Sudah Siapkah Menjadi Bloger Profesional di Masa Depan?

bloger di masa depan


Rezeki, jodoh dan maut merupakan rahasia Tuhan. Semua ada jalannya masing-masing, tetapi maut itu pasti akan datang. Lalu, apa yang sudah kita lakukan untuk mempersiapkan datangnya maut? Saya sendiri ingin rasanya bisa dikenang dalam artian yang baik, ketika roh ini sudah perpisah dengan raga. Meninggalkan sesuatu yang bisa bermanfaat untuk orang lain.


Ada pepatah yang bilang jika amalan yang tidak akan putus itu salah satunya ilmu yang bermanfaat. Karena saya bukan seorang ulama, bukan seorang guru, menjadi penulis barangkali bisa membuat saya bermanfaat untuk orang lain. Dengan tulisan yang bermanfaat untuk pembaca, saya berharap pahalanya dapat mengalir terus meski saya sudah tidak ada di dunia ini.
Itulah alasan terpenting saya ketika memutuskan untuk menekuni dunia menulis di blog. 


Perkembangan Dunia Bloger (Blogger)

Dalam perkembangannya, kini dunia blogger sudah semakin meningkat dan banyak bermunculan blogger baru. Uniknya (baca: anehnya), banyak pemain baru yang memiliki paradigma ngeblog untuk mencari uang. 

Eh, memang enggak ada salahnya kalau beranggapan seperti itu. Karena dalam kenyataannya saya pun bisa mempunyai penghasilan dari kegiatan ngeblog. Namun semua itu saya jalani dengan proses yang panjang. Saya ingat betul, blog ini bisa menghasilkan pundi-pundi setelah melewati belasan purnama, setelah konsisten diisi tulisan-tulisan.

Berbeda dengan bloger-bloger baru yang sempat saya temui. Mereka begitu berambisi agar blognya bisa menghasilkan pundi-pundi uang. Kadang saya lihat ada blog baru yang latah mengikuti blogger sukses dengan menggunakan tema yang sama. Misalnya ketika melihat seorang beauty blogger sukses dari blognya, langsung ikut-ikutan menggunakan tema yang sama. Pokoknya, ingin cepat berpenghasilan dari blog, titik!

Jika memang menguasai materinya, its oke. Namun kalau tidak menguasai, jadi membuat kesan tidak baik pada blog tersebut. Akhirnya semua kontennya kurang menarik dan tidak enak dibaca. Oleh karena itu, menguasai materi tulisan itu sangatlah penting. Demi kenyamanan pembacanya juga, bukan?

Bagi saya, perkembangan dunia bloger menuntut semua yang berkecimpung di dalamnya harus bisa terus meningkatkan kualitas blognya. Banyaknya bloger yang bermunculan menimbulkan persaingan yang cukup ketat. Jika dahulu, banyak kesempatan yang mudah kita raih, kini dengan semakin banyaknya pemain, tentu kita harus bisa mempersiapkan diri untuk bersaing. Bersaing yang sehat, tentunya. 



bloger di masa depan

Menjadi Bloger Profesional di Masa Depan

Seiring dengan perkembangan dunia digital, bloger pun dituntut untuk lebih maju dan bisa lebih profesional. Termasuk saya juga, dong! Sepertinya banyak yang harus saya lakukan agar bisa lebih profesional dalam bidang ini. Beberapa hal yang harus saya persiapkan untuk menjadi bloger yang profesional di masa depan diantaranya: 

1. Cermat dalam Manajemen Waktu
Bukan hanya harus cermat membagi waktu agar bisa membuat konten yang positip dan menarik untuk pembaca, seorang bloger juga dituntut  untuk bisa mengatur waktunya agar bisa berinteraksi dengan bloger lainnya.

Agar bisa menghasilkan konten blog yang berkualitas, bloger perlu mengumpulkan informasi, data yang akurat, melakukan riset serta membaca beberapa referensi. Semua kegiatan tersebut memerlukan waktu yang tidak sebentar, bukan? Oleh karenanya, perlu kemampuan mengatur waktu yang baik. 

