Taman Kota, Ruang Publik Yang Bermanfaat

Taman Kota, Ruang Publik Yang Bermanfaat. Berdasarkan data yang diperoleh dari Wikipedia, suhu permukaan bumi rata-rata mengalami peningkatan sekitar 1,1 hingga 6,4 derajat selsius. Peningkatan suhu ini disebabkan karena efek rumah kaca, kerusakan lingkungan serta berkurangnya lahan hijau yang berfungsi untuk menghasilkan udara segar.

Untuk mengatasi masalah pemanasan global ini, diperlukan lingkungan hijau dengan area yang cukup luas. Selain itu, lingkungan hijau juga sangat bermanfaat untuk keberlangsungan hidup manusia karena menyediakan oksigen yang berlimpah.
http://www.nurulfitri.com/2017/09/taman-kota-ruang-publik-yang-bermanfaat.html
Taman Balai Kota Bandung

Saya setuju dengan pendapat Mbak Monda Siregar, dalam tulisannya tentang Taman Kota, Ruang Publik Untuk Semua, yang menuturkan bawah taman kota merupakan tempat yang dapat digunakan oleh publik untuk menyegarkan mata, pikiran serta tempat berinteraksi dengan lingkungan dan orang lain. 

Dan memang benar, banyaknya tumbuhan hijau yang ada di taman, dapat menyerap polusi udara kotor yang dihasilkan oleh kendaraan bermotor dan menggantikannya dengan udara yang bersih. Sehingga taman kota dapat menyediakan udara dengan kualitas baik yang bisa dimanfaatkan oleh masyarakat.
http://www.nurulfitri.com/2017/09/taman-kota-ruang-publik-yang-bermanfaat.html
Taman Alun-alun Bandung
Pemerintahan Kota Bandung temasuk salah satu instansi pemerintahan yang fokus pada penyediaan ruang hijau. Rencananya, pemerintah Kota Bandung akan menyediakan 30 taman tematik. Tujuan pembangunan taman tematik tersebut untuk mewujudkan Bandung yang bersih, hijau dan berbunga, sesuai dengan slogannya, "berhiber".

Taman tematik yang sudah bisa dinikmati warga Bandung dan wisatawan, diantaranya Taman Fotografi, Taman Pustaka Bunga, Taman Musik, Taman Film, Taman Persib, Taman Pasupati (taman jomblo), Taman Fitness dan taman lainnya yang tersebar di sudut Kota Bandung.

Sebagai warga Kota Bandung, saya sangat bersyukur karena pemerintah daerah bisa menyediakan banyak taman kota di setiap sudutnya. Karena dengan kehadiran taman kota setidaknya saya memperoleh beberapa manfaat seperti :


http://www.nurulfitri.com/2017/09/taman-kota-ruang-publik-yang-bermanfaat.html
Rumput sintetis di Taman Alun-alun Kota Bandung
Tempat Pemulihan Kesehatan
Di taman kota, saya beserta keluarga dapat berjalan-jalan di bawah pohon yang rindang dan menghirup udara yang penuh dengan oksigen. Paru-paru akan terasa segar karena pasokan oksigen yang melimpah. Asupan udara segar ini, dapat menyehatkan badan, siapa pun yang menghirupnya.
http://www.nurulfitri.com/2017/09/taman-kota-ruang-publik-yang-bermanfaat.html
Kegiatan amal mahasiswa/i fakultas kedokteran universitas swasta di Bandung
Selain itu, taman kota pun kini bisa digunakan untuk mengontrol keadaan tubuh kita. Saya pernah melihat di Taman Alun-alun Kota Bandung, beberapa mahasiswa kedokteran yang menyumbangkan tenaga dan keahliannya untuk memeriksa kesehatan pengunjung yang datang ke Taman Alun-alun Bandung. Kegiatan anak-anak muda tersebut, patut diacungkan jempol, bukan?


Tempat Berinteraksi Sosial
Sebagai tempat wisata yang terletak di dalam kota sehingga mudah dijangkau dan harga masuk yang relatif murah, membuat masyarakat lebih senang mengunjungi taman kota di waktu senggangnya. Saling berinteraksi di bawah sejuknya pepohonan serta berteduh dari panasnya sinar matahari.

