Sembuhkan Trauma dengan Natural Trauma Healing

Sembuh Trauma dengan Natural Trauma Healing merupakan tema seminar kesehatan yang diadakan oleh Lineation Centre pada Bulan April lalu. Saat mengetahui tema seminarnya, saya langsung tertarik ingin mengikutinya, dong! Kesempatan bagus untuk menambah wawasan saya tentang trauma healing yang dibawakan oleh dokter terpercaya. Apalagi acara ini gratis, hihihi (emak irit beraksi).



Lineation Berbagi

Sebenarnya seminar kesehatan ini merupakan rangkaian acara Lineation Berbagi yang diadakan di Jl. Leumah Neundeut No. 10 Bandung. Selain seminar kesehatan, acara berbagi ini juga meliputi Bakti Sosial Akupuntur, Layanan Dokter Umum, Layanan Fisioterapi dan Donor Darah bersama PMI Kota Bandung. Semua disediakan secara gratis untuk masyarakat sekitar.

Kembali lagi pada seminar kesehatan. Acara seminar yang dibawakan oleh dua dokter dari Lineation di mulai pada pukul 10 pagi. Pada bagian pertama, seminar tentang GERD dan Cara Mengatasinya yang dibawakan oleh dr. Isabella P.S.M. Beliau memaparkan sekilas tentang asam lambung dan tindakan pertama yang dapat dilakukan di rumah, dr. Isabella mempersilakan peserta seminar untuk melakukan tanya jawab.

Di bagian berikutnya, seminar kesehatan tersebut diisi oleh dr. David Budi Wartono. Mengangkat tema Sembuh Trauma dengan Natural Trauma Healing, dr Dave banyak sharing hal-hal yang paling sering ditemukan tetapi sering diabaikan oleh kita.


dr. David Budi sedang sharing seminar kesehatan  tentang Trauma Healing


Seminar Menyembuhkan Trauma
Menurut dr. David, sebenarnya banyak penyakit yang bukan berasal dari virus, bakteri ataupun jamur. Tetapi penyakitnya justru berawal dari diri kita sendiri. Tahap awal yang dapat kita lakukan adalah melakukan intropeksi diri.  Apakah kita sudah bahagia? Tidak stress? Apakah kita masih bisa tersenyum, bisa tidur dengan nyenyak? Apakah bangun tidur dengan keadaan fresh?

Perlu juga ditanyakan pada diri sendiri juga, apakah kita selalu curiga pada orang lain, sulit bergaul, sulit beradaptasi atau sulit tertawa lepas? Ini semua bisa dijadikan indikator, seberapa dalam kita mengalami trauma dalam diri.

Trauma sendiri dibagi menjadi dua bagian. Pertama, cedera jasmani/luka yang terdiri dari luka, memar atau patah tulang. Sedangkan yang kedua yaitu tekanan jiwa/mental yang meliputi sedih, kehilangan, dimarahi, tekanan batin, tekanan dalam kerjaan atau rumah tangga dan tekanan lainnya.

Menurut dokter muda ini, trauma sendiri sebenarnya bisa berasal dari masa kecil kita sendiri. Justru lingkungan rumahlah tekanan yang dialami oleh seseorang berasal. Seorang anak bisa mengalami trauma di masa kecilnya justru dibentuk oleh orang tuanya sendiri. Contohnya, perintah orang tua untuk makan. Biasanya orang tua akan memerintah tanpa menghiraukan alasan dari anaknya.

Seseorang yang mengalami tauma mental seperti tekanan batin atau bisa kita sebut dengan stress, menimbulkan dampak yang kurang baik pada tubuhnya. Timbul penyakit yang tidak kunjung sembuh atau wajah terlihat kusam dan terlihat tidak menarik.
Dan hal yang paling ditakutkan dari trauma ini adalah munculnya keinginan untuk bunuh diri. Hii ...serem, ya! 
Untuk mengatasi hal tersebut, dr. David menyarankan untuk melakukan penyembuhan melalui natural trauma healing. 

Natural Trauma Healing
Salah satu cara untuk menyembuhkan trauma adalah dengan menjalani Natural Trauma Healing. Cara penyembuhannya dengan cara menggerakkan badan seperti melakukan gerakan yoga. Tujuan dilakukannya streching dan latihan otot psoas dan otot yang berhubungan di dalamnya, untuk membentuk tubuh lebih sehat dan berenergi.

Kegiatan tersebut melatih tubuh untuk melakukan self healing secara alami sehingga dapat menghilangkan trauma yang disadari ataupun yang tidak disadari. 

Metode pengobatan yang diadopsi dari seorang ahli traumatology di Afrika dan Timur Tengah, dikembangkan oleh dr. David Budi sebagai dokter Anti Aging Medicine beserta rekan-rekannya untuk mengelola stress yang dialami pasien-pasien yang datang di kliniknya. 
Dan pasien yang teridentifikasi mengalami stress biasanya akan diarahkan untuk melakukan terapi tersebut yang tentunya dibawah bimbingan para ahlinya.