Saya pernah mendengar ada beberapa bloger sukses yang begitu profesional hingga rela menghabiskan banyak waktunya untuk mengelola blog miliknya. Dan hasil tidak mengkhianati proses. Kini beliau bisa mendapatkan penghasilan belasan juta untuk sekali blogpost. Nah, siapa yang enggak mau? Pasti semua mau, kan? Hehehe

2. Upgrade Keahlian
Menjadi seorang bloger profesional di mas depan, tidak terlepas dari beberapa keahlian yang mendukung terciptanya konten yang menarik. Selain harus menguasai seluk beluk kepenulisan, mengisi konten di blog juga memerlukan keahlian fotografi, membuat dan mengedit video, paham tentang SEO dan keahlian lainnya.

Semua keahlian tersebut perlu ditingkatkan dengan cara belajar secara berkesinambungan. Bagaimana caranya? Bisa saja dengan mengikuti workshop (pelatihan) atau bergabung dengan komunitas bloger. 
Berdasarkan pengalaman saya selama ini, dengan bergabung di komunitas, anggotanya bisa saling belajar dan memberi informasi dari pengalaman mereka.

Misalnya saja ketika saya bergabung dengan komunitas Warung Blogger. Dahulu komunitas ini adalah tempat saya belajar. Banyak senior yang mau membagikan ilmu tentang cara ngeblog yang baik. 

Selain menjadi wadah bagi anggotanya untuk saling berdiskusi seputar dunia blog dan media sosial, Warung Blogger juga kerap mengadakan lomba atau kuis. Saya termasuk yang sudah beberapa kali ikut lomba yang diadakan oleh komunitas dengan lambang secangkir kopi ini. Namun sayang, ada beberapa lomba yang tidak jelas akhirnya. Salah satu lomba yang saya ikuti, bahkan tidak pernah ada pemenangnya. Atau saya yang kurang update? Entahlah! 

Sebagai anggota komunitasnya, tentu harapan saya komunitas WB bisa lebih baik lagi dan tetap menjadi wadah anggotanya untuk meng-upgrade keahlian seputar ngeblog. 

3. Mengetahui Teknis Ngeblog
Selain mampu meng-upgrade keahlian, agar bisa menjadi bloger profesional di masa depan, pengetahuan tentang hal yang berkaitan dengan content management software perlu dikuasai dengan baik. Mau tidak mau, bloger perlu tahu mengenai database, domain, subdomain, script, plug in atau trackback dan istilah lainnya.

Bisa dikatakan konten adalah raja, tetapi desain blog pun bisa berpengaruh pada kualitas blog. Desain yang menarik, sistem navigasi yang informatif, cepat ketika diakses, akan menarik pengunjung untuk mendatangi sebuah blog.

4. Selalu Kreatif dan Inovatif
Untuk menciptakan konten yang menarik, bloger pun dituntut untuk selalu kreatif dan inovatif. Kreatif membuat tulisan yang berkualitas dan berinovasi untuk memasarkan atau memonetisasi blognya. 

5. Memiliki Jaringan dan Mampu Berkomunikasi dengan Baik
Sebagai bloger profesional, kita harus mampu berjejaring atau berkomunikasi dengan bloger lainnya. 

Mengelola jaringan pertemanan bisa dilakukan dengan banyak cara. Interaksi dengan sesama bloger bisa dilakukan secara online, baik saat berkomunikasi di grup online ataupun saat melakukan blogwaking. Selama blogwalking kita juga bisa mendapatkan ilmu terutama setelah membaca tulisan bloger lain yang berkualitas.

bloger di masa depan

Tidak hanya secara online, menghadiri sebuah event pun bisa mempererat jalinan pertemanan dengan sesama bloger. Ikut serta dalam sebuah event bisa membuka peluang besar mendapatkan teman yang lebih banyak lagi. 

Bertemu dengan banyak kawan bisa membuat kita belajar banyak mengenai pola pikir dan cara pandang setiap individu serta mengasah kemampuan diri untuk lebih bijak saat bergaul.

Menjadi profesional di suatu bidang memang membutuhkan banyak usaha yang serius. Terlebih semua harus dilakukan demi mengimbangi melesatnya kemajuan teknologi. Semua serba digital. Informasi yang disajikan dalam bentuk tulisan, gambar, audio dan video membutuhkan peran bloger yang mumpuni. 