Misalnya saja, kegiatan ibu-ibu sebuah komunitas yang mengadakan acara kumpul bareng dan makan bersama. Tidak perlu jauh-jauh mengadakan acara bersama, taman kota bisa menjadi alternatif pilihan yang paling ekonomis, loh!
http://www.nurulfitri.com/2017/09/taman-kota-ruang-publik-yang-bermanfaat.html
Kumpul bersama dan makan bareng sebuah komunitas ibu-ibu
Tempat Edukasi
Selain mendapatkan udara yang segar, pemandangan yang serba hijau dan tempat yang nyaman, taman kota juga bisa dijadikan tempat edukasi. Terutama untuk anak-anak. Mereka bisa mengenal berbagai macam tumbuhan dan hewan saat berkunjung ke taman kota.

Tempat Rekreasi
Manfaat taman kota yang paling banyak dinikmati adalah sebagai tempat rekreasi. Berlibur bersama keluarga dan teman-teman di taman kota merupakan salah satu wisata yang murah meriah. Selain tempatnya yang mudah untuk dikunjungi, biaya untuk berwisata ke taman kota tidak memerlukan dana yang besar.

Semua anggota keluarga, termasuk anak-anak pasti akan menikmati bermain di taman kota. Suasananya yang teduh dan sejuk, serta beberapa fasilitas tempat bermain pasti akan sangat menyenangkan bagi anak-anak.
http://www.nurulfitri.com/2017/09/taman-kota-ruang-publik-yang-bermanfaat.html
Fasilitas bermain untuk anak yang ada di Taman Alun-alun Kota Bandung
Taman kota sebagai ruang publik terbukti memiliki banyak manfaat yang dapat dinikmati oleh semua kalangan masyarakat. Apalagi untuk masyarakat yang ada di kota besar, kehadiran taman kota sangat dibutuhkan keberadaannya. Polusi yang tercipta dari banyaknya kendaraan di jalanan kota, bisa berkurang dampak negatifnya, dengan keberadaan lingkungan hijau.

Ruang publik ini harus tetap dirawat oleh semua lapisan masyarakat serta jajaran pemerintah, agar semua orang tetap mendapat udara segar yang berkualitas serta untuk menghindari dampak pemanasan global.
Nah, berapa banyak taman kota yang sudah dikunjungi oleh teman-teman? Bagaimana keadaannya di sana? Terawatkah? Sharing,yuk!

http://www.nurulfitri.com/2017/09/taman-kota-ruang-publik-yang-bermanfaat.html
Salah satu kegiatan anak muda, untuk menjaga lingkungan tetap bersih
Bacaan Terkait :

66 comments:

  1. Bangga jadi orang Bandung, ya. Punya banyak taman sekarang. Bisa jadi tempat main murah meriah. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Teh... senengnya tinggal di Bandung ya...

      Delete
  2. Saya suka kalau ada taman yang bersih dan adem. Buat bermain anak dan refreshing.

    ReplyDelete
  3. Asyik ya di bandung banyak taman kotanya. Semoga suatu saat bisa mengunjungi salah satu atau lebih dari taman-taman itu :)

    ReplyDelete
  4. Taman alun2 kayaknya asik juga, apalgi dekat mesjid ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Asik banget Mbak... bisa sekalian wisata mesjid

      Delete
  5. Senangnya makin banyak taman kota yang bermanfaat bagi warga. Semoga tak hanya Bandung saja, kota-kota lain di Indonesia juga punya:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga semakin banyak taman dikota yang lainnya ya...jadi sumber oksigennya makin banyak

      Delete
  6. Pengen euuh punya rumah yang dekat taman kaya gitu...

    ReplyDelete
  7. kodya bogor udah punya, tinggal kabupaten bogor nih yg belum. mudah-mudahan cibinong segera punya taman kota..

    ReplyDelete
  8. Itu rumput meskipun sintetis kok rasanya seger bgt di liat ya.. Apalagi kalo yg tumbuhan beneran ky di taman kota. Segernya asli

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mbak..rumputnya gak pernah kering hhihih

      Delete
  9. Aku juga suka main ke taman! Suka banget malah. Kadang cuma buat duduk sendirian dan baca buku. Sebagai warga Ibukota yang hampir selalu bising dan penuh polusi, taman jadi tempat hiburan mudah dan mudah dijangkau banget. Aku paling suka taman suropati sama taman menteng sih. Banyak kegiatan yang bisa dilihat. Apalagi taman suropati, kegiatan seninya tinggi. Sukak. Semoga makin banyak taman kota di mana-mana supaya udara kembali nyaman dinikmati semuanya. Aamiin.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selain untuk mencari udara yang segar, bisa menikmati karya seni juga ya...

