Sosialisasi Program Wakaf dari PRUsyariah Untuk Memfasilitasi Niat Ibadah Wakaf Masyarakat

17:51:00 Nurul Fitri Fatkhani 65 Comments


Dan Aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka beribadah kepada-Ku. [Adz-Dzâriyât/51:56]
Berdasarkan ayat tersebut di atas, kita bisa memahami jika beribadah merupakan cara yang penting untuk mendapatkan ridha dari Allah dan mencapai keberkahan. Cakupan ibadah sendiri meliputi beberapa jenis. Ada ibadah yang berhubungan dengan keyakinan dan hati, ada juga ibadah melalui lisan atau perkataan, serta ada ibadah yang berhubungan dengan harta. Ibadah yang berhubungan dengan harta sendiri meliputi, sedekah, infak, zakat dan wakaf.

sosialisasi program wakaf PRUsyariah

Sebelumnya saya kurang paham dengan perbedaan antara sedekah, infak, zakat dan wakaf. Namun, setelah mendengar pemaparan dari Bapak Muhammad Yusuf Helmy, selaku Corporate Director of Business Services - KARIM Consulting Indonesia, pemahaman saya jadi lebih terbuka.

Ibadah Zakat, Infaq, Sedekah dan Wakaf

Di acara peluncuran Program Wakaf dari PRUsyariah, Bapak Muhammad Yusuf Helmy menguraikan perbedaan dari zakat, infak, sedekah dan wakaf. Menurut beliau, zakat, sedekah dan infak merupakan perwujudan ibadah harta, yang setelah kita berikan kepada mereka yang berhak, harta tersebut bisa langsung habis. 

Sedangkan wakaf merupakan ibadah harta yang sifatnya tetap/kekal dan tidak langsung habis. Wakaf merupakan pemberian hak milik kita kepada orang lain untuk diberikan, dimanfaatkan dan dikelola untuk kepentingan umum. Harta yang diwakafkan tersebut tidak boleh habis ataupun di jual. Sehingga pahala orang yang berwakaf sangatlah besar karena akan terus mengalir, menjadi amal jariah. Selama harta itu masih bermanfaat, maka pahalanya akan terus mengalir meskipun pemberi wakafnya telah meninggal dunia.

Harta wakaf sendiri dapat digunakan untuk membangun fasilitas umum seperti rumah sakit, rumah badah, lembaga pendidikan, perkebunan, properti dan fasilitas umum lainnya yang sejalan dengan prinsip syariah. Di era modern ini, harta wakaf juga bisa berupa uang (cash waqf) melalui manfaat asuransi dan manfaat investasi dari polis asuransi jiwa syariah. 

Harta benda wakaf sendiri meliputi seluruh harta benda yang sesuai dengan prinsip syariah, dapat berbentuk:
- Harta bergerak seperti uang, logam mulia, surat berharga dan kendaraan.
- Harta tidak bergerak seperti tanah dan bangunan.

Semakin banyaknya masyarakat yang mengamalkan ibadah wakaf, tentunya tidak terlepas dari pengetahuan mereka tentang keistimewaan dan keutamaan Wakaf. Lalu apa saja keistimewaan dan keutamaan wakaf itu?

1.  Pahala orang yang berwakaf akan terus mengalir sekalipun ia sudah wafat.
2. Harta benda yang diwakafkan akan tetap utuh terpelihara, tidak hilang karena prinsip barang wakaf tidak boleh dijual, dihibahkan atau diwariskan.
3. Manfaat harta wakaf akan terus dirasakan oleh banyak orang bahkan lintas generasi.
4. Setiap saat harta wakaf bisa menebarkan kebaikan dan meringankan beban orang-orang yang membutuhkan bantuan seperti fakir miskin, anak yatim, penuntut ilmu, dan kaum dhuafa secara umum.
5. Pahalanya dilipatgandakan hingga 700 kali lipat.
6. Ganjaran bagi pemberi wakaf adalah surga.