Jadi, sudah siapkan kita menjadi blogger profesional yang menghadirkan content/creator bermanfaat di masa depan?

53 comments:

  1. Setuju bangets. Fokus dan serius adalah kunci sukses. Moga kita bisa menjadi blogger profesional yg bermanfaat utk orang lain

    ReplyDelete
  2. hemm, jadi intinya harus banyak banyak belajar untuk menjadi blogger pro. apapun itu niche blog yang dikerjakannya ya mbak

    ReplyDelete
  3. Upgrade keahlian adalah yg paling malesin huhu ini padahal penting banget, nggak cuma utk blogger tapi utk semua profesi krn butuh inovasi

    ReplyDelete
  4. Yesh ahay setuju setuju dengan semua tips di atas. Aku juga kudu ketemu komunitas, kudu banyak ningkatin skill. Makasih ya kak :3

    ReplyDelete
  5. Sepakat Mbak. Blogger harus mau belajar terus biar update. Dan yang penting tetap rendah hati alias attitude dijaga

    ReplyDelete
  6. 5 poin ini bener banget apalagi utk kreatif dan inovatif. Karena perkembangan zaman mengharuskan kita untuk itu. Gak bisa jadi blogger jadul tanpa inovasi

    ReplyDelete
  7. Tetep konsistensi sih yang paling sulit dalam ngeblog 😿

    ReplyDelete
  8. Mengetahui teknis ngeblog. Uhlalaaa... iya bukan cuma kemampuan menulis yang harus dikembangkan ya. Tapi sebisa mungkin jangan jadi blogger yang akan jawab: Gue cuma tahu nulis doang, urusan blognya ga mau tahu.
    Hey hoiiii, kadang aku pengen bilang: kamu teh blogger, harus paham juga dong sama dalemam blognya.

    ReplyDelete
  9. Harus siap dong! Meski aku harus banyak belajar lagi, terutama dg para mastah bloger. Mengupgrde keahlian dan menjalin hubungan baik dg bloger lainnya harus kulakukan.

    ReplyDelete
  10. aku siyaaaaap
    yang harus kulakukan adalah upgrade skill. Pengennya sih menguasai coding, script, dll. tapi kok ya nulis doang itu lebih enak ya, hahaha..
    tetapi Inshaa Allah perlahan akan kujalani

    ReplyDelete
  11. Sekarang standar blogger profesional sedikit aku turunkan, teh...
    mengingat prioritas pertama adalah keluarga.

    Dulu saat rumah di Dago, enak banget mobilisasinya.
    kalau ada event blogger dimana aja kapan aja, hayyuuk...

    Sejak pindah rumah, jadi harus lebih banyak bersabar.
    Secara ke mana-mana macet kalo dari sini, teh...


    Tapi ke semua point teteh...aku stuju banget.
    Perbanyak upgrade skill, cermat, kreatif inovatif dan perbanyak jaringan.

    ReplyDelete
  12. Konsisten menulis untuk blog, asli saya pengen banget itu. Konsisten, trs tulisnnya tematik, pengen punya blog dengan niche tertentu, tapi ya masih saja saya yang kadang gagap mengharmoniskan antara dinamika rutinitas kerja dg ritme ngeblog.

    tetap berharap semoga bisa lebih baik ngeblog di waktu mendatang.

    ReplyDelete
  13. Aku kenal seseorang yang memang menulis karena dia suka.. yakni suamiku.. dia sudah ngeblog Dr 2002 hingga sekarang. Dan selalu menolak sponsor post di blognya.

    Xixix beda sama aku sih.. terus terang saja aku jadi blogger itu awalnya krn senang dapat uang pas menang lomba blog. Ya gitu dah pokoknya. Tapi insyaallah aku ga parah parah amat lah.

