Friday, 28 December 2018

Rahasia Mendidik Anak Laki-laki Menjadi Pribadi Super Yang Berintegritas

Sebagai orang yang memiliki peranan besar dalam mendidik dan membentuk karakter anak, seorang ibu bertanggung jawab untuk mengajarkan hal-hal yang positif bagi buah hatinya. Baik untuk anak laki-laki ataupun anak perempuannya.


mendidik anak laki-laki menjadi pribadi super


Ibu jugalah yang memastikan anaknya tumbuh menjadi pribadi yang memiliki akhlak mulia dan berkarakter unggul.

Alhamdulillah, saya dikaruniai dua orang anak dengan jenis kelamin yang berbeda. Buah hati yang pertama seorang anak perempuan, sedangkan yang kedua adalah anak laki-laki. Karena berbeda jenis kelamin, tentu saja preferansi mereka berbeda. Perbedaan mendasar inilah yang membuat saya harus mempersiapkan diri dalam mendidik karakater buah hati.

Seperti kita ketahui, karena karakter antara anak lelaki dan perempuan berbeda, tentu saja cara orang tua mendidik mereka pun tidak akan sama. Sedangkan cara saya mendidik anak-anak, tidak begitu jelas berbeda.

Hingga saya berkesempatan ikut dalam acara bedah buku Great Mom Strong Son karya dari Mbak Bety Kristianto dan Jessica Valentina. Dalam buku tersebut dijelaskan secara rinci, bagaimana cara mendidik anak lelaki agar menjadi pribadi super.

Menurut buku tersebut, ada perbedaan anak lelaki yang perlu diketahui dibandingkan dengan anak perempuan.

Beberapa ciri khas yang dimiliki oleh anak laki-laki dan anak perempuan yaitu:
- Anak laki-laki lebih senang bergerak aktif
- Memiliki kecenderungan lebih emosional secara internal.
- Anak lelaki menyukai keramaian
- Mengekspresikan rasa takutnya lebih sedikit daripada anak perempuan
- Anak perempuan lebih terampil menggunakan tangannya, dibandingkan anak lelaki
- Ada kalanya anak perempuan lebih baik jadi pendengar dibandingkan anak lelaki.

Dari perbedaan ciri khas tersebut, perlakuan terhadap masing-masing  jenis kelamin pastilah berbeda.

Saya juga menemukan hal menarik dalam Buku Great Mom Strong Son di halaman 85, di sana dibahas mengenai rahasia membentuk kepribadian anak laki-laki agar menjadi pribadi super yang berintegritas.

Ada tiga resep rahasia dalam membentuk anak lelaki matang dan berintegritas yaitu:

  • Anak laki-laki lebih tertarik pada tindakan daripada kata-kata. Biasakan mereka untuk melakukan aksi dan tindakan positif.
  • Berikan perhatian penuh kepada keinginan dan kemauan anak. Biarkan anak menentukan apa yang ingin dilakukannya bersama orang tua, agar mereka merasa dihargai dan diinginkan keberadaannya.
  • Mengajarkan disiplin sejak dini. Ajarkan mereka untuk berkomitmen sejak dini.

mendidik anak laki-laki menjadi pribadi super

Penjelasan demi penjelasan tentang membentuk anak laki-laki yang super dan berintegritas terurai dengan jelas dalam acara bedah buku yang diadakan di Gedung Gramedia Bandung tersebut.

Beberapa peserta yang mayoritas terdiri dari ibu dari anak-anak yang masih balita, melakukan tanya jawab dengan narasumber. Mbak Bety selaku penulis buku, berbagi pengalamannya saat mengasuh dua putranya.

mendidik anak laki-laki menjadi pribadi super

Yup, Buku Great Mom  Strong Son merupakan karya Mbak Bety Kristianto dan Mbak Jessica Valentina saat mengasuh anak laki-laki mereka. 

mendidik anak laki-laki menjadi pribadi super

Tidak hanya membahas buku yang baru saja terbit di akhir tahun 2018 ini, acara yang diadakan tepat di Hari Ibu, yaitu tanggal 22 Desember 2018 juga membahas tentang seputar penulisan buku dan penerbitannya.