Sosialisasi Program Wakaf dari PRUsyariah

Sesuai dengan Fatwa MUI No.106/DSN-MUI/X/2016 tentang Wakaf Manfaat Asuransi dan Manfaat Investasi pada Asuransi Jiwa Syariah yang membolehkan masyarakat berwakaf dalam bentuk asuransi, PRUsyariah menghadirkan Program Wakaf yang menawarkan pilihan bagi nasabah dan calon nasabah dalam menyalurkan wakaf. Program ini diharapkan bisa memfasilitasi niat ibadah wakaf masyarakat luas.


sosialisasi program wakaf PRUsyariah

Saya senang sekali bisa hadir dalam acara sosialisasi manfaat wakaf yang diadakan oleh PT. Prudential Life Assurance (Prudential Indonesia) pada Hari Sabtu  23 Februari 2019 di Hara Cafe-Bandung. Karena saya bisa mendapatkan banyak pengetahuan sesuai dengan tujuan acara ini, untuk menyebarluaskan manfaat wakaf sehingga perekonomian Indonesia bisa lebih baik lagi.

sosialisasi program wakaf PRUsyariah

Dalam kesempatan itu pula, Ibu Nini Sumohandoyo, Sharia, Government Relations and  Community Investment Director Prudential Indonesia mengatakan pada kami, blogger dan media yang hadir

"Kami sangat senang, karena PRUsyariah bisa menghadirkan Program Wakaf  sebagai wujud dari komitmen Prudential yang baru yaitu "WE DO GOOD" (Kami Mewujudkan Kebajikan)". Program dari PRUsyariah ini memberikan solusi pada  kebutuhan nasabah dalam melaksanakan wakaf dan membantu masyarakat mewujudkan kebajikan secara berkelanjutan. Program ini melengkapi serangkaian produk dan layanan asuransi berbasis syariah yang komprehensif dari Prudential."
Program Prudential Wakaf mendukung nasabah yang sedang mencari solusi cerdas nan modern untuk bisa beribadah dalam bentuk wakaf, sekaligus memastikan nasabah dan keluarganya memperoleh proteksi dan perencanaan investasi yang tepat. Melalui program ini diharapkan nasabah lebih mudah dalam menyalurkan wakaf asuransinya.

Dalam acara yang diadakan pada Hari Sabtu pagi tersebut, Bu Nini juga menambahkan bahwa program wakaf sejalan dengan slogan "Selalu Berbagi, Selamanya Berarti", yang mengajak semua orang agar terus berderma untuk mencapai manfaat yang abadi. Bahkan progam wakaf tersebut juga merupakan bagian dari komitmen Prudential untuk turut mengatasi tantangan sosial ekonomi Indonesia saat ini.

sosialisasi program wakaf PRUsyariah

Seiring dengan pernyataan Bu Nini, kepada insan media dan blogger yang hadir di acara sosialisasi Program Wakaf dari PRUsyariah, Bapak Muhammad Yusuf Helmy menambahkan bahwa pengelolaan dana wakaf secara profesional sangatlah penting, karena dapat memastikan nilai harta wakaf tetap terjaga dan hasil usaha wakaf bisa terus memberikan manfaat bagi masyarakat.

Oleh karenanya Prudential Indonesia melakukan kerja sama dengan tiga lembaga wakaf atau nazhir yang terpercaya, yaitu Dompet Dhuafa, iWakaf dan Lembaga Wakaf Majelis Ulama Indonesia (LW-MUI). Dari ketiga lembaga wakaf tersebut, nasabah Prudential bisa memilih sesuai dengan kesukaannya masing-masing.
Lalu, bagaimana cara berwakaf di Prudential?

Program Wakaf dari PRUsyariah

Untuk nasabah yang telah mempunyai polis asuransi unit link Prudential, mereka dapat mewakafkan manfaat asuransinya dengan membeli polis asuransi syariah baru hingga 95 persen. Sedangkan untuk nasabah yang baru, bisa mewakafkan manfaat asuransinya hingga 45 persen.

Menurut data yang diperoleh dari Badan Wakaf Indonesia, masyarakat kita telah mewakafkan tanah seluas 2.700 kilometer persegi di lebih dari 366 ribu lokasi. Untuk wakaf tunainya sendiri diperkirakan mencapai Rp. 180 triliun per tahun. Melalui Program Wakaf, potensi wakaf Indonesia yang sedemikian besar akan turut digali. Dan sosialisasi mengenai keutamaan dan manfaat wakaf perlu digalakkan sehingga masyarakat bisa menyalurkan dermanya secara tepat guna.

Selain mensosialisasikan keutamaan dan manfaat wakaf, Prudential Indonesia juga memberikan pelatihan kepada tenaga pemasar Prudential dan masyarakat luas mengenai Program Wakaf. Kegiatan tersebut berlangsung sejak 17 sampai 28 Januari 2019. 
Oh iya, kegiatan tersebut mendapatkan penghargaan dari Museum Rekor Indonesia (MURI) untuk "Sosialisasi Wakaf Peserta Terbanyak, loh! Keren, kan?

