Menyembuhkan Penyakit Berat Melalui Puasa

Puasa menyembuhkan berbagai macam penyakit (sumber gbr : google)
Puasa, secara medis telah diketahui banyak manfaatnya.Tidak hanya secara fisik, puasa juga bermanfaat untuk kesehatan psikis. Karena banyak manfaatnya maka, puasa banyak dianjurkan dan dipraktekkan oleh ahli kesehatan sebagai terapi kesehatan. 

Ibadah bagi umat Islam ini, kadangkala dianggap berat oleh sebagian orang. Karena harus menahan lapar dan haus seharian, tanpa menghentikan aktivitas sehari-hari. Bahkan ada yang tidak mau melakukan puasa, karena merasa terganggu kesehatannya. Ada yang mengeluh menderita sakit lambung, ada yang mengeluh pusing atau keluhan lainnya.


Padahal, puasa sendiri merupakan proses tubuh untuk membersihkan dirinya. Dengan tidak mendapat asupan makanan atau minuman, maka organ tubuh bisa beristirahat. Organ tubuh tidak terus-menerus bekerja dan bisa meregenerasi sel-selnya. Selain meregenerasi sel-sel mati menjadi sel yang baru, dengan berpuasa, tubuh pun bisa membuang racun di tubuh dengan lancar.

Secara keseluruhan, puasa sangat bermanfaat bagi kesehatan, terutama juga bisa mencegah timbulnya berbagai macam penyakit. Penyakit apa sajakah yang dapat ditangkal melalui puasa? Berikut ini  manfaat puasa untuk menangkal beragam penyakit diantaranya :

Mencegah Tumor
Rasa lapar yang dirasakan oleh orang yang sedang berpuasa, dapat membantu menggerakkan oragan-organ internal di dalam tubuh untuk menghancurkan atau memakan sel-sel yang telah rusak atau lemah. Tumor ganas merupakan sel-sel yang rusak dan tidak terkendali. Oleh karena itu, puasa dapat mencegah terjadinya tumor ketika di awal masa pembentukannya.

Puasa juga berfungsi mencegah tubuh dimasuki zat-zat berbahaya secara berlebihan. Zat-zat berbahaya seperti lemak jahat, dapat diminimalisir masuk ke dalam tubuh, ketika berpuasa. Selain lemak, kelebihan kalsium, kelebihan garam, terlalu banyak mengosumsi daging, semua zat berbahaya tersebut, dapat diminimalisir dengan melakukan berbahaya.

Menjaga Kadar Tinggi Gula Darah
Dengan berpuasa, dapat membantu menurunkan kadar gula dalam darah sehingga mencapai kadar seimbang. Dalam hal ini, puasa memberikan waktu untuk kelenjar pankreas beristirahat, hingga  dapat mengeluarkan insulin. Insulin berguna untuk menetralkan gula menjadi zat tepung dan lemak dan dikumpulkan di dalam pankreas. Apabila ada makanan yang mengandung insulin secara berlebihan, pankreas akan melemah dan tidak berfungsi. Hal ini mengakibatkan kadar gula dalam darah dapat merambat naik dan terus meningkat hingga dapat menimbulkan penyakit diabetes.

Menurunkan Berat badan dan Obesitas
Mudah dipahami, jika puasa dapat menekan berat badan, kegemukan atau obesitas. Obesitas, seperti yang kita ketahui, dapat menimbulkan penyakit kronis yang tinggi. Seperti jantung, diabetes, stroke, hipertensi dan lain sebagainya.

Dengan berpuasa, maka asupan makanan dalam tubuh akan berkurang. Sehingga tubuh akan mengambil kebutuhan nutrisi dari cadangan yang ada di tubuh. Hal ini bisa membantu menurunkan berat badan.

Mencegah Penyakit Nacreous
Apakah yang disebut dengan penyakit nacreous? Nacreous adalah penyakit yang disebabkan kelebihan makan dan sering mengkonsumsi daging. Dalam kondisi ini, tubuh tidak dapat mengurai berbagai protein yang ada di dalam daging. Hal tersebut dapat menyebabkan kelebihan urine dalam persendian, terutama pada jari-jari kaki. 