      Delete
  10. Waaa...senang ya yg punya taman kota. Memang harusnya kita punya taman kota. Manfaatnya banyak gitu 😍
    Kadangkala kalau buat rumah taman kotanya ketetran tuh, panas jadinya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jangan sampai kebanyakan rumah tapi gak ada taman di kota ya...

      Delete
  11. Ditpat tinggal saya jarang ada taman, tapi kalo sawah sam hutan bambu banyak.. walaupun sudah berkurang yang kini menjadi perumahan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semakin banyak perumahan yang dibangun di tanah yang tadinya merupakan sumber udara segar, ya...

      Delete
  12. Saya senang sekali ke taman kota sama anak Mbak Nurul, rasanya segar dan sarana me refresh pikiran. Kebetulan taman kota di Surabaya bersih dan nyaman

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah... alhamdulillah, di Surabaya juga banyaj taman yang bersih ya..

      Delete
  13. Kalau di Medan sendiri, ruang terbuka ada beberapa tapi menurut aku tidak terlalu nyaman, dan hanya beberapa orang saja yang datang ke sana.

    ReplyDelete
  14. Bandung punya taman2 keren yang pengen kulihat semua deh
    aku punya keinginan kalau setiap kali ke Bandung harus nyicil main ke taman2nya yang cantik,
    di Taman Balai Kota juga sekalian ketemuan sama 3 blogger Bandung,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, senengnya, bisa jalan-jalan ke taman sekalian ketemuan dengan teman-teman

      Delete
  15. Aku mungkin salah satu yang selalu bermimpi akan banyak taman-taman di kota-kota di Indonesia. Taman yang nyaman buat duduk-duduk sambil baca buku, piknik.
    Kalau di Jakarta aku baru sempat berkunjung ke Taman Menteng.
    Sementara kalau lagi ke rumah mertua di Bondowoso, aku pasti bakal rajin jalan kaki ke alun-alunnya. Selalu senang karena pasti ramai tiap sore dengan aktivitas olahraga dan anak-anak bermain.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semakin banyak yang menikmati berkunjung ke taman ya...

      Delete
  16. Iya bener bunda. Pak Ridwab Kamil fokus ya membuat banyak taman di kota Bandung sebagai bentuk penghijauan di kota Bandung. Sayangnya masih banyak yang suka buang sampah sembarangan ya T_T

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu yang buat gemes, warganya masih ada yang belum sadar akan kebersihan.

      Delete
  17. Saya yg cuma jadi followernya Kang Ridwan Kamil di Instagram aja jadi iri ngeliat realisasi pembangunan taman-taman di kota bandung. Kayaknya gimana gitu ngeliat ekspresi gembira anak-anak pada khususnya yang bermain-main air di salah satu taman. Kawaaiii...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seru Kak...main di taman yang serba hijau dan asri

      Delete
  18. alun-alun kota Bandung itu lihat di fotonya bersih dan asik banget ya kayaknya menghabiskan waktu disana. Kalau suatu saat ke Bandung pengen mampir kesitu. Kalau di Medan taman kotanya kemarin-kemarin ada pembenahan sih, tapi pemeliharaan dan kesadaran masyarakatnya juga masih kurang. jadi sekarang ya tetep belum masuk kategori nyaman menurutku.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sayang sekali, ya, Kak. Kalau masyarakatnya kurang mendukung program pemerintah.

      Delete
  19. Wah lihat taman alun-alun ... sepertinya seru

    ReplyDelete
  20. Alhamdulillah,
    Taman di Kota Bandung banyak dan jaraknya benar-benar bisa ditempuh dengan alat transportasi umum sekalipun.
    Ini jadi pilihan kami kalau sedang ingin jalan-jalan main saat week end.