Saya bangga, deh, bisa menjadi orang Indonesia. Karena menurut World Giving Index oleh Charity Aids Fund, Indonesia menempati posisi teratas sebagai masyarakat paling dermawan di dunia. Nah ... membanggakan, bukan? 
Apalagi Indonesia memiliki penduduk Muslim terbesar di dunia, dan ini berarti wakaf asuransi memiliki potensi besar untuk mendorong pembangunan ekonomi, serta mengurangi kemiskinan di negeri kita.

Nasabah yang ingin mengikuti Program Wakaf dari PRUsyariah bisa memilih 3 jenis wakaf yang ditawarkan, yaitu: Wakaf Santunan Asuransi Meninggal Dunia, Wakaf Nilai Tunai, serta  Wakaf Santunan Asuransi Meninggal Dunia dan Nilai Tunai.
Untuk lebih jelasnya mengenai alokasi dana peserta asuransi jiwa syariah, bisa dilihat dalam skema berikut ini:

sosialisasi program wakaf PRUsyariah


Berdasarkan gambaran di atas, dana peserta asuransi unit link terbagi menjadi dua bagian yaitu sebagai kumpulan dana tabarru peserta asuransi dan dana investasi peserta asuransi.
Kumpulan dana tabarru sendiri  dialokasikan sebagai fee (ujrah) Perusahaan Asuransi dan Dana Tabbaru yang dikelola dan diinvestasikan.
Sedangkan Dana Investasi peserta asuransi dibagi menjadi fee (ujrah) Perusahaan Asuransi dan Dana Tabbaru yang dikelola dan diinvestasikan.

Barangkali teman-teman masih penasaran, apa bedanya berwakaf melalui asuransi ayariah dengan asuransi yang lain? 
Begini, dana asuransi yang tidak terpakai oleh nasabah, bukan menjadi hak milik Badan Syariah tersebut tetapi tetap menjadi kumpulan dana Tabaru yang kegunaannya dimanfaatkan untuk masyarakat.
Sedangkan di badan asuransi lain, jika dana nasabah tidak terpakai, maka menjadi hak milik badan asuransi. 
Sudah jelas perbedaannya, bukan? Jadi meskipun dana asuransi kita tidak terpakai, sebagian dana yang telah diwakafkan bisa terus digunakan dan mendatangkan pahala yang tidak akan pernah terputus.

Well, semoga dengan kehadiran Program Wakaf dari PRUsyariah yang memiliki tagline "Jalanin Bareng", bisa memfasilitasi niat ibadah wakaf masyarakat Indonesia, yak!

sosialisasi program wakaf PRUsyariah

65 comments:

  1. Alhamdulillah ya Mba Ada prudential dengan program wakafnya yang bisa membantu kita,
    untuk yang ingin mewakafkan apa yang dipunyai. Apalagi banyak sekali keistimewaannya sepanjang hayat sampai kita pun tiada. Semoga aku juga mengikuti jejak orang-orang yang sudah mewakafkan hartanya

    ReplyDelete
  2. Inovasi Prudential semakin ke sini semakin keren ya programnya.

    Baru tau nih asuransi bisa wakaf juga. Jadi sebagian simpanan kita yg nggak sia-sia, ya.

    ReplyDelete
  3. Tabungan akhirat banget ini ya mbak, keren lah Prudential semoga sukses dan bermanfaat programnya

    ReplyDelete
  4. noted mba,saya baru tau tentang program wakaf pru syariah ini..bagus juga..jadi selain untuk kepentingan kita juga bisa dimanfaatkan untuk masyarakat ya dananya

    ReplyDelete
  5. sekarang lebih mudah untuk berwakaf ya Mbak, pas ngga ada uang berlebih bisa ikut asuransi wakaf dari Prudential ini ya. Makasih banyak sharingnya, saya juga menjadi lebih paham bagaimana caranya wakaf di perusahaan asuransi seperti Prudential. Sukses selalu prudential

    ReplyDelete
  6. Programnya kece banget, bikin tenang ya Pru Syariah ini selain insyaAllah lbh sesuai syariat juga banyak manfaat ga cuma buat si nasabah aja :(

