Belanja Hiasan Dinding Supaya Suasana Ruangan Semakin Indah

Hiasan dinding bak sebuah barang magis dalam sebuah ruangan. Meski kebanyakan dari item ini tidak memiliki ukuran terlalu besar, namun efek yang diberikan dapat mengubah suasana keseluruhan ruangan.

Setidaknya kegunaan pernak-pernik hiasan dinding tersebut, telah menjadi bahan pemikiran ketika beberapa waktu yang lalu kami memutuskan untuk pindah ke Kota Bandung. Selain perabotan, hiasan dinding kini menjadi barang yang dicari untuk mempercantik rumah baru kami.



Kumpulan jenis hiasan dinding yang patut dicoba


Tidak mudah untuk mencari hiasan yang sesuai dengan keinginan. Karena hiasan untuk dinding memiliki banyak ragam. Baik itu berdasarkan ukuran atau bahkan jenis dan macamnya. Setelah saya cari melalui beberapa website, membaca majalah interior dan menonton acara yang membahas interior rumah di televisi, akhirnya saya bisa menyimpulkan bahwa hiasan pun dibagi berdasarkan jenisnya. Berikut adalah beberapa jenis hiasan dinding yang menarik untuk dimiliki:

· Cermin/kaca. Kebanyakan orang masih jarang menggunakan pernik yang satu ini untuk penghias ruangan. Terutama bila ruangan tersebut sering dikunjungi orang, seperti ruang tamu. Katanya takut terlihat horor atau sejenisnya. Sebenarnya bukan hanya tamu saja, anak-anak saya pun memiliki persepsi yang sama. Padahal persepsi ini jelas-jelas salah. Apalagi bila cermin tersebut memiliki bentuk unik dengan warna cerah senada. Ruangan di rumah akan terlihat lebih luas karena sifat cermin yang memantulkan bayangan ke beberapa sisi.

· Jam dinding etnik. Hiasan ini merupakan salah satu barang umum untuk diletakkan di salah satu ruangan. Selain memiliki fungsi sebagai penunjuk waktu, desain dari bingkai jam kian ke sini kian menarik dan penuh warna. Seperti nuansa vintage, angka-angka besar dengan jarum yang besar pula, tokoh-tokoh kartun, dan masih banyak lagi lainnya. Untuk ruangan anak, saya lebih memilih gambar kartun yang lucu-lucu.

· Lukisan. Bila teman-teman sering berkunjung di cafe-cafe kekinian, pasti menemukan spot dengan lukisan unik yang ‘instagramable’ banget. Padahal dasar warna dinding tersebut sebenarnya polos. Dan saya termasuk yang senang berfoto dengan latar belakang lukisan yang menurut saya menarik. Lumayan untuk menambah koleksi foto di instagram, bukan?

· Perabotan yang kecil. Mini furniture di sini misalkan rak buku, rak tempat menyimpan bunga, serta gantungan beraneka bentuk. Bahan pembuatnya biasanya berupa kayu atau kaca. Meskipun kecil, tapi bisa menambah ruangan semakin indah.

http://www.nurulfitri.com/2018/01/hiasan-dinding-supaya-ruangan-semakin-indah.html


Trik memasang hiasan dinding supaya rumah semakin apik

Memasang hiasan dinding, bukan hanya perkara paku-memaku tembok sekenanya. Untuk menghasilkan suasana ruangan yang diinginkan, diperlukan perencanaan matang sebelumnya. Nah, saya pun mencoba mengikuti beberapa langkah berikut agar pak suami tidak sembarangan memaku dinding di rumah kami dan merusak dindingnya. Namun, sebenarnya dalam hal ini, beliau lebih mahir dari saya ...he he he

· Pertama, diukur luas tembok yang ingin kami hias. Jika perlu, lakukan pengukuran se-presisi mungkin dari sudut ke sudut.

· Lalu, kertas atau koran dihamparkan di lantai, sesuai dengan luas tembok.

· Letakkan dan atur posisi perabotan penghias dinding pada lembaran koran tersebut. Atur hingga setiap posisinya terasa tepat dan sesuai keinginan kita.

· Tandai lokasi peletakan item penghias berikut dengan lokasi pakunya pada koran tersebut

· Tempelkan lembaran koran pada tembok menggunakan isolasi khusus agar tidak merusak cat. 