    ReplyDelete
  14. aku sih siap, nggak tau deh mas Anang! Hahhahaha

    cuma aku ngerasa makin banyak bloger yang sok seleb huhuhu contohnya aku *lah

    ReplyDelete
  15. Supaya bisa menguasai materi harus terys belajar dan mencari informasi ya. Walaupun di dunia maya tali hrs bisa menjaga pertemanan juga

    ReplyDelete
  16. Untuk jadi profesional memang memang ga mudah ya mbak. Kelima poinnya setuju banget tapi belum mudah buat saya yang baru. Jadi sabar2 belajar hehehe

    ReplyDelete
  17. Setuju. Gak ada hasil instan. Menjadi blogger profesional juga harus terus belajar. Tulisan pun biasanya mengikuti perkembangan zaman

    ReplyDelete
  18. Merasa belum jadi blogger profesional karena belum termanajemen dengan baik, bahkan skill pun masih gitu-gitu aja, heheh jadi mesti belajar lagi nih biar terus berkembang ya

    ReplyDelete
  19. ayooo semangat..memang tidak mudah tapi kita bisa menjadi blogger yang professional dan membawa banyak manfaat ya mba

    ReplyDelete
  20. Eh, salah komen. Aku ulang yaa XD
    Aku juga masih banyak belajar ngeblog nih, Mba. Gak mau lah instan-instan tanpa proses. Yang instan katanya gak sehat eh :)))

    ReplyDelete
  21. Aku sebagai org yg mulai ngeblog krn hobi, melihat perkrmbangan dunia blog skrg emg terasa sangat berbeda. Banyak blogger baru mmg menjadikan ngeblog sbg cara dpt materi. Gpp si, asal dibarengi dg kualitas ya.

    ReplyDelete
  22. Aku ngga tau di masa dpn akan jd blogger seperti apa. Smpe saat ini aku merasa masih ngeblog sbg hobi, job yg datang kuanggap sbg berkah. Tp suka juga ikut2 workshop utk apgret ilmu. Berharap semoga apa yg aku tulis bermanfaat

    ReplyDelete
  23. Pekerjaan blogger itu berat kalau mikirin konten buat ke depannya. Jarang ada konten yang everlasting.

    ReplyDelete
  24. Setuju dengan ke-5 point nya mba.. Alhamdulillah aku masih ngeblog dgn enjoy..ada ataupun tak ada recehan yg dihasilkannya..hehe.. TFS y mba..

    ReplyDelete
  25. Konsisten nulis itu yg berat. Apalagi bikin postingan rutin tiap pekan.

    ReplyDelete
  26. Thank for sharing kak,, makasih sudah diingatkan kembali kadang kita suka males upgrade ilmu ya padah itu penting buat kita sendiri kedepannya.

    ReplyDelete
  27. ngga boleh malas upgrade skill, noted! tapi sama kaya teman-teman yg lain, konsisten buat nulis itu yang susah, huhuhuu.

    ReplyDelete
  28. Kalau saya pribadi, blogger masa depan yang bisa menjalankan blog lebih berkembang lagi. Upgrade diri dengan personal branding yang baik. Dan satu lebih penting attitude. Jangan sampai merasa berilmu tapi sombong...

    ReplyDelete
  29. setju banget. apgred keahlian .. nah masalahnya ak tuh nggak bisa ngoperk blog sama sekali. gaptek

    ReplyDelete
  30. Upgrade skill juga diperlukan untuk terus bertahan di dunia blogging yang keras ini. Aslinya sih seneng ya Mbak jadi nambah banyak temannya, sayangnya tidak sedikit yang berpikir instan untuk mendapatkan penghasilan dari blog.

    ReplyDelete
  31. Setuju sama semua tipsnya. Kita harus menjalani semuanya supaya bisa konsisten dan selamanya, semoga bisa menjadi bloger profesional ya

    ReplyDelete
  32. Sebagai Blogger pemula, artikel ini sangat bermanfaat bagi saya terutama bagaimana menjadi Blogger profesional, thanks sharingnya mba

    ReplyDelete
  33. usaha memang tidak menghianati hasil, kalau ingin jadi blogger proffesional di masa depan prosesnya kudu dimulai ari sekarang....
    Sementara aku, sudah update blog aja Alhamdulillah hihihi

    ReplyDelete
  34. Yang jelas kl mau terus eksis kudu menggali terus wawasannya ya mba, plus kudu up to date :D

    ReplyDelete
  35. Dulu ya ngeblog cuma buat hahahihi. Sekarang lbh fokus mau apa dan bagaimana. Tetap kudu upgret terus supaya gak ketinggalan

    ReplyDelete
  36. Insya allah sedang usaha juga jadi blogger profesional, disela2 mengurus keluarga

    ReplyDelete
  37. Iyes, harus upgrade ilmu, termasuk belajar hal baru seperti vloging. Kelimanya penting banget dilakukan agar menjadi blogger profesional

    ReplyDelete
  38. kalau niat monetizing blog memang perlu diseriusi terus belajar dan berjejaring. Semangat!

