Inilah Beberapa Cara Mengatasi Sembelit Pada Bayi

"Mbak, si dedek susah buang air besar, kayaknya sembelit, deh!"
"Waduh, tapi bisa keluar?"
"Enggaak! Udah beberapa hari,nih! Gimana, dong!"
Percakapan itu terjadi beberapa bulan setelah adik perempuan saya melahirkan seorang bayi perempuan yang mungil dan cantik. Sebagai orang tua baru, wajar saja apabila dia terlihat panik. Khawatir terjadi apa-apa dengan bayinya, adik saya pun mengonsultasikan masalah tersebut di WhatsApp keluarga.
cara mengatasi sembelit pada bayi

Setiap orang tua pasti menginginkan agar bayinya selalu sehat dan ceria, terlebih bagi ibu yang baru mendapatkan anak pertama. Bayi dikatakan sehat ketika terlihat lincah meski dalam gerakan yang masih terbatas. Anak yang baru lahir, biasanya rentan dengan masalah kesehatan, terutama masalah dalam sistem pencernaan. Organ pencernaan yang belum berfungsi dengan baik, disinyalir menjadi penyebab utamanya.
Beberapa bayi yang sering mengalami sembelit biasanya ditandai dengan masalah buang air besar yang tidak lancar, tidak nafsu makan, tinjanya keras, dan sering terlihat rewel serta menangis.
Masalah sembelit pada bayi ini sebenarnya merupakan hal yang wajar, tetapi tetap perlu menjadi perhatian yang serius dan harus segera diatasi. Jika tidak segera diatasi bayi akan terus rewel.
Oleh karena itu, setelah mendengar permasalahan pada keponakan saya dengan lebih detil, akhirnya saya menyarankan adik saya untuk mengatasi masalah sembelit pada bayinya. Dan beberapa cara mengatasi sembelit pada bayi diantaranya yaitu :
1. Dengan Mengurangi Kekentalan Susu Formula
Bayi yang rentan terkena masalah sembelit adalah bayi yang mengkonsumsi susu formula. Terlebih jika susu yang dikonsumsi bayi itu kental. Sehingga agar bayi terhindar dari masalah sembelit ini adalah dengan membuat susu yang tidak terlalu kental. Mungkin menyimpang dari aturan dari membuat yang sebenarnya diperlukan. Sebaiknya takaran susunya itu dikurangi dan perhatikan apakah bayi masih sembelit atau tidak sesudah diberi susu yang takarannya itu dikurangi.

2. Dengan Memberikan ASI Eksklusif
Bayi yang mendapatkan ASI eksklusif dari ibunya akan terhindar dari masalah sembelit ini. Hal ini dikarenakan ASI ini mengandung nutrisi yang sangat sempurna seperti lemak dan protein. Kemudian lemak dan protein dari ASI ini akan dipecah oleh sistem pencernaan secara sempurna sehingga akan bisa diserap oleh usus halus.

3. Tidak Memberikan Makanan Padat

Makanan padat yang sering dikonsumsi bayi merupakan salah satu penyebab bayi mengalami masalah sembelit. Hal ini wajar terlebih untuk bayi yang telah menerima makanan pendamping ASI. Sehingga pada saat bayi mengalami masalah sembelit ini maka hindarkan bayi dari makanan padat seperti sereal dan bubur instan.

4. Dengan Memberikan Serat
Jika bayi sudah mulai menerima makanan padat dan memiliki sistem pencernaan yang aman untuk makan maka berikanlah bayi makanan yang mengandung serat sehat. Berikanlah bayi makanan yang mengandung serat tinggi seperti beras merah, wortel, pisang, brokoli, jeruk, bubur, dan makanan serat lainnya.

5. Dengan Memijat Perut Bayi
Ketika bayi mengalami masalah sembelit maka salah satu cara tradisional untuk menyembuhannya adalah dengan memijat perutnya. Bayi akan merasa lebih nyaman jika bagian perutnya itu diberi pijatan lembut dari tangan ibunya.
Cara memijatnya adalah dengan memberikan pijatan menggunakan tiga jari utama lalu bagian bawah pusar bayi ditekan lembut, lalu kiri bawah pusar dan lakukan gerakan memutar dari atas hingga kebawah. Lalu beri tekanan yang lembut pada saat memijat dan jangan terlalu keras. Dan agar bayi perutnya merasa lebih nyaman maka gunakan minyak telon atau minyak penghangat lainnya.

Itulah beberapa cara mengatasi sembelit pada bayi. Selain itu masih ada cara yang lainnya yaitu dengan mengganti susu formula. Karena salah satu faktor yang menyebabkan bayi mengalami sembelit adalah susu formula yang dikonsumsi tidak cocok. Sehingga gantilah susu dengan susu dari merk lain yang lebih aman bagi pencernaan bayi.

Adik saya sendiri, setelah mendengarkan masukan dari kakak-kakaknya, langsung mempraktekkan usulan kami. Keponakan saya sejak dilahirkan hanya mengonsumsi ASI, jadi penyebabnya pasti bukan dari susu formula.

Kala itu, keponakan saya memang baru mendapatkan makanan pendamping ASI, jadi ada kemungkinan pencernaannya sedang beradaptasi sehingga mengalami sembelit. Akhirnya kami menyarankan dia untuk memberikan makanan pendamping yang lebih encer atau pemberiannya jangan terlalu sering.