· Kemudian mulailah memaku sesuai patokan tempat tadi.

· Sebagai tambahan, mata biasanya akan lebih mudah tertarik oleh susunan yang tidak biasa. Maka dari itu coba gunakan susunan ganjil, bentuk segitiga, lingkaran, dan sebagainya.

· Tempatkan pula perabotan penghias berbobot berat di bawah barang yang berbobot ringan.

Review hiasan dinding agar rumah tampak minimalis

Jenis furniture papan kayu bertuliskan kata-kata kini tengah banyak digemari. Kata-kata tersebut biasanya berupa quotes (kata-kata inpiratif), ajakan untuk melakukan sesuatu, kata-kata penyemangat, motivasi diri, dan lain sebagainya. Ada yang hanya dibungkus figura sederhana. Ada pula yang dilukis atau diukir dalam bingkai susunan beberapa papan kayu.

Untuk menghias rumah, saya lebih memilih hiasan yang berisi kata-kata yang bisa memotivasi kami sebagai penghuni rumah. Misalnya memasang kata-kata untuk selalu memotivasi anak-anak untuk rajin beribadah, mengajak mereka untuk saling menyayangi dan memotivasi anak-anak untuk mengejar cita-cita mereka.

http://www.nurulfitri.com/2018/01/hiasan-dinding-supaya-ruangan-semakin-indah.html

Selain berisi kata-kata, papan kayu tersebut tak jarang juga berisi lukisan. Baik itu bentuk papannya mengotak, ataupun sudah menyerupai bentuk lukisan di dalamnya. Misal seperti lukisan bunga, dimana papan kayu pembentuknya juga berbentuk seperti bunga. Ukuran dari setiap itemnya pun beragam sehingga bisa dikombinasikan dan dikumpulkan di satu tempat. Dengan susunan yang pas, item-item tersebut akan mampu memberikan suasana unik dan berbeda pada ruangan di rumah.

Marketplace qlapa.com menjual ragam hiasan dinding terlengkap dan terjamin kualitasnya.

Mencari hiasan buat dinding bisa dibilang susah-susah gampang. Cukup dengan gambar saja, sudah langsung jatuh cinta. Tapi bagaimana dengan kualitas barang tersebut? Apakah akan sesuai dengan foto? Untuk itulah kita perlu memilih tempat yang tepat untuk mencari barang-barang unik dan berkualitas. Jangan sampai, kita salah memilih hiasan dinding, deh!

Qlapa hadir sebagai jawaban tunggal dari pertanyaan-pertanyaan di atas. Sebuah marketplace hasil perpaduan antara teknologi dengan kemauan untuk memajukan industri lokal. Semua produk yang ada di situs kece ini dipasok langsung dari pengrajin terbaik Nusantara. Setiap satuan produknya dikerjakan secara handmade sehingga tidak akan mudah ditemukan di tempat lain. Termasuk pula berbagai macam furniture unik nan lucu. Kualitas terjamin, ditambah lagi harga bersahaja. Kurang apalagi coba?

Cara beli hiasan dinding yang pas sesuai space ruangan

Sudah buka situs Qlapa belum? Jika belum buka sekarang. Dibawah ini akan dijelaskan bagaimana cara mencari hiasan dinding sesusai kebutuhan ruangan dalam rumah:

http://www.nurulfitri.com/2018/01/hiasan-dinding-supaya-ruangan-semakin-indah.html

· Ukur tembok atau dinding yang akan menjadi tempat hiasan tersebut digantungkan. 

· Ukur pula ketinggian tempat gantungan perabotan yang akan dipasang. Idealnya, berada pada rata-rata pandangan mata orang dewasa (+- 1.5-1.7meter).

· Tentukan ukuran perabotan. Bila memiliki dana cukup banyak, kita bisa mendapatkan furniture berukuran cukup besar. Bila dana yang kita miliki minim, pilih beberapa furniture kecil sehingga dapat diletakkan secara berkelompok.

· Bila kriteria barang sudah didapatkan, tinggal tulis kata kunci barang yang ingin kamu cari pada kotak pencarian di samping logo Qlapa. Tekan tombol cari produk atau enter.

· Pada bagian kiri halaman, kita akan menemukan kategori produk beserta sub-kategorinya. Dari sini kita bisa melakukan penyesuaian pencarian berdasarkan harga, material, warna, lokasi, dan lain sebagainya.


