Peduli Kemanusiaan Bersama Rumah Zakat


Hari Senin, 30 Juli 2018 Indonesia bagian timur, mengalami musibah bencana alam. Gempa dengan magnitudo terbesar 6,4 SR dan terkecil 1,8 SR melanda daerah Lombok dan sekitarnya. Berdasarkan monitoring BMKG, sejak Hari Senin hingga Hari Rabu 1 Agustus 2018, sudah ada gempa susulan sebanyak 422 kali di sana. Gempa yang berpusat di darat ini, mengakibatkan ribuan rumah penduduk rusak parah. Selain itu, belasan orang tewas dan puluhan orang lainnya mengalami luka-luka.


peduli kemanusiaan bersama rumah zakat

Musibah yang terjadi di Lombok sudah pasti mengundang simpati dunia, termasuk Indonesia tentunya. Semua pihak langsung bergerak memberikan bantuan kepada warga yang tertimpa bencana. Termasuk lembaga yang peduli dengan kemanusiaan seperti Rumah Zakat.


Program Peduli Kemanusiaan dari Rumah Zakat
Rumah Zakat (RZ) merupakan lembaga filantropi yang fokus dalam mengelola zakat, infak, sedekah, serta dana sosial lainnya melalui program-program pemberdayaan masyarakat. Program pemberdayaan dari Rumah Zakat, diwujudkan melalui 4 rumpun utama yaitu Senyum Juara (pendidikan), Senyum Sehat (kesehatan), Senyum Mandiri (pemberdayaan ekonomi), serta Senyum Lestari (inisiatif kelestarian lingkungan).
peduli kemanusiaan bersama rumah zakat
Rumah Zakat, Jalan Turangga No 33 Bandung

Dalam merealisasikan semua programnya, Rumah Zakat juga ikut peduli dengan isu kemanusiaan yang terjadi, baik di Indonesia maupun di luar negeri. Kontribusi Rumah Zakat pada daerah yang membutuhkan, selain memberikan bantuan saat evakuasi korban bencana, termasuk membersihkan puing akibat bencana hingga membantu pengadaan serta tahap rehabilitasi pasca bencana.

Pada malam Senin kemarin, Rumah Zakat telah mengirimkan 3 orang relawannya untuk mendukung pengiriman bantuan pada tahap awal. Relawan yang dikirimkan ke sana melakukan assesment dampak dan kebutuhan serta menyalurkan bantuan sembako termasuk Superqurban.

Barangkali ada yang belum mengetahui tentang Superqurban?

Energi Berkesinambungan untuk Indonesia dan Dunia melalui Superqurban

Superqurban merupakan inovasi dari Rumah Zakat, berupa daging qurban yang diolah menjadi kornet dan rendang. Untuk olahan daging berupa rendang, baru  dihadirkan pada tahun 2017. Semua produk Superqurban terbuat dari daging pilihan berkualitas tinggi dan diolah dengan higienis.

Sehingga semua varian Superqurban sangat kaya akan gizi dan bisa menjadi sajian istimewa bagi penerima manfaat. Siapa pun bisa ikut berpartisipasi dalam program kemanusiaan melalui Rumah Zakat. Nilai tambah ikut program Superqurban yaitu bisa memperluas kebermanfaatan ibadah qurban kita.


peduli kemanusiaan bersama rumah zakat
Superqurban dalam bentuk kornet dan rendang
Program superqurban berbeda dengan yang lain. Daging qurban yang dititipkan di Rumah Zakat tidak dibagikan langsung habis dalam sehari. Namun daging qurban terebut diolah menjadi kornet dan rendang dalam bentuk kaleng dengan berat @200 gram.

Penyembelihannya dilakukan sesuai syariat Islam, kemudian diolah dengan mesin yang canggih, klinis dan tetap higienis. Dengan kemasan seperti itu, daging akan tetap baik, dan bisa meminimalisir kemungkinan hewan qurban sakit atau cacat saat tiba di lokasi yang membutuhkan bantuan. 

Seperti yang disampaikan oleh CEO Rumah Zakat, Bapak Nur Efendi, bahwa dari hasil pemetaan yang telah dilakukan, yang paling dibutuhkan oleh daerah yang terkena bencana, lokasi pengungsian dan wilayah rawan pangan, adalah bantuan pangan. Dan ketersediaan Superqurban di lokasi yang membutuhkan, menjadi sumber protein yang disalurkan bersama dengan bahan pokok lainnya.
peduli kemanusiaan bersama rumah zakat
CEO Rumah Zakat, Bapak Nur Efendi
Kontribusi Relawan Rumah Zakat untuk Kemanusiaan
Seperti telah dibahas sebelumnya, sebagai badan yang peduli kemanusiaan, Rumah Zakat tergerak untuk menyalurkan bantuan kepada daerah yang membutuhkan bantuan. 