Latihan yang dilakukan secara rutin, dipercaya dapat menanggulangi gangguan trauma dalam diri. Gerakan-gerakan yang melenturkan otot-otot tubuh dapat membuat badan lebih nyaman. Dan tinggal say good by pada rasa cemas yang berlebihan, stres, insomnia, susah berkonsentrasi atau rasa pegal-pegal pada anggota tubuh.

Jadi penasaran dengan treatment ini, ya, kan? Menurut saya, treatment ini penting sekali kita lakukan. Karena sebenarnya disadari atau tanpa disadari ada trauma yang terjadi dalam tubuh, yang perlu diatasi dengan Natural Trauma Healing.


Layanan Gratis Untuk Masyarakat

Setelah acara seminar, Lineation mengadakan Bakti Sosial Akupuntur, Layanan Dokter Umum, Layanan Fisioterapi dan Donor Darah bersama PMI. Karena saya tidak memenuhi syarat mengikuti donor darah, akhirnya saya memutuskan untuk ikut akupuntur. 

Pelayanan akupuntur, fisioterapi atau donor darah, semuanya diawali pemeriksaan terlebih dahulu oleh tenaga kesehatan yang sudah berjaga dalam acara berbagi tersebut.
Pemeriksaan donor darah
Untuk yang mau melakukan donor darah, diperiksa tekanan darahnya, golongan darah serta pemeriksaan Hb darahnya dahulu. Hal tersebut dilakukan untuk memeriksa kesehatan pendonor dan menjaga kualitas darah yang akan di donorkan. Selain itu, dengan mengetahui Hb darahnya, seseorang jadi mengetahui normal atau tidaknya kadar Hbnya saat itu. Setelah dinyatakan memenuhi syarat, pendonor baru bisa menyumbangkan darahnya.


Donor Darah
Begitu pula dengan yang mau menjalani pelayanan akupuntur, seperti saya dan teman-teman. Sebelumnya saya diperiksa di sebuah ruangan oleh beberapa tenaga medis. Beberapa pertanyaan seputar keluhan yang sering dialami, kondisi kesehatan dan penyakit yang pernah dialami, dicatat dalam rekam medis. 


Pemeriksaan sebelum akupuntur
Setelah mengetahui keluhan yang sering dialami, maka tenaga akupuntur akan menusukkan jarum akupuntur di bagian yang sering sakit. 


Seorang pasien sedang melakukan tusuk jarum di tangan dan kakinya
Rangkaian bakti sosial yang diadakan oleh Lineation ini, dilaksanakan hingga sore hari. Dan tidak hanya bulan kemarin saja, akan ada kegiatan serupa yang akan dilakukan di Lineation Centre, so stay tune ya...

Berikut ini liputan dari kegiatan Lineation berbagi, happy watching :


63 comments:

  1. Aku sudah ikut NTH, alhamdulillah banyak manfaatnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. This comment has been removed by the author.

      Delete
  2. Wah bisa sembuhkan trauma nih,keren yah.

    ReplyDelete
  3. Natural Trauma Healing ini baik banget buat kesehatan tubuh kita ya Teh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya Teh... Bisa menghilangkan segala jenis trauma

      Delete
  4. Eaaak..dokternya ga muda lagi iih Teteh, tapi awet muda banget yaaa.
    Aku sukaa NTH, alhamdulillah banyak banget manfaatnya dalam kehidupanku.

    Ahh, tengkyu banget Lineation, dok dave..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waah...ternyata dr. Dave udah gak muda lagi?
      Awet muda, ya...

      Delete
  5. pengen coba ikutan nih natural trauma healing biar bisa tahu kondisi diri hehee

    ReplyDelete
  6. Ih, pengen deh bisa ikutan natural trauma healing. Aku sering ngerasa stres gitu. Dan iya banget, ngaruh banget ke badan kalo lagi stres. cepet capek dan gampang flu. Huhuhuhuu...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Stress bisa mempengaruhi kondisi badan ya...

      Delete
  7. Menarik nih. Jadi pengen tahu lebih banyak tentang natural trauma healing. Tfs teh nurul

    ReplyDelete
  8. Kadang suka pengen cobain ginian tapi aku masih malu gitu karena ketauan traumanya berat haha bolehlah kapan-kapan mau kumpulin niat dulu. Nuhun share nya teh :')

    ReplyDelete
    Replies
    1. Demi kesehatan, hilangkan rasa malu, Nes...hihihi

      Delete
  9. Waaah keren sekali acaranya,semoga kapan kapan bisa ikutan acara bermanfaat kaya gitu

    ReplyDelete
  10. Saya sepakat kadang dari pikiran juga bisa mendatangkan berbagai penyakit dan trauma . Menulis dan bewe buga salah satu obat anti stress yaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Asik ya..dengan menulis dan BW bisa dijadikan anti stress

      Delete
  11. Kalau ada DL tulisan yaa, teh...tidur gak nyaman-napas gak enak..((eaa...lebbaii))
    Hihi...tapi serius.
    Kalau jadi Ibu suka kurang paham sama diri sendiri jadinya.

    Sibuk ngurusin anak sama suami.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tidur gak nyenyak dan napas gak enak bisa jadi, salah satu tanda stress Teh Len..