    ReplyDelete
  7. prudential emang paling mengerti kebutuhan kita yah. sampai waqaf pun dipikirkan da diberi solusinya. keren! sosialisasi seperti ini kan memang kita butuhkan

    ReplyDelete
  8. Asik juga membayangkan manfaat wakaf ini, Mbak. Sepanjang harta yang kita wakafkan dimanfaatkan orang banyak, sepanjang itu pula pahalanya mengalir kepada kita ya. Bagus banget program wakaf sekaligus asuransi ini

    ReplyDelete
  9. Jadi inget kejadian wakaf di depan rumah sama di sekolah. Tanah Wakaf tapi dipermasalahkan oleh ahli waris, sehingga yayasan perlu mmbayar hhee.

    Bagus banget nih program dari PruSyariah untuk menjembatani nasabah dapat melakukan wakaf yang dapat berguna bagi masyarakat. Keren mbak
    TFs yah Mbak Nurul

    ReplyDelete
  10. Wah, suami saya pakai prudential nih, kasih tau ah soal wakaf ini... Makasih sharingnya ya teh :)

    ReplyDelete
  11. Kalau seperti ini makin jelas kenapa sebaiknya memamg memilih asuransi syariah. Karena dana asuransi yang tidak terpakai oleh nasabah, bukan menjadi hak milik Badan Syariah tetapi menjadi kumpulan dana Tabarru yang bisa dimanfaatkan untuk masyarakat.
    Salut dengan program Prudential ini.

    ReplyDelete
  12. Double2 ya manfaatnya klo gini
    Manfaat jangja panjang dan panjaaaang banget alias manfaat ukhrowi yg insyaAllah keberkahannya mengalir

    ReplyDelete
  13. Programnya Prudential ini bagus sekali ya mbak, ada wakaf syariahnya. Apalagi sekarang ini banyak sekali pertimbangan dalam memilih asuransi, jadi dengan adanya seperti bisa memberikan kepercayaan kepada masyarakat untuk berasuransi.

    ReplyDelete
  14. kalau sudah syariah begini jadi nyaman digunakan oleh teman teman yang ingin berwakaf. penghimpunnya jelas dan kegunaannya juga jelas

    ReplyDelete
  15. Waqaf lebih mudah iya mba, apalagi prudential Indonesia kini meluncurkan invoasi terbarunya. Semoga yang mengikuti waqaf ini dilimpahkan rezekinya. Amin.

    ReplyDelete
  16. Program asuransi wakaf ini sangat menarik ya. Karena dalam proteksi diri ada satu tujuan kebaikan yang lebih besar yang sedang direncanakan.Sehingga polis pun lebih tenang, karena tahu arah uang ke depannya untuk kemaslahatan yang lebih besar

    ReplyDelete
  17. Suka banget deh dengan Prudential, selalu punya inovasi yang menjawab kebutuhan era milenial, apalg jika kita mau berwakaf yah

    ReplyDelete
  18. Prudential itu selalu membuat inovasi ya, mempermudah konsumennya untuk melakukan berbagai transaksi keuangan, terutama seputar asuransi. Kini bahkan kaum muslim pun sudah bisa wakaf melalui premi yang dibayarkannya. Wakaf tidak perlu menunggu sampai punya sebidang tanah kan.

    ReplyDelete
  19. Program yang bagus ya mba. Manfaattnya juga tidak akan pernah hilang walau kita sudah tidak lagi di bumi.

    ReplyDelete
  20. berwakaf dengan mudah dan bahagia nih namanya, berkahnya sampai kapanpun

    ReplyDelete
  21. semoga program ini bisa sesuai yang diharapkan
    sehingga memang bisa diberdayakan untuk masyarakat

    ReplyDelete
  22. Jadi ngerti perbedaannya. Kalau begitu asuransi di prusyariah bisa otomatis wakaf ya. Kereen

    ReplyDelete
  23. Seneng ya kalo banyak jalan untuk menyalurkan wakaf. Nggak butuh harta berlimpah tapi sdh bisa wakaf Manfaatnya untuk dunia dan akhirat.

    ReplyDelete
  24. Alhamdulillah banget yaa Prudential punya solusi modern untuk kita yang mau berwakaf. Pengin coba juga deh jadinya.

    ReplyDelete
  25. Prudential ini sangat memahami keinginan masyarakat yang ingin berwakaf namun terkendala kepemilikan harta seperti tanah ya. Sekarang jadi lebih mudah untuk berwakaf, tabungan pahala di kemudian hari.