Menurut Chief Program Officer, Ibu Murni Alit Baginda, ada sekitar 3 ribu lebih relawan Rumah Zakat yang begitu loyal, komitmen dan sigap ketika ada wilayah yang mengalami bencana. Setidaknya Rumah Zakat telah berkontribusi di 153 titik bencana dengan 78.000 penerima manfaat. Dan untuk melanjutkan program di tahun 2017, Rumah Zakat pada tahun ini juga hadir di 120 titik bencana seperti bencana banjir, gunung meletus hingga kebakaran.
Pendistribusian Superqurban oleh para relawan dilakukan sejak Hari Kamis tanggal 26 Juli 2018, sebanyak 3000 kaleng kornet dan rendang untuk Suku Amuse Ane di Gunung Morkelle, Maluku Tengah. Dan bantuan tersebut telah tiba di Ambon pada Hari Minggu tanggal 29 Juli 2018 kemarin.

peduli kemanusiaan bersama rumah zakat
Chief Program Officer, Ibu Murni Alit Baginda
Suku Amuse Ane dilanda krisis pangan. Beberapa waktu lalu, 3 warganya yang terdiri dari 1 orang lansia dan 2 balita meninggal dunia akibat busung lapar. 
Hiks .. sungguh menyedihkan, bukan? Ternyata saudara kita di sana, begitu kesulitan mendapatkan pangan. 

Berdasarkan informasi dari BPBD Kabupaten Maluku Tengah, kelaparan yang melanda daerah tersebut dikarenakan oleh hama babi hutan dan tikus yang menyerang perkebunan milik warga.

CEO Rumah Zakat Bapak Nur Efendi, juga menyampaikan bahwa perjalanan yang ditempuh relawan menuju lokasi Suku Mausu Ane, tidaklah mudah. Namun, semua rintangan tersebut dapat dilalui oleh para relawan Rumah Zakat dan Superqurban telah diterima oleh warga Maluku Tengah sehingga asupan gizi mereka dapat terpenuhi. 
peduli kemanusiaan bersama rumah zakat
Relawan yang siap mendistribusikan Superqurban ke daerah bencana
Peduli Kemanusiaan Untuk Dunia
Tidak hanya di Indonesia, Rumah Zakat juga tergerak untuk menyalurkan bantuan pada korban tragedi kemanusiaan yang terjadi di Palestina dan Suriah. Bantuan yang dikirimkan untuk warga Palestina dan Suriah telah diberikan pada Hari Senin tanggal 30 Juli 2018 kemarin. 

Bantuan yang dibawa oleh para relawan tersebut, menurut ketua tim, Andri Murdianto (Crisis Center Department Head Rumah Zakat) berupa Superqurban, bahan makanan pokok, hygience kit dan bantuan hewan qurban untuk disembelih nanti pada hari Idul Adha. Tim relawan rencananya akan mencoba menembus wilayah Yerusalem untuk mendistribusikan bantuan.

peduli kemanusiaan bersama rumah zakat
Andri Murdianto (Crisis Center Department Head Rumah Zakat)
Berdasarkan hasil pemetaan, bantuan yang paling dibutuhkan oleh korban tragedi kemanusiaan di Suriah dan Palestina adalah bantuan makanan. Oleh karena itu, para relawan membawa Superqurban untuk memenuhi asupan protein hewan, dan bahan pokok lainnya yang akan dibeli di lokasi terdekat dari tempat pengungsian Palestina dan Suriah.

Tidak hanya bantuan berupa makanan, Rumah Zakat juga melakukan pengadaan satu unit ambulance untuk warga Palestina, dan pembuatan sumur serta pendirian masjid di Suriah.

Sebelumnya Rumah Zakat telah membantu sekitar 20.799 penerima manfaat berupa paket makanan, operasional ambulance, bantuan logistik, pembangunan sumur bor, lampu LED, perlengkapan medis berupa tongkat kruk dan kursi roda serta obat-obatan.

Sedangkan untuk penerima manfaat di Suriah sebanyak 11.239 orang, Rumah Zakat telah menyalurkan paket makanan, bantuan logistik, pembangunan asrama yatim dan pendirian Women Empowerment Center.

Program kemanusiaan yang dilakukan oleh Rumah Zakat, tidak terlepas dari amanah yang diberikan oleh para donatur kepada Rumah Zakat. Amanah yang telah dititipkan dikontribusikan untuk kesejahteraan umat baik di Indonesia maupun dunia.

