Kuas Penuh Kasih dalam Pelukis hati

Awal tahun lalu, saya memiliki kesempatan berkumpul dengan teman-teman yang berada di bawah manajemen Joeragan Artikel. Di acara kopdar tersebut, kami berbincang santai sambil bertukar pengalaman, berbagi kisah, dan saling mendekatkan diri secara tatap muka. Karena sebagian besar dari kami, selama ini hanya berinteraksi melalui media sosial. Oleh karena itu, acara kopdar kemarin, tentu saja tidak disia-siakan oleh kami untuk ngobrol-ngobrol cantik! Hehehe ...


https://www.nurulfitri.com/2018/03/kuas-penuh-kasih-dalam-pelukis-hati.html

Dari beberapa teman yang hadir, ada yang membawa hasil karyanya untuk diberikan pada teman yang lain sebagai tali pengikat kasih. Dan saya termasuk beruntung karena bisa mendapatkan sebuah buku hasil karya dari kawan yang juga tergabung dalam Joeragan Artikel. Mau tau, buku apa yang saya dapatkan? Saya ceritakan lebih lanjut, ya... Detail buku karya teman saya itu ialah: 

Judul : Pelukis Hati
Penulis : Ratri Dwi Kayungyun, dkk.
Genre : fiksi
Jumlah halaman : 195 halaman
Penerbit : CV. Putri Agung Mandiri
Tahun terbit : 2017
ISBN : 978-602-51183-3-3


Jika dilihat dari nama penulisnya yang lebih dari satu orang, kita semua pasti sudah mengetahui dengan jelas, bahwa buku ini merupakan buku antologi. Yup, buku antologi tersebut ditulis oleh 12 orang penulis yang tergabung dalam Komunitas Menulis Online. Ternyata sebagian dari penulis tersebut belum pernah bertatap muka, loh! Mereka melakukan kerja sama membuat buku dengan metode online. Wajar saja, sekarang era internet, semua bisa dilakukan secara online, bukan?

Buku Pelukis Hati memuat kisah-kisah percintaan yang terjadi di sekitar kita. Menurut saya, buku ini unik, agak berbeda dengan buku fiksi lainnya. Mengapa unik? Karena diracik dengan apik menggabungkan unsur sastra dan seni. Penulis mengelompokkan semua karya mereka dalam buku ini, berdasarkan warna, yaitu warna biru, merah dan kuning. Unik, ya ...

Seperti kita ketahui, di dunia ini terdapat warna primer yang ketika dibaurkan akan menghasilkan warna lain yang tidak kalah indahnya. Warna primer tersebut biru, merah dan kuning. 

Banyak studi yang dilakukan untuk meneliti pengaruh warna bagi sisi psikologis dan emosi manusia. Diketahui bahwa setiap warna bisa menimbulkan kesan tertentu dalam diri seseorang, ada yang memberi kesan positif ada pula yang menimbulkan kesan negatif. Unsur warna juga dipercaya memiliki konotasi yang menggambarkan karakter umum dari manusia. 

Misalnya saja warna biru yang dianggap bisa menggambarkan karakter orang yang tenang, percaya diri dan dapat dipercaya. Namun juga memiliki sisi negatifnya juga, seperti memiliki sifat tinggi hati, penyendiri, kurang peka atau kurang memiliki emosi.

Ada juga warna merah yang menggambarkan sifat seseorang yang penuh cinta, energik, aktif, perhatian dan kuat. Warna merah juga dianggap menggambarkan sifat seseorang yang agresif, dominan, berbahaya dan warna yang menggambarkan seseorang yang sedang mengalami stres.

Selain warna biru dan merah, warna kuning juga dianggap menggambarkan sifat positif seseorang yang optimis, antusias, percaya diri, logis, bijaksana, kreatif dan ceria. Di sisi lain, warna kuning juga menggambarkan orang yang kritis, tidak sabaran, impulsif, egois, pesimis, pembenci dan pengecut.

Dan di dalam buku Pelukis Hati, cerita yang tersaji yaitu sebanyak dua belas cerita pendek, dimasukkan ke dalam kelompok warnanya masing-masing. Cerita dikelompokkan berdasarkan karakter salah satu tokoh utama atau dari nuansa yang tercipta dari jalan ceritanya.