    ReplyDelete
  26. Ah.. ya... ini yang bikin aku pengen berwakaf.. karena banyak kemudahan...

    ReplyDelete
  27. Aamiin... bagus juga nih program wakafnya Prudential, mendukung umat Islam untuk beribadah.

    ReplyDelete
  28. Pahala berwakaf itu besar dan mengalir terus walaupun sudah meninggal dunia, alhamdulillah ya ada program wakaf dari prusyariah, jadi kalau mau wakaf nggak harus nunggu jadi tuan tanah dulu

    ReplyDelete
  29. Prudential selalu berinovasi dengan produk2 baru ya mbak. Dan program waqaf ini sangat banyak manfaatnya baik jangka pendek maupun jangka panjang. Terutama dalam rangka membantu mengurangi angka kemiskinan dan upaya menuju jalan mencapai RidhoNya.

    ReplyDelete
  30. Dicover asuransi sambil beramal. Bagus nih...

    ReplyDelete
  31. Sekarang Prudential hadir dengan berbagai penawaran menarik ya, jadi mulai sekarang udah bisa dong kalo mau memulai wakaf.. supaya kelak bisa bermanfaat bagi orang banyak.

    ReplyDelete
  32. Sesuailah ya Mbak. Muslim terbesar dan paling dermawan.

    Dengan berwakaf maka tabungan akhirat kita akan terus terisi ya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya ya mbak Ida, potensi wakaf di Indonesia begitu besar. Bayangkan banyak org berwakaf, ekonomi masyarakat pun kyknya akan makin membaik dan bagus. Makanya sama pemerintah yg skrng kyknya wakaf ini jg dipikirin banget.

      Delete
  33. huah teteh mantap bisa ikut program sosialisasi wakaf prudential nih :) makin keren ya inovasin prudential

    ReplyDelete
  34. Seneng bgt makin banyak program yg baik seperti program wakaf ini. Jd yg membutuhkan lebih banyak yg terbantu dan beroleh manfaat utk kebutuhan hidup.

    ReplyDelete
  35. Wakaf itu potensinya masih sangat besar ya mbak di Indonesia, khususnya buat membangun ekonomi umat.
    Dengan adanya wakaf dari asuransi jiwa syariah kyk gini makin memudahkan masyarakat utk berwakaf.

    ReplyDelete
  36. Jalanin bareng Prudential dengan wakaf ini memang jadi program yang dinanti oleh masyarakat. Semoga kesempatan kita untuk beribadah sesuai dengan niat*

    ReplyDelete
  37. MashAllah~
    Semoga makin banyak wakaf yang dikelola dengan baik sehingga manfaatnya bisa dirasakan oleh semua pihak.

    ReplyDelete
  38. Keren memang ya program Prudential Wakaf ini.. jadi pengen tahu lebih banyak nih..

    ReplyDelete
  39. Bagus nih prudential jg mendukung wakaf dgn program inovatifnya

    ReplyDelete
  40. Karena makin banyak orang sadar waqaf ya, jadinya Prudential pun mengeluarkan asuransi waqaf. Jadi enak nih, bisa asuransi dan juga waqaf sekalian

    ReplyDelete
  41. Nah semoga dengan adanya produk ini, niat umat Muslim untuk beribadah bisa semakin dimudahkan. Terima kasih PRU yang selalu berinovasi untuk melayani negeri ini.

    ReplyDelete
  42. Program wakaf dari PRUsyariah ini selain yang berwakaf mendapat pahala tapi juga dapat memajukan perekonomian di Indonesia.

    ReplyDelete
  43. Makasih penjelasannya, jadi tahu kalau wakaf juga bisa dengan menggunakan harta bergerak seperti uang, emas, dan logam mulia, dan pahala wakaf terus mengalir ya walapun sudah meninggal dunia

    ReplyDelete
  44. Asuransi Syariah ini bikin aku happy loh. Senang sekali kita tetap bisa terlindungi tapi juga punya nilai wakaf. Alhamdulillah Prudential punya juga asuransi wakaf.

    ReplyDelete
  45. Jadi selain asuransi juga bisa berbagi dengan wakaf lewat cara yang dipaparkan di atas, dan bagi saya itu sangat berfaedah. Kita bisa menabung untuk dunia sekaligus akhirat. Semoga kian banyak masyarakat yang tergerak untuk ikut PRUSyariah, itu sangat membantu bagi yang membutuhkan meski kita tidak tahu siapa namun dana yang dikelola oleh lembaga yang tepercaya.
    Semoga PriSyariah kian sukses. Masa depan kita tak melulu di dunia melainkan akhirat. Jadi bisa beribadah dengan cara mudah lewat wakaf.

