Thursday, 8 November 2018

Beberapa Cara Memutihkan Gigi Secara Alami

Untuk memiliki penampilan yang menarik di depan umum, bukan hanya artis saja yang harus memperhatikannya. Kita para ladies juga wajib, agar penampilan selalu terlihat menarik. Apalagi jika kita bermaksud untuk menarik perhatian lawan jenis. Kini berpenampilan menarik tidak diukur hanya dari wajah yang bebas dengan jerawat, muka yang tampak bersih atau tanpa kerut serta noda hitam. Penampilan dengan gigi putih bersih pun kini perlu mendapat perhatian.



Oleh karena itu, jika gigi terlihat tidak putih bahkan cenderung kuning akan mengurangi penampilan yang sempurna. Malu dong ya, kalau lagi nge-date atau kumpul bareng teman-teman tetapi giginya kuning hehehe ..

Untuk itu kita harus tahu cara memutihkan gigi secara alami supaya bisa tampil pantas di depan publik. Kenapa secara alami? Dengan bahan yang alami akan membuat keuangan hemat dan irit biaya tabungan. Kemudian juga akan lebih aman untuk diri sendiri. Namun, kita tak perlu khawatir jika memutihkan gigi secara alami akan membutuhkan waktu yang lama prosesnya. Hal ini dikarenakan memutihkan gigi menggunakan bahan-bahan alami membutuhkan waktu yang tidak singkat.
 
Sebelum kita bahas mengenai cara memutihkan gigi, sebaiknya kita kenali dahulu hal-hal yang  menyebabkan gigi kuning atau tidak seputih biasanya. Penyebab gigi terlihat kuning diantaranya :
  • Pertambahan usia. Seiring bertambahnya usia, lapisan enimel pada gigi yang putih akan semakin menipis, sehingga lapisan dentin yang memiliki warna kuning akan semakin terlihat.
  • Kopi dan teh juga bisa menyebabkan gigi terlihat kuning. Kandungan kromogen yang tinggi pada teh dan kopi bersifat asam sehingga dapat merusak gigi. Bagi penggemar teh, sebaiknya memilih teh hijau yang berwarna lebih jernih.
  • Minuman bersoda juga bisa mengakibatkan gigi berubah menjadi kuning, karena kandungannya bersifat asam dan banyak kromogen.
  • Buah berwarna terang. Mengonsumsi buah-buahn berwarna terang dapat meninggalkan noda di gigi. Tidak hanya dalam bentuk buah aslinya, olahan buah seperti jus atau kue juga memiliki potensi yang sama membuat gigi kuning. Buah yang dapat meninggalkan noda di gigi diantaranya tomat, cranberry, anggur, ceri dan bluberi
  • Merokok juga bisa menghilangkan warna gigi yang putih. Merokok dapat meninggalkan noda di gigi. Tidak hanya dengan mengisap rokok, mengunyah tembakau juga bisa menyebabkan gigi kuning.
  • Kesehatan gigi yang buruk. Tidak merawat gigi seperti menyikat dan perawatan gigi dapat membuat banyak noda yang tertinggal di gigi. Hal tersebut bisa menyebabkan gigi kuning.

Bahan Alami untuk Memutihkan Gigi

Adapu beberapa bahan alami yang dapat digunakan untuk memutihkan gigi diantaranya yaitu:
Daun Jambu Biji
Untuk masalah gigi, kita bisa mengandalkan daun jambu biji. Daun jambu biji bukan hanya akan membersihkan gigi dari noda kuning. tetapi juga akan membuat plak dan bakteri yang ada pada gigi menyingkir. Sehingga akan terhindar dari masalah gigi berlubang. Hal tersebut dikarenakan daun jambu biji mengandung fenol dan flavonoid yang sangat baik untuk gigi.

Cara menggunakan daun jambu biji sebagai pemutih gigi yaitu dengan cara menumbuk daun jambu biji hingga halus. Oh iya, untuk membantu menghaluskannya beri sedikit air. Setelah halus, jadikan pasta gigi ketika menggosok gigi.

Minyak Kelapa
VCO atau virgin coconut oil sangat bagus untuk membersihkan gigi yang kuning. Selain membuat gigi menjadi lebih putih, minyak kelapa juga bisa menghilangkan bau mulut. Kandungan asam laurat di dalam minyak kelapa mencegah mikroorganisme bersarang di gigi. Cara yang mudah untuk menggunakan minyak kelapa sebagai pemutih gigi yaitu dengan langsung mengoleskannya pada gigi. Setelah dioleskan pada gigi secara merata. Diamkan selama beberapa menit agat kandungan asam laurat bekerja dengan baik. Setelah itu kumur hingga bersih

Lemon Dan Baking Soda
Selain minyak kelapa, lemon dan baking soda juga bisa memutihkan gigi. Hal ini dikarenakan campuran asam pada lemon dan basa pada baking soda bisa menjadi pembersih plak yang alami. Caranya mudah untuk penggunaannya. Ambil sedikit baking soda, kemudian air perasan lemon. Aduk hingga tercampur rata. Setelah itu ganti pasta gigi dengan campuran baking soda dan lemon.

Siwak
Bahan alami yang satu ini merupakan anjuran yang baik untuk membersihkan gigi dari Nabi Muhammad. Sehingga tak perlu diragukan lagi kinerjanya. Kita bisa membeli batang siwak di pasar tradisional atau toko herbal. Cara menggunakannya bisa dengan ditumbuk. Ketika menghaluskan siwak, gunakan air agar gampang ditumbuk. Setelah itu jadikan pasta gigi untuk menggosok gigi.

Cuka Apel
Pernah mendengar tentang cuka apel? Jika belum, maka ada baiknya cari tahu khasiat dari cuka apel. Salah satu khasiat cuka apel adalah untuk memutihkan gigi. Gigi anda akan terhindar dari noda kuning dengan cuka apel. Caranya, gunakan cuka apel sebagai obat kumur. Sebelumnya jangan lupa terlebih dahulu melarutkannya di dalam air.

Garam Epsom
Bahan lain yang ampuh untuk memutihkan gigi adalah garam Epsom. Terdengar asing memang, namun garam Epsom sangat ampuh untuk menghilangkan noda kuning membandel pada gigi. Kandungan magnesium yang ada di dalamnya sangat ampuh untuk memutihkan gigi. Caranya adalah dengan melarutkan garam Epsom dengan air mineral. Kemudian jadikan larutan garam Epsom sebagai obat kumur.
 
Itulah beberapa bahan alami yang bisa memutihkan gigi secara alami. Bahan-bahan yang mudah didapat, bukan? Selain itu bahannya pun murah. Jadi, tidak perlu khawatir saat mengatasi gigi kuning. Cukup gunakan bahan alami yang ada di sekitar kita untuk memutihkan gigi.
Selamat mencoba!
 
                  Salam takzim
 

1 comment:

  1. Baru denger teh garam epsom nu kumaha tateh nya? hihih googling ah

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar. Mohon maaf, untuk menghindari SPAM, komentarnya dimoderasi dulu, yaa ^~^