      Delete
  12. berarti banyak penyakit yang bisa ditimbulkan oleh trauma juga ya..

    ReplyDelete
  13. Kayaknya saya butuh NTH, deh. 😂😂

    ReplyDelete
  14. Wah, aku pengen nyobak sih Natural Trauma Healing ini. Dari dulu sih penyakit aku tuh kalo malem selalu aja susah tidur. Gak tau karena ada trauma atau emang pengen nonton drama aja sih, gak jelas tah hehehehe.. .

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ahahaha...gak jelas itu mah. Antara trauma dengan pengen nonton drama 😂

      Delete
  15. Acara yang bergizi nih mbak, semua berawal dari keluarga ya, duh jadi takut nih gimana nanti anak-anakku kalau sudah dewasa nanti....
    betewe aku belum pernah merasakan akupuntur, sakit nggak sih waktu ditusuk jarum gitu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ternyata keluarga sumber segalanya ya.
      Di tusuk jarum akupuntur gak sakit Teh, rasanya kayak digigit semut 😁

      Delete
  16. Gitu ya mbak, bisa ngobatin trauma gitu
    Sayang di Bengkulu belum ada deh kayaknya ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya Mbak, lama kelamaan traumanya bisa ilang

      Delete
  17. Cukup menarik ya Natural Trauma Healing, terkadang ada trauma masa lalu yang tidak disadari, membawa dampak tak baik bagi kehidupan kita. Saya pun jadi tertarik untuk mencobanya juga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Justru karena tidak kita sadari, jadi kita abai menyembuhkannya

      Delete
  18. Wah komplit infonya, excercise yg semacwm yoga itu bisa kita lakyin sendiri di rumah mungkin ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa Mbak...bisa kita lakukan sendiri di rumah

      Delete
  19. Kuingin nyobain biar bs berdamai dg diri sendiri. Nuhun infonya teh :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya pun masih berusaha untuk berdamai dengan diri sendiri, Teh

      Delete
    2. This comment has been removed by the author.

      Delete
  20. saya suka akupuntur
    awal nyoba waktu acara organisasi boss
    saya ikutan...ketagihan
    meski nyeri tp terasa langsung ke sumber sakit
    nunggu acara serupa lagi nih..secara klu pergi ke tempat prakteknya lumayan harganya hehehe

    ReplyDelete
  21. Di Jogja ada ga sih ? Pingin euy. Dulu aku akupuntur dll pas habis kecelakaan dan memang oke sih. Nah jadi pingin coba lagi yg untung healing

    ReplyDelete
    Replies
    1. Harus cari infonya dulu, ya, Mbak. Supaya kita bebas dari trauma ya...

      Delete
  22. Trauma emang kudu disembuhkan ya, krn biasanya akan mempengarui kehidupan jg.
    Btw ini kliniknya masih di Bandung aja ya mbak? Blm ada di Jakarta?

    ReplyDelete
  23. Menarik sekali ada trauma healing. Apalagi pake akupuntur. Jadi kayak di film-film. Pengen coba. Semoga sukses klinik nya.

    ReplyDelete
  24. Enak banget mbak bisa ikut acara begini. Jadi bisa nyobain ngilangin trauma ya? Aku punya beberapa trauma kebetulan. Pengen juga di hilangin. Tapi harganya gimana ya?

    ReplyDelete
  25. Itu cuma ada di Bandung mba? Coba ada di Jogja gitu kan bisa coba mba.. kebetulan saya juga pernah mengalami trauma.. siapa tahu setelah ikut natural healing jadi sembuh mba

    ReplyDelete
  26. woghh,, pakai teknik akupuntur ya mbak.. layak ini dicoba.. :D

    ReplyDelete
  27. Aku baru keinget mungkin aku punya trauma sama kecelakaan. Bkn diri senfiri sih, tp lihat kecelakaan di depan mata. Pas naik motor ya sering banget deg2 gan. Sedikit2 traumanya kulawan. Tp utk donor sama akupuntur blm coba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya juga suka deg2-an kalau lihat kecelakaan,Mbak...serem

      Delete
  28. Yang di bilang dr. David itu kok ngena banget di aku ya. Jadi aku bertanya-tanya juga selama ini aku bahagia apa engga, introspeksi diri

    ReplyDelete
  29. Wahhhh aku pernah dengar soal ini sekilas. Menarik nih. Sebagai orang yang suka gampang sakit karena diri sendiri ini kayanya harus dikunjungi.

    ReplyDelete
  30. Kepengen deh ikutan NTH ini. Tapi agak malu juga sih ketahuan stresnya, lemah, dan rapuhnya diriku ini. Huhuhu...

    ReplyDelete
  31. wah alhamdulillah ya mba ada layanan gratisnya juga untuk masyarakat.. memang trauma itu sebaiknya harus di sembuhkan ya

    ReplyDelete
  32. Bagus bgt ada acara spt ini. Buka wawasan nih soal natural trauma healing. Ternyata yg paling pertama emang kudu introspeksi diri ya Teh

    ReplyDelete

.comment-content a {display: none;}