    ReplyDelete
  46. Melalui Prusyariah jadi mudah ber-wakaf. Saya senang dengan Prudential dari dulu memberikan inovasi yang maksimal dan menyediakan produk-produk yang dibutuhkan masyarakat.

    ReplyDelete
  47. Wah tabungan untuk akhirat ya yang insya Allah pahalanya akan terus mengalir meskipun sudah meninggL dunia

    ReplyDelete
  48. inovasi program yg keren bnget dari prudential, dengan begini nasabah bisa punya proteksi diri dan mudah merencanakan niat wakaf :)

    ReplyDelete
  49. Program PruSyariah ini bagus banget ya, kita bisa berwakaf. Juga mendapatkan manfaat investasi maupun perlindungan asuransi

    ReplyDelete
  50. Prudential keren nih. Mereka gak hanya memikirkan hal duniawi nasabahnya aja yaa, akhirat pun dipikirin :)

    ReplyDelete
  51. Mantap nih Prudential. Ranahnya sampai meliputi wakaf. Btw saya juga baru tahu klu wakaf di zaman sekarang sudah bisa dalam bentuk asuransi dam tentunya program wakaf dari Prudintial ini bisa sangat membantu dan memudahkan ya mbak?

    ReplyDelete
  52. keren nih program dari prudential yang ini. Sangat membantu orang-orang yang tak punya tanah berhektar-hektar untuk berwakaf :)

    ReplyDelete
  53. Dengan program ini, orang-orang jadi lebih mudah berwakaf yaa :)
    Berwakaf kini tak susah lagi deh :)

    ReplyDelete
  54. Wah ini asuransi ada program wakafnya juga ya? Syukurlah makin banyak kemudahan buat ibadah. Yg penting penyelenggaranya selalu amanah :D

    ReplyDelete
  55. Alhamdulillah ya, Mbak, ada Prudential Syariah yang bisa memfasilitasi niat kita untuk berwakaf. Berwakaf itu menurut saya beramal dengan cerdas, karena meski kita sudah tiada nanti, asalkan benda yang kita wakafkan masih dimanfaatkan dengan baik, pahalanya tetap akan mengalir kepada kita. Ya Allah, semoga saya diberi kemudahan untuk bisa berwakaf juga.

    ReplyDelete
  56. Bersyukur saya jadi nasabah prudent syariah sejak awal nikah
    Merasakan bgt manfaatny
    Tapi kalau yg wakaf ini emng baru tahu
    Alhamdulillah makin melebar y teh
    Moga2 banyak masyarakat yg merasakan manfaatny

    ReplyDelete
  57. Benar-benar membantu umat yang berniat wakaf ya mba.. saya lagi pelajari banget nih skemanya

    ReplyDelete
  58. Ternyata wakaf jadi bisa mudah banget ya berkat Prudential. Aku yang awam banget soal ini jadi tercerahkan.

    ReplyDelete
  59. Wakaf itu amalan yg luar biasa. Seneng kalo banyak program bagus untuk membantu orang berwakaf.

    ReplyDelete
  60. Program Pru Syariah ini gebrakan baru ya di dunia asuransi, soalnya belum pernah dengar yang semacam ini. In sha Allah banyak manfaatnya dunia akhirat ya mba.

    ReplyDelete
  61. Jadi inget, kemarin aku habis selesai mengikuti sharing soal Wakaf Syariah ini. Aku sendiri sih masih awam, tapi untuk pencetusan ide tersebut aku jadi ingin gau yang lebih dalam lagi.

    ReplyDelete
  62. Bagus ya program prudential ini, orang jadi makin semangat bwrwakaf ya

    ReplyDelete
  63. Membuka mata dan pengetahuan banget ya workshop ini. Bikin jadi kepengen berwakaf tanpa nunggu punya tanah banyak dulu.

    ReplyDelete
  64. Skenario yang sangat bermanfaat buat kita yang berniat ibadah dan ingin berwakaf. Aku masih pelajari terus.. menarik bangeet mba

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar. Mohon maaf, untuk menghindari SPAM, komentarnya dimoderasi dulu, yaa ^~^