Hadir pula perwakilan dari penerbit Andi yang berpusat di Yogyakarta, membahas tentang penulisan buku dan seputar penerbitan.

mendidik anak laki-laki menjadi pribadi super

Sebagian besar peserta yang hadir adalah penulis dan blogger. Kehadiran perwakilan dari sebuah penerbit yang sudah menelurkan banyak karya tulis, membawa angin segar tersendiri. Siapa yang tidak ingin bukunya segera diterbitkan, bukan?

Saya bersyukur bisa ikut dalam acara bedah buku yang menghadirkan penulisnya langsung dari Yogyakarta. Banyak pengetahuan baru tentang pengasuhan terutama mendidik anak laki-laki. Selain itu, peserta yang hadir juga bisa mengetahui lebih banyak seputar penerbitan buku.


mendidik anak laki-laki menjadi pribadi super


mendidik anak laki-laki menjadi pribadi super

Demikianlah pengalaman saya ketika mengikutin acara bedah buku Great Mom, Strong Son. Semoga buku ini bisa menambah perbendaharaan literasi buku yang berguna untuk mendidik buah hati. 


35 comments:

  1. waaah keren pasti isi bukunya bagus banget :)

    ReplyDelete
  2. Bukunya cocok dibaca untuk ibu-ibu tuh heheh

    ReplyDelete
  3. Buat calon ibu-ibu juga donk pastinya hehe

    ReplyDelete
  4. Waaah bagus banget, bukunya pasti sangat bermanfaat buat para bunda :)

    ReplyDelete
  5. Oh jadi gitu perbedaan anak laki-laki sama perempuan. Terima kasih informasinya

    ReplyDelete
  6. Kebetulan anak saya cowo harus beli buku Great Mom Strong Son kalau boleh tahu pasarkan buku Great Mom Strong Son di mana aja?

    ReplyDelete
  7. Hi, just á´¡anted too mention, I enjoyed this blog post.
    It was helpful. Keep on posting!

    ReplyDelete
  8. Anak aku perempuan, tapi 3 itu komitmen, menentukan pilihan dan mengambil tindakan udah kami ajarkan semenjak masih kecil banget.

    ReplyDelete
  9. 3 anakku laki2 nih, kurasa aku butuh banget baca buku ini untuk panduan mendidik mereka. Tfs ya mbaa

    ReplyDelete
  10. Di tengah banyaknya fenomena laki2 yang kok berperilaku kayak perempuan, buku panduan macam ini akan sangat ngebantu bgt ortu utk mendidik anak laki2 ya mbaa

    ReplyDelete
  11. Seru ya acara bedah bukunya. Aku belum pernah ikut acara bedah buku. Mbak Bety kayaknya blogger juga kan ya dan kayaknya sering menang lomba blog juga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul Mbak. Mbak Bety blogger juga dan memang suka menang lomba.

      Delete
  12. Pas nih anakku juga cowok, Mbak. Abinya yang kesannya santai dan kalem membuatku selaku pasang kuda2 untuk mengimbangi pola asuhnya. Aku nggak mau anakku jadi lembek. Dia harus strong layaknya laki2. Soal disiplin nih yg masih jadi PR untukku, Mbak.

    ReplyDelete
  13. Aku juga punya anak lelaki nih, and somehow I will need this book. Tapi nyarinya di mana ya bukunya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bukunya ada di Gramedia dan toko buku besar lainnya, Teh

      Delete
  14. wah aku miss event ini pengen ikutan cuman ada halangan jadi ga bisa ketemu Mba Betty dan bedah buku ini. jadi pengen beli bukunya deh

    ReplyDelete
  15. Sebagai ibu dari dua anak laki laki, ada rasa takut dan ragu, bagaimana nanti membersamai mereka di jaman yang sungguh berbeda dengan masa kecil kita dulu. Ah ternyata nemu panduan yang bakalan bisa jadi acuan menanamkan nilai nilai untuk anak laki laki seperti ini

