Menunda Penuaan Dini Dengan Berpuasa

Mendengar kata menunda penuaan dini dengan berpuasa, membuat insting kewanitaan saya menjadi tertarik. Yup, wanita mana yang tidak ingin awet muda? Semua pasti menghindari penuaan dini, bukan? Eh, tapi bukan hanya para wanita saja yang tidak mau terlalu cepat menua, loh! Kini kaum adam pun menginginkan penampilannya selalu tampak selalu muda.

http://www.nurulfitri.com/2017/06/menunda-penuaan-dini-dengan-berpuasa.html

Maka, ketika membaca sebuah bahasan tentang manfaat ibadah puasa untuk mencegah penuaan dini, saya pun tertarik untuk mengetahuinya lebih jauh lagi. Dan untuk mencegah apa yang telah saya baca menguap entah kemana, lebih baik saya menuliskannya lagi di sini. Siapa tahu, teman-teman juga tertarik untuk menunda penuaan dini.


Ibadah puasa merupakan pokok ajaran dalam Islam yang menempati urutan ketiga setelah syahadat dan shalat. Puasa juga merupakan ibadah yang tinggi derajatnya di hadapan Allah dan merupakan satu-satunya perisai untuk menahan bara api neraka di akhirat kelak.

Seiring perkembangan zaman, semakin bergeser pula gaya hidup masyarakat di masa kini. Selain gaya hidup, tingginya tingkat polusi sangat berpengaruh pada proses penuaan tubuh. Oleh karena itu, tidak heran jika kita menemukan orang-orang yang mengalami proses penuaan lebih dini dari waktu sewajarnya.

Sebenarnya apa yang mempengaruhi terjadinya proses penuaan? Faktor yang pertama adalah segala hal yang terkait dengan susunan gen manusia. Faktor ini, merupakan faktor yang tidak dapat dihindari oleh siapa pun. Hal tersebut ditandai dengan berhentinya siklus menstruasi pada wanita atau proses rontoknya rambut pada kaum laki-laki.

Sedangkan faktor kedua yaitu hal yang berhubungan dengan penyakit berat yang mematikan seperti kanker, penyakit jantung, atau stroke. Semua penyakit berat itu, diakibatkan karena penimbunan lemak yang berlebihan. 

http://www.nurulfitri.com/2017/06/menunda-penuaan-dini-dengan-berpuasa.html

Lalu, bagaimana proses menunda penuaan dini dengan berpuasa? Dengan berpuasa maka proses masuknya kalori ke dalam tubuh akan berkurang. Berpuasa juga mengurangi masuknya makanan berbahaya yang dapat menimbulkan penyakit serta dapat memperlambat proses penuaan.

Saat puasa, dalam tubuh akan terjadi penurunan tekanan darah, berat badan dan denyut jantung. Kadar gula darah pun akan turun saat puasa, karena tubuh merespon insulin lebih baik.

Di lain sisi, ada beberapa jenis hormon yang meningkat saat puasa, contohnya saja hormon awet muda yang dapat meningkatkan regenerasi. Proses regenerasi inilah yang akan membuat seseorang terlihat lebih muda. 

Apakah hanya hormon seperti human growth hormon saja yang meningkat? Ternyata, tidak! Hormon melatonin juga akan meningkat saat kita berpuasa. Hormon melatonin selain dapat mengatasi sulit tidur, mengatasi stres juga merupakan hormon anti penuaan. Nah, meningkatnya hormon-hormon inilah, yang membuat orang saat puasa akan terlihat lebih awet muda.

Semua teori tentang penundaan dini melalui berpuasa, dibuktikan oleh penelitian yang dilakukan oleh para ilmuwan. Dalam buku Penjelasan-penjelasan Ilmiah Tentang Dahsyatnya Manfaat Ibadah, dijelaskan bahwa puasa dapat menunda penuaan dibuktikan dengan penelitian ilmuan Rusia.

Penelitian seorang ahli biokimia dari Rusia, bernama Vladimir Nikitin menggunakan tikus sebagai objek percobaannya. Dia menguji beberapa tikus berusia dua setengah tahun dengan cara tidak diberi makan beberapa saat. 
Dan hasilnya ... ternyata tikus-tikus tersebut mempunyai usia lebih panjang 4 tahun dibandingkan dengan tikus yang tidak pernah puasa.