    Dan banyaaakkk sekali pengunjungnya.
    Jadi berasa silaturrahim.
    hiihii...meskipun gak kenal kan...??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul Teh Lendy, ketemu sama orang baru di taman, bisa menjalin silaturahmi

      Delete
  21. Wahhh goki nih alun alunnya bersih dan hijau banget banyak rumputnya juga mantab banget nih. Buat refreshing juga. Sayangnya blm pernah kebandung :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hayok Kak...mai ke Bandung, nikmati alun-alun kota yang bersih dan hijau

      Delete
  22. Lama banget teh pengin ke Bandung terutama taman alun-alun itu! Aku juga suka ke taman walaupun cuma duduk2 beli jajanan ala SD atau bahkan cuma ngeliatin orang-orang di sana di bawah pohon, ademmm euy

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah,itu...enak juga bisa jajan makanan anak-anak SD, harganya murah tapi enak-enak :)

      Delete
  23. Taman kota memang penting banget mbk untuk sebuah kota. Kalau di kota kampung saya taman kotanya kayak semacam monas gitu tapi gak seluas monas sih. Disana bisa duduk2, main sepeda, olahraga tenis, jalan kaki. Santai2 aja juga bisa. Selalu rame kalau malam dan pagi hari. Kalau malam biasnaya ada kereta2 mainan gitu. Jadi taman kota tuh ruang publik yang bermasyarakat. Semuanya bs kumpul bersama tanpa perbedaan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak hanya siang hari,malam hari juga seru ya..datang ke taman. Banyak fasilitas permainannya juga

      Delete
  24. Sekarang di Indonesia banyak bermunculan taman kota, sepertinya setelah walikota Sby bikin taman, trus banyak kota2 lain menontoh. Tapi emang bagus sih buat rekreasi gratis masyarakat.

    Kalau yg di Bandung aku belum pernah luat mbak hehe, kapan2 pengen ah poto2 guling2an di alun2/ halaman masjidnya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo Mbak April...deket loh,main ke Bandung, seru juga guling-guling di rumput sintetisnya..

      Delete
  25. Jogja ini lo aneh. Kota wisata tapi nggak punya taman. Semoga walikotanya ganti yang lebih visioner soal penghijauan.

    ReplyDelete
  26. Bandung emang banyak banget ya tamannya. Menyenangkan :)
    Bulan depan mau ke Bandung, semoga bisa ke salah satu tamannya. Taman deket rumah aku di Jakarta, dipakai senam sama ibu-ibu. Hihihi...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Taman di sini juga ada yang suka dipakai tempat untuk senam ibu-bu Kak

      Delete
  27. Wah katanya bandung dapat penghargaan kota dengan udara paling bersih di ASEAN ya? Wajar banget sih. Di Bandar LAmpung RTH aja nggak nyampe 30%

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya Kak, banyak taman yang menghasilkan udara bersih.. asik banget!

      Delete
  28. makanya aku bela belain nanam segala cabe cabean, tomat tomatan, singkong singkongan, puun puunan di tamah kecil dpn rumahku, akibat disini tuj jarang taman yang penuh barokah macam ini, ada sih taman kayak taman bunga gitu cm ya ga terlalu byk fungsinya selain taman bunga, paling taman suropati doang yg menurutku agak asyikan sbgi taman kota.

    so kalau sekedar cari yg hijau hijau depan rumahku udah banyak alhamdulillah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah...warga yang baik nih...bisa membuat taman hijau di pekarangan rumahnya. Semoga warga yang lain menjadi terinspirasi ya...

      Delete
  29. Salut buat pemerintah kota Bandung yg concerm trhadap ruang publik dan mau menyediakan Taman untuk kepentingan warga. Aku suka Bandung, mskipun skrg makin macet, tp Bandung ttap juara.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hiks..hiks..iya Mbak..sekarag Bandung tambah maceet..banyak wisatawan yang datang..

      Delete
  30. Aku belum pernah ke taman kota, walaupun warga Bandung. Tapi bangga banget deh sama Bandung yang taman kotanya banyak banget. Nanti sempetin ke sana deh ehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sempetin main ke Bandung Teh..ajak Alma menikmati kesegaran udara di taman :)

      Delete
  31. Saya sekarang males ya pergi pergi ketempat sarana hiburan dan rekreasi di Bandung. Ga tahan sama kemacetannya. Padahal pengen kalau weekends ajak anak main2 kesana. Sering lewat sih iya, tapi ga pernah mampir

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul Teh, yang malesin it macetnya. Dimana-mana sekarang Bandung udah macet.

      Delete
  32. Merindukan taman kotaaaa.....Balada anak Medan 😕

    ReplyDelete
  33. Duh jadi pengen main ke bandung... Di bandar lampung jarang ada taman kece begini

    ReplyDelete

.comment-content a {display: none;}