    ReplyDelete
  16. Jadi pengen punya bukunya, deh. Apalagi saya juga punya anak laki-laki. Tanggung jawab seorang laki-laki itu besar. Kuncinya memang ada di peran ibu yang tangguh

    ReplyDelete
  17. Acara bedah buku gini selalu keren, aku suka ikut kalo ada dan tahu jadwalnya di kota kami. Apalagi ada sharing seputar penulisan buku juga ya, makin bergizi deh acaranya

    ReplyDelete
  18. Penulis buku yang menulis pengalamannya dia sendiri kayaknya Bukunya akan laku dan akhirnya banyak dicari ya mbak. aku penasaran sama bukunya

    ReplyDelete
  19. Anakku laki-laki semua nih jadi pensaran pingin baca bukunya juga, memang susah-susah gampang mendidik anak dan sebagai orangtua harus terus belajar

    ReplyDelete
  20. Wah, aku kudu baca nih buku ini. Aku punya 3 anak laki-laki yang kudu jadi anak berpribadi super. Memang ya, besarin anak cowok beda banget sama anak cewek. Gak hideng-hideng anak cowok mah. :)))

    ReplyDelete
  21. Wah aara keren bertabur ilmu, iya banget sih apa yg disebutkan di atas..laki2 lbh melihat dari mendengar. Ank laki2 ku ada 2 perempuan ada 3 keliatan banget jadinya..

    ReplyDelete
  22. Keren ini bukunya,,, bener bngetb,, anak lk percaya curhat sama ibunya nih klo anakku walaupn kadang cuex tapi afa sisi pethatianny yg kdng bikin aku terharu

    ReplyDelete
  23. MasyaAllah buku yang menebar banyak kebaikan ini Mba, membantu saya sebagai calon ibu dan ibu yang sudah memiliki anak sekalipun.

    ReplyDelete
  24. Aku butuh bukunya ini secara anak laki-lakiku dua dan aku pikir mendidik mereka harus tepat, karena kelak mereka adalah kepala keluarga yang mendidik dan membawa keluarganya

    ReplyDelete
  25. Aku belum punya anak laki laki tapi konon, mendidik anak laki laki katanya lebih sulit daripada anak perempuan. Hehe makask sharing nya mba, bagus untuk masukan jika next ada anak laki2

    ReplyDelete
  26. aku juga pengeeeeen banget jadi great mom mba, so my son and my daughter will be strong! pasti banyak ilmu bermanfaat di sini mba

    ReplyDelete
  27. Buku ini penting banget nih buat aku yang masih punya kewajiban mendidik anak lelaki yang kini berusia 9 tahun. Semoga dengan pengetahuan dari buku ini bisa bikin aku mendampingi anak menjadi strong son.

    ReplyDelete
  28. Aku belum pernah ikutan acara bedah buku gini, pengin anget padahal. Mudah-mudahan ada kesempatan ikutan acara kayak gini.

    ReplyDelete
  29. Noted, emang agak agak susah mendidik anak laki laki ya mba. Karena kan nantinya ia yg jadi pemimpin keluarga

    ReplyDelete
  30. Anakku dua Mba, laki-laki dan perempuan. Jadi memang bisa banget tuh ngliat perbedaan di antara keduanya. Anak laki-laki lebih less 'drama' dibanding perempuan, hihi.

    Menarik banget nih bukunya, pengen beli deh. Tapi jauh dari Gramedia atau toko buku. Lagi-lagi mengandalkan belanja online kayaknya :D.

    ReplyDelete
  31. Semoga anaknya kelak saat dewasa jadi pribadi yang cerdas, membanggakan orang tua dan segalanya yang baik-baik ya mba :)

    ReplyDelete
  32. Acara bedah bukunya bermanfaat banget ya mba. Jadi dapat ilmu baru tentang mendidik anak ya mba.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar. Mohon maaf, untuk menghindari SPAM, komentarnya dimoderasi dulu, yaa ^~^