Setelah mengetahui jenis hiasan dinding yang kami butuhkan, trik cara memasangnya agar tidak merusak dinding dan setelah mengetahui tempat yang terpercaya untuk membeli hiasan dinding, sepertinya lebih memudahkan kami untuk mempercantik ruangan di rumah baru. Sekarang tinggal menyesuaikan dengan kondisi keuangannya, deh! Hehehe ...

Bagaimana dengan teman-teman? Jenis hiasan dinding yang seperti apa yang akan dipasang untuk mempercantik ruangan? Sharing, yuuk!!

58 comments:

  1. Qlapa memang pilihan lifestyle untuk hidup modern ya, pilihannya cantik cantik dah

    ReplyDelete
  2. Hiasan dindingnya lucu-lucu, tapi juga terlihat simpel :)

    ReplyDelete
  3. Boleh diterapin nih triknya, supaya rumahku jadi kece hehe

    ReplyDelete
  4. wah lucu-lucu ya kak hiasan dindingnya, dirumah jarang ada hiasan dinding gitu. soalnya udah penuh sama foto2 aku kak wkwkwkw

    ReplyDelete
  5. SAya beberapa beli di Qlapa tapi belum pernah hiasan dindingnya. Suka dengan produknya yang etnik dan homemade. Meanrik sekali hiasan dindingnya nih...cus cek Qlapa ah :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waah..Mbak Dian ternyata langganan di Qlapa, ya? Produk dalam negeri yang patut dibanggakan ya..

      Delete
  6. Kalau penataan rapi kayak gitu, jadi betah diem di rumah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cocock untuk saya yang senang diem di rumah hihihi

      Delete
  7. duh hiasannya apik banget. Wah makasih banget tulisannya membantu, selama ini aku selalu gak puas kalau beli hiasan dinding sendiri. Rasanya gak pas gitu di tembokkk. Sukak banget sama tulisannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga lebih puas belanja di Qlapa, Mbak Rian

      Delete
  8. Bikin rumah jadi IG-able banget yak. Sayang kosanku kecil, jadi gak bisa banyak2 pakai hiasan dinding =(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Diatur aja, Mas Yos, pasti bisa kok! Dindingnya biar tambah cantik

      Delete
  9. Wuah iya, aku masih nutuk2 paku sembarangan. Jadinya gak simetris gitu, apalagi kalo ukuran piguranya beda2, hadeeeeh...

    Btw boleh banget ya bikin hiasan quote. Apalagi bikinnya DIY, keren banget kali yaaa... Semoga aku segera dapat rumah idaman. Aamiin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin..semoga kita bisa punya rumah idaman ya...

      Delete
  10. Aku kalau ngeliat hiasan-hiasan dinding ini suka mupeng hehe.. tapi rumah temboknya dulu dibagusin dicat dulu kali ya. Skrg dah burem banget.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Warna dinding yang burem, takutny malah mengalangi keindahan ya...

      Delete
  11. contohnya bagus-bagus mbak, suka suka suka, apalagi kalau rumahnya besar ya, pasti lebih cantik

    *mulai menghayal

    ReplyDelete
  12. Aku kalau qlapa iyess banget, lucu2 bikin gak nahan buat gak beli

    ReplyDelete
  13. Wahh aku suka hiasan dinding.. Biasnaya sih jam dinding dan frame2 lucu.
    Tapi nanti mau deh liat2 di Qlapa.com kayanya lucu2 yah

    ReplyDelete
  14. Masih banyak orang yang tau nya pengen ruangan cantik, tau nya cuma ganti cat atau furniture, padahal hiasan dinding yang mini juga ngasih efek besar ke kesan minimalis dan elegan suatu ruangan. Misal Vas bunga atau tanaman yang ramping sedikit berbentuk bengkok, atau pun miniatur motor/mobil.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah..iya, padahal ada hal lainnya yang bisa dimaksimalkan untuk membuat ruangan cantik ya...