    ReplyDelete
  39. Setuju banget sama paragraf pertama, banyak bloger sekarang yang mau nulis kalo ada sponsor atau ada juga yang hanya sekedar ikutan trend beauty blogger biar terima endorse.
    Ah.. Ksian banget!

    ReplyDelete
  40. Setuju kak, terutama pada point 1 dan 2, kadang saya auntuk waktu masih sering berbeturan dengan rutinitas harian. dan untuk point 2 saya sedang berusaha untuk senantiasa menimba ilmu kak. do'a nya ya biar berkah.. :)

    ReplyDelete
  41. Blogger profesional ini huwa huwaaa... Soalnya sebagai Ibu RT aku no 1 anak. Kalau jadi blogger pro kyknya udah kyk pekerja beneran gtu ya, ya urusin kerjaan, meeting ma klien, upgrade ilmu. Ehm.. sementara ini aku puas jd microinfluencer kyk gini, ngeblog dengan happy hehe

    ReplyDelete
  42. Jadi blogger itu emang kudu kreatif dan terus mengasah kemampuan dalam dunia menulis. Tipsnya bermanfaat banget nih, Mbak. Nanti aku praktikkan semua ah biar ngeblog makin asik.

    ReplyDelete
  43. Aku mau jadi blogger sukses dan tips ini sangat bermanfaat mba, semoga kedepanya jadi lebih baik

    ReplyDelete
  44. Yang pasti tetap konsisten menulis dan selalu punya ide baru dalam menulis ya mbak.

    ReplyDelete
  45. Aku setuju banget Mbaaa, upgrade skill dan juga berjejaring menurutku bakal membuat seseorang, ga hanya bloger, apa pun akan tetap bisa bertahan dan tak lekang oleh waktu #kayaklagu.

    ReplyDelete
  46. aku siaaaap jadi blogger professional! >.< dari dulu cita-citaku adalah jadi penulis atau blogger, dan aku ngerasa banget happy nya jadi seorang blogger.. semoga bisa segera tercapai :D

    ReplyDelete
  47. Aku yang masih susah manajemen waktu nih Mba, hiks. Kelemahan jadi ibu rumah tangga buatku adalah karena waktunya fleksibel, jadi suka nunda-nunda. Belum bisa menetapkan waktu khusus untuk menulis yang sering disarankan pada mastah. Akhirnya yaaa ngeblognya juga masih gini-gini aja *cry

    ReplyDelete
  48. Wooww banget ya Mbak, belasan juta sekali post! Kereeeen.
    Jadi profesional itu harus selalu mau upgrade keilmuan, jangan pernah bosan dan merasa cukup dengan apa yg dimiliki saat ini. Termasuk jadi blogger yg profesional juga ya Mbak :)

    ReplyDelete
  49. You are there because you are writing. Hahahaaa... bener banget ini ya. Kalau kelamaan endak nulis entar makin susah mengeluarkan ide-ide yang ada di dalam kepala. Konsisten menulis perlu banget ya. *ngomongin diri sendiri sih ini :))

    ReplyDelete
  50. aku selalu ditanyain nih
    blogger 5 tahun ke depan ada kemajuan apa nggak ya
    uhuhahahahahah aku mah jalani aja karena emang passion ya ditingkatkan
    kedepan gimana2 ya ttp asyik jalaninya

    ReplyDelete
  51. Tapi jaman sekarang bahkan tulisan bagus bisa dipelesetin jadi buruk oleh orang lain yg membacanya. Sedih.

    ReplyDelete
  52. Upgrade pengetahuan ngeblog ini penting banget karena tiap hari ada ilmu baru dan diriku semakin ketinggalan wkwkwk

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar. Mohon maaf, karena banyaknya SPAM, maka komentarnya saya moderasi dulu. ^~^

.comment-content a {display: none;}