Setiap kisah yang ada dalam buku ini, menceritakan kehidupan yang penuh warna. Warna-warni kehidupan yang bisa membawa sensasi yang beragam. Ada cerita yang berakhir bahagia, tetapi ada juga cerita yang menimbulkan rasa berat di dada ketika membacanya.

Di bagian "Biru" saya menemukan kisah kasih sepasang muda-mudi yang berakhir dengan kematian. Semua rencana merajut masa depan, tidak pernah terwujud ketika calon mempelai mengalami kecelakaan yang merengut jiwanya. Dalam cerita itu, penulis menguraikan kata indah yang sempat terekam manis dalam ingatan saya, kata-kata yang berbicara tentang kehidupan.


" ... tentang meletakkan kepentingan orang lain di atas kepentingan diri sendiri, tentang mengusahakan yang terbaik dalam semua aspek kehidupan juga tentang kesabaran tanpa batas untuk menanti rencana indah dari Tuhan. Hidup bukan hanya tentang diri sendiri. Hidup bukan hanya tentang hari ini. Hidup adalah sebuah perjalanan mengukir memori dalam hidup orang lain, yang selalu akan dikenang setelah seseorang itu pergi." ( hal 17-18)


Sedangkan di bagian kedua dari buku Pelukis Hati, saya menemukan kisah seorang wanita yang hatinya hancur berkeping-keping. Kesedihan seorang wanita yang diakibatkan oleh pengkhianatan suaminya sendiri dan berujung pada kematian putri semata wayangnya. Kisah tersebut ditempatkan di bagian kedua dari buku ini, mewakili warna merah yang dipercaya mewakili perasaan kegalauan seseorang. 

Warna kuning diposisikan pada bagian ketiga dalam buku ini. Warna yang menggambarkan sifat yang optimis tersebut, terwakilkan oleh cerita terakhir dalam buku Pelukis Hati. Kisah seorang wanita yang penuh percaya diri dan optimis mengarungi kehidupan rumah tangganya.

Secara keseluruhan saya menikmati buku Pelukis Hati yang memiliki cerita sederhana dan kisahnya sering terjadi di sekitar kita. Begitu banyak kisah cinta dalam kehidupan manusia yang tidak selalu berakhir bahagia, tetapi memberikan kesan yang mendalam bagi yang menjalaninya. Buku ini melukiskan makna cinta yang penuh dengan warna. Dari setiap kisahnya pun kita bisa mengambil pelajaran yang bisa dijadikan bekal dalam menapaki kehidupan.

48 comments:

  1. Makna cinta penuh warna, bikin penasaran

    ReplyDelete
  2. Menarik sekali, sudah lama enggak baca buku nih, semoga nanti bisa namatin buku2 yang mejeng di rak hahah

    ReplyDelete
  3. Aku sukanya warna merah agak maroon gitu. Memang aku terbilang aktif, energik, dan dominan. Hehehe.

    ReplyDelete
  4. waduh aku suka banget sama merah ternyata gambarin yang sedang stress huahaha..dan pas ceritanya juga ttg pengkhianatan dan ditinggal anaknya. jadi pengen baca bukunya teh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tapi positifnya yang suka warna merah itu energik, aktif dan perhatian, kan...hehehe

      Delete
  5. Ah jadi diingatkan ..memang hidup bukan tentang diri sendiri... Semakin bermanfaat bagi sesama semakin bermakna hidup kita :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul Teh, bermanfaat untuk orang lain, bisa membuat hidup tambah bermakna

      Delete
  6. Hooo... Main warna ya, menarik. Jafi penasaran pengen baca bukunya mbak 😄

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, unik, di bukunya dikelompokkan berdasarkan warna

      Delete
  7. Sedih berarti ini isi bukunya ya mbak, sudah dikhianati suami terus anaknya meninggal. Ga kebayang sedihnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Warna-warni Mbak, gak hanya sedih, ada yang berakhir bahagia juga..

      Delete
  8. Setiap warna ada dua sisi yang memiliki makna berbeda dan mewakili suatu kisah. Buku yang tampaknya cukup menarik untuk dibaca.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul Koh, dikelompokkan sesuai warnanya.

