yang memiliki penghasilan sendiri. Hal ini semakin membuktikan bahwa dengan internet kita bisa berbuat hal yang lebih baik dan menjadikan hidup lebih berarti.

Peran Internet 4G LTE Untuk Membuat Hidup Lebih Berarti
Kita semua tahu, semua aktivitas kita di dunia maya tidak terlepas dari jaringan internet yang mumpuni. Sebagai pelaku bisnis yang menggunakan internet sebagai alat bantunya, jaringan cepat tanpa putus sangat diperlukan. Apalagi bagi saya yang sering keluar untuk mengunjungi orangtua di akhir minggu, jaringan internet yang bisa dipakai di berbagai lokasi sangat saya butuhkan. 

Beruntung kini telah ada provider XL dengan jaringan ekstra sehingga cakupannya menjadi lebih luas. Seperti ketika saya berlibur bersama keluarga di kolam pancing yang berada di kaki Gunung Manglayang, saya masih bisa menggunakan internet dengan leluasa. Jaringannya ternyata bisa menjangkau ke daerah seperti kaki gunung dan pesawahan.

http://www.nurulfitri.com/2017/02/bermanfaat-untuk-hidup-lebih-berarti.html
XL LTE di pesawahan kaki Gunung Manglayang
Ternyata saya tidak salah memilih XL sebagai pendukung aktivitas saya berinternet dengan menggunakan smartphone. Karena XL merupakan kartu yang paling pas untuk Smartphone.
1.   Kecepatan Xtreme untuk video tanpa putus.
2.   Kartunya mendukung jaringan dan gadget 2G/3G/4G
3.   Paling pas untuk smartphone Android, IOS, Windows dan BlackBerry
4.   Lebih aman dengan teknologi encryption terbaru

Nah, benar sudah terbukti, bukan? Jaringan intenet tidak akan mengalami hambatan berkat XL. Keinginan saya untuk bisa selalu bermanfaat bagi orang lain pun bisa berjalan lebih baik. Dengan bermanfaat bagi orang lain tentu saja hidup ini akan lebih berarti.



43 comments:

  1. Kece memang juragan artikel ini ya Mbak. Bikin peempuan semangat dan berkontribusi buat diri sendiri dan orang lain.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul Mbak, bikin kita semakin semangat untuk bermanfaat untuk orang lain ya..

      Delete
  2. Wih mantap baru tau tentang Juoeragan Artikel, mau cari-cari tentang infonya ah

    ReplyDelete
  3. adanya internet emang membuat hidup kita jadi makin mudah, yaa.. Tapi tetep sih, semudah apapun itu, kadang tetap aja ada yg kurang kalau gak bersama pendamping. *duh..
    Ohiya, Joeragan Artikel bermanfaat sekali ya untuk para perempuan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Karena pendamping bisa menyemangati ya, Mbak :)

      Delete
  4. Iya nih sekarang mau gak mau internet juga jadi salah satu kebutuhan :D

    Dengan internet semuanya bisa dengan mudah berkarya.

    Para perempuan semakin berdaya *tsahh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siip...kita bisa makin mudah berkarya ya...

      Delete
  5. berharap jaringan 4G ada dimna2 semua wilayah..

    ReplyDelete
  6. Hebat! Salut! Semoga proyek Juragan Artikel ini bisa menjadi bekal buat di akhirat ya. Aamiin
    XL sih emang ga ada matinya. Pertemuan ga sengaja aku sama XL karena bonus pembelian android pertama aku kepake banget sampai sekarang

    ReplyDelete
  7. Iya jadi Janda susahh emang Mbakk.. Jeran kadang sama orang Indoo... Btw aku suka iri sama yg dapat jaringan XL di tempatku belum adaa.
    Padahal paketnya luar biasa keren huhu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga nanti jaringan XL bisa ada di tempat Kak Ajen ya...

      Delete
  8. Dengan ini nggak perlu lagi ada perdebatan bahwa perempuan harus di rumah sementara lelaki pergi kerja. Sekarang perempuan juga bisa kerja tanpa harus meninggalkan rumah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul Mas, perempuan bisa bekerja juga, meskipun dari dalam rumah.