Oh, ya, ternyata pembuktian menunda penuaan dini dengan berpuasa dilakukan pula oleh peneliti asal Amerika. Berbeda dengan peneliti dari Rusia, peneliti Amerika, melakukan percobaan terhadap ayam petelur yang tidak produktif lagi. 

Ayam-ayam tersebut tidak diberi makan dalam waktu beberapa hari, kemudian setelahnya diberi makan seperti biasanya. Ternyata ayam-ayam tersebut dapat bertelur kembali dalam waktu yang lebih singkat dan jumlah telurnya pun menjadi lebih banyak. 

Dari dua percobaan tadi, dapat disimpulkan bahwa berpuasa memang dapat menunda penuaan dini. Bagaimana? Ingin selalu terlihat awet muda dan sehat? Yuk, rajin berpuasa. Berkat berpuasa, pahala melimpah, badan sehat dan penuaan dini pun dapat dicegah.

Artikel terkait :


26 comments:

  1. Manfaat puasa memang luar biasa... Seseorang yang tahu akan manfaat puasa pasti akan lebih semangat lagi menjalankan puasa... Salam kenal mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ibadah yang bermanfaat ya.. salam kenal juga :)

      Delete
  2. Masyaallah apa emang udah paling pas kita ikut apa yg sudah dianjurkan dalam al-quran ya Mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Apa yang dianjurkan dalam Al-Qur'an pasti ada manfaatnya buat kita.

      Delete
  3. Alhamdulillaah..., semoga ini menginspirasi untuk lebih senang dalam berpuasa, termasuk puasa sunnah :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin... semoga jadi semakin rajin ya, Mas

      Delete
  4. Puasa itu berkahnya banyak sekali ya. Ibadah, kesehatan, kecantikan juga. Terima kasih infonya, Mbak.

    ReplyDelete
  5. Ahah..aku mau rajin puasa terus aah teteeh, biar bisa menunda penuaan hihiii

    TApi memang benar, aku pernah baca juga hal yang sama, ternyata puasa banyak banget manfaatnya yaa..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pasti jadi tambah keliatan muda, ya, Teh :)

      Delete
  6. Intinya puasa yg benar bikin sehat.
    Klo sehat insyaAllah menunda penuaan yaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah, bener Mbak. Kalau sudah sehat pasti bisa menunda penuaan dini

      Delete
  7. Bnr bngt aku jg prnh baca obat awet muda selain menjaga kesehatan kita

    ReplyDelete
    Replies
    1. Obat sekaligus bisa mendatangkan pahala ya...

      Delete
  8. Mbaa, artikel yang menarik mba Nurul. Aku baru tahu manfaat lain puasa bisa mencegah penuaan dini. Apa yang Allah anjurkan memang sudah ada alasan yang tentunya baik buat manusia. Makasih sudah berbagi mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Allah sayang pada makhluk-Nya ya, Mbak. Segala yang jadi perintahnya pasti bermanfaat.

      Delete
  9. Wah mbak..saya malah baru tahu kalau puasa bisa menunda penuaan dini. Benar-benar kuasa Allah yaa..

    ReplyDelete
  10. Apalagi kalau ditambah puasa marah-marah ya mbak? Tambah bisa mencegah penuaan dini :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah itu, puasa kan untuk menahan nafsu amarah, jadi bisa mencegah penuaan dini

      Delete
  11. Wah kudu tambah rajin nih puasa sunnahnya #Eh
    Emang puasa itu sangat bagus ya mbak, alhamdulillah sudah ada bukti ilmuahnya seperti itu TFS

    ReplyDelete
    Replies
    1. Harus, dong Mbak April... harus tambah rajin puasa sunahnya hehehe

      Delete
  12. Eh.gitu ya mbak.baru tahu kalau puasa dpt menunda penuaan. Klo gitu jadi semangat nih puasanya

    ReplyDelete
  13. Iya nih, Teh. Aku pernah denger (eh apa baca, ya? Lupa) katanya puasa bisa membantu menghambat penuaan. Jadi pengen mendawamkan lagi puasa sunnah, nih.

    ReplyDelete
  14. MasyaAllah ya kebesaranNya dari makna berpuasa ini. Semoga ibadah kita dilancarkan sampe akhir ramadhan nanti ya mba. TFS :)

    ReplyDelete

.comment-content a {display: none;}