      Delete
  9. Tampaknya buku Pelukis Hati menarik untuk dibaca, jadi penasaran sama keseluruhan isinya

    ReplyDelete
  10. Asyik ya kalau.bicara tentang warna.dan apa sifat dibaliknya. Kalau aku suka warna merah mbak. Pantas saja aku ini orangnya aktif.

    Btw jadi pingin baca bukunya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Asiik, yang aktif, yang berkarya ...keren!

      Delete
  11. Semacam a cup of tea ya isi bukunya, aku juga senang baca buku kayak gini. Jadi termotivasi dan terinspirasi. Beruntung dong Mbak Nurul dapat buku ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul Mbak, kumpulan kisah sehari-hari yang menarik.

      Delete
  12. Jadi buku ini menceritakan semua kisah percintaan yang hadir di lingkungan sehari hari kita ya mba? Cukup menarik juga nih untuk dibaca

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Dikki, kisah percintaan yang sering terjadi sehari-hari

      Delete
  13. Waini.... amunisi buat ngisi weekend. Kumpulin dulu ntar dicari. Minggu depan liburan 3 hari pasti seru beudh!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyes...asik dibaca saat liburan, seperti weekend ini.

      Delete
  14. Berarti setiap cerita itu 1 warna kali ya. Memang warna itu byk menggambarkan sesuatu, kaya aura jg. Itu kan jg keliatan warnanya. Cuma aku jg gak paham, aura yg bagus itu berwarna apa

    Bukunya menarik buat dibaca. Aku jg suka fiksi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul, setiap warna mewakili aura tertentu, yang diwakilkan dalam kisah

      Delete
  15. Buku Antologi menarik juga sih untuk dibaca, aku kebetulan punya satu dan itu juga karena hadiah kuis. Pasti jadi ingin tahu karya mana yang bagus dan dapat melihat juga pendekatan sastra yang berbeda dari masing-masing penulisnya. Tapi, ini menceritakan tentang satu tokoh dan menggunakan warna. Hmm. menarik loh!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Buku yang ditulis beberapa orang pastinya memiliki ciri khas masing-masing. Sesuai dengan kemampuan sastra penulisnya.

      Delete
  16. Hebat!!!!
    Inilah jaman now, Semua serba online. Tanpa harus bertatap mukapun sebuah karya yg bermanfaat untuk semua bisa terlahirkan tanpa harus duduk semeja dalam memyatukan pendapat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Teknologi memang sangat membantu ya... menulis buku bersama pun bisa dilakukan secara online

      Delete
  17. Judulnya puitisss tentang cinta memang tak akan habis diceritakan yah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Kak Ajen, kisah cinta gak akan pernah ada habisnya.

      Delete
  18. Sepertinya buku yg menarik
    Mengaitkan kisah percintaan dgn warna
    Jadi penasaran dgn buku nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yup, unik, mengaitkan semua kisah di dalamnya berdasarkan warna.

      Delete
  19. Indah esensi covernya Teh Nurul, pengen bacaa juga jadinya.

    ReplyDelete
  20. Terimakasih mbak Nurul buat teman-teman yang ingin memiliki bisa hub saya. Alhamdulillah buku ini bener-benar menarik untuk dibaca isinya secara keseluruhan dan kami dipersatukan via grup whatssap tanpa bertatap muka sama sekali .

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah ..teman-teman, ini ada penulisnya. Bisa dipesan melalui Mbak Juli ya...

      Delete
  21. kalau penyuka warna orange gambarannya seperti apa ya mbak? jadi penasaran....

    ReplyDelete
  22. Wahhh menarik ya, setiap warna mempunyai makna

    ReplyDelete
  23. Terimakasih mba Nurul atas testimoninya, sangat berarti untuk kami ❤

    ReplyDelete
  24. Terimakasih mba Nurul sudah review karya kami, sangat berarti untuk kami❤

    ReplyDelete
  25. Menarik sekali ide penulisan bukunya. Jadi penasaran pengen menelisik lebih jauh tentang warna dan kekuatan rasa yang ada di dalamnya.

    ReplyDelete
  26. Waah menarik, ya soal warna. By the way aku suka warna merah dan turunannya. Eh tapi lagi jatuh cinta sama warna hijau tosca juga. Hihihi... jadi gimana atuh karakterku?

    ReplyDelete

.comment-content a {display: none;}