      Delete
  15. Lucu-lucu hiasan dindingnya jadi ingin ngegayaa, masukin ke instagram biar kelihatan keren

    ReplyDelete
  16. Kalau dulu sempat hits hiasan dinding bentuk rumah2 han kayu. Terus diisi hewan atau bunga dr keramik, kecil2

    Skrg dinding rumah kosong, isinya tanggalan aja. Boleh jg liat hiasan2 di Qlapa. Siapa tahu cocok ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haduuh tanggalan tahun berapa, Mbak Jiah? Bukan yang tahun kemarin, kan? Hehehe

      Delete
  17. Kemarin sempat beli jam dinding lucu untuk di kamar, sekarang kepengen nata kamar anak perempuanku, jadi lagi cari hiasan dinding yang lucu2.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Senang ya, Mbak, menata dan mendekor ruangan sendiri, apalagi untuk kaman anak.

      Delete
  18. Suka bgt aku mbak dg ngehias dinding kamar, mungkin suatu saat ngehias dinding rumah impian dengan si diaa. Aaaah, rasanya menyenangkan. Dia siapa yah hahahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dia yang paling tepat dan yang datang pada waktu yang tepat

      Delete
  19. Menarik semua hiasan dindingnya.. walau aku type yang rumahnya maunya polos tanpa ada Satu pun hiasan atau foto di dinding. Tapi setelah baca tulisan ini, sepertinya aku tertarik menempelkan salah Satu di dinding rumahku

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tidak perlu banyak-banyak, Mbak. MInimalis tapi bisa lebih cantik

      Delete
  20. bener ya mba hiasan dinding itu kalau kita bisa pilih dan tata dengan baik bikin suasana ruangan jadi berbeda, lebih cantik dan enak dipandang hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dan bisa lebih bikin betah di rumah ya, Mbak :)

      Delete
  21. aku juga ingin ruang tamuku temanya minimalis, tapi pak suami tiba-tiba beli barang-barang antik. Gagal deh punya ruang tamu modern minimalis...
    Padahal aku juga pingin memajang quotes-quotes gitu biar kekinian...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Simpan di ruangan yang lainnya, Mbak :) atau dikolaborasikan hehe

      Delete
  22. Kalau kaligrafi gitu ada gak ya di qlapa. Soalnya kaligrafi yg kaya balok2 gitu hurufnya byk nongol di tausiyah yg tayang di tv itu bagus2 banget kaligrafinya. Pengen punya tapi ga tau dimana yg jual

    ReplyDelete
  23. Wah, tipsnya untuk menata hiasan tembok dengan menatanya terlebih dahulu di kertas koran, membantu sekali. Kenapa nggak pernah terpikir sebelumnya ya.. Hehehe
    Makasih cikgu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe...iya, bisa lebih terencana dengan baik.

      Delete
  24. Qlapa market palace hiasan dinding ya kayanya bagus nih buat menambah hiasan ditembok gitu. Jadi, biar kondisi rumah ga bosen untuk dilihat gitu nanti cek cek ah ada hiasan dinding apa aja

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, supaya gak bosen, biar tambah betah di rumah.

      Delete
  25. Kalau say a suka quote2 gtu mbak. Di rumah ada beberapa blm saya pasang hehe, msh elus2 tembok rumah baru :))
    Tapi pengennya ntr kalau semua kardus dibongkar mau saya pajang smua TFS

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya juga punya beberapa yang quote, tapi belum semuanya di pasang juga..

      Delete
  26. Hiasan dindingnya lucu-lucu banget mbak. Hehehe saya ngefans banget sama hiasan dinding yang digantung-gantung gitu. Dan emang bener juga sih, hiasan dinding bikin kesan minimalis pada rumah menjadi lebih terlihat :D

    ReplyDelete
  27. Aaahhh suka kalap kalau udah mulai nghias-hias rumah. Niatnya sedikit aja, eh malah segala mau dipasang hiasan. Hehee

    ReplyDelete
  28. Dengan adanya hiasan dinding memang jadi indah ya, Teh.
    Aku sendiri kalau nggak beli hiasan dinding biasanya suka bikin, misal dari catnya yang dirubah atau yang lainny..

    ReplyDelete
  29. Makin kece deh kalo space dinding kosong di rumah dipasangkan hiasan dinding.

    Kemarin juga sempat ngobrol sama teman, untuk menempelkan di dindibg bisa juga pakai selotip khusus yang super kuat buat pengganti paku..

    Cheers,
    Dee - heydeerahma.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau pakai selotip, gak akan merusak dinding ya...

      Delete

.comment-content a {display: none;}