Ketika persendian terkena penyakit nacreous maka akan membengkak, memerah dan disertai rasa nyeri. Yang lebih parahnya lagi, kadar garam dalam urine yang berlebihan dalam darah, dapat mengendap dalam ginjal. Kondisi seperti ini, menyebabkan pengkristalan di dalam ginjal. Oleh karenanya, cara untuk mengobati penyakit ini adalah dengan mengurangi porsi makan, yaitu dengan cara berpuasa. Ini membuktikan bahwa puasa dapat mencegah zat yang merugikan banyak mengendap di dalam tubuh.

Mengurangi dan Mengontrol Kolesterol
Para ahli kesehatan telah mengakui kebenaran puasa sebagai terapi kesehatan. Dengan berpuasa dapat mengurangi kadar minyak dalam tubuh dan menyebabkan berkurangnya kolesterol. 
Sebagai mana telah diketahui pada umumnya, kolesterol merupakan zat yang tertimbun dalam tubuh dan dapat mengakibatkan timbulnya berbagai macam penyakit kronis.

Mengurangi Resiko Stroke
Puasa dapat memperbaiki kolesterol darah yang menyumbat pembuluh darah dalam bentuk atekosklorosis (pengapuran dan pengerasan pembuluh darah). Sedangkan serangan stroke terjadi, karena kelebihan kolesterol di dalam darah. Dengan melakukan puasa atau mengurangi asupan yang masuk, maka tubuh dapat mengontrol kolesterol penyebab stroke.

Terbukti secara medis, puasa memiliki manfaat yang banyak bagi tubuh. Selain itu puasa juga merupakan ibadah yang multifungsi, dan dapat mencegah dampak negatif yang timbul dari pola makan sembarangan. Gaya hidup tidak sehat yang mengakibatkan timbulnya penyakit, dapat diubah dengan sering melakukan puasa. Karena puasa dapat menyembuhkan penyakit berat.

Referensi : Penjelasan-penjelasan Ilmiah tentang Dahsyatnya Manfaat Ibadah-ibadah Harian untuk Kesehatan Jiwa dan Fisik (Agus N. Cahyo)

21 comments:

  1. SubhanAllah dampak puasa y mbk....Rindu sya sejak hamil dan mnyusui blum puasa lagi

    ReplyDelete
  2. The power of puasa :)))

    Ternyata banyak sekali ya manfaatnya, sambil ibadah bisa hidup sehat :)))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betuul mbak... ibadah yang menyehatkan :)
      terima kasih sudah berkunjung ya..

      Delete
  3. sy jg meyakini dan percaya bahwa ada keajaiban hebat dari berpuasa terlebih secara medis hal itu sdh diakui melalui penelitian. #salam dinantkn kunjgn balikx.

    ReplyDelete
  4. Puasa menyembuhkan penyakit lambung saya tapi kok nggak menurunkan berat badan saya ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin karena lambungnya sehat, makan juga jadi enak. Akhirnya berat badan gak turun. . he..he..

      Delete
  5. Sbhanallah manfaat puasa ya Mbak. Makanya au pengin konsisten puasa Senin-Kamis.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dengan konsisten puasa, badan kita pasti lebih sehat ya mbak :)

      Delete
  6. Subhanallah..ternyata banyak bgt manfaat puasa ya mak

    ReplyDelete
  7. Subhanallah. Klo konsisten shaum senin kamis dan puasa lainnya tubuh jadi lebih sehat ya, mak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mak, lebih sehat jika dillakukan dengan konsisten :)

      Delete
  8. Puasa berpahala dan memang banyak manfaatnya.
    Terima kasih pencerahannya
    Salam hangat dari Surabaya

    ReplyDelete
  9. Obat manjur adalah dengan berpuasa ya mak ^^

    ReplyDelete
  10. belum bisa konsisten nih mba...Senin kamis..tp ttp berusaha spy bisa trs rutin ngelakuinnya :)

    ReplyDelete
  11. Semangat, ayo semangat puasa, karena memang manfaatnya banyak sekali. Terutama karena mengistirahatkan sebentar sistem pencernaan :)

    ReplyDelete
  12. Puasa juga detok ya mak, membuang racun...:)

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar. Mohon maaf, karena banyaknya SPAM, maka komentarnya saya moderasi dulu. ^~^

.comment-content a {display: none;}