Apakah teman-teman juga ingin berkontribusi untuk peduli pada kemanusiaan di Indonesia dan dunia? Rumah Zakat menerima dengan tangan terbuka, apabila ada donatur yang ingin turut serta peduli dengan sesama.
peduli kemanusiaan bersama rumah zakat

18 comments:

  1. iya juga ya, yang namanya kurban ga mesti daging segar, bisa juga dalam bentuk olahan seperti itu jadi lebih tahan lama

    ReplyDelete
  2. Sangat memudahkan penerimanya ya? Gak perlu repot2 lagi mengolah daging kurban. Trus kalau udah diolah kyk gini, dikemas kyk gini, kyknya lbh higienis kalau disalurkan ke beberapa tempat yg jauh2.

    ReplyDelete
  3. Keberadaan Rumah Zakat memang membantu banget, jadi yakin terpercaya, apalagi soal qurban, sedekah dst disampaikan bener2 dan syar'i.

    ReplyDelete
  4. Usually, I never comment on blogs but your article is so convincing that I never stop myself to say something about it. You’re doing a great job Man. Best article I have ever read

    Keep it up! from http://halloweendayusa2018.com/

    ReplyDelete
  5. Inovatif, kreatif dan sesuai syariah ya, Mba. Sangat membantu sekali.

    ReplyDelete
  6. Ortuku masih belum sepenuhnya percaya dengan metode qurban jarak jauh seperti superqurban ini. Soalnya kita gak tahu wujud hewannya langsung. Banyak khawatirnya lah


    Padahal kan, tetangga sekitar rumah udah berkecukupan untuk dapat daging qurban. Maksudnya udah banyak yg dapat. Kan kalo superqurban ini ngasihkannya ke yg jauh2 kan ya, yang minim dapat daging qurban.
    Hmm mungkin tahun depan. Kucoba untuk para penerima yg jauh dari tempatku berada

    ReplyDelete
  7. Salut dengan inovasi superqurban dari Rumah Zakat dan gerak cepatna dalam peduli bencana alam

    ReplyDelete
  8. Wah, inovasi yg cukup keren! Karena memang terasa betul kalau dapat daging harus dimasak biar gak basi krn gak ada kulkas. Kalo dalam kalengan jd aman

    Semoga makin byk yg tergerak untuk zakat dan sedekah

    ReplyDelete
  9. Semoga nanti saat Qurban akan banyak yang berqurban untuk sesama mba.. Saya kadang juga mendapatkan qurban dari masjid sekitar rumah mba.. Lumayan hihihi

    ReplyDelete
  10. waaaah, jadi tau nih aku, kalo berkurban bukan hanya daging aja. jadi inget belom pernah berkurban huhu

    ReplyDelete
  11. Aku pernah tau daging kurban dibuat kornet pas tinggal di Jakarta. Dari kantor suami yang buat. Alhamdulillah banget ada rumah zakat ya dan terdistribusi merata ke yang membutuhkan

    ReplyDelete
  12. Wah Rumah Zakat ini dulu salah satu tempat kerjaku . Sudah resign sih Dr 2010. Emang RZ ini terkenal visioner. Semua produknya visioner. Aku jg jd relawan RZ dari 2006 sampe skrg

    ReplyDelete
  13. ide tentang superqurban ini keren sekali. Jadi lebih memungkinkan untuk membawa daging kurban ke tempat yang membutuhkan perjalanan panjang

    ReplyDelete
  14. Barakallahu fiikum Rumah Zakat dan relawannya.
    Smeoga bantuan tenaga dan pangan yang disalurkan tepat sasaran dan bermanfaat untuk masyarakat yang membutuhkan.
    Aamiin.

    ReplyDelete
  15. Wah inovasi yang bagus, jd bisa lebih tahan lama, dan bisa lebih aman karena kemasannya dari kaleng, ya :)

    ReplyDelete
  16. Berkurban jadi semakin mudah ya dengan adanya Super Qurban ini. Keren Rumah Zakat bisa bikin program kayak gini. Semoga berkah dan hasil kurban dapat dibagi merata ke saudara kita yang membutuhkan.

    ReplyDelete
  17. Rumah zakat terus berinovasi ya mbak, semoga selalu diberi kelancaran untuk progrsm-programnya ya, sehingga banyak masyarakay yg terbantu nantiny.. Amiin

    ReplyDelete
  18. Kepedulian itu memang harus dilakukan setiap saat yaa. Tidak harus menunggu bencana tiba atau saat hari raya saja.

    Insya allah, mba telah menuliskan dan menyebarkan informasi ini juga akan mengalir pahala kebaikan didalamnya*

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar. Mohon maaf, karena banyaknya SPAM, maka komentarnya saya moderasi dulu. ^~^

.comment-content a {display: none;}