      Delete
  9. Perempuan emang dituntut produktif ya mbak, biar gak tergantung ma siapapun.
    Baru denger ttg Joeragan Artikel, kalau emak pintar tau hehe. Btw kalau gabung sama Joeragan artikel gmn caranya mbak? TFS

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa menghubungi akun FB Ummi Aleeya, Mbak April :)

      Delete
  10. bener itu mba. Internet dan teknologi sangat penting untuk jaman yang modern ini tidak ada kesetaraan gender semua boleh belajar untuk memakai teknologi. XL manteb tuh jaringan 4Gnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yup, semua bisa memakai teknologi tidak terkecuali kaum perempuan ya..

      Delete
  11. Aku tanpa internet yg ada kerjaan akan buyaar T_T

    ReplyDelete
  12. Kalau keberagaman di daerah saya bermacam macam, ada yang sebagai pekerja pabrik, pedagang, penjual jus, tukang bangunan dan lain sebagainya. Sementara saya sendiri sebagai blogger, namun saling melengkapi antara satu dengan yang lainya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semua profesi memang sehasrusnya saling melengkapi ya..

      Delete
  13. Salut ama ibu ibu yang mampu melakukan pemberdayaan ibu ibu yang lain apalagi mampu memberikan pemasukan lebih. Keren banget deh

    ReplyDelete
  14. Salut ama ibu ibu yang mampu melakukan pemberdayaan ibu ibu yang lain apalagi mampu memberikan pemasukan lebih. Keren banget deh

    ReplyDelete
  15. Behhhh saya juga pakai XL.. Kuotanya banyak harganya Hemat

    ReplyDelete
  16. Wah hebatnya bikin joeragan artikel yang udah berkembang sampai sekarang. Perempuan harus melek teknologi, yes!

    ReplyDelete
  17. Internet juga memiliki jasa besar buat saya, karena jaringan internet tumbuh pesat saya bisa bekerja dan kenal dengan banyak teman Blogger. :)

    ReplyDelete
  18. Setujuu..perempuan harus menguasai teknologi nggak boleh ketinggalan

    ReplyDelete
  19. baru tahu soal Joeragan artikel, tapi salut banget dan keren.
    Banyak alumninya, bisa bermanfaat ga buat diri aja tp oranglain.

    ReplyDelete
  20. Internet ... mendekatkan yang jauh. Memberi kesempatan kita untuk bermanfaat lebih luas. Jika dunia nyata belum memberikan kita kesempatan, maka bermanfaatlah di dunia maya.

    ReplyDelete
  21. teknologi internet emang bermanfaat banget buat kehidupan ya, asal tau cara menggunakannya. Salut sama Ummi Aleeya, salamin ya mbak :)

    ReplyDelete
  22. Setuju mba. Internet harus bisa dimanfaatkan agar bermanfaat bagi yang lain :)

    ReplyDelete
  23. Internent memang mempermudah segalanya ya, membuat dunia jd tanpa batas.. Skrg saya jd banyak teman baru dr internet, tepatnya komunitas blogger :D Senaaaang!

    ReplyDelete
  24. Salut dengan perempuan yang pernah terpuruk sekali hidupnya tapi mampu bangkit dan menginspirasi banyak orang. Semoga dengan hadirnya internet semakin bisa menyebarkan inspirasi ke banyak orang.

    ReplyDelete
  25. Keren review nya mba,,, teknologi smkn berkembang qt yg hrs benar memanfaatkan

    ReplyDelete
  26. Salut, dg status jandanya Mbak Asri tidak surut dalam berkarya dan berbagi.

    ReplyDelete
  27. Yup bener banget mba, jaman sekarang perempuan jg harus menguasai teknologi ya, bahkan banyak perempuan2 yg sudah sukses di bidang teknologi di era internet seperti sekarang ini

    ReplyDelete
  28. XL bikin gak mati gaya yaa..
    Cepet banget...wush..wush..wush...

    ReplyDelete
  29. wah XL sinyalnya bisa sampe ke pelosok gitu ya mba? keren dunks... saya emang ada niat ganti provider, yang dipakai selama ini aaarrggh gak banget deh, sering ngadat.

    ReplyDelete
  30. Para ibu digital yang mengerti sekali manfaat internet. Semoga lebih banyak ibu yang mendapat manfaat dari internet.

    ReplyDelete
  31. Di tempat saya XL buruk sinyale mba, hiks hiks hiks... Makanya saya nggak ikutan lomba blog XL

    ReplyDelete
  32. Mbaaa.. Aku ga nemu sinyal XL di Ambon haha

    ReplyDelete

.comment-content a {display: none;}