Alhamdulillah setelah beberapa hari, BAB keponakan saya mulai lancar. Dia pun sudah tidak rewel lagi, dan bisa bermain dengan ceria.

21 comments:

  1. Bayi sembelit tuh kasian banget, kita aja orang dewasa tersiksa kalau sembelit apalagi bayi belum bisa mengungkapkan rasa sakitnya dengan ngomong, makasih ya tipsnya, bisa dicoba nih sama keponakan yang masih bayi

    ReplyDelete
  2. oh iya biasanya sembelit dialami anak yang minum sufor. Alhamdulillah SID lancar BAB tiap hari.

    ReplyDelete
  3. Paling bingung kalau yang sembelit itu bayi. Kan kita nggak ngerti ya, dia ini kenapa. Nangiiis aja, rewel, ternyata dia nggak bisa pup gitu. Kan kasihan aja. Dulu aku saking bingungnya, hampir mau dikasih obat. Tapi katanya disuruh ASIin aja terus sambil diperbaiki pola makan kitanya. Alhamdulillah bener, besokannya pup lagi.

    ReplyDelete
  4. Jadi begini beberapa tips mengatasi sembelit pada anak. Kemarin keponakanku minum susu formula tapi nggak mau dicampur dengan air. Dan keesokannya dan aku sedih. Jadi setelah baca ini aku harus hati-hati saat membuat susu formula untuk keponakan biar nggak sembelit lagi.

    ReplyDelete
  5. Tips2 nya sangat membantu nih mba..ikut nyatet juga kalau2 di keluarga kami butuh. TFS ya mba..

    ReplyDelete
  6. Pijat di bagian perut itu ampuh banget mengatasi sembelit dan kembung di anak2ku, apalagi kalau ibunya sendiri yang mijat, sekalian meningkatkan bonding :)

    ReplyDelete
  7. Setuju banget jika tak berikan makanan padat dlu ke bayi jika belum waktunya. Kasian kan karena organ pencernaaanya belum siap

    ReplyDelete
  8. Waktu masih masa ASI Ekslusif, anak-anak saya gak pernah sembelit. Tetapi, ketika mulai masuk MPASI pernah beberapa kali sembelit. Saya langsung kasih jus wortel import. Biasanya manjur banget

    ReplyDelete
  9. Sedih banget kalo anak bayi rewel karena sembelit. Buat orangtua baru pasti bingung gimana cara mengatasinya ya. Lebih baik memang bertanya pada yang lebih berpengalaman atau ke dokter biar bisa menangani dengan tepat ya mbak

    ReplyDelete
  10. Anakku dulu pas bayi hobi banget sembelit. Sampai-sampai tiap habis mandi aku pijet ILU sama gerakan kaki kayuh sepeda yang diajarin dokter anak langganan.

    ReplyDelete
  11. Kalau udah mpasi memang makanan perlu diperhatikan ya mana yg bikin anak sembelit

    ReplyDelete
  12. Ini nih salah satu problem punya bayi yang bikin kasian ke si bayinya. Susah BAB. Aku biasanya banyakin ASI aja. Dan akunya banyak makan sayur. Lumayan mujarab :D

    ReplyDelete
  13. dengang memberi banyaaak serat insya Allah anak-anak terhindar dari sembeliiit ya Mba..

    ReplyDelete
  14. Sembelit memang bikin ganggu dalam pola pengasuhan anak. Ga sedikit bikin stress tapi syukurlah banyak baca jadi banyak paham mengatasinya

    ReplyDelete
  15. Jadi inget jaman anak2 kecil dulu, duuuhh... sampe keringetan emaknya kalau si baby sembelit. Nggak cuma babynya yg merasa ga enak, emaknya pun ikut gelisah seperti ngerasain sendiri betapa terganggunya tubuh hanya dengan melihat si kecil rewel gitu. Iya sih, ketika mulai MPASI biasanya masalah ini akan dihadapi oleh anak kita.

    ReplyDelete
  16. Aku biasa memijat perut baby mba sangat membantu banget, kaaihan kalo lihat anak sembelit tersiksa banget

    ReplyDelete
  17. Aku dulu pas anak pertama niih...masalahnya sembelit.
    Alhamdulillah ada Mama mertua.
    Jadi dibantu cara singkat mengatasi sembelit.

    Hihii~

    ReplyDelete
  18. Sembelit tuh memang nggak enak banget ya, kita aja yang udah gede gini suka kewalahan :)

    ReplyDelete
  19. Jangan panik ya berarti kalo anak sembelit, begitu tipsnya ya bund makasih bangeet bund untuk pengalaman dan sharingnya .InsyaAllah buat bekel punya anak nanti.

    ReplyDelete
  20. Dulu kalo anakku sembeli pake cara ini juga loh teh. Memang harus bertahap untuk cara pemberian makanan ke bayi, ga boleh dikasih kalo belum waktunya.

    ReplyDelete
  21. aku aja kalo lagi sembelit rasanya ngga nyaman banget. apalagi bayi ya, pasti duhh bikin badmood banget. sip mba thanks sharingnya aku praktekin kalau kalau nanti ngalamin pas punya bayikk hee

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar. Mohon maaf, karena banyaknya SPAM, maka komentarnya saya moderasi dulu. ^~^

